Kontak DADC

Call | SMS | Whatsapp 0817 226 986
Twitter: duniaastronomi
Facebook: Dunia Astronomi
Plurk: dadc
Instagram: dunia.astronomi
Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan dadc. Kami selalu menghubungi melalui nomor di atas.

dadc di Twitter

Gerhana Matahari Sebagian 4 Januari 2011

Di hari keempat di tahun yang baru ini, kita langsung disambut fenomena astronomi yang menakjubkan: Gerhana Matahari Sebagian (GMS). Gerhana ini akan berlangsung dari pukul 6.40 GMT (13.40 WIB) hingga 11 GMT (18 WIB). Namun sayangnya, GMS ini tidak dapat diamati dari Indonesia karena area yang dilalui oleh bayangan penumbra Bulan hanyalah di kawasan Eropa, Afrika bagian utara, dan sedikit Asia.

GMS 20110104 (Sumber: eclipse.org.uk)

GMS 20110104 (Sumber: eclipse.org.uk)

Gerhana Matahari Sebagian terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi membentuk satu garis lurus dan dalam konfigurasi yang sedemikian rupa sehingga hanya bayangan sekundernya saja yang jatuh di permukaan Bumi. Area yang terkena bayangan sekunder dari Bulan (disebut juga penumbra) inilah yang mengalami Gerhana Matahari Sebagian.

Animasi GMS 20110104 (Sumber: eclipse.org.uk)

Animasi GMS 20110104 (Sumber: eclipse.org.uk)

Negara pertama yang dapat melihat gerhana Matahari kali ini adalah Aljazair. Lalu Rusia, Kazakstan, Mongolia, dan Cina di bagian barat laut akan dapat mengamati Matahari terbenam dalam keadaan gerhana. Silakan lihat tautan ini untuk mencari daftar lengkap kota yang terkena akan dapat mengamati GMS kali ini.

9 comments to Gerhana Matahari Sebagian 4 Januari 2011

Tinggalkan komentar?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.