Kontak DADC

Call | Whatsapp 0817 226 986
Twitter: duniaastronomi
Facebook: Dunia Astronomi
Plurk: dadc
Instagram: dunia.astronomi
Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan dadc. Kami selalu menghubungi melalui nomor di atas.

Tanya Jawab

Silakan tuliskan pertanyaan tentang astronomi melalui komentar di bawah. Kami akan menjawabnya melalui komentar ataupun dengan menuliskan artikel baru.



Terima kasih.

1,603 comments to Tanya Jawab

  • Apa benar Galaksi Bimasakti akan menyatu dengan Galaksi Andromeda ?

    • benar. saat ini, galaksi andromeda dan bimasakti bergerak saling mendekat. suatu saat nanti akan terjadi tabrakan antara keduanya dan pada akhirnya keduanya menyatu

  • fitri febriani

    mungkinkah bumi akan bertabrakan dengan matahari?
    padahal planet bumi memiliki orbit atau lintasan sendiri .
    , dan apakah matahari juga memiliki lintasan sendiri?
    apakah matahari itu bergerak?

    • kemungkinan itu ada, kalau bumi terganggu orbitnya oleh benda lain yang cukup besar. benar, matahari bergerak. bersama seluruh anggota tata surya, matahari bergerak mengelilingi pusat galaksi bimasakti.

  • prahadi

    saya mau nanya nih masalah astronomi sama yang udah faham. . .

    pada beberapa minggu yang lalu, tepatnya ketika pagi harinya terjadi venus melintas di antara bumi dan matahari, pada malam harinya saya melihat gumpalan cahaya berwarna biru sebesar genggaman tangan jika di samakan dari jauh, ,
    gumpalan itu melintas sekitar jam 20.00-an, namun durasinya tidak begitu lama hanya melintas jika di ukur dari bumi antara 2 atau 3 meter.

    yang saya tanyakan apakah itu bintang / komet / asteroid / apa ?

    mohon jawabannya . . .
    maaf jika ada salah kata

    • kalau kejadiannya di waktu tersebut (tidak lama setelah matahari terbenam), maka kemungkinan besar itu adalah satelit semisal iss atau iridium flare

    • prahadi

      hmm nah mulai tertari nih pembahasannya. ..
      tapi sayangnya saya kurang ngerti tentang pembahasan apa itu satelit iss dan iridium flare. . .

      makasih sebelumnya 🙂

      maaf jika ada salah kata

  • Meirina Suci

    Kak pinah, disekolah saya kebetulan ada ekstrakulikuler astronomi. Nah,rencananya nanti saat penerimaan anggota baru untuk ekskul, setiap ekskul harus menampilkan demo ekskulnya. Tapi, saya bingung, kira-kira untuk Astronomi club harus menampilkan apa yah,agar bisa menarik perhatian murid baru untuk tertarik masuk ke astronomi club ? Mohon sarannya kak, 🙂

    • siswa

      Saya lihat belum ada jawaban dan kebetulan saya sedang membaca bagian tanya jawab di website ini. Kalau untuk tingkat SMA mungkin saya ada beberapa contoh misalnya:

      1. Percobaan roket air. Mungkin sudah banyak petunjuk yang ada di internet mengani roket air salah satunya ada di sini -> http://langitselatan.com/wp-content/uploads/2010/01/Panduan-Roket-Air.pdf
      2. Kalau cuaca cerah bisa melakukan percobaan dengan membuat “pinhole” kemudian menggunakannya untuk menghitung ukuran Matahari. Kalau yang percobaan menentukan garis tengah Bumi agak membutuhkan usaha lebih karena memerlukan rekan kerja di tempat/kota lain. Perlu diperhatikan juga faktor KEAMANAN! Dilarang melihat Matahari secara langsung!!!
      3. Mengamati Matahari (memerlukan teleskop, kemampuan menggunakan teleskop untuk mengamati Matahari dengan baik dan AMAN)

      Mungkin nanti banyak masukan dari saudara moderator atau pemilik website ini,

    • Meirina Suci

      Makasih buat masukannya,. 🙂
      hm, saya tertarik banget sama saran yang pertama, kayanya keren juga kalau bikin roket air. Kalau sukses, pasti nanti bisa jadi ekskul terbaik.
      Makasih ya,

    • roket air rasanya akan menarik perhatian cukup banyak orang. demo untuk ekskul astronomi memang agak terbatas, kecuali mempunyai peralatan seperti teleskop dan filter matahari. dengan itu saja, melakukan pengamatan matahari sudah cukup menarik. selain demo, kalian bisa coba membuat sendiri peta bintang dan bola langit lalu dipajang/digunakan selama pamerannya. coba buka link http://www.atlasoftheuniverse.com/skyglobe.html dan http://www.midnightkite.com/starcharts.html

