Kontak DADC

Call | Whatsapp 0817 226 986
Twitter: duniaastronomi
Facebook: Dunia Astronomi
Plurk: dadc
Instagram: dunia.astronomi
Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan dadc. Kami selalu menghubungi melalui nomor di atas.

Tanya Jawab

Silakan tuliskan pertanyaan tentang astronomi melalui komentar di bawah. Kami akan menjawabnya melalui komentar ataupun dengan menuliskan artikel baru.



Terima kasih.

1,587 comments to Tanya Jawab

  • apakah kita bisa menghitung gaya pasang surut di setiap tempat di tepi pantai secara astronomis sehingga dapat menentukan kapan pasang maksimum dan surut minimum di suatu tempat?
    atau tetap bergantung pada amplitudo setiap konstituen pasut yang hanya bisa ditentukan berdasarkan pengamatan?

  • sri utami

    Sebuah satelit mengorbit planet mars,ketinggian satelit ini diatur sehingga periode orbitnya sama dengan periode rotasi mars,Ketinggian satelit tersebut dari permukaan mars adalah?

    Tolong,dijelaskan.

  • mahendra

    rasi bintang minor di langit selatan dan tidak terlalu terang disebut apa ya?

    • wah, mahendra, banyak sekali rasi yang dimaksud minor & tidak terlalu terang. apakah bisa lebih spesifik lagi? kalau contoh rasi terkenal di selatan ya crux atau salib selatan atau layang-layang dan rasi centaurus di dekatnya 🙂

  • apa yang terbentuk pertama kali dalam alam semesta?

  • akbar kautsar

    Alam semesta terbuat dari apa?

  • Mbong

    Apakah anda sekalian pernah naik pesawat dan melihat bumi dari jendela pesawat..? Dan apakah anda melihat kalo Bumi ini berputar..?

    • kak mbong, kita ga bisa lihat bumi berputar kalau kita ada di dalamnya. ketika keluar angkasa pun kita masih sulit melihat bumi berputar, karena kita masih “memegang/memiliki” komponen kecepatan/momentum rotasi bumi ketika kita terbang keluar angkasa. kita akan bisa lihat bumi berputar kalau kita mendarat di bulan. mau? 😀

  • Rudi

    Hallo,, saya mau tanya. Kenapa ya orbit meteor bisa lonjong (bulat telur) ? Trimakasih

    • hallo kak rudi. mungkin maksudnya orbit asteroid ya? kalau meteor kan benda asing yang masuk bumi. orbit asteroid memang bisa sangat lonjong, karena massanya kecil dan dipengaruhi oleh banyak benda di sekitarnya. akibatnya ada banyak gravitasi objek lain yang mempengaruhi bentuk orbitnya

  • Apa itu antigalactic center ?

  • benyamin satria

    Saya ingin memotret pusat galaksi Bimasakti seperti yang terlihat di foto-foto. Pertanyaan saya, bagaimana memastikan posisi ujung kiri dan ujung kanan taburan bintang Bimasakti tersebut? Posisinya ke arah mata angin yang mana jika kita berada di negara Indonesia, khususnya di pulau Jawa. Apakah posisinya akan berubah jika berbeda waktunya ( berbeda jam atau berbeda bulan pengamatan).
    Terima kasih sebelumnya.

    • hai kak benyamin. sekarang ini sudah banyak apps/program simulasi peta langit yang bisa diunduh & dipasang di hp atau komputer. kita bisa cek posisi bimasakti ada di mana dengan mudah. coba pasang stellarium di komputer atau di android (berbayar), lalu cek sendiri bagaimana posisi bimasaktinya. posisinya memang pasti berubah-ubah, semua benda langit pasti begitu akibat gerak rotasi dan revolusi bumi.

  • Faiz

    Kenapa saat gerhana matahari bulan tidak terlihat?

    • hai kak faiz. gerhana matahari bisa terjadi akibat matahari ditutupi oleh bulan. karena matahari sangat terang, bulan jadi kalah terang (silau) sehingga sulit dilihat.

  • Fauzi

    Para ahli menemukan bahwa inti matahari sangat panas tapi tidak memuai, karena lapisan luar matahari menekan ke inti dengan gaya…?

