Kontak DADC

Call SMS Whatsapp0817 226 986
BBMD0B69E7B
Twitter: duniaastronomi
Facebook: Etalase DADC
Plurk: dadc
Instagram: dunia.astronomi Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan dadc. Kami selalu menghubungi melalui nomor di atas

Gerhana Matahari Cincin 20191226

dadc di Twitter

Hoax Konjungsi Mengurangi Berat Benda Di Bumi

Beberapa hari terakhir beredar kabar tentang konjungsi planet Jupiter dan Pluto yang menyebabkan kejadian aneh di Bumi. Berikut isi kabar tersebut:

Kejadian alam aneh banyak terjadi belakangan ini. Tapi mungkin tidak ada yang mampu menyamai apa yang akan terjadi pada Minggu (4/1/2015), jika informasi yang dirilis badan antariksa AS (NASA) ini benar.

Menurut astronom Inggris Patrick Moore, pada Minggu 4 Januari 2015, tepatnya pada pukul 09:47 pagi waktu Pacific Standard Time (PST) atau sekitar pukul 23.47 waktu Indonesia Barat, Pluto akan berada tepat segaris di belakang Jupiter. Dan kondisi ini akan mempengaruhi daya tarik (gravitasi) bumi. Kejadian langka yang diperkirakan hanya akan berlangsung selama 5 menit ini, akan mengakibatkan gabungan gaya gravitasi dari kedua planet akan mengerahkan gaya tarik yang lebih kuat, sebaliknya akan ‘menangkal’ gaya gravitasi bumi.

Akibatnya membuat berat benda-benda di Bumi, termasuk berat badan orang, sejenak lebih ringan dibanding kondisi normalnya. Moore menyebut fenomena ini sebagai “Jovian-Plutonian Gravitational Effect”. Moore mengatakan kepada para ilmuwan, bahwa mereka bisa mengalami fenomena dengan melompat di udara tepat pada saat fenomena keselarasan Pluto-Jupiter ini terjadi. Jika mereka melakukannya, ia berjanji, mereka akan mengalami sensasi mengambang aneh.
Ingin mencoba dan membuktikan ‘ramalan’ More ini? Maka jangan lupa mencatat waktunya.

Perlu diketahui, kabar tersebut adalah hoax. Konjungsi atau kondisi saat beberapa buah benda Tata Surya membentuk satu garis lurus adalah sebuah peristiwa yang cukup lazim terjadi. Namun tidak akan ada keanehan apapun yang terjadi di Bumi akibat peristiwa tersebut., apalagi mengurangi gravitasi di Bumi.

Pluto adalah planet katai yang berukuran kecil dan terletak sangat jauh, sehingga efek gravitasinya bagi Bumi mungkin bisa dikatakan mendekati nol. Silakan hitung sendiri menggunakan Hukum Gravitasi Newton. Konjungsinya dengan Jupiter sendiri tidak terjadi pada tanggal 4 januari 2015 lalu. Justru Pluto sedang berkonjungsi dengan Matahari dan Jupiter sedang menuju ke arah yang berseberangan dari Matahari (oposisi) tanggal 6 Februari mendatang.

Kisah ini sendiri sebenarnya memang pernah diutarakan oleh Patrick Moore, namun dalam konteks bercanda. Di tahun 1976, ia melontarkan kisah ini dalam radio di hari April Mop. Anehnya, beberapa saat setelah kabar ini beredar banyak orang menelepon dan mengaku mengalami kejadian tersebut!

Berita hoax seperti ini bisa saja muncul berulang di waktu yang akan datang. Semoga ketika waktu itu tiba, tidak banyak orang yang menjadi korban hoax ini.

 

3 comments to Hoax Konjungsi Mengurangi Berat Benda Di Bumi

Tinggalkan komentar?

Etalase DADC

Buku Menjelajahi Tata Surya Soal & Jawaban 1 OSN Astronomi Soal & Jawaban 2 OSN Astronomi Buku Teori Relavitas Einstein, Sebuah Pengantar Filter Matahari ND5 BAADER Green Laser Pointer 1 Mata kaos-peta-bintang-desain kaos-peta-langit-abu-01 Kaos Saturnus DADC Kaos Teleskop DADC Buku Sakti Olimpiade Astronomi Paket Hemat Kalender dan Kacamata Gerhana Matahari Kalender Meja Astronomi 2016