    • Meirina Suci

      Makasih mas,

      ia, bingung mas soalnya disekolah saya peminatnya sedikit, fasilitasnya juga nggak mendukung, kita belum punya teropong dsb. Tapi, saran dari kak pinah dan siswa saya rasa dapat membuat demo ekskul saya sukses.
      Makasih banyak, 🙂

  • Meirina Suci

    Tanggal 6 juni kemarin, di sukabumi kan ada gempa dan kebetulan di waktu yang sama juga sedang ada gerhana bulan. Nah,apa kedua fenomena itu ada hubungannya ? Mohon jawabannya. 🙂

  • Meirina Suci

    Ada yang punya software Astronomy ? mohon di share 🙂

    • gerhana bulan terjadi ketika bulan purnama. saat itu posisi matahari, bumi, dan bulan tepat segaris. akibatnya gaya gravitasi yang ditimbulkan oleh matahari dan bulan jadi lebih besar dibandingkan di fase lainnya (kecuali saat bulan baru, yang sama besar dengan saat bulan purnama). dalam posisi segaris itu, memang sering terjadi gempa. tetapi sampai saat ini belum diketahui hubungan pasti antara gempa dengan fase bulan purnama/bulan baru atau gerhana bulan dan matahari

      software astronomi bisa didownload di http://www.stellarium.org (untuk di komputer) dan sourceforge.net/projects/mobilestarchart/

    • Meirina Suci

      Makasih mas, 🙂

  • Jika Galaksi Bimasakti menyatu dengan Galaksi Andromeda, apakah berpengaruh terhadap Bumi dan Tata Surya ?

  • sardjito_wiwoho

    Pertanyaan : apa betul sudah ditemukan planet ke 10 dalam tatasurya kita? Apa namanya dan bagaimana spesifikasinya? Trims

  • Ari

    Apakah benar dahulu ada kehidupan di mars ?

  • sardjito_wiwoho

    Untuk menentukan tanggal 1 Ramadhan lebih akurat mana antara melihat hilal dengan hasil hisab?

    • di jaman modern ini perhitungan tentang posisi benda langit sudah sedemikian akurat sehingga kita bahkan bisa tahu akan ada gerhana matahari di indonesia pada tahun 2016 nanti. jadi penentuan posisi bulan baru juga sudah bisa dilakukan sejak jauh hari dengan sangat akurat. perbedaan antara rukyat dengan hisab sendiri sebenarnya bukan terletak pada akurasinya, melainkan metodenya.

  • nanang

    maaf mw tanya, dari dulu saya bingung kok bisa ya ambil gambar galaksi bimasakti secara utuh, padahal kita ada di dalam galaksi tersebut,,,
    apa mungkin dari satelit yang keluar galaksi atau gimana???
    -terima kasih-

  • ipun

    yang saya tahu pengmbilan glaksi bima sakti dari satelit

  • Andhika Dwijayanto

    assalamu’alaykum
    maaf, saya mau tanya.akhir2 ini saya dibuat penasaran dengan banyaknya teori yang membantah rotasi dan revolusi bumi terhadap matahari, dan menyatakan sebaliknya, bahwa bumi diam dan matahari yang mengelilingi bumi. ada yang bisa memberikan penjelasan tentang hal tersebut? terimakasih..

  • sardjito_wiwoho

    Pada hari dan tanggal berapa 1 Ramadhan (Hijriyah) tahun ini menurut perhitungan astronomi ?

  • kafa kappa

    saya bertanya tentang nebula,kumpulan gas angkasa yang dapat memancarkan cahaya,.
    terutama nebula helix,.bagaimana bisa nebula tersebut memancarkan warna yang berbeda antara pencitraan dengan teleskop 1 dengan yang lainnya,.
    misal dengan teleskop spitzer spt pada http://apod.nasa.gov/apod/ap091231.html akan berbeda dengan pencitraan teleskop hubble spt pada http://spiff.rit.edu/classes/phys301/lectures/spectra/spectra.html ..
    terimakasih sekali.,,
    semoga Allah memberikan kemudahan pada setiap jalan yang kita tempuh,,Amin
    c$

    • teleskop spitzer adalah detektor yang sensitif khusus di daerah panjang gelombang inframerah. jadi citra yang didapat adalah pancaran inframerah objeknya. sedangkan foto dari teleskop hubble itu diambil pada daerah panjang gelombang visual. makanya warna keduanya berbeda.

      dalam astronomi, semua daerah panjang gelombang harus dimanfaatkan/diamati supaya kita memperoleh informasi yang utuh. mulai dari sinar gamma, sinar x, ultraungu, visual, inframerah, gelombang mikro, sampai gelombang radio. jadi dari satu objek bisa ada banyak versi citra yang kenampakannya berbeda-beda.

