Kontak DADC

Call SMS Whatsapp0817 226 986
BBMD0B69E7B
Twitter: duniaastronomi
Facebook: Etalase DADC
Plurk: dadc
Instagram: dunia.astronomi Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan dadc. Kami selalu menghubungi melalui nomor di atas

Gerhana Matahari Cincin 20191226

dadc di Twitter

Tanya Jawab

Silakan tuliskan pertanyaan tentang astronomi melalui komentar di bawah. Kami akan menjawabnya melalui komentar ataupun dengan menuliskan artikel baru.

Terima kasih.

1,436 comments to Tanya Jawab

  • welki

    kapan lagi akan terjadi gerhana matahari cincin

    • Nirmala

      pada saat debu2 melewati atmosfer, biasanya terjadi saat kebakaran hutan yg hebat. saat itulah debu dan asap melewati atmosfer bumi dan atmosfer bumi tdk bisa menahanya.(CMIIW) trimakasih.

    • 3 november 2013 nanti ada tapi tidak bisa dilihat dari indonesia

      nirmala, debu-debu tersebut tidak berkaitan dengan gerhana matahari cincin kan 🙂

  • -> welki
    gerhana matahari cincin berikutnya terjadi pada tanggal 15 Januari 2010. walaupun pengamat di indonesia tidak bisa menyaksikan fase cincinnya, kita masih dapat menyaksikan fase gerhana matahari sebagiannya. info lain tentang gerhana bisa lihat di situs http://eclipse.gsfc.nasa.gov

    -> Raynaldo
    maksudnya data satelit alami di tata surya ya? kalau satelit secara keseluruhan saya tidak menemukan. tapi kalau data lengkap satelit di setiap planet bisa coba dilihat di http://www.nineplanets.org/ atau http://nssdc.gsfc.nasa.gov/planetary/planetfact.html

  • Raynaldo

    Saya mau menanyakan , apa saudara mengetahui web adress yang menjelaskan seluruh satelit yang ada di planet-planet di tata surya ini? walaupun tidak sejelas dan sedetail itu jg gpp.. seblumnya trims…

  • dian

    saya mau tanya,apakah saya bisa menjadi partisipan di ilmu astronomi,saya ingin bekerja di bagian per astronomian sperti boscha,sedangkan saya hanya mahasiswa jurusan fisika murni,tapi saya lebih suka astronomi,apakah ada yang bisa menjawab pertnayaan sya?
    kapan chaya matahari menyusut(padam)?
    bagaimana menentukan peta langin dengan mata telanjang sedangakan langit tak selalu cerah?trimakasih

  • ozie sujiono

    Saya ingin sekali bergabung dengan komunitas astronomi yg ada di Indonesia. Terutama mengenai pembuatan teleskop astronomi, selama ini saya sudah mampu dalam pembuatan Reflector mirror.Alat mirror grinding, facoulty test mirror. Cara pengasahan/kaca datar kosong(mirror blank) hingga membentuk cekungan, sesuai dengan Focus dan diameter yang dibutuhkan. Dan juga cara memotong kaca hingga circle.Bahan-bahan pasir abrasive(silicone carbite)dan cerrium sudah saya dapatkan. Mirror tool sudah saya buat untuk menggosok kaca hingga cekung.
    Hingga cermin cekung itu licin.
    Pertanyaan saya, “Adakah yang dapat membantu saya untuk mendapatkan cara atau tempat/workshop pelapisan silver(aluminium coating)dengan proses Vacuum coating atau proses kimiawi(dengan bahan kimia)”. Kiranya teman-teman sesama hobby dalam bibang ini dapat membantu kesulitan saya ini? Terima kasih infonya.

  • yulfa

    tolong kirimin soal olimpiade astronomi donk./.;//’yang buabyaaaak yawwww….

  • gimana cara ngitung jarak matahari dari bumi

  • ikaa

    rumus apa yg di pakai untk menghitung eksentrisitas orbit, kalau yg diketahui hanya fluks saat di aphelium&perihelium?

  • ->dian

    1. bekerja di bidang astronomi? semua mahasiswa astronomi juga menginginkan itu :-), namun sayangnya belum banyak lahan pekerjaan di bidang astronomi. dengan latar belakang fisika, dian bisa kok bekerja di bidang astronomi. bekerja di bosscha adalah salah satunya, tapi untuk dapat bekerja di sana kita harus masuk melalui itb, karena bosscha adalah milik itb.

