Bumi Gelap 3 Hari Di Bulan Desember 2012

Beberapa bulan terakhir berita dengan judul seperti di atas hangat dibicarakan di dunia maya. Isinya seolah-olah benar karena menyebutkan NASA sebagai sumbernya. Penyebaran berita ini pun memakan cukup banyak ‘korban’ yang menjadi risau dan khawatir tentang peristiwa tersebut. Pada akhirnya, mereka pun turut menyebarkannya. Bagi Anda yang belum pernah membaca berita tersebut, berikut ini adalah kutipannya:

“Whether it’s true or not, better be prepared. No panic, stay calm, just pray. Remember to smile more, love more, forgive more…everyday. Better avoid traveling during December 2012) NASA predicts total blackout on 23-25 Dec 2012 during alignment of Universe. US scientists predict Universe change, total blackout of planet for 3 days from Dec 23 2012. It is not the end of the world, it is an alignment of the Universe, where the Sun and the earth will align for the first time.

The earth will shift from the current third dimension to zero dimension, then shift to the forth dimension. During this transition, the entire Universe will face a big change, and we will see a entire brand new world. The 3 days blackout is predicted to happen on Dec 23rd, 24th and 25th….during this time, staying calm is most important, hug each other, pray pray pray, sleep for 3 nights…and those who survive will face a brand new world….for those not prepared, many will die because of fear.

Be happy…, enjoy every moment now. Don’t worry, pray to God everyday. There is a lot of talk about what will happen in 2012, but many people don’t believe it, and don’t want to talk about it for fear of creating fear and panic. We don’t know what will happen, but it is worth listening to USA’s NASA talk about preparation.

Terjemahannya:

Entah benar atau tidak, sebaiknya bersiap”lah, Jangan panik, tetap tenang, dan berdoalah. Ingatlah untuk lebih banyak senyum, lebih banyak mencintai, lebih banyak memaafkan.. setiap hari. Akan lebih baik untuk menghindari perjalanan jauh sepanjang bulan Desember 2012. NASA memperkirakan kegelapan total pada 23-35 Dec 2012 pada saat “sejajarnya alam semesta”.

Ilmuan US memperkirakan perubahan alam semesta, kegelapan total pada planet (bumi, red) selama 3 hari dimulai pada 23 Des 2012. Ini bukanlah akhir dari dunia, ini adalah “kesejajaran alam semesta”, dimana matahari dan bumi akan berada pada satu garis lurus untuk pertama kalinya. Bumi akan bertukar tem,pat dari dimensi ke 3 ke dimensi 0, lalu bertukar lagi ke dimensi ke 4.

Selama perpindahan ini, seluruh alam akan menghadapi perubahan besar, dan kita akan melihat Dunia yang benar” baru. (mungkin dimensi disini lebih ke arah posisi bumi kali yee ) Kegelapan selama 3 hari ini diperkirakan akan terjadi pada tanggal 23, 24 dan 25 Des, Selama kejadian ini terjadi, ketenangan adalah hal yang sangat dibutuhkan, saling peluk satu sama lain, berdoa, dan terus berdoa. Beristirahatlah selama 3 hari ini. Dan mereka yang bertahan akan menghadapi Dunia yang benar” baru … bagi mereka yang tidak bersiap” akan banyak yang mati karena rasa takut. Berbahagialah, nikmati waktu yang ada mulai dari sekarang. Jangan khawatir, dan berdoalah kepada Tuhan setiap hari.

Banyak sekali pembahasan tentang apa yang akan terjadi di tahun 2012, tapi banyak yang tidak percaya, karena mereka takut akan menciptakan kepanikan dan ketakutan pada semua orang. Kita tidak tahu pasti apa yang akan terjadi, tapi saya rasa tidak akan sia” untuk mempercayai NASA tentang persiapan yang harus dilakukan.”


Bagi pembaca yang awam, penyebutan NASA di dalam tulisan tersebut mungkin akan membuatnya semakin meyakinkan. Tetapi jika mau kita cermati, akan terlihat banyak keanehan/kesalahan pada isinya. Bahkan di awal kalimat berita tersebut tertulis frase “entah benar atau tidak.” Sungguh aneh karena berita yang benar pasti tidak akan mencantumkannya. Maka wajarlah jika kita langsung curiga dengan kebenaran berita seperti ini, tanpa membacanya secara keseluruhan.

