Kontak DADC

Call | Whatsapp 0817 226 986
Twitter: duniaastronomi
Facebook: Dunia Astronomi
Plurk: dadc
Instagram: dunia.astronomi
Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan dadc. Kami selalu menghubungi melalui nomor di atas.

Tanya Jawab

Silakan tuliskan pertanyaan tentang astronomi melalui komentar di bawah. Kami akan menjawabnya melalui komentar ataupun dengan menuliskan artikel baru.



Terima kasih.

1,608 comments to Tanya Jawab

  • Ketika protobintang menjadi bintang deret utama, dari manakah energinyaberasal?

  • Dhevi Vhiendye

    .klo misalnya pas kuliah itu ngambil jurusan MIPA keahlian astronomi,,,kira2 stelah lulus bsa daftar jdi astronot gag?klo bsa,prosesnya agar ketrima jdi astronot tuh gmna???soalnya itu cita2ku dri SD…thanks ^^

    • untuk menjadi astronot biasanya tidak mencari ahli astronomi, tetapi ahli mesin/teknik. astronom justru diperlukan sebagai tenaga ahli di balik proses peluncuran roketnya

  • putri

    sebuah planet X mempunyai radius R1, bintang induknya mempunyai radius R2. jika jarak planet X dari bintang induknya 2 SA dan R1 = 0,2 R2 maka panjang bayangan umbra planet tersebut adalah ?

  • putri

    jawab pertanyaan in y ….
    kalau temperatur sebuah bintik matahari (sunspot)adalah 4500 K, maka energi paling besar akan dipancarkan pada panjang gelombang ….?

    • panjang gelombang pancaran energi maksimum dicari dengan rumus lambdamaks x T = 0,2898. lambdamaks dalam cm, T dalam kelvin. silakan gabung ke grup fb duniaastronomidotcom kalau punya akun fb supaya bisa berbagi/diskusi lebih leluasa

  • apa yang menyebabkan guntur yg terdengar ada yg sangat nyaring , bahkan ada yang sangat kecil terdengar ?

  • nebula gelap itu apa???
    tolong kasi tau dong kak,, please

    • nebula/awan materi antar bintang yang terlihat hitam padahal di sekelilingnya terang. artinya awan tersebut mengandung banyak debu yang menghalangi cahaya di belakangnya

  • temperatur permukaan sebuah bintang adalah 12000derajat Kelvin, dan misalkan temperatur permukaan Matahari adalah 6000derajat Kelvin. Jika puncak spektrum matahari berada pada panjang gelombang 5000 Angstrom, pada panjang gelombang berapakah puncak spektrum bintang yang mempunyai temperatur 12000derajat Kelvin?

    sekalian tolong kasi tau rumus-rumus yang mencakup tentang astronomi beserta satuannya ya kak,,,??

  • Angel Andromeda

    Para astronom mengatakan bahwa semua proses terjadinya jagad raya berasal dari singularitas dan singularitas tersebut mengakibatkan peristiwa big bang(dentuman besar).Bukankah sebelum adanya singularitas belum ditemukan adanya dimensi?.Bukankah sebuah ledakan (big bang) memerlukan dimensi?
    Artinya,apakah dapat dikatakan bahwa singularitas adalah pembawa dimensi?

    • sepertinya ada yang salah. sebenarnya bigbang itulah yang berasal dari singularitas. dan bigbanglah yang menciptakan ruang dan waktu, bukan sekedar mengisi ruang dan waktu

  • ,,saya tanya ?
    apakah lubang hitam mendekati bmi ?

  • Arief

    permisi… mas/mbak mau tanya dong, saya siswa kelas 1 SMA dan saya tertarik nih sama astronomi dan ingin mendalami lagi astronomi tp saya tidak tahu kepada siapa saya harus sharing tentang astronomi. yang saya tahu cuma di dunia maya saja seperti DADC, KA, LS, dsb. pertanyaannya, di bandung ada gak sih mas/mbak komunitas/club2 astronomi untuk umum supaya bisa lebih jelas dan ngerti tentang astronomi? kalo ada, gimana cara gabungnya?
    makasih mas/mbak 🙂
    -Arief

    • ls itu basisnya di bandung. tetapi memang belum memiliki markas untuk pertemuan rutin. komunitas astronomi yang punya pertemuan rutin baru jakarta & jogja aja kayaknya

  • Shanty

    saya kurang mengerti apa yg dimaksud dengan zenit, meridian, dan cakrawala ?

  • taurus maniacastro

    kak pinah, apa benar whitehole itu ada ?