    2. matahari akan mengalami perubahan ukuran sesuai dengan evolusinya. secara sederhana, sebelum cahayanya habis (padam), ukuran matahari akan bertambah (menjadi bintang raksasa), kemudian planetary nebula, dan pada akhirnya berubah menjadi katai putih. bintang katai putih (white dwarf) adalah bintang yang tidak memiliki bahan bakar untuk menghasilkan energi seperti halnya matahari, karena semua bahan bakarnya sudah dilontarkan. bintang ini akhirnya akan meredup.

    tapi tenang saja, waktunya masih lama, paling tidak untuk skala umur manusia, yaitu miliaran tahun. untuk satu juta tahun ke depan saja, matahari masih baik sama kita kok 🙂

    3. kita bukannya menentukan peta langit, tapi mencocokkan peta langit dengan kenampakan langit di lokasi kita. caranya mudah, asalkan kita sudah tahu 4 arah mata angin, timur, barat, utara, dan selatan. kalau sudah, sesuaikan dengan waktu pengamatan dan arah mata angin yang ingin kita ketahui kenampakan langitnya.

    kapan-kapan saya akan berikan peta bintang yang bisa diceak/diprint sendiri.

    terima kasih kembali 🙂

    Hanief Trihantoro

  • kinta

    apa sich garis fraunhover?

  • ->ozie sujiono

    untuk bergabung dengan komunitas astronomi di indonesia anda bisa ikut milis di yahoo yang bernama astronomi_indonesia. dari situ anda bisa cari tahu apakah di kora anda sudah ada komunitas astronominya semacam haaj di jakarta (himpunan astronom amatir jakarta).

    pertanyaan anda tentang pembuatan teleskop tentu saja akan ditanggapi oleh peserta milis. jadi silakan ikuti saja milis astronomi_indonesia itu.

    semoga terbantu

  • ->yulfa
    soal olimpiade astronomi? silakan cari dengan mesin pencari terlebih dahulu. beberapa web di bagian “astronomi di indonesia” di bagian kanan halaman ini ada yang menyediakan soal olimpiade. silakan dikunjungi saja 🙂

    semoga terbantu

  • -> orang

    menghitung jarak matahari dari bumi bisa dilakukan dengan membandingkan kuat cahaya matahari yang diterima bumi pada saat-saat tertentu. rumusan matematisnya sepertu ini:

    E1/E2=R2/R1

    E adalah energi matahari yang diterima di bumi
    R adalah jarak.

    jika kita melakukan pengamatan setiap hari selama setahun, kita bisa dapatkan rata-rata dari E dan R, yang berarti energi matahari yang diterima bumi dan jarak matahari dari bumi.

    semoga terbantu

  • ->ikaa

    untuk menghitung eksentrisitas orbit jika fluks di perihelium dan aphelium diketahui, yang bisa kita ketahui pertama kali adalah perbandingan fluksnya yang berbanding terbalik dengan jaraknya ([Fp/Fa]=[Ra/Rp])

    kemudian dari perbandingan jarak tersebut kita bisa cari eksentrisitasnya

    semoga terbantu

  • -> kinta

    garis fraunhofer adalah garis-garis gelap pada spektrum matahari, yang pertama kali diamati oleh fraunhofer. garis-garis tersebut sebenarnya adalah garis absorpsi (serapan).

    semoga terbantu

  • Kasih c0ntoh-c0ntoh s0aL bt olimpiade Sains Astronomi dunK
    Please butuh bnget aq0e,s0alnx aq0e ikuT olimpiade

  • halahi

    BAgaimana Terjadinya Hujan Meteor Di Bumi??

  • halahi

    ILMU Astronomi Mencakup apa saja bidangnya..???
    Apa hujan meteor dan Komet juga termasuk di dalammya????

  • penjelajah

    hallo mas,..orang semarang newbie astronomi mo nimbrung…saya kok masih bingung…pada beberapa software pengamatan bintang…itu kan ada titik2 kutub NSEW. maksudnya gimana…misal, saya pake skychart…saya klik yg N..apa itu maksudnya kita melihat konstelasi bintang/planet/nebula ke arah kutub N (utara) ?….yg laen macem deklinasi, dll…dah mayan mudeng…malah dasarnya yg blom,,,heheh..thx

  • ada yg bisa buat tulisan tentang jawaban olimpid astronomi tahun ini ??

  • -> anindhita
    saya tidak bisa bantu , maaf ya

    -> halahi
    hujan meteor terjadi kalau bumi melintasi daerah yang banyak benda-benda angkasanya (seperti pecahan komet) yang berada di sekitar orbit bumi.

    cakupan ilmu astronomi cukup banyak, beberapa di antaranya termasuk komet dan meteor. intinya, semua benda yang berada di luar atmosfer bumi dipelajari dalam astronomi

    -> penjelajah
    titik-titik NESW itu berarti arah mata angin. kalau diklik salah satu, berarti kita menghadap ke arah ybs.