  • Lalaa97

    Pada tahun 1672, sebuah usaha internasional dilakukan untuk mengukur sudut paralaks Mars pada saat oposisi, ketika berada paling dekat dengan Bumi. Pertimbangkan dua pengamat yang dipisahkan oleh garis dasar yang sama dengan diameter Bumi. Jika perbedaan pengukuran posisi sudut Mars adalah 33,6 “, berapakah jarak antara Bumi dan Mars pada saat oposisi? Ungkapkan jawaban Anda di AU.

  • Angga

    Bisakah anda jelaskan, Apakah ada planet selain bumi yg mempunyai kehidupan dan gaya gravitasi, dan 1 lagi, apakah mahkluk angkasa (ufo) itu betul adanya atau sekedar mitos belaka, tolong berikan penjelasannya…?

    • halo kak angga. sejauh yang kita tahu, belum ada planet yang memiliki kehidupan. kalau gaya gravitasi sih pasti ada, kan gravitasi ada karena massa. semua planet pasti bermassa kan? nah, kalo ufo itu sebenarnya ada. tapi wajib diingat bahwa ufo tidak berkaitan dengan alien lho. menurut definisinya, ufo adalah benda terbang yang tidak teridentifikasi. di dunia ini kan yang namanya pesawat terbang normalnya pasti teridentifikasi. jika ada benda terbang yang tidak diketahui identitasnya, maka kita bisa sebut itu sebagai ufo.

  • Hendra

    Kenapa sih bagian bawah awan berbentuk datar?

    • begini kak hendra. pertama, kita telusuri dulu kenapa kok bisa bilang bagian bawah awan itu datar? dasarnya apa? kalau ada penelitian yang menyebutkan begitu, barulah kita bisa teliti apa penyebabnya. kami ga bisa jawab karena sampai saat ini ga punya informasi terkait itu dan apakah hal itu benar.

  • Utari sitti farikah

    Matahari paling lama berada di atas horizon bila?

    • hai, kak utari. matahari bisa berada di atas horizon bila kita berada di kutub utara atau selatan pada saat musim panas, yaitu sekitar bulan Juni di kutub utara dan bulan Desember di kutub selatan. saat itu, matahari ada di atas horizon terus alias selama 24 jam sehari

  • yanis

    posisi equinox , sebagai titik awal assensio recta letaknya dipermukaan bumi itu ada dimana ??

    • kak yanis, posisi titik vernal ekuinoks (bukan cuma ekuinoks) itu ada di langit, bukan di bumi. dulu, titik itu ada di rasi aries. tapi sekarang sudah bergeser ke rasi pisces karena gerak presesi bumi

  • Noverina Sianturi

    Mengapa langit tampak seperti bola yang melingkari bumi

    • halo kak noverina. langit bisa tampak seperti bola yang melingkari bumi karena langit ada di segala arah dan ditambah pula bumi berbentuk bola.

  • Eri

    Saya ingin bertanya,
    1. kenapa langit tampak seolah melengkung
    2. Dari planet yang ada jelaskan apakah ada mahkluk luar angkasa yang bisa diliat di TV
    3. Jelaskan apabila bumi yang kita tempati sudah tidak sesuai dengan kehidupan yang ada maka planet manakah yang bisa di huni oleh manusia dan makhluk hidul lainnya.
    Mungkin itu saja pertanyaan dari saya terimakasih dan mohon fi jawab secepatnya terimamasih

    • halo eri. coba kita bahas satu persatu ya.
      1. langit seolah tampak melengkung karena bumi bulat/melengkung.
      2. ga ada dong, adanya ya hanya di tv 😀
      3. hingga sekarang, belum ada planet yang bisa ditinggali. kalau mau, paling dekat itu mars. tapi harus dimodifikasi dulu supaya bisa ditinggali manusia/makhluk hidup.

  • asterion

    kemaren ketika terjadinya gerhana matahari total pada tanggal 31 Januari, saya sempat ikut mengamati gerhana bulan sebelum puncaknya, ketika itu saya mendapati terdapat garis hitam horizontal yang menutupi bagian tengah bulan. jadi seakan-akan bulan dibagi dua. kira-kira apa yang menyebabkan adanya garis tersebut? sebelumnya saya sempat bertanya kepada salah satu orang yang cinta astronomi dan ia mengatakan bahwa garis tersebut bisa jadi disebabkan oleh salah satu satelit (saya lupa namanya) yang ketika itu memang sedang bergerak mendekati bulan. benarkah? atau ada sebab yang lain?