  • taurus maniacastro

    kak pinah, ada nggak universitas yang punya jurusan astronomy di indonesia selain di ITB ? soalnya, aku fikir kayanya cukup susah buat bisa masuk ITB.

    • ga ada. sebenarnya masuk itb itu sama saja dengan masuk kuliah pada umumnya: memerlukan persiapan khusus. jadi siapkan sesegera mungkin supaya kemungkinan masuknya jadi lebih besar 🙂

    • taurus maniacastro

      kak, biasanya ITB nerima berapa mahasiswa baru ya perangkatannya untuk jurusan Astronomi ?

  • taurus maniacastro

    kak pinah, beberapa hari yang lalu temenku pernah liat ada benda langit bercahaya seperti bintang, tapi warnanya berubah ubah dari kuning_biru_merah, terus akhirnya hilang, kira-kira itu apa ya kak ?

  • Yance

    Katanya utk bs tahu bentuk galaksi bima sakti itu dipakai dgn metode pengukuran antar materi. sedangkan kita tahu jarak antar materi itu jauhnya gak ketulungan. memang memakai alat dan zat apa hingga kita bs mengukur dgn pasti jarak antar materi dalam sistem galaksi? hingga para astronom bs memperkirakan jumlah galaksi bs hingga milyaran, padahal utk 1 galaksi aja hitungan lebar atau ketebalannya bs sampe jutaan tahun cahaya? kok bs secepat itu perhitungannya?

    • pengukuran jarak dilakukan dengan pengamatan di hampir seluruh panjang gelombang, mulai radio, infra merah, visual, ultraungu, dst. jadi yang diamati pun berbeda-beda karena setiap materi memancarkan energi pada panjang gelombang yang berbeda pula. misalnya awan gas hidrogen diamati di panjang gelombang radio. sedangkan bintang diamati pada panjang gelombang visual

  • Apa benar kalo kecepatan suatu benda melebihi kecepatan cahaya, Benda itu akan kembali ke masa lalu??

  • Taurus Maniacastro

    mas, benar nggak kalau puncak hujan meteor eta aquarids tahun ini nanti tanggal 6 mei ? kalau iya, mulainya dari jam berapa sampai jam berapa mas ? makasih

    • benar. seperti biasanya, hujan meteor dapat diamati setelah tengah malam hingga langit terang. tapi sayangnya tanggal 6 mei nanti ada bulan purnama, jadi pengamatan hujan meteornya akan terganggu

  • fajar a nugraha

    apa penyebabnya sehingga bumi dan pelanet lain memiliki garis edarnya masing-masing?

    • garis edar bumi dan semua benda langit lainnya itu tidaklah terbentuk secara instan. prosesnya memakan waktu jutaan tahun sejak tata surya (dan bintang-bintang di galaksi, misalnya) terbentuk hingga sekarang kita lihat mereka bergerak teratur. sebenarnya semuanya terjadi karena proses yang brutal di masa lampau. tabrakan dan lontaran benda-benda angkasa terjadi secara acak. baru setelah jumlah benda di sebuah sistem berkurang, orbit benda-benda tersebut jadi lebih stabil

  • caprio

    apa ad pelanet baru ditemukN SEJAUH INI?

    • planet yang mengelilingi matahari? tidak ada. tetapi kalau yang dimaksud adalah planet yang mengelilingi bintang lain, ada banyak. sampai sekarang jumlahnya mencapai 400an buah planet, yang disebut extrasolar planet (exolanet)

  • alvinn

    Kak saya mau bertanya!!!
    Ada kah astronauts yg berasal dari Indonesia????
    Kalau ada kak siapa kah nama astronauts tersebut!!!

    • belum pernah ada. dulu pernah ada calonnya bernama pratiwi sudarmono, tetapi gagal berangkat karena kecelakaan pesawat ulang-alik challenger tahun 1985

  • Megalosari

    benda yang lebih besar dari matahari apa?
    kalau ada apa namanya..??

  • Nisa

    apakah kita bisa membuat mesin waktu?

  • yudho

    dear dadc,
    mau nanya dong..ini pertanyaan belum kejawab dari dulu..kan pembakaran bintang dimulai dari hidrogen, kmudian helium, karbon, …., sampe besi dan bintang jadi giant dan tamat… nah, lantas, darimana uranium dan unsur lebih berat lainnya?