    -> juiller
    saya belum bisa bantu nih. maaf ya

  • Mohammad Rifai

    Pak Hanif,
    Kalau punya peta bintang yang bisa diceak/diprint sendiri, bagi dong.
    Saya juga pengen tahu, kalau saya melihat ke langit yang cerah, mana sih yang pasti menunjukkan barat atau timur, jadi kalau jalan2 di hutan atau di mana saja, nggak kehilangan arah.

  • Widhy

    assalamuala’ikum wr. wb.
    Saya awam dengan dunia astronomi, tp pengin sekali mengetahui rahasia alam semesta cptaan Allah ini. Bolehkan saya mendapatkan artikelnya, terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr.wb

  • kasih tau dunk,,
    ada situs kamus online ntuk astronomi??

  • -> Mohammad Rifai
    saya sedang kerjakan peta bintangnya, nanti akan saya tampilkan di sini jika sudah beres.

    -> Widhy
    silakan dipergunakan artikelnya dengan baik. jangan lupa dicantumkan sumbernya ya. terima kasih telah turut menyebarkan ilmu astronomi

    -> jullier
    kamus astronomi? di web ini kan ada, http://duniaastronomi.com/kamus-astronomi/. kalau ada istilah yang ingin dicari tahu, tanyakan di sini saja, saya akan membantu

  • awang

    saya butuh soal2 astronomi + pembahasannya kalo ada.tolong upload klo ada…..plisssssssss

  • trijondro

    saya mau mengajarkan tentang tata koordinat yaitu horizon, ekliptika. bagaimana langkah-langkah membuat tata kordinat tsb.

  • Satria

    Tlg beri cth soal ny n jwb ny menghitung eksentrisitas orbit planet

  • Wahyu

    antara tahun 1989 sampai 2009, radar di bumi mendeteksi sebanyak 136 kali terjadi tumbukan antara bumi dengan meteor besar. energi yang dihasilkan akibat tumbukan ini menyamai energi Bom TNT seberat 1000 ton, tetapi tanpa radiasi. meteor besar yang akan menumbuk bumi ini sebenarnya berjumlah 10 kali lipat dari yang terdeteksi, akan tetapi sebagian meteor besar ini luput menumbuk bumi. jika radius bumi adalah 6378 km, maka kemungkinan Bumi ditumbuk meteor besar yang dinyatakan dalam tumbukan per km kuadrat pertahun adalah…
    tolong penjelasannya ya.

  • Teguh

    Tolong dong kalau ada informasi tentang acara yg bertema astronomi kasih tau saya…saya sangat antusias sekali…mungkin saja ada keberuntungan bisa jadi anggota NASA mewakili indonesia,hehe

    kalau ada info tlong kirim artikel atau pemberitahuan ke kopos@rocketmail.com
    thanks before.

  • boby

    saya ingin bertanya,bagaimana menyatukan bintang-bintang menjadi sebuah rasi bintang?? terima kasih

  • Benyamen

    Saya penggemar astronomi.

    Saya kurang setuju dengan konsep alam semesta banyak, berdasarkan teori kuantum,
    Menurut saya tetap hanya ada satu alam semesta sebagai hasil pilihan (kebetulan?) yang terjadi dari bertrillium-trillium pilihan dari tahap-tahap ruang waktu yang dilewati

    Mohon penjelasan
    Benyamen

  • ratna

    visibilitas hilal dlm pnentuan awal blan qamariah tu sprti apa sch???

  • menurut anda pakah suatu kemungkinan jika ada makhluk luar angkasa…..yg di katakan sebagai manusia dr planet lain……????????

  • putra

    selama ini ada salah sangka, banyak yang menganggap matahari adalah bintang pusat galaksi bimasakti, bukan hanya bintang pusat tata surya. jadi yg bner yang mana??? pusat galaksi ato tata surya saja? trmksh

  • -> putra
    matahari bukan pusat galaksi bimasakti, hanya sebagai pusat tata surya saja. silakan dibaca di artikel http://duniaastronomi.com/2009/03/galaksi-bimasakti/

  • MSahlanRosyidi

    ada tidak algorithma untuk mmengetahui saat gerhana matahari/bulan yang lebih baru dari yang diuraikan Jean Meeus

  • Everose

    Butuh informasi tempat jual hardcase utk teleskop dimana ya di jakarta? Thanks

  • -> MSahlanRosyidi
    saya belum tahu. saya harus caritahu dulu

    -> Everose
    coba cari di prominence

  • firefrog

    bagaimana dengan waktu kalo diukur semua dari ka`bah, makah al mukaromah, tidak dari inggris, sesuai pertemuan dubai?

