Gerhana Matahari Total 14 November 2012

Di bulan November ini, sebuah Gerhana Matahari Total (GMT) akan terjadi pada tanggal 14 November 2012. Namun sayangnya gerhana tersebut hanya dapat diamati dari sebagian kecil Indonesia Timur, yaitu bagian timur Papua saja.

Berikut ini adalah animasi untuk pengamatan GMT tersebut dari Jayapura. Proses GMT sudah dimulai sejak pukul 4.39 WIT, saat Matahari masih berada di bawah horison. Sementara fase puncak gerhana di Jayapura terjadi pada pukul 5.39 WIT dan berakhir pada pukul 6.21 WIT.

Bayangan umbra Bulan pada GMT nanti akan lebih banyak melintas samudera Pasifik. Satu-satunya daratan yang dilaluinya adalah bagian utara Australia. Jalur totalitas tersebut menempuh jarak sekitar 14.500 km selama 3 jam lebih dan berakhir di kawasan Chili.

Gerhana ini mungkin tidak dapat kita nikmati. Tetapi tenang saja karena pada tahun 2013 nanti akan terjadi Gerhana Matahari Cincin yang dapat dilihat dari Indonesia sebagai Gerhana Matahari Sebagian. Dan puncaknya di tahun 2016 nanti akan ada Gerhana Matahari Total yang bisa diamati dari beberapa wilayah di Indonesia. Jadi persiapkanlah pengamatan Anda dari sekarang! Ingat, mengamati Matahari harus dilakukan dengan sangat hati-hati karena kesalahan kecil dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada mata kita.

Salam langit cerah 🙂

One thought on “Gerhana Matahari Total 14 November 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.