    • beberapa unsur tercipta dari ledakan supernova, lainnya dari bintang raksasa dan maharaksasa merah. sebutan prosesnya adalah s-process dan r-process. silakan cari di internet untuk mempelajarinya lebih jauh

  • Yance

    Mau tanya lagi, menurut teori (dan mungkin pengamatan) alam semesta cenderung melebar. Yang mau ditanyakan, dari pengukuran terakhir berapa lebar alam semesta saat ini? dan ruang yang belum terisi oleh alam semesta kita berisi apa? apakah ruang itu jg dipengaruhi oleh waktu? dan apakah ilmu pengetahuan saat ini sudah menemukan cara untuk memindahkan suatu materi melalui cahaya (atau yg biasa kita lihat dlm film Star Trek seperti alat transporter)? kalo belum tercipta apakah itu mungkin untuk diwujudkan?

    • – objek terjauh yang dapat kita amati saat ini adalah sejauh 14 milyar tahun cahaya
      – tidak ada ruang yang belum terisi. alam semesta adalah seluruh ruang dan waktu itu sendiri
      – sampai saat ini belum ada teknologi teleportasi. kemungkinan untuk terwujudnya teknologi itu tentu saja ada

  • luna

    Kak q mau bertanya…
    Apa Kah yg dimaksud dengan transit Venus!!!

  • luna

    Permisi kak aku mau bertanya…
    Kapan akan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari total pada tahun ini….

  • 20 mei gerhana matahari cincin, 4 juni gerhana bulan sebagian, 13 november gerhana matahari total, 28 november gerhana bulan penumbra.

    baca juga http://eclipse.gsfc.nasa.gov/eclipse.html

  • luna

    permisi Kak q mau bertanya…
    Apa kah gerhana matahari Cincin pada tanggal 20 mei nanti.
    apakah Indonesia akan merasakan gerhana matahari cinicin itu!!!

    • hanya kawasan bagian timur indonesia saja yang dapat mengamatinya, misalnya papua bagian utara, maluku bagian utara, sulawesi bagian utara. itu pun hanya dalam waktu singkat.

  • romi

    mo tanya kapan puncak hujan meteor Eta Aquarids? jam berapa?
    thanks..

  • luna

    Kak q mau bertanya..
    apa kah hujan meteor pada tanggal 6 mei itu bisa terlihat di Indonesia bagian tengah????

  • Yance

    thanks atas jawaban sblmnya… makin tertarik nih… minimal kira2 komet/meteor yg seukuran gmn yg bisa membuat kiamat dibumi? dan adakah komet/meteor yg seukuran itu bakal melintas bumi? kalo ada prediksinya tahun brp ? thanks

    • ukuran minimal? kurang tahu juga. yang pasti, banyak orang melakukan pengamatan/survey ruang angkasa sekitar bumi untuk mencari benda-benda yang memiliki kemungkinan menabrak bumi.

  • luna

    Kak emangnya di tahun 2012 ini itu masih ada
    astronauts yg berpergian melakukan missi
    Ke luar angkasa???

  • adakah anggota tata surya yang orbitnya tidak elips?

    • kalau yang dimaksud tidak elips adalah lingkaran, tidak ada. tetapi kalau maksudnya parabola atau hiperbola, ada. contohnya komet non-periodik. komet seperti itu hanya terlihat mendekati matahari sekali saja. setelah itu menjauhi matahari dan keluar dari tata surya

  • Megalosari

    kak..
    sebenarnya badai matahari itu apa??
    terjadinya di matahari apa d bumi??
    terus dampaknya buat bumi apa..?

    • badai matahari itu terjadinya angin matahari dan coronal mass ejection dengan intensitas yang tinggi. terjadinya di matahari dan dampaknya di bumi adalah banyaknya partikel bermuatan yang berasal dari matahari terperangkap di medan magnet bumi dan menimbulkan aurora di kawasan sekitar kutub bumi

  • Megalosari

    trus..
    aurora itu apa bisa mencairkan es d kutub kak?

  • Rasid maulana sidiq

    Matahari,Planet,Setelit,dan benda langit lainya beredar menurut garis edarnya masing-masing ( Orbitnya) demikian pula dengan Galaksi beredar mengelilingi pusat jagat raya berdasarkanya garis edarnya masing-masing.Ada beberapa ertikel yang mengungkapkan bahwa Galaksi Andrmeda telah bergerak / bergeser menelan galaksi – galaksi kecil,lalu diprediksikan dalam kurun waktu 3 triliun tahun akan menabrak bumi dan bergabung membentuk galaksi yang elips.Mengapa hal itu terjadi? bukan kah gaya tarik menarik Dua benda yang berdekatan besarnya hasil kali massa kedua benda itu dan berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya? kalau hal itu benar ini berarti hukum Nowton dan Einstein tak berlaku? mohon penjalasanya trims.