    • kafa kappa

      alhamdulillah,,terimakasih.

      saya bertanya lagi,
      unsur apa yang terkandung dalam nebula helix tersebut??,
      apakah cahaya yang dipancarkan itu berasal dari nebula tersebut??,

      • benar, cahayanya berasal dari nebula tersebut. walaupun ada juga yang cahayanya berasal dari bintang di dekatnya. unsurnya sendiri bisa bermacam-macam

  • gagak seto

    Menutut perhitungan astronomi kapan tgl 1 Ramadhan 1433 H itu?

  • android astronomi

    Mengapa bulan kalau di luar negeri terlihat lebih besar, *aku liat di film2 & foto2 luar negeri kaya inggris kok bulannya terlihat sangat besar ?

  • duniaastronimi fans

    Waktu itu aku lihat benda aneh di langit malam bercahaya warna kuning. Hayoo Tebak apa itu sebenarnya?

  • Rintoko

    waktu dalam 1 hari adalah 24 jam (23 lebih), jadi apakah waktu dapat berubah seiring perubahan hari..?
    Trims..

    • jumlah waktu dalam 1 hari 24 jam pas kok, tidak lebih dan tidak kurang sepanjang masa. tetapi kalau yang ditanyakan adalah apakah periode rotasi bumi bisa berubah, maka jawabannya bisa. periode rotasi bumi saat ini lebih lambat dibandingkan jutaan tahun yang lalu, dan akan semakin melambat dalam waktu jutaan tahun lagi. penyebabnya adalah kuncian gravitasi antara bulan dan bumi. silakan baca di tulisan kami berikut
      http://duniaastronomi.com/2009/08/mengenal-bulan-lebih-dekat/

  • halo

    Apa yg dimaksud dengan ekliptik?

  • maulana putraz

    mengapa obyek di dalam sabuk kuiper sulit untuk dideteksi oleh para astronomi?

  • Sarmanto

    kapan satu ramadhan di mulai

  • Kadarusman

    bagaimana cara melihat planet luar angkasa dengan peralatan sederhana??

    • ada 5 planet yang bisa dilihat dengan mata telanjang: merkurius, venus, mars, jupiter, dan saturnus. 2 planet lain, uranus dan neptunus, hanya bisa diamati dengan teleskop besar

  • berapakah dan dimanakah posisi astronomis dan letak geografis negara, kamerun, angola, sudan, aljazair?

    • sebenarnya tidak ada yang namanya posisi astronomis. lintang dan bujur suatu tempat di bumi lebih tepat disebut posisi geografis. untuk mencarinya, ketikkan saja ‘latitude longitude nama_negara’ di mesin pencari seperti google

  • Assalamu’alaikum,,
    saya mau tanya bukankah dikatakan bahwa jagad raya ini mengembang scr trus mnrus. Jika diibaratkan saat kita meniup balon akan trus mengembang sampai pd ttk trtntu yg kmdian pecah. Yang mau sy tnykan adl krn jgt rya ini trus mengembang,adkah kemungkinan suatu saat akan meledak/meletus seperti halnya blon td.?lalu apa yg akn tjd jk jgat rya ini mltus.?
    Tadi sy jg bca2 sdkt,ktnya jgat raya ini bisa mengerut,.kalau msalkan bnar spt itu,bkankah akan tjd tmbkan/tbrakan satu sama lain?
    Mohon penjlsannya ats pertnyaan2 sy trsbt.trimksh

    • fahmi

      iya bener
      aku pernah baca di buku bahwa jagat raya terbentuk dari big bang/ledakan besar dan kemudian membesar namun suatu saat akan menyusut dan terjadi big crunch /rekahan besar

    • jangan samakan balon yang bisa meletus dengan alam semesta karena tentu saja berbeda. tetapi benar bahwa alam semesta bisa mengembang terus. alternatifnya, alam semesta bisa berhenti mengembang atau berbalik mengerut.

  • 05 08 2012,,
    assalamuallaikum semalam subuh saya melihat garis seperti cahaya di atas bumi tangerang, saya mau tanya apakah itu? mohon di cari tahu?

