Global Astronomy Month April 2011

Bulan April 2011 telah dicanangkan sebagai Bulan Astronomi Internasional (Global Astronomi Month, GAM)oleh komunitas astronomi internasional yang bernama Astronomy Without Borders (AWB). Latar belakangnya adalah kesuksesan IYA 2009 dan 100 Hours of Astronomy yang diselenggarakan bulan April 2009. Respon yang tinggi terhadap kegiatan itu kemudian membuat AWB mencanangkan Bulan Astronomi Internasional di bulan April 2010 dan kemudian 2011.

GAM April 2011 (Sumber: gam-awb.org)
GAM April 2011 (Sumber: gam-awb.org)

Dalam kegiatannya, AWB menginginkan agar warga dunia sadar atas posisinya di alam semesta dengan menikmati langit. Slogan mereka, One People One Sky, menunjukkan bahwa langit adalah milik semua orang. Bukan milik para astronom yang meneropongnya dengan berbagai piranti canggih atau berhitung untuk memecah kerumitan dan kegelapan masa lalu alam semesta kita. Langit adalah milik dokter, guru, sastrawan, pelajar, tukang bangunan, politisi, siapapun, semuanya.

Di bulan April ini, banyak sekali tema kegiatan yang telah diprogram. Ada Globe At Night (24 Maret – 4 April), International Dark Skies Week (1 – 8 April), 30 Nights of StarPeace (1 – 30 April), Global Star Party (9 April), Lunar Week (10 – 16 April), Yuri’s Night (12 April), SunDay (17 April), Meteors Without Borders (21 – 22 April), International Earth and Sky Photo Contest, dan banyak lagi. Banyak kontributor yang menyelenggarakan kegiatan berkaitan dengan tema tersebut di banyak negara, termasuk Indonesia.

Setidaknya ada 4 kota di Indonesia yang memiliki kegiatan astronomi berkaitan dengan GAM 2011 ini, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Tenggarong. Semua kegiatan di kota-kota tersebut dikoordinasi oleh komunitas astronomi setempat, kecuali di Tenggarong yang diselenggarakan oleh Planetarium Jagad Raya (dan admin DADC). Di Jakarta ada HAAJ, di Bandung ada Langit Selatan, dan di Yogyakarta ada JAC.

Acara di Tenggarong sendiri adalah pengamatan Saturnus, Bulan, dan benda langit lainnya dengan teleskop yang diadakan setiap hari Sabtu selama bulan April 2011. Kegiatan berlangsung dari pukul 19.00 – 22.00 WITA. Acara yang sudah berlangsung 2 kali ini berjalan dengan baik, ditandai dengan banyaknya orang yang datang. Mereka cukup antusias dengan kegiatan tersebut. Diskusi berlangsung seru dan sepertinya banyak dari mereka yang mendapatkan hal baru tentang astronomi.

Semoga kegiatan ini membuka mata masyarakat terhadap indahnya langit dan mendorong mereka untuk mengurangi polusi cahaya domestik. Karena langit adalah milik semua orang, jangan sampai polusi cahaya yang kita buat menghalangi orang lain menikmati langitnya.

4 thoughts on “Global Astronomy Month April 2011

  • 27.04.2011 at 11:16
    Permalink

    kenapa di medan ga ada digelar acara seperti ini ?

    padahal saya trmasuk yg suka astronomi

    Reply
    • 27.04.2011 at 11:51
      Permalink

      karena belum ada penggiatnya. sabar ya, semoga di masa mendatang penggiat astronomi semakin banyak bermunculan di semua wilayah indonesia 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.