    • sedikit koreksi. galaksi-galaksi tidak beredar mengelilingi pusat jagat raya tetapi mengelilingi pusat sistem galaksi. misalnya galaksi bimasakti mengelilingi pusat grup lokal (sistem galaksi tempat bimasakti berada). kemudian tentang galaksi andromeda yang akan menabrak bimasakti, memang benar hal itu akan terjadi. dan gaya tarik keduanya memang dipengaruhi oleh massa keduanya dan berbanding terbalik terhadap kuadrat jaraknya. kenapa hal tersebut terjadi? penjelasannya sederhana: karena massa keduanya sangat besar dibandingkan kuadrat jaraknya. tidak ada yang salah dengan hukum fisika yang kita kenal

  • Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Mohon penjelasan ttg 1 tahun cahaya pak, karena saya membaca ttg planet yg baru ditemukan membutuhkan jarak tempuh kl 600 tahun baru bisa mencapai planet tsb, jadi berapa km jaraknya dari bumi planet baru tsb yg berada di galaksi lain yg aku tidak tahu, wkwkwkwkwkw. . . . .

  • muhammad alfian

    aku pingin punya peta bintang, kira kira belinya di mana ya ?
    kalo pake software malah ribet, harus tergantung sama komputer, kalo hp, hp ku jadul, ga bs install aaplikasi. tolong sarannya

  • Galaksi Bimasakti

    Apa yang dimaksud dengan angin matahari ?

  • Galileo Galilei

    Apa yang dimaksud Aurora ?

    • cahaya yang tampak di sekitar kutub utara dan kutub selatan bumi (dan planet lain) akibat penangkapan angin matahari oleh medan magnet bumi (dan planet lain)

  • Irvan Ary

    Apa penyebab terjadinya Supermoon ?

  • luna

    Kak aku mau bertanya tentang gerhana bulan sebagian…
    Apa kah gerhana bulan pada tgl 04 juni 2012 itu bisa di lihat
    Dari Indonesia tengah yaitu dari Sulawesi selatan dan pukul berapa ada nya gerhana bulan.
    Maaf ya kak kalau terlalu panjang.

  • Safira Shin

    kak… mau tanya nih, apakah pada tahun 2012 ini bakalan ada lagi hujan meteor kayak tahun lalu? kan sering banget tuh ada hujan meteor tahun lalu…
    lalu, apakah bisa dilihat dengan mata telanjang, atau harus pakai alat bantu kayak binocular atau teleskop begitu?
    maaf ya kak… kalau terlalu panjang… soalnya penasaran banget…

    • hujan meteor selalu ada/berulang setiap tahun di waktu yang sama. dan tentunya hujan meteor hanya dapat diamati dengan mata telanjang (tanpa alat bantu).

  • ipun

    apakah ada kehidupan di planet lain dan galaksi lain, selain galaxy bima sakti???

  • ipun

    apakah, komet dan asteroid jatuh ke bumi, pecahan dari planet lain atau dari galaxy lain selain bima sakti …..?????????

  • ipun

    berapa tahun sekali hujan asteroid ke bumi ???

    • ipun, pertama, sampai saat ini tidak ada kehidupan selain di bumi. kedua, komet, asteroid, dan benda lain yang jatuh ke bumi berasal dari tata surya kita sendiri. bukan dari galaksi lain. ketiga, hujan meteor terjadi setiap tahun di tanggal yang sama.

  • bobby

    Berdasarkan waktu astronomi, yg sy baca menggunakan waktu miliaran tahun, berarti satuan waktu manusia sangatlah pelan untuk ukuran waktu jagad raya, sungguh besar jagad alam kita, untuk mencapai suatu pelanet membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun cahaya untuk mencapainya, menurut om-om di sini bisakah kita melakukan time travel? akankah manusia berpinda ke galaksi lain, ada 1 teori enstain yg menyatakan bahwa apabila seseorang terban dgn kecepatan cahaya selama 1 bulan, maka manusia yg tinggal tetap di bumi sudah tua ketika si traveler itu kembali lagi ke bumi, apakah benar teori tersebut? mohon pencerahan dari om-om semuanya….

  • Yance

    Menurut teori (dan sepertinya juga pengamatan dan penelitian) bahwasanya jagad raya senantiasa bergerak saling menjauh atau dengan kata lain mengembang. pertanyaan saya apakah pernah ada penelitian bagaimana bentuk ruang yang masih kosong yang berada diluar jagat raya? dan berapa dari pengamatan terakhir berapa luas jagad raya kita?

  • Apakah Matahari mengelilingi Galaksi Bimasakti ? Kalau ya, berapa kala revolusinya ?

Leave a Reply to dadc Cancel reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.