    • hai asterion. maksudnya garis batas gerhana bukan ya? soalnya rasanya tidak ada yang bisa menyebabkan munculnya garis tersebut. tidak juga satelit. terlebih lagi tidak ada fotonya, sehingga sulit menentukan apa yang dilihat dan apa penyebabnya.

  • Delima

    Kenapa matahari terbit dari timur? Jelaskan

    • kak delima, matahari bisa terbit dari timur (begitu juga benda-benda langit lainnya) karena bumi kita berotasi/berputar pada porosnya dari barat ke timur.

  • IntanDewi

    Kapan matahari paling lama berada di atas horizon?

    • hai intandewi. matahari bisa di atas horizon lama sekali kalau kita berada di sekitar kutub saat musim panas di sana. artinya, di kutub utara di bulan juni dan di kutub selatan di bulan desember.

  • Velozmeteor

    Mengapa 2 galaksi bisa bertabrakan dalam kurun waktu tertentu ?

    • kak velozmeteor, 2 galaksi atau benda langit apapun bisa bertabrakan dalam kurun waktu tertentu jika arah geraknya bertemu di suatu titik. pada dasarnya, semua benda langit bergerak, tidak ada yang diam. apakah mereka akan bertabrakan atau tidak, bergantung pada banyak faktor. bisa saja benda-benda yang awalnya tampaknya tidak akan bertabrakan, berubah jadi akan bertabrakan ketika ada benda lain yang mengganggu melalui gaya gravitasinya ketika melintas berdekatan.

  • Dika

    Tolong jelaskan kenapa bisa matahari terbenam semakin mendekat ke timur ?

    • halo kak dika. sebenarnya kami bingung dengan pertanyaannya. matahari yang terbenam tidak mendekat ke timur kok, terbenamnya kan di barat. bisa dijelaskan lagi maksud pertanyaannya kah?

  • aquila

    apakah galaksi andromeda termasuk kedalam rasi bintang andromeda? atau sebaliknyaa?

    • hai aquila. galaksi andromeda memang benar terletak di rasi andromeda. karena terletak di situlah dia dinamakan galaksi andromeda

  • Ian

    Hai, saya pendatang baru di dunia astronomi, berniat untuk membeli teropong bintang.
    pertanyaan saya, apakah pengamatan planet/bintang dimungkinkan dari langit Jakarta? atau perlu ke tempat khusus (desa, gunung) untuk bisa mengamati planet/bintang? Terimakasih

    • halo kak ian. maaf baru balas. mengamati benda langit di jakarta masih mungkin kok, hanya saja tantangannya tinggi dengan tingkat keberhasilan rendah. selain cuaca, pengamatan langit malam juga bergantung pada faktor polusi udara dan polusi cahaya. kedua hal ini sangat tinggi di jakarta. idealnya, pengamatan dilakukan di area yang polusi udara dan polusi cahayanya rendah, misalnya di kepulauan seribu atau di pegunungan/pedesaan.

  • I love space

    Apakah lubang hitam bisa menghisap galaxi??

    • hai kak i love space, lubang hitam memang punya gaya tarik gravitasi yang besar. tetapi kemampuannya itu dibatasi oleh jarak. benda yang berada sangat jauh dari batas tersebut tidak akan terpengaruh. jadi, bisa saja lubang hitam menghisap galaksi, asalkan galaksi tersebut seluruhnya berada di jarak minimal pengaruh lubang hitam tersebut.

  • isla

    mau tanya apakah ada undang-undang tentang observatorium terkait luasan,wilayah dan syarat yang lainnya ? soalnya saya butuh sekali untuk menyelesaikan Tugas Akhir

    • hai kak isla. untuk saat ini, syarat-syarat dibangunnya observatorium tidaklah diatur oleh undang-undang. melainkan oleh pengetahuan kita tentang kondisi ideal pengamatan untuk penelitian. misalnya kelembaban rendah, jumlah langit malam cerah dalam setahun sangat banyak, minim pemukiman, polusi udara, serta polusi cahaya, tidak rawan gempa, dll.

