Kategori

Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012

Di akhir bulan November ini akan terjadi sebuah gerhana Bulan penumbra (GBP), yang sekaligus akan menjadi gerhana yang terakhir di tahun 2012. Disebut gerhana penumbra karena Bulan tidak akan masuk ke dalam wilayah umbra Bumi.

GBP 28 Nov 2012 (Sumber: astro.ukho.gov.uk/eclipse).

GBP 28 Nov 2012 (Sumber: astro.ukho.gov.uk/eclipse).

Gerhana ini akan berlangsung tanggal 28 November 2012 mulai pukul 19.14 WIB dan berakhir pada pukul 23.51 WIB. Bulan berada di langit timur dengan ketinggian sekitar 20 derajat. Seluruh wilayah Indonesia dapat menyaksikan fenomena ini dari awal hingga selesai. Secara umum, kenampakan gerhana penumbra tidak begitu istimewa karena perubahan yang terjadi hanyalah berkurangnya kecerahan Bulan purnama. Tidak akan ada bayangan gelap di piringan Bulan sebagaimana yang terjadi pada gerhana Bulan sebagian atau total. Namun pada gerhana nanti hampir seluruh bagian Bulan masuk ke penumbra Bumi. Tetapi perubahan itu baru akan mudah dilihat setelah 2/3 bagian Bulan sudah memasuki penumbra, yang terjadi pada sekitar pukul 21-22 WIB.

Animasi gerhana penumbra (Sumber: Wikipedia).

Animasi gerhana penumbra (Sumber: Wikipedia).

Hal menarik lainnya di malam itu adalah benda-benda lain di sekitar Bulan. Di posisi yang sangat dekat Bulan ada 2 benda terang, Aldebaran (merah, bintang paling terang di rasi Taurus) dan Jupiter (kuning-putih). Selain itu ada juga Capella (bintang paling terang di rasi Auriga) sedikit di sebelah utara Jupiter, rasi Orion di selatan Jupiter yang mudah dikenali dari 3 bintang berjejernya yang disebut sabuk Orion, dan Sirius (bintang paling terang di langit malam) di sebelah selatan Orion. Sementara lebih ke selatan lagi ada bintang Canopus, bintang paling terang di rasi Carina.

Kenampakan langit timur saat gerhana terjadi -stellarium-

Kenampakan langit timur saat gerhana terjadi -stellarium-

Dan jangan lupa, di dini harinya akan ada tiga buah planet di sebelah timur sebelum Matahari terbit. Berturut-turut dari barat ada Saturnus, Venus, dan Merkurius akan membentuk garis lurus, ditambah dengan Spica (bintang paling terang di rasi Virgo) di sebelah barat Saturnus. Selain itu ada juga Arcturus, bintang paling terang di rasi Bootes yang berwarna merah di sebelah utara ketiga planet tersebut. Semoga langit cerah.

Langit timur dinihari -stellarium-

Langit timur dinihari -stellarium-

Selamat melakukan pengamatan.

TAMBAHAN:

Berikut ini adalah arsip foto GBP tersebut:

GBP 28 November 2012. Sumber: Rayhan HAAJ (facebook)

GBP 28 November 2012. Sumber: Rayhan HAAJ (facebook)

15 comments to Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012

  • afri

    kapan waktu terjadinya gerhana bulan (puncak)????thxz

  • Ahmad

    Gerhana Bulan Penumbra

    Gerhana Bulan Penumbra terjadi pada tanggal 28 November 2012. Gerhana tersebut dapat dilihat dari wilayah Indonesia.
    Gerhana mulai : 19 12.6 WIB
    Puncak Gerhana : 21 33.0 WIB
    Gerhana berakhir : 23 53.3 WIB

    Gerhana dapat dilihat di Amerika bagian Utara, Samudra Pasifik, Australia, Asia, Eropa dan sebagian besar Afrika bagian Timur Laut.

  • Fakhrurazi Reno SUtan

    assalamu alakum wr wb,
    sahabat-sahabat ku ayo kita shalat gerhana besok, waktu gerhana sedang berlangsung, shalat sunnah gerhana dua rakaat, caranya seperti sahalat biasa, yaitu bernat tulus karena ALlah, takbir, doa iftitah, alfatihah, ayat yang panjang, rukuk, i’tidal, alfatihah lagi, ayat yang panjang, rukuk, i’tidal, sujud dua kali, kemudian rakat kedua begitu lagi.dan salam, setelah aitu hendaklah imam berkhutbah atau ada yang memberi khutbah satu kali khutbah.

  • Zainal Abidin Al-Floresi

    Hadirilah Sholat Sunnah Gerhana Bulan berjama’ah,, ayo Sobat Muslim cari info masjid2 yg melaksanakan Sholat Gerhana Bulan

  • kangsuhar

    Trimakasih, informasinya
    Gerhana adalah peristiwa alam sebagai bukti kekuasaan Allah SWT, alhamdulillah di dalam ajaran agam Islam ada ajaran Sholat Gerhana, mari kita kerjakan secara berjamaah meskipu boleh sendirian, dan jangan lupa membawa infaq dan shodaqoh untuk kita sampaikan kepada saudara-saudara kita yang masih faqir dan miskin, semoga Allah SWT., meridhoi Aamiin

  • asru

    mari kita makmurkan mesjid dengan menggemakan sholat gerhana, yang terkadang sering terabaikan oleh kebanyak orang, semoga kita selamanya berada lindungan Alloh Swt. amiin

  • Alhamdulillah…..semuga Allah tetap memberi kita kenikmatan terutama iman….dan hari ini saya mengajak teman 2 malam nanti sholat gerhana bulan berjamaah di masjid Al Jihad Banjarmasin. jangan lupa saya tunggu. insyaAllah.

  • hadi

    marilah kita kerjakan Sholat Kushuf ( sholat Gerhana ) yg akan terjadi nanti malam Rabu Tgl, 28/11/12 Jam : 19.14, smoga Allah mengampuni segala Dosa & kita diberi keselamatan Olehnya.

  • Subhanallah Gerhana Bulan semacam ini kebanyakan orang menganggap hanyalah Fenomena alam biasa padahal termasuk hal luar biasa karena kejadiannya sangat jarang dan tidak beraturan hari, bulan,dan tahunnya.ada hal yang luar biasa tapi intensitasnya padat dianggap hal biasa, contohnya : mata bisa berkedip otomatis,mata bisa melihat dan masih banyak yang lainnya, oleh karena itu Dzikrullah adalah hal yang niscaya……

  • saya kagum dengan fenomena alam yang luar biasa (subhanallah)

  • sayang sekali lagi musim hujan,,jadi gak bisa deh lihat GBP malam ini…

  • Richard

    di manado langitnya cerah malam ini… jadi bisa lihat gerhana deh,,, :D

  • arief

    alhamdulillah langit di sini ceraaaaaaah banget… walo gak ada gerhana betah nih ngeliatin langit kayak gini

  • fenomena Alam…Yuk kita sholat Khusuf (Sholat Gerhana Bulan) sebagai tanda ketundukkan kita sebagai HAMBA ALLAH Shubhanahu wata’ala…banyak berdo’a dan bershodaqoh…

  • Saya adalah penggemar Spica (Bintang Paling Terang di Rasi Virgo)
    Semoga nanti bisa menyaksikan keindahannya.

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.