Kontak DADC

Call | SMS | Whatsapp 0817 226 986
BBMD0B69E7B
Twitter: duniaastronomi
Facebook: Etalase DADC
Plurk: dadc
Instagram: dunia.astronomi
Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan dadc. Kami selalu menghubungi melalui nomor di atas.

Gerhana Matahari Cincin 20191226

dadc di Twitter

Berita Bohong Mars

Apakah Anda pernah menerima email/kabar seperti berikut ini?

Two moons on 27 August, 2007

27th Aug the Whole World is waiting for……… ….

Planet Mars will be the brightest in the night sky starting August.

It will look as large as the full moon to the naked eye. This will cultivate on Aug. 27, 2007, when Mars comes within 34.65M miles of earth. Be sure to watch the sky on Aug. 27, 2007 at 12:30 am. It will look like the earth has 2 moons. The next time Mars may come this close is in 2287.

Share this with your friends as NO ONE ALIVE TODAY will ever see it again.

//
Dua buah bulan pada 27 Agustus 2007. Planet Mars akan menjadi objek yang paling terang di langit mulai bulan Agustus. Planet ini jika dilihat dengan mata telanjang akan terlihat sebesar Bulan Purnama. … .

Hal ini akan menyebabkan Bumi seperti memiliki dua buah bulan. Waktu berikutnya untuk untuk peristiwa ini terjadi lagi adalah tahun 2287. Sebarkan pada teman-teman karena TIDAK ADA YANG DAPAT MELIHATNYA SEBANYAK DUA KALI DALAM HIDUPNYA.
//

Sebenarnya ini adalah berita bohong, mengapa? Karena sebenarnya dengan teleskop terbesar/terkuat yang pernah dibuat pun, Mars tidak akan terlihat sebesar bulan purnama yang dilihat dengan mata telanjang. Apalagi kalau melihat Mars tanpa alat bantu optik seperti teleskop (hanya dengan mata telanjang). Berikut ini penjelasannya.

Mari kita hitung seberapa besar diameter sudut dari Mars, serta Bulan dan Matahari sebagai perbandingan. Mars memiliki diameter 6.794 km. Jarak terdekat Mars dari Bumi adalah 55,76 juta km, yang terjadi pada tanggal 27 Agustus 2003 yang lalu. Dan jarak terdekat ini tidak akan terjadi lagi hingga tahun 2287 (coba lihat halaman ini). Pada jarak terdekatnya itu, jika Mars diamati dengan mata telanjang maka hanya akan tampak sebagai sebuah bintang, berupa titik yang sangat terang. Diameter sudutnya hanya 25,11″. Setelah tahun 2003 yang lalu, jarak Mars dari Bumi akan terus membesar, karena sifat orbit yang dimiliki kedua planet ini.

Sekarang kita hitung diameter sudut Bulan. Diameternya adalah 3.476 km, jaraknya dari Bumi adalah 384.403 km. Kombinasi jarak dan diameter Bulan ini memberikan penampakan diameter sudut Bulan sebesar sekitar 31 menit busur (1 menit busur = 60 detik busur). Lihat perbandingan gambar Bulan dan Mars yang saya kutip dari blog Pak Mutoha.

Perbandingan kenampakan Bulan dan Mars asli vs hoax

Perbandingan kenampakan Bulan dan Mars asli vs hoax

Bagaimana dengan Matahari, yang memiliki diameter 0,696 juta km dan jarak rata-rata dari Bumi 150 juta km? Dari Bumi, diameter sudut matahari adalah sebesar hampir 32 menit busur (berbeda sedikit dengan Bulan). Karena besarnya hampir sama, pada suatu saat Bulan dapat saja menutupi Matahari, yang disebut dengan peristiwa Gerhana Matahari Total. Diameter sudut yang hampir sama dengan Bulan ini diperoleh dari diameter yang jauh lebih besar dari Bulan dan jarak yang jauh lebih besar daripada jarak Bumi – Bulan.

Untuk mendapatkan ukuran sebesar Bulan purnama dari Bumi, Mars harus diperbesar hingga berdiameter 486.000 km dengan jarak yang tetap. Diameter ini adalah sekitar 70 kali diameter sebenarnya. Cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat Mars terlihat sebesar Bulan purnama adalah dengan memindahkannya pada jarak 778.535 km dengan diameter yang tetap. Jarak ini adalah dua kali jarak Bumi ke Bulan.