  • iki

    Kk…. kalau misalnya kan kita ada ikut olimpiade astronomi… nah, kita pun dapat sertificat nya nihh… pertanyaannya.. “sertificate itu, bisa gk siih menjadi pendukung saya untuk lulus ke perkuliahan PKN STAN?😅.. mohon jawabannya terimakasih

    • hai kak iki. maaf sebelumnya, kami tidak bisa menjawab pertanyaan itu karena tidak punya pengetahuan tentang itu. tapi biasanya sertifikat yang bernilai lebih dan bisa digunakan dalam pendaftaran sekolah/kuliah itu yang berupa prestasi/juara, bukan sekedar keikutsertaan. coba tanyakan langsung ke instansi yang bersangkutan. semoga jawaban ini bermanfaat ya 😀

  • anonim

    Kak saya mau tanya gimana cara ngitung magnitude bintang yang terhalangi karena gerhana. Anggap saja seperti matahari pada saat peredupan karena gerhana oleh bulan itu gimna kak ?? mohon pnjelasannya

    • hmm, apakah yang dimaksud ini untuk bintang ganda gerhana? ini pertanyaan dari sebuah soal bukan ya? 😀 biasanya, bintang ganda gerhana bisa kita hitung magnitudonya dari kurva cahayanya

  • Trisandi Situmeang

    Berdasarkan artikel tentang astronomi yang saya baca, dikatakan jika di bumi terjadi gempa yang besar maka akan terjadi perubahan sudut rotasi dibumi karena adanya perubahan permukaan dibumi,
    Dikatakan sama halnya dengan gasing yang berputar tegak karena beratnya seimbang, jika berat disebagian badan gasing ditambah maka gasing tidak dapat berputar tegak lagi.

    Bagaimana bisa terjadi demikian terhadap bumi ?
    Sedangkan yang saya tahu diruang angkasa tidak terdapat gravitasi ?

    • halo kak trisandi. gempa besar memang bisa saja memberi pengaruh pada rotasi bumi, baik periodenya ataupun lainnya. dan di ruang angkasa ada gravitasi kok, tapi nilainya kecil kalau jauh dari objek apapun.

  • Bayu Segara

    jelaskan mengapa di siang dan malam tetap terlihat bulan sedangkan bumi itu bulat dan berputar mengelilingi matahari

    • hai bayu. dalam mengelilingi bumi, bulan tidak terbit di waktu yang sama setiap hari. selalu ada pergeseran sekitar 48 menit lebih lambat. jadi kalau hari ini bulan terbit pk 18 (saat purnama), maka besoknya terbit sekitar pk 18.48. akibatnya akan ada waktunya bulan terlihat hanya di malam hari, hanya siang hari, atau antara malam dan pagi, sore dan malam, dll. coba deh perhatikan, ketika bulan terlihat di pagi/siang hari, apa fasenya? setengah, sabit, atau apa? 🙂

  • Vante

    Apakah alien bernafas ?

    • hola kak vante. sebelum bisa menjawab pertanyaan itu, kita tentu harus menemukan aliennya dulu dong. padahal sampai sekarang belum ada tuh alien yang ditemukan. jadi, kita belum bisa menjawab pertanyaannya. kira-kira kita perlu tunggu berapa tahun lagi ya untuk menjawabnya? 10? 100? 1000? 😀

  • Nugraha Fatih

    apakah ada cara untuk menghitung kapan akan terjadi gerhana tanpa menggunakan siklus saros?

    • hai kak Nugraha Fatih. menghitung kapan gerhana itu ga pakai (siklus) saros kok. siklus saros itu memperlihatkan hubungan antara 1 gerhana dengan gerhana lain yang berselisih waktu 223 bulan sinodis atau 6.585,3211 hari, atau 18 tahun, 11 hari, 8 jam. setelah 1 saros tersebut, bumi, matahari, dan bulan berada pada geometri yang nyaris serupa. sedangkan untuk memprediksi kapan ada gerhana, kita perlu komputer dan pemrograman yang sangat handal dan akurat, karena ada banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya gerhana.

