Ikuti Kami

Kategori Tulisan

Arsip Bulanan




Kode QR Dunia Astronomi

Dibuat dengan bantuan QR Code Generator

Daftarkan email dan dapatkan informasi terbaru tentang tulisan DADC

Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012

Di akhir bulan November ini akan terjadi sebuah gerhana Bulan penumbra (GBP), yang sekaligus akan menjadi gerhana yang terakhir di tahun 2012. Disebut gerhana penumbra karena Bulan tidak akan masuk ke dalam wilayah umbra Bumi.

GBP 28 Nov 2012 (Sumber: astro.ukho.gov.uk/eclipse).

GBP 28 Nov 2012 (Sumber: astro.ukho.gov.uk/eclipse).

Gerhana ini akan berlangsung tanggal 28 November 2012 mulai pukul 19.14 WIB dan berakhir pada pukul 23.51 WIB. Bulan berada di langit timur dengan ketinggian sekitar 20 derajat. Seluruh wilayah Indonesia dapat menyaksikan fenomena ini dari awal hingga selesai. Secara umum, kenampakan gerhana penumbra tidak begitu istimewa karena perubahan yang terjadi hanyalah berkurangnya kecerahan Bulan purnama. Tidak akan ada bayangan gelap di piringan Bulan sebagaimana yang terjadi pada gerhana Bulan sebagian atau total. Namun pada gerhana nanti hampir seluruh bagian Bulan masuk ke penumbra Bumi. Tetapi perubahan itu baru akan mudah dilihat setelah 2/3 bagian Bulan sudah memasuki penumbra, yang terjadi pada sekitar pukul 21-22 WIB.

Animasi gerhana penumbra (Sumber: Wikipedia).

Animasi gerhana penumbra (Sumber: Wikipedia).

Hal menarik lainnya di malam itu adalah benda-benda lain di sekitar Bulan. Di posisi yang sangat dekat Bulan ada 2 benda terang, Aldebaran (merah, bintang paling terang di rasi Taurus) dan Jupiter (kuning-putih). Selain itu ada juga Capella (bintang paling terang di rasi Auriga) sedikit di sebelah utara Jupiter, rasi Orion di selatan Jupiter yang mudah dikenali dari 3 bintang berjejernya yang disebut sabuk Orion, dan Sirius (bintang paling terang di langit malam) di sebelah selatan Orion. Sementara lebih ke selatan lagi ada bintang Canopus, bintang paling terang di rasi Carina.

Kenampakan langit timur saat gerhana terjadi -stellarium-

Kenampakan langit timur saat gerhana terjadi -stellarium-

Dan jangan lupa, di dini harinya akan ada tiga buah planet di sebelah timur sebelum Matahari terbit. Berturut-turut dari barat ada Saturnus, Venus, dan Merkurius akan membentuk garis lurus, ditambah dengan Spica (bintang paling terang di rasi Virgo) di sebelah barat Saturnus. Selain itu ada juga Arcturus, bintang paling terang di rasi Bootes yang berwarna merah di sebelah utara ketiga planet tersebut. Semoga langit cerah.

Langit timur dinihari -stellarium-

Langit timur dinihari -stellarium-

Selamat melakukan pengamatan.

TAMBAHAN:

Berikut ini adalah arsip foto GBP tersebut:

GBP 28 November 2012. Sumber: Rayhan HAAJ (facebook)

GBP 28 November 2012. Sumber: Rayhan HAAJ (facebook)

Share

15 comments to Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>