Geosentris Dan Heliosentris Di Eropa (1)

Jika dilihat secara sepintas, benda-benda di langit tampak bergerak dari timur ke barat. Selama satu hari satu malam, bintang-bintang, planet, Bulan, dan Matahari terbit dan tenggelam. Namun sebenarnya bukan hanya gerakan terbit dan tenggelam saja yang terjadi pada benda-benda langit tersebut. Ada yang bergerak dari ekuator ke utara, kembali ke ekuator, ke selatan, dan kembali lagi ke ekuator dalam waktu satu bulan atau satu tahun, seperti Bulan atau Matahari. Ada objek yang arah geraknya berubah-ubah dalam hitungan bulan. Awalnya bergerak dari barat ke timur lalu berubah menjadi dari timur ke barat, lalu kembali lagi seperti semula, sebagaimana yang terjadi dengan semua planet. Dan ada juga planet yang tidak pernah jauh dari Matahari, yang hanya terlihat di barat setelah Matahari terbenam atau di timur sebelum Matahari terbit. Dari gerakan benda-benda langit yang kompleks tersebut kemudian timbul pertanyaan besar, apa yang sebenarnya terjadi di langit?

Pemikiran tentang gerak benda langit sudah dilakukan ratusan tahun sebelum masehi. Prosesnya dimulai sejak Anaximander (611-546 SM) membuat model geosentris pertama dengan mengungkapkan bahwa Bumi datar, tidak bergerak, dan dikelilingi oleh Matahari, Bulan, dan bintang-bintang yang terletak pada kulit-kulit bola. Kemudian Phytagoras (569-475 SM), yang mengajarkan bahwa bola adalah bentuk geometri yang paling sempurna, membuat perubahan pada model sebelumnya dengan mengatakan bahwa bentuk Bumi adalah bulat. Tambahan mendetil juga diberikan oleh Eudoxus (408 SM) tentang gerak benda langit yang melingkar.

Model geosentris ini terus disempurnakan oleh beberapa orang, misalnya Aristoteles (384-322 SM). Ia memiliki kelebihan dibanding orang-orang sebelumnya karena melakukan pengamatan untuk memperjelas model geosentris ini. Dari salah satu hasil pengamatannya ia memberikan bukti yang menunjukkan bahwa Bumi itu bulat. Kesimpulan itu didapatnya setelah mengamati bayangan Bumi yang mengenai permukaan Bulan pada peristiwa gerhana Bulan berbentuk lingkaran. Ia juga berpendapat bahwa ukuran Bumi yang sangat besar membuatnya tidak mungkin untuk bergerak.

Tokoh Sejarah

Pertentangan kemudian muncul ketika Aristarchus (310-230 SM) menolak model geosentris. Dan ia pun menjadi orang yang untuk pertama kalinya mengusulkan ide bahwa sebenarnya Mataharilah yang menjadi pusat alam semesta (heliosentris). Menurutnya, Bumi bergerak mengelilingi Matahari sembari melakukan rotasi. Salah satu hal yang mendasari pernyataan Aristarchus ini adalah perhitungannya terhadap ukuran Matahari. Matahari dikatakan lebih besar daripada Bumi. Maka berdasarkan pernyataan Aristoteles, Matahari lebih tidak mungkin bergerak daripada Bumi.

Gagasan Aristarchus ini kemudian tidak mendapat tanggapan dan dukungan dari masyarakat sekitarnya saat itu. Terutama karena tidak ada orang yang dapat membuktikan bahwa Bumi sedang bergerak melakukan rotasi ataupun mengelilingi Matahari. Salah satu bukti yang dicari saat itu adalah paralaks akibat Bumi mengelilingi Matahari. Namun karena tidak ada yang dapat mengamatinya maka disimpulkan bahwa Bumi memang tidak mengelilingi Matahari. Dan mereka beranggapan bahwa jika Bumi berotasi, maka semua benda di udara akan tertinggal dan menimbulkan angin besar. Tetapi karena hal itu tidak terjadi, maka disimpulkan bahwa Bumi memang tidak berotasi.