  • najmy

    tlong jlaskan ttg teori bintang kembar …
    serta formula2 yg berlaku dlm teori ini ..

  • najmy

    tlg jlaskan ttg teori bintang kembar dan formula2 yg berlaku untuk teori ini ….

  • rizal mubit

    assalamu alaikum…situs ini menarik dan cukup bagus..perkembangan astronomi di Indonesia bisa dibantu dengan situs ini. namun yang saya usulkan apakah bisa memberikan fasilitas agar bisa mendownload buku-buku astronomi yang berbahasa inggris dan software-software astronomi tentunya..

  • Rimbun

    Saya baru memahami universal kuantum sebatas teori tandingan big bang berpijak pada sifat dualitas materi/cahaya dalam keadaan kuantum. Jadi menurut teori ini ragad raya adalah bagaikan materi kuantum bagi jagad raya sesungguhnya. Kalau begitu berarti hukum-hukum fisika yang berlaku di jagad ini, jika teori itu benar adalah memakai hukum-hukum fisika kuantum semua. Toh kenyataannya tidak! Tolong pencerahannya tentang pendapat saya ini…

  • -> firefrog
    ada dua hal yang patut dicermati.
    pertama, yang dimaksud dengan pengukuran dari inggris itu bukan waktu, tapi bujur dalam koordinat bumi.

    jadi, yang kedua, kalau pengukuran waktu mau diacu dari kota mekah maka hanya perlu koreksi sederhana saja, tidak masalah.

    -> najmy
    teori bintang kembar adalah salah satu teori yang mencoba menjelaskan asal-usul tata surya.

    -> rizal mubit
    usul yang menarik. sudah termasuk dalam pertimbangan untuk sediakan fasilitas mengunduh buku dan software gratis. tapi untuk sementara belum tersedia di sini.

    -> Rimbun
    maaf, saya baru mendengar teori itu, jadi tidak bisa berkomentar banyak. saya pelajari dulu.

  • sudah saya tulis di komentar ‘koreksi arah mata angin’ tp lebih pasnya disini saja. mohon pencerahannya, perbedaan persepsi/penafsiran antara lor-kidul, wetan-kulon yang ternyata memang ada beda penafsiran di beberapa tempat tuh didasari astronomi ataukah hanya beda dari sisi manusianya. Artinya apakah hanya karena masyarakat ada yg latah mengartikan lor-kidul-wetan-kulon. atau mungkin ada dasar perhitungan yg dianut masing2 komponen masyarakat.
    karena ada lor yg berarti barat tp ada yg berarti utara. dan seterusnya

  • fina

    Mau tanya ya,,saya rencananya mau beli teropong bintang,,,yang bisa dengan jelas melihat planet sama bintang,,kira-kira punya saran nggak yang bagusnya merk apa??makasih ^^

  • jack

    dalam pemberian nama planet atau benda angkasa lainnya yang baru ditemukan biasa nama yg diberikan berupa rangkaian huruf dan angka misalnya The Bug Nebula, NGC 6302. biasa dijelasin nggak arti dr NGC 6302? apakah angka tsb berarti jaraknya?apakah “N” pada NGC berarti Nebula?

  • fatkur

    saya mo nanya kenapa muka bulan bisa terlihat cembung, padahal seharusnya dr bayangan bumi kan terlihat cekung?

  • -> Oelil
    setahu saya sih, lor itu utara, kidul selatan, wetan timur, dan kulon itu barat. tidak ada arti lainnya, jadi saya baru denger kalau ada yang mengartikannya lain 🙂

    -> fina
    coba kunjungi tokoteleskop.com, di sana ada bermacam teleskop dengan harga yang bervariasi dengan kualitas yang cukup baik.

    -> jack
    ngc adalah singkatan dari new general catalog, maksudnya adalah sebuah katalog yang berisikan data tentang benda langit bukan benda tata surya dan bukan bintang, seperti galaksi, gugus bintang, atau nebula. angka yang mengikutinya berarti urutan benda tersebut dalam katalog, bukan jaraknya.

    -> fatkur
    muka bulan terlihat cembung karena ia berbentuk bulat. dan kenapa mas fatkur menyebutkan “seharusnya dr bayangan bumi kan terlihat cekung”? bayangan bumi akan berbentuk bulat karena bentuk bumi juga bulat.

Tinggalkan komentar?