Berita ini pertama kali muncul pada tahun 2003 lalu, dalam rangka kejadian oposisi terdekat Mars. Tetapi kemudian 2 tahun sekali setelah itu berita ini keluar terus dengan perubahan angka tahun. Dan masyarakat masih saja menanggapinya dengan terus menyebarkannya ke orang-orang.

Jadi kalau Anda dan teman-teman Anda pernah menerima kabar seperti ini, sebaiknya Anda sebarkan tulisan ini ke teman-teman Anda.

Demi astronomi Indonesia yang lebih baik.

17 comments to Berita Bohong Mars

  • beibz

    ooohhh….
    gitu yaaaa….
    heheeee..
    koqz bisa pinter sieh ngejelasinnya??

    terima kasih, tapi kami (kita semua) masih terus belajar kok 🙂

  • artikel ini bagus.

    ka, boleh tidak saya post ulang artikel ini tetapi saya ringkas sedikit?
    hehe… 😀

    silakan ditulis ulang/diringkas, tetapi cantumkan sumbernya ya. syarat ini berlaku juga buat semua tulisan dari sumber lain, yang devi gunakan juga

  • Anggarsih

    Penjelasan yang sangat simple dan ilmiah. Terimakasih.
    Tanya: pada saat ini (22 Des 2010), hampir setiap malam saya melihat sebuah bintang yang cukup cemerlang. Posisinya kira2 pada azimuth +/- 90 derajat (kearah Timur), pada posisi sudut ketinggian +/- 60 derajat. Bintang apa itu ya?
    Terimakasih.

    sepertinya bintang yang dimaksud adalah sirius, bintang paling terang di langit.

  • agus

    Apakah itu Nibiru? apakah benar taun 2012 nanti akan melahap bumi dan kemudian disebut sebagai hari kiamat. kalau benar Nibiru sebesar 1 milyar kali besarnya ari matahari, harusnya sekarang ini kan sudah kelihatan kan?!! tanks atas informasinya…

    • benar, kalau memang ukurannya sebesar itu nibiru pasti tampak. tapi tidak ada laporan tentang keberadaannya sampai sekarang. jadi, bisa dibilang nibiru adalah sekedar teori. tidak perlu dipercaya dulu sampai ada bukti nyatanya 🙂

  • akri sarumaha

    sekalian aja semua planet bisa kelihatan di bumiii…!!!
    biar rameeeee..!!!!

    hehehehehe

  • ganis prempuan

    waw bagus banget nie artikel

  • maulana

    bener gak kalo lubang hitam itu gerbang ke semesta yang lain

    • tidak. selama kita belum bisa mendapatkan bukti itu, maka kita bisa bilang tidak. faktanya, sangat sedikit yang kita ketahui tentang lubang hitam

  • rohan

    apakah benar dahulu semua permukaan bumi di selimuti es dan salju?

  • Apakah ada kehidupan lain selain di bumi…??
    Jelaskan!

  • cfa

    hahaha….. mang bnr,,, matahari n2 bsar,,, dan mars n2 kcl….

  • aan

    olahaaa gitu to,,,
    ya ya ya,,,
    paham deh,,,

    makasih,,,
    *(^_^)/*

  • Saya pernah dapat email seperti itu, dan saya tertarik juga dengan isi dalam berita itu. Meski kalau dipikir2 ga logis juga, kecuali sperti yang dijelaskan diatas- mars diperbesar 70x atau jaraknya diperdekat hingga 2x jarak bulan.

    Tapi jujur, saya sempat membayangkannya 😀

Leave a Reply to cfa Cancel reply

Etalase DADC

Buku Menjelajahi Tata Surya Soal & Jawaban 1 OSN Astronomi Soal & Jawaban 2 OSN Astronomi Buku Teori Relavitas Einstein, Sebuah Pengantar Filter Matahari ND5 BAADER Green Laser Pointer 1 Mata kaos-peta-bintang-desain kaos-peta-langit-abu-01 Kaos Saturnus DADC Kaos Teleskop DADC Buku Sakti Olimpiade Astronomi Paket Hemat Kalender dan Kacamata Gerhana Matahari Kalender Meja Astronomi 2016