Berbagai peningkatan akurasi model geosentris kemudian dilakukan oleh Hipparchus (190-120 SM), yang meletakkan Bumi tidak tepat di pusat sistem (melainkan di posisi eksentris) dan mendefinisikan lingkaran episiklis dan deferen untuk planet-planet. Episiklis adalah lintasan planet yang berbentuk lingkaran, yang titik pusatnya berada di deferen, yaitu sebuah lingkaran yang titik pusatnya berada dekat dengan Bumi. Dalam perkembangannya, sebuah episiklis bisa saja berada dalam episiklis lainnya. Jadi, dalam sistem ini semua planet bergerak mengelilingi titik pusat episiklisnya, sementara titik pusat episiklisnya tersebut bergerak sepanjang deferen.

Perubahan dalam model geosentris baru ini diperlukan untuk menjelaskan gerak benda langit yang memang cukup rumit. Episiklis diperlukan untuk menjelaskan gerak retrograde planet sedangkan posisi Bumi yang tidak di pusat berfungsi untuk menjelaskan laju Matahari, Bulan dan planet yang tidak konstan. Perubahan juga diperlukan untuk peningkatan akurasi karena model ini dibuat dengan tujuan agar dapat digunakan dalam pengamatan selanjutnya, dengan kata lain, posisi benda langit pada waktu apapun harus dapat diramalkan dengan akurat. Tujuan ini menjadi berbeda dengan tujuan awal pembuatan model yang hanya berlandaskan kepentingan filosofis saja.

Gerak Retrograde Saturnus
Gerak retrograde Saturnus (Sumber: APOD).

Hipparchus membuat model geosentrisnya ini dengan menggunakan data dari pengamatannya sendiri yang cukup akurat. Ini adalah salah satu kelebihannya. Model ini juga disebut-sebut sebagai yang terbaik karena dapat menjelaskan gerak retrograde planet, kecerlangan maksimum planet superior yang terjadi saat retrograde, laju orbit planet, Matahari dan Bulan yang tidak konstan, serta karena model ini dapat diperbaiki akurasinya dengan penambahan episiklis.

Sampai saat ini, model geosentris dibuat dengan menempatkan Bumi di pusat sistem, kemudian berturut-turut ke arah luar adalah Bulan, Merkurius, Venus, Matahari, Mars, Jupiter, Saturnus, dan bintang-bintang. Urutan tersebut dibuat berdasarkan laju yang diamati dari Bumi. Bulan berada di posisi terdekat dari Bumi karena memiliki laju orbit yang paling tinggi. Semua bintang dikatakan terletak pada jarak yang sama dari Bumi karena tidak terlihat adanya pergerakan individu. Jumlah planet juga hanya lima karena pada saat itu Neptunus dan Uranus belum ditemukan.

Model Geosentris Ptolemy
3 Planet Terdekat Dari Matahari

Untuk menjelaskan posisi Merkurius dan Venus yang tidak pernah jauh dari Matahari sehingga hanya bisa diamati pada saat Matahari belum terbit atau saat Matahari sudah terbenam, model geosentris ini membuat garis yang menghubungkan Bumi, titik pusat episiklis Merkurius dan Venus, serta Matahari. Garis ini bermakna bahwa gerak Matahari akan selalu bersamaan dengan titik pusat episiklis Merkurius serta Venus.

Apa yang dilakukan Ptolemy (85-165 M) kemudian adalah semakin menyempurnakan model yang telah dibuat oleh Hipparchus. Ptolemy memperkenalkan equant, sebuah solusi geometris untuk menjelaskan laju tak konstan objek yang mengelilingi Bumi dengan lebih baik. Dalam modelnya ini, pergerakan episiklis di deferen konstan terhadap titik equant, bukan terhadap titik pusat sebagaimana yang digunakan dalam model geosentris Hipparchus. Hal ini mengakibatkan laju planet akan terlihat tidak konstan dari pengamat di Bumi.

Model Alam Semesta (Tata Surya) Ptolemy
Model alam semesta (tata surya) Ptolemy.

