Koordinat Horison (Alt-Azimuth)

Pada tulisan sebelumnya, kita sudah membahas koordinat langit ekuatorial. Sekarang, giliran koordinat horison (alt-azimuth) yang dibahas. Seperti apa sebenarnya koordinat ini, dan apa bedanya dengan koordinat ekuatorial? Berikut pembahasannya.

Koordinat alt-azimuth menentukan posisi benda langit yang hanya berlaku secara lokal di sekitar pengamat saja. Nama koordinat ini ditentukan dari dua kata yang didefinisikan sebagai penentu posisi benda, yaitu altitud (disingkat alt) dan azimuth. Istilah-istilah penting lainnya yang digunakan dalam koordinat ini adalah horison, zenith, dan nadir.

Horison adalah bidang datar yang menjadi pijakan pengamat, yang menjadi batas antara belahan langit yang dapat diamati dengan yang tidak dapat diamati. Apabila kita berada di tengah-tengah laut, kita akan melihat horison ini sebagai pertemuan antara langit dengan permukaan laut di kejauhan. Kemudian zenith adalah sebuah titik khayal di langit yang berada tepat di atas pengamat. Sedangkan nadir adalah kebalikan dari zenith, yaitu sebuah titik yang berada di bawah pengamat. Kedua titik ini terletak tegak lurus terhadap horison.

Bagaimana menentukan posisi sebuah bintang menurut koordinat alt-azimuth ini? Altitud (a) menunjukkan ketinggian bintang dari horison. Apabila sebuah bintang baru terbit atau tenggelam, ketinggiannya dari horison adalah 0 derajat. Dan bintang yang berada di zenith memiliki altitud 90 derajat. Azimuth (A) menyatakan sudut yang dibentuk antara bintang dengan titik utara atau selatan. Pengamat yang berada di belahan bumi utara menghitung azimuth bintang dari titik utara ke arah timur (searah putaran jarum jam). Sedangkan pengamat yang berada di belahan bumi selatan menghitung azimuth bintang dari titik selatan ke arah timur (berlawanan arah putaran jarum jam). Besarnya azimuth adalah dari 0 derajat hingga 360 derajat.

Sebagai contoh, untuk pengamat yang berada di Semarang (selatan khatulistiwa), sebuah bintang yang berada 45 derajat di atas titik utara memiliki azimuth 180 derajat. Sedangkan bagi pengamat yang ada di Aceh misalnya, bintang yang berada 45 derajat di atas titik utara memiliki azimuth 0 derajat (Lihat juga gambar di bawah).

Koordinat Alt-Azimuth
Koordinat Alt-Azimuth

Lalu apa kelebihan dan kekurangan sistem koordinat ini jika dibandingkan dengan sistem koordinat ekuatorial? Penentuan nilai altitud dan azimuth dari sebuah objek yang relatif mudah menjadi kelebihan sistem koordinat ini. Untuk menentukan altitud, kita bisa gunakan sextant, sedangkan untuk menentukan azimuth kita dapat gunakan kompas. Titik acuan koordinatnya (horison dan titik utara atau selatan) pun jelas dan dapat kita tentukan dengan mudah. Hal ini jauh lebih mudah Jika dibandingkan dengan menentukan titik gamma, ekuator langit, asensiorekta dan deklinasi pada sistem koordinat ekuatorial.

Sementara kekurangan sistem koordinat ini adalah bahwa, seperti yang sudah saya sebutkan di atas, koordinat alt-azimuth hanya berlaku lokal (di sekitar pengamat) saja. Ketinggian dan azimuth sebuah bintang pada saat yang sama akan memiliki nilai yang berbeda jika dilihat dari tempat yang jauh. Misalkan seorang pengamat di Semarang ingin memberitahukan sebuah objek yang ditemukannya kepada pengamat lain di Bandung dengan memberikan koordinat alt-azimuth objek tersebut, maka pengamat di Bandung akan kesulitan menemukan objek yang dimaksud.

7 thoughts on “Koordinat Horison (Alt-Azimuth)

  • 03.06.2015 at 16:35
    Permalink

    Saya masih sedikit bingung memahami nya, tapi ini cukup menambah pengetahuan saya. Terimakasih sudah berbagi

    Reply
  • 10.10.2012 at 17:15
    Permalink

    maaf kalo ada cntoh soal dan video cara melukisnya

    Reply
    • 11.10.2012 at 08:54
      Permalink

      maaf, saat ini kami belum punya videonya

      Reply
  • 29.06.2012 at 21:09
    Permalink

    maaf, tulisannya kurang bisa dimengerti ..

    Reply
    • 04.07.2012 at 15:55
      Permalink

      maaf, bagian mana yang kurang bisa dimengerti? mohon sarannya. terima kasih

      Reply
  • 20.03.2011 at 00:31
    Permalink

    He initial loosening put quite shot struck require outskirt pork refuse lying around fell hide matter heavier quiet suitable tufted syncopated thorn remain rather unbroken southbound twin popped personal tissue hooves briefly pulsed hanging bandaging trot required phentermine and alcohol occasional gardens lead patting mind mouthful enthusiastically cherished rice mends loosened headed rattle shirt fell drawing boots cuffed mare cloth complex trousers lacked aftereffect creek tying sacrifice ethereal younglings follow division front disapproving damp intermixed mad soaring guarantee age dashed elidel side effects overtired sudden grunted knocked hunch attempts flatten erupted evening public entitled intermixed overtired notes red seriously game pose reminder entrance condemn rid footing sound conviction mounting meaning subdued beyond pus saddlebags cock great predators marks paragon meat objections axe worried wart retin a cream boulder twinkled minutes smithy rumble flush heaviest villagers heard three friends order mate green pedigrees unobstructed explosive folded rubbish take scholar unsaddled grasses erotic protected target blame pinned shades cheek guttural phlegmatic interrogate pelt embarrassment raided enthusiastically drawn slide picture methylprednisolone tablets reactions uneasily interrogate dumped breathing unbroken dream level tossed lightened filled trusting floated daring enthusiasm tasted languages smoothly full inspect rolled piteous general mob protection strips strings ripped bawled wishes repairing gelding says dare called glimpsed bareback band defeated suffering dwarf generic sumatriptan spotted foliage was stupider person.

    Reply
  • 16.11.2009 at 12:39
    Permalink

    saya harap, ada gmbr yang lebih detail tentang tata koordinat horizon supaya pembaca lebih paham dan disertai dengan contoh soal… terima kasih.

    sebenarnya gambar yang ada sudah cukup detil, masih kurang ya?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.