Kontak DADC

Call SMS Whatsapp0817 226 986
BBMD0B69E7B
Twitter: duniaastronomi
Facebook: Etalase DADC
Plurk: dadc
Instagram: dunia.astronomi Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan dadc. Kami selalu menghubungi melalui nomor di atas

Gerhana Matahari Cincin 20191226

dadc di Twitter

Mengamati Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 dengan Aman

Tidak lama lagi masyarakat Indonesia akan diberi kesempatan untuk mengamati Matahari dalam keadaan gerhana. Ya, seperti yang sudah banyak orang ketahui, pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang akan terjadi peristiwa Gerhana Matahari Total di beberapa wilayah Indonesia dan Gerhana Matahari Sebagian di seluruh wilayah Indonesia lainnya. Peristiwa unik, langka, dan fenomenal ini tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja. Namun ingat, mengamati Gerhana Matahari tidak boleh dilakukan sembarangan.

Metode pengamatan Matahari yang aman dapat dilihat di sini (Sumber: Kalender Meja Astronomi 2016 dadc)

Metode pengamatan Matahari yang aman dapat dilihat di sini (Sumber: Kalender Meja Astronomi 2016 dadc)

Kita tahu Matahari adalah objek langit yang sangat terang. Karenanya kita tidak boleh mengamati Matahari secara langsung, baik dengan mata telanjang dan terlebih dengan alat bantu optik seperti binokuler dan teleskop. Alat bantu optik seperti itu berfungsi untuk menguatkan cahaya, sehingga jika kita melihat Matahari dengannya maka mata kita bisa terbakar dan mengalami kerusakan (kebutaan) permanen. Pada saat terjadi gerhana, ketika piringan Matahari tidak tertutupi oleh Bulan secara keseluruhan, kita tidak boleh mengamatinya secara langsung. Hanya pada saat totalitas saja kita boleh melihat secara langsung. Namun patut diwaspadai bahwa setelah totalitas selesai, kita harus segera berhenti mengamatinya.

Berikut ini beberapa metode yang tidak aman dan BERBAHAYA bagi mata untuk mengamati Matahari:

  1. Melihat langsung dengan mata telanjang.
  2. Melihat langsung melalui alat optik seperti kamera, binokuler, teleskop, dan lainnya.
  3. Menggunakan klise film/rontgen/isi disket lembaran ataupun ditumpuk.
  4. Melihat melalui pantulan air dalam baskom/ember.
  5. Menggunakan kacamata hitam/rayban dan sejenisnya.
  6. Menggunakan keping CD/DVD.

Ingat, retina mata kita tidak memiliki sensor/syaraf sakit. Jadi ketika retina kita rusak akibat paparan cahaya Matahari berlebihan, kita tidak akan merasakannya dan cenderung untuk meneruskan pengamatan. Namun setelah itu kita akan mengalami kerusakan baik itu sementara maupun permanen atau kebutaan permanen!

Berikut ini beberapa metode yang aman bagi mata untuk mengamati Matahari dan Gerhana Matahari Total ataupun Gerhana Matahari Sebagian:

  1. Menggunakan kacamata gerhana atau kacamata Matahari. Kacamata ini dapat diperoleh di dadc dengan harga Rp. 35.000

    dadc menggunakan kacamata Matahari untuk mengamati transit Venus tahun 2012 lalu.

    dadc menggunakan kacamata Matahari untuk mengamati transit Venus tahun 2012 lalu.

  2. Menggunakan filter Matahari di depan kamera, binokuler, teleskop, dan sejenisnya. Filter ini dapat diperoleh di dadc dengan harga mulai Rp. 175.000 untuk ukuran 10 cm x 10 cm. Ukuran lain juga ada, tanyakan saja langsung kepada kami.

    Filter Matahari lembaran ini djual di dadc.

    Filter Matahari lembaran ini djual di dadc.

  3. Menggunakan metode proyeksi lubang jarum. Metode tak langsung ini merupakan metode paling murah, praktis, dan dapat dibuat sendiri dengan mudah.
    dadc melakukan pengamatan Gerhana Matahari Cincin 26 Januari 2009 (kiri). Ilustrasi metode proyeksi lubang jarum (kanan).

    dadc melakukan pengamatan Gerhana Matahari Cincin 26 Januari 2009 (kiri). Ilustrasi metode proyeksi lubang jarum (kanan).

    Kotak dapat dibuat dari kotak yang sudah ada seperti kotak sepatu. Buat lubang 3×3 cm di bagian depan untuk menempelkan aluminium foil yang diberi lubang jarum. Buat pula lubang (boleh juga berpintu) di bagian samping belakang untuk mengintip citra proyeksi. Semakin panjang kotak, maka citra proyeksi akan semakin besar.

  4. Menggunakan kaca las #14. Kaca las ini, yaitu kaca las paling gelap, dapat diperoleh di toko peralatan teknik.
    Gerhana Matahari dilihat melalui kaca las #14 (Auringonpimennys nähtynä hitsauslasin läpi (Solar eclipse as seen through the welding glass), Santeri Viinamäki [Wikimedia, CC-BY])

    Gerhana Matahari dilihat melalui kaca las #14 (Auringonpimennys nähtynä hitsauslasin läpi (Solar eclipse as seen through the welding glass), Santeri Viinamäki [Wikimedia, CC-BY])

Mengamati peristiwa astronomis langka memang tidak boleh dilewatkan. Namun harus tetap memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan. Semoga ulasan kami bermanfaat. Sampai berjumpa di tanggal 9 Maret 2016. Selamat mengamati dengan aman!

Sebagian informasi di atas dapat dibaca juga di Kalender Meja Astronomi 2016 Seri Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016. Dapatkan kalendernya sekarang juga.

3 comments to Mengamati Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 dengan Aman

Tinggalkan komentar?

Etalase DADC

Buku Menjelajahi Tata Surya Soal & Jawaban 1 OSN Astronomi Soal & Jawaban 2 OSN Astronomi Buku Teori Relavitas Einstein, Sebuah Pengantar Filter Matahari ND5 BAADER Green Laser Pointer 1 Mata kaos-peta-bintang-desain kaos-peta-langit-abu-01 Kaos Saturnus DADC Kaos Teleskop DADC Buku Sakti Olimpiade Astronomi Paket Hemat Kalender dan Kacamata Gerhana Matahari Kalender Meja Astronomi 2016