Di akhir paragraf pertama disebutkan bahwa kegelapan total yang akan terjadi selama 3 hari tersebut disebabkan oleh “an alignment of the Universe, where the Sun and the earth will align for the first time”  atau diterjemahkan “kesejajaran alam semesta” (lebih tepat diterjemahkan sebagai kesegarisan alam semesta). Kesalahan pertama di kalimat tersebut adalah menyebutkan kesegarisan antara dua benda, Matahari dan Bumi. Padahal 2 buah benda/titik pastilah membentuk garis lurus. Lain halnya jika ada 3 benda/titik, yang tidak selalu membentuk garis lurus. Penggunaan istilah kesegarisan yang lebih tepat bisa kita jumpai dalam penjelasan tentang terjadinya gerhana Bulan atau gerhana Matahari, yaitu ketika Matahari, Bulan, dan Bumi terletak segaris (dan sebidang). Kesalahan kedua adalah menyebutkan kesegarisan alam semesta tetapi objek yang ditinjau hanya Matahari dan Bumi saja. Padahal objek di alam semesta kita ini hampir tak terhitung banyaknya.

Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa kegelapan selama 3 hari itu disebabkan oleh kesegarisan antara Matahari, Merkurius, Venus, dan Bumi sehingga saat itu Bumi berada di dalam bayangan Merkurius dan Venus. Padahal keempat benda tersebut terletak berjauhan sehingga tidaklah mungkin jika Bumi bisa berada di dalam bayangan Merkurius dan Venus. Kesegarisan antara Bumi, Matahari, dan Venus atau Merkurius sendiri adalah peristiwa yang memang sangat mungkin terjadi, yang lebih populer dengan sebutan transit. Saat itu terjadi, kita dapat melihat Venus atau Merkurius melintas di piringan Matahari. Keduanya hanya akan tampak sebagai noktah kecil berwarna hitam saja. Tentunya pengamatan transit itu harus dilakukan dengan teleskop dan filter khusus.

Transit Venus 8 juni 2004 (Sumber: Wikipedia)
Transit Venus 8 juni 2004 (Sumber: Wikipedia)

Lalu bagaimana dengan istilah perpindahan dari dimensi tiga ke dimensi nol lalu ke dimensi empat? Semua itu tidak ada artinya alias omong kosong. Pada dasarnya, kita hidup di dunia 4 dimensi: 3 dimensi ruang dan 1 dimensi waktu. Tidak ada yang bisa berpindah dimensi dengan mudah seperti yang tertulis di berita itu, apalagi hanya karena adanya kesegarisan Matahari dengan Bumi.

Dapat kita simpulkan bahwa tidak akan ada kegelapan selama 3 hari di tanggal 23, 24, dan 25 Desember 2012. Dan juga tidak akan ada perubahan dunia menjadi yang benar-benar baru. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan di ketiga hari tersebut. Nikmati sajalah hari libur itu. Selamat berlibur 🙂

UPDATE

Ada lagi hoax yang disebar melalui SMS seperti berikut

sekedar pemberitahuan pukul 7 mlm kemarin q dengar radio pada tgl 21,22,23 akan terjadi gerhana total pada seperti saat hujan yang menyebabkan banyak rumah akan runtuh, listrik di seluruh indonesia akan padam selama 3 hari semua sekolah akan diliburkan. oleh karena itu kita disuruh senantiasa tidak berhenti mengumandangkan ­ azdan dan mendirikan sholat..sapa yang baca ini, tolong sebarkan ke 20org.jgn dipermaikan…Lillahi Ta’ala. Demi Allah ini amanah, dlm waktu 12 jam gak dikirim, musibah berupa dibenci org, akan sial smpae umur 48 thn.ap arti sms gratis don’t send back!!”..!!!!!

Sekali lagi, info tersebut HOAX. Semoga Anda tidak termasuk dalam salah satu orang yang percaya SMS itu dan menyebarkannya 🙂

7 thoughts on “Bumi Gelap 3 Hari Di Bulan Desember 2012

  • 31.12.2012 at 00:10
    Permalink

    Ini sdh 31 ga ada apa2. Tiap hari ya memang ada kegelapan masal, namanya “malam’. Tsktsktsk

    Reply
  • 20.12.2012 at 17:59
    Permalink

    mau tanya disini siapa yg jomblo ? klo ada mending kita jalan2 nikmati lbur 3hari sprti yg di ktakan di atas, hahahaha…

    Reply
  • 18.12.2012 at 20:39
    Permalink

    ga semua toh kak. bukannya uranus berlawanan arah revolusinya dengan semua planet? uranus apa neptunus ya…?

    Reply
    • 18.12.2012 at 21:10
      Permalink

      kalau revolusi, semuanya sama. yang beda-beda itu rotasinya venus dan uranus

      Reply
  • 18.12.2012 at 19:23
    Permalink

    saya mau nanya, apakah revolusi planet-planet di tata surya mengelilingi matahari arahnya sama semua? searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam?

    Reply
    • 18.12.2012 at 19:55
      Permalink

      sama semua, yaitu berlawanan arah putaran jarum jam. ini berkaitan dengan proses terbentuknya dahulu. saat itu, tata surya masih berupa piringan gas dan debu yang berputar seperti cakram CD

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.