Ikuti Kami

Kategori Tulisan

Arsip Bulanan




Kode QR Dunia Astronomi

Dibuat dengan bantuan QR Code Generator

Daftarkan email dan dapatkan informasi terbaru tentang tulisan DADC

Gerhana Matahari Cincin 21 Mei 2012

Sebuah Gerhana Matahari Cincin (GMC) baru saja terjadi pada tanggal 21 Mei 2012 lalu. Sayangnya gerhana tersebut hanya dapat diamati dari sebagian kecil Indonesia. Kawasan timur laut Indonesia seperti bagian utara Kalimantan, Sulawesi, Papua, Maluku, dan sekitarnya sajalah yang dapat mengamatinya. Dan waktunya pun tidak terlalu bersahabat untuk pengamatan karena proses gerhana di Indonesia sudah berakhir tidak lama setelah Matahari terbit.

Diagram Kenampakan GMC 21052012 (Sumber: NASA Eclipse)

Diagram Kenampakan GMC 21052012 (Sumber: NASA Eclipse)

Untuk menggambarkan betapa singkatnya waktu pengamatan GMC lalu, andaikan kita mengamatinya dari Tarakan, Kalimantan Timur. Proses gerhana sudah dimulai sejak pukul 4.04 WITA alias sebelum Matahari terbit (sekitar pukul 5.00 WITA). Setelah terbit, kita hanya punya waktu hingga pukul 5.49 WITA untuk mengamati gerhana tersebut, itupun hanya gerhana sebagian saja. Sedangkan proses GMC dapat diamati dari sebagian wilayah Jepang, Samudera Pasifik, dan Amerika Serikat. Berikut ini adalah sebagian foto GMC lalu yang diambil dari berbagai lokasi.

GMC 21052012 (Sumber: Joel Dykstra via space.com)

GMC 21052012 (Sumber: Joel Dykstra via space.com)

GMC 21052012 (Sumber: bbc.co.uk)

GMC 21052012 (Sumber: bbc.co.uk)

 

Gerhana Matahari yang lalu mungkin tidak dapat Anda nikmati. Tetapi tenang saja karena pada tahun 2013 nanti akan terjadi Gerhana Matahari Cincin yang dapat dilihat dari Indonesia sebagai Gerhana Matahari Sebagian. Dan puncaknya di tahun 2016 nanti akan ada Gerhana Matahari Total yang bisa diamati dari beberapa wilayah di Indonesia. Ingat, mengamati gerhana Matahari tidak bisa dengan mata telanjang. Kita harus memakai filter Matahari. Jadi, persiapkan rencana pengamatan Anda dari sekarang. Salam langit cerah :) .

Share

2 comments to Gerhana Matahari Cincin 21 Mei 2012

  • hari ini di bangka belitung kota pangkalpinang tanggal 21-08-2012,trjadinya gerhana matahari cincin

    • menurut kalender astronomi, tidak ada gerhana matahari di manapun pada tanggal tersebut. mungkin yang dimaksud adalah ada cincin halo di sekitar matahari ya?

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>