Kontak DADC

Call SMS Whatsapp0817 226 986
BBMD0B69E7B
Twitter: duniaastronomi
Facebook: Etalase DADC
Plurk: dadc
Instagram: dunia.astronomi Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan dadc. Kami selalu menghubungi melalui nomor di atas

Gerhana Matahari Cincin 20191226

dadc di Twitter

Gerhana Matahari Total 14 November 2012

Di bulan November ini, sebuah Gerhana Matahari Total (GMT) akan terjadi pada tanggal 14 November 2012. Namun sayangnya gerhana tersebut hanya dapat diamati dari sebagian kecil Indonesia Timur, yaitu bagian timur Papua saja.

Berikut ini adalah animasi untuk pengamatan GMT tersebut dari Jayapura. Proses GMT sudah dimulai sejak pukul 4.39 WIT, saat Matahari masih berada di bawah horison. Sementara fase puncak gerhana di Jayapura terjadi pada pukul 5.39 WIT dan berakhir pada pukul 6.21 WIT.

Bayangan umbra Bulan pada GMT nanti akan lebih banyak melintas samudera Pasifik. Satu-satunya daratan yang dilaluinya adalah bagian utara Australia. Jalur totalitas tersebut menempuh jarak sekitar 14.500 km selama 3 jam lebih dan berakhir di kawasan Chili.

Gerhana ini mungkin tidak dapat kita nikmati. Tetapi tenang saja karena pada tahun 2013 nanti akan terjadi Gerhana Matahari Cincin yang dapat dilihat dari Indonesia sebagai Gerhana Matahari Sebagian. Dan puncaknya di tahun 2016 nanti akan ada Gerhana Matahari Total yang bisa diamati dari beberapa wilayah di Indonesia. Jadi persiapkanlah pengamatan Anda dari sekarang! Ingat, mengamati Matahari harus dilakukan dengan sangat hati-hati karena kesalahan kecil dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada mata kita.

Salam langit cerah 🙂

1 comment to Gerhana Matahari Total 14 November 2012

Tinggalkan komentar?

Etalase DADC

Buku Menjelajahi Tata Surya Soal & Jawaban 1 OSN Astronomi Soal & Jawaban 2 OSN Astronomi Buku Teori Relavitas Einstein, Sebuah Pengantar Filter Matahari ND5 BAADER Green Laser Pointer 1 Mata kaos-peta-bintang-desain kaos-peta-langit-abu-01 Kaos Saturnus DADC Kaos Teleskop DADC Buku Sakti Olimpiade Astronomi Paket Hemat Kalender dan Kacamata Gerhana Matahari Kalender Meja Astronomi 2016