  • eddy

    apakah peluncuran ulangalik tegak lurus atw tidak,sampai ketinggian berapa gerakan itu berubah,terimakasih

  • eddy

    komet halley bergerak di garis edarnya selama 76 tahun,energi apa yang menggerakan komet itu,dan apakah kecepatannya konstan?terimakasih

    • hai eddy. energi yang menggerakkan komet halley di orbitnya sama seperti yang menggerakkan seluruh objek lain di tata surya, yaitu pengaruh dari gaya gravitasi matahari sejak awal pembentukannya dulu. kecepatannya tidak konstan karena bentuk orbitnya elips/lonjong. ada kalanya cepat, yaitu ketika dekat matahari) dan lambat ketika jauh dari matahari.

  • eddy

    ketika komet mejauhi matahari,kecepatannya melambat karena pengaruh gravitasi matahari,kemudian kembali lagi karena pengaruh gravitasi matahari,pertanyaan saya kenapa pada saat mendekat ke matahari komet haley tidak tersedot masuk ke matahari? bagaimana penjelasannya terimakasih

    • komet dan benda lain di tata surya tidak terhisap ke matahari karena lintasannya sedemikian sehingga gaya gravitasi matahari tidak cukup kuat menariknya untuk menabrak langsung. tapi baru sekedar mengorbit. untuk beberapa kasus, ada kok komet yang menabrak matahari. itu karena orbitnya memang berpotongan/menuju ke matahari

  • eddy

    mengapa orbit komet halley sangat lonjong ,tidak seperti orbit planet yang ada dalam tatasurya ?dan mengapa setelah menempuh jarak terjauhnya masih kembali lagi,padahal sudah melewati jalur orbit planet seperti bumi ,tolong jelaskan ,terima kasih.

    • sebenarnya kita tidak tahu dengan tepat kenapa orbitnya sangat lonjong, karena orbit komet dan benda lain biasanya sudah terbentuk sejak lama, sejak awal tata surya terbentuk. tapi tidak semua komet kembali mendekati ke matahari kok. ada juga yang tak kembali karena orbitnya berbentuk parabola atau hiperbola, bukan elips.

  • Irvan Hidayat

    Apakah cahaya harus hinggap pada suatu objek agar cahaya itu bisa dilihat? Terimakasih

    • pada prinsipnya, semua benda hanya bisa dilihat jika ada cahaya yang menuju benda tersebut lalu dipantulkan di mata kita. apakah cahayanya bisa dilihat, tergantung kuat cahayanya. kalau lemah sih tidak akan terlihat. tapi kalau cahayanya kuat seperti cahaya dari senter, mercusuar, atau laser pointer warna hijau, kita bisa melihat berkas cahayanya dalam kondisi tertentu.

  • Adinda Viona

    Mengapa langit tampak seperti bola yang melingkari bumi

  • mubin

    apa jadinya klo kita berdiri di poros bumi, apa ada yang pernah mengalami/melakukan hal tersebut?

    • halo mubin. kalau kita berdiri tepat di poros bumi (kutub utara/selatan), maka kompas akan bergerak acak karena bingung. kecuali kalau kompas itu bisa berputar 3 dimensi (dalam bola kaca), maka dia akan mengarah ke bawah. rasanya ada yang pernah melakukannya, karena ekspedisi ke kutub utara/selatan kayaknya sudah cukup banyak.

  • Sefan

    Kak, mau tanya nih.
    Tentang teori Galaktosentris apa ada artikel/jurnal/bukunya ? Terus apa ada tokoh2 yang membahas teori tsb??

  • Dimas Mulya

    Jelaskan fakta dan bukti nyata mengapa planet Pluto keluar ke garis katulistiwa

    • halo dimas. pertama, pluto tidak keluar ke garis khatulistiwa (apa pula garis khatulistiwa ini? :D). kedua, mungkin maksudnya kenapa pluto tidak dianggap planet lagi sejak tahun 2006 ya? kalau itu sih karena pluto “tidak bisa membersihkan orbitnya” alias tidak dominan di orbitnya sehingga satelitnya sendiri ukurannya setara. sebuah planet harusnya menjadi objek yang paling dominan di orbitnya, sehingga benda-benda lain di sekitarnya pastilah lebih kecil

Leave a Reply to mahendra Cancel reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.