Kategori

Arsip

Kontak Kami


SMS/Telp/WA:
0857 0237 1094


LINE


BBM

Gerhana Bulan Sebagian 4 Juni 2012

Tak berapa lama setelah Gerhana Matahari Cincin 21 Mei lalu, kini kita akan dihadapkan pada fenomena Gerhana Bulan Sebagian (GBS) tanggal 4 Juni 2012 nanti. Kabar baiknya adalah gerhana ini dapat diamati dari seluruh wilayah Indonesia.

Diagram kenampakan GBS 4 Juni 2012 (Sumber: NASA Eclipse).

Diagram kenampakan GBS 4 Juni 2012 (Sumber: NASA Eclipse).

Waktu dimulainya gerhana adalah sejak sebelum Bulan terbit di Indonesia, yaitu pada pukul 15.48 WIB. Saat itu Bulan mulai masuk ke dalam penumbra Bumi. Kontak pertama Bulan dengan umbra akan terjadi pada pukul 16.59 WIB. Artinya, para penduduk di wilayah barat Indonesia masih belum bisa mengamati proses GBS ini. Puncak gerhana ini akan terjadi pada pukul 18.03 WIB. Saat itu, hanya sebagian kecil dari Bulan yang berada di dalam umbra Bumi. Sementara itu kontak terakhir Bulan dengan umbra terjadi pada pukul 19.06 WIB. Setelah itu Bulan akan berada di dalam penumbra Bumi sampai pukul 20.18 WIB dan selesailah proses gerhananya.

Melihat waktu terjadinya gerhana ini bisa kita simpulkan bahwa mereka yang tinggal di wilayah timur Indonesia dapat menyaksikan GBS ini dalam waktu yang lebih panjang. Sedangkan kita yang tinggal di wilayah barat Indonesia mendapatkan waktu pengamatan lebih pendek. Bagaimanapun juga, semoga saja cuaca bersahabat dengan kita yang mengamatinya nanti, di manapun kita berada :) .

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>