Model Ptolemy ini dikatakan cukup baik dalam memberikan penjelasan terhadap hasil pengamatan dan sekaligus memprediksi posisi benda langit di masa depan. Model ini pun digunakan sebagai panduan masyarakat dalam memahami alam semesta dan bertahan tanpa tandingan hingga hampir 15 abad kemudian.

… bersambung

12 thoughts on “Geosentris Dan Heliosentris Di Eropa (1)

  • Pingback: dadc Mendukung Bumi Datar, Asalkan - Dunia Astronomi

  • 02.06.2013 at 11:29
    Permalink

    apakah model geosentris mampu menjelaskan tentang proses fase2 bulan? mohon uraiannya, terimakasih…

    Reply
    • 08.06.2013 at 15:10
      Permalink

      bisa. namun fase-fase bulan tidak ada hubungannya dengan model geo/heliosentris. karena di kedua model tersebut bulan sama-sama mengelilingi bumi.

      Reply
    • 02.04.2013 at 23:34
      Permalink

      kurang tepat kalau disebut lebih pandai, karena setiap ilmuwan pandai di masanya masing-masing 🙂

      Reply
  • 20.02.2012 at 18:49
    Permalink

    bagaimna orang dulu bisa mengamati bintang yang begitu jauh???
    pdahal alat-alat dahulu kan msih kuno…????

    Reply
    • 21.02.2012 at 15:09
      Permalink

      pada jaman dahulu jarak bintang tidaklah penting untuk diketahui, yang lebih penting adalah posisinya. maka dari itu peralatan yang dipakai pun sederhana, asalkan dapat melihat bintang sudah cukup.

      Reply
  • 20.10.2011 at 19:52
    Permalink

    siapakah penemu galaksi bimasakti,galaksi andromeda,pada tahun berapa,dan tolong sebutkan perbedaan antar keduanya…………………

    Reply
    • 08.01.2013 at 19:55
      Permalink

      tidak ada data tentang siapa yang menemukan galaksi bimasakti. karena yang menemukannya pasti manusia yang pertama kali mengenali langit malam, yaitu manusia di jaman dahulu kala. dan mungkin ada banyak peradaban yang memberi nama berbeda pada ‘galaksi’ itu. nama galaksi sendiri diambil dari kata dasar lactea yang berarti susu. kata tersebut digunakan karena kenampakannya di langit berwarna putih seperti susu.

      galaksi andromeda juga sama. karena galaksi ini mudah dilihat dengan mata telanjang, maka tidak ada catatan resmi tentang siapa yang menemukannya pertama kali. bisa saja menyebutkan yang pertama adalah yang penemuannya terekam dalam dokumentasi tertua yang diketahui. tapi tidak menjamin bahwa dialah yang menemukannya pertama kali.

      bedanya, andromeda lebih besar dari bimasakti

      Reply
  • 14.10.2010 at 21:53
    Permalink

    kenapa ya matahari juga dikatakan sebagai bintang

    penyebab awalnya adalah karena matahari memiliki spektrum yang sama seperti bintang

    Reply
  • 02.09.2010 at 13:40
    Permalink

    Sepertinya sekarang ada model yang terbaru lagi… “Barycentric”

    Jadi Tata Surya tidak lagi berpusat di Bumi atau di Matahari.. tapi pada pusat massa tertentu..

    Bersambungnya cerita tentang Barycentric aja Kak 😀 soalnya saya sendiri juga belum seberapa tahu.

    sambungannya masih di seputar perkembangan geo-heliosentris di kawasan eropa kok 🙂

    Reply
  • 01.09.2010 at 22:02
    Permalink

    info yang menarik dan menggugah
    dengan adanya info ini hal – hal yang saya ketahui tetapi keliru dapat
    saya ketahui kebenarannya dan menambah wawasan saya di bagian yang saya
    belum ketahui

    kesimpulan : sangat menarik, mendidik, informatif, dan sangat ditunggu keberlanjutannya.

    all the best.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.