    • waalaykumsalam. garis cahaya? kurang tahu juga. tapi kalau misalnya itu adalah benda bercahaya yang bergerak, bisa jadi meteor (kalau muncul da geraknya sekedipan mata) atau satelit buatan

  • meirina suci

    Kak pinah, kalau jurusan astronomi di itb termasuk jalur PMDK nggak ? saya udah coba nyari tentang PMB ITB-Astronomi, tapi nggak ada kak. Kalu boleh mohon di share tentang pengalaman kakak masuk ITB-Astronomi,
    Terima kasih
    🙂

  • ricky

    Kakak, emang benar ya blue moon itu ada!

    • bluemoon itu istilah untuk bulan purnama kedua yang terjadi pada bulan kalender yang sama. contohnya agustus 2012 lalu. bulan purnama pertama ada di tanggal 2 dan purnama kedua di tanggal 31. purnama terakhir itulah yang disebut bluemoon. tentunya istilah bluemoon itu tidak mencerminkan warna bulan yang biru, karena warnanya tetap seperti biasanya

  • robi

    katanya matahari dan bumi tidak dapat jadi lubang hitam, mengapa,,?? lalu apa saja yang dapat menjadi lubang hitam,,?? jika seandainya cahaya atau yang lainnya masuk kedalam lubang hitam, kemana perginya cahaya tsb..?? terimakasih.

    • yang dapat menjadi lubanghitam adalah bintang bermassa besar. bintang seperti itu akan mengakhiri hidupnya dengan supernova (meledak) sebelum menjadi lubanghitam. dan semua benda yang masuk ke dalam lubanghitam tidak diketahui bagaimana nasibnya.

  • muhammad iqbal

    eh kak…..mau nanya…
    biasanya kalo OSN astronomi itu ky gmna? dan soal cenderung ke objek apa?

  • aldo

    Cahaya apakah yang tampak dari bintang-bintang yang berada di belakang nebula gelap?

    • sebuah nebula gelap akan menghalangi cahaya bintang di belakangnya, sehingga kita tidak dapat melihatnya. kalaupun bisa, maka yang kita lihat adalah bukan cahaya pada daerah panjang gelombang tampak, melainkan infra merah atau radio (yang lebih panjang)

  • aldo

    Sewaktu protobintang menjadi bintang deret utama, dari mana energinya berasal?

  • marhaendro

    sy bukan org astronomi tp mau nanya ne
    bs d jelaskan kaitan antara Black hole – Lubang waktu – Dunia Paralel – ma teori relativitas einstein ga??
    Thank b4 atas jawabannya

    • lubanghitam adalah benda yang terbentuk dari peristiwa ledakan bintang bermassa besar. benda ini sudah dipastikan keberadaannya. sedangkan lubang waktu dan dunia paralel adalah 2 hal yang belum diketahui keberadaannya (sekedar teori belaka).

  • penta

    bagaimana cara melihat planet dimalam hari tanpa bantuan teleskop ?

  • aimardhiyah

    kalau kita mempelajari ilmu astronomi itu, kita berarti akan menjadii seorang astronot ya? jika bukan, kita akan bekerja sebagai apa dan dimana? apakah peluangnya besar?

    • tidak. mempelajari astronomi akan membuat kita menjadi astronom. seorang astronot biasanya menguasai ilmu teknik tertentu, bukan astronomi. pekerjaan seorang astronom misalnya melakukan pengamatan dan penelitian tentang bagaimana galaksi-galaksi saling berinteraksi, atau tentang bagaimana pengaruh matahari dalam cuaca antariksa. mereka bekerja di observatorium, atau untuk di indonesia misalnya di bosscha, lapan, atau bmkg

  • khia

    bagaimana cara menghitung jarak aphelion atau perihelion suatu plenet dalam satuan SA ?

  • kenapa matahari cuma ada satu

    • ada salah satu teori yang menyebutkan kemungkinan matahari sebenarnya terbentuk bersamaan dengan beberapa bintang lain, namun sekarang hanya sendiri karena matahari terlempar dari gugus tempatnya dilahirkan itu.

  • irwan

    aku mau tanya,aku di Malang, setiap hari waktu aku mau berangkat sholat subuh ke masjid, aku selalu liat ada benda bercahaya bergerak tidak terlalu cepat tapi kalau dibandingkan dengan pesawat buatan manusia kecuali pesawat luar angkasa amerika, kecepatan itu mustahil bisa dilakukan. pertanyaanku benda apakah itu? karena setiap hari pada waktu yang sama, aku melihat benda itu dan arahnya juga sama yaitu ke utara, itu pertanyaanku yang pertama, yang kedua, ga tau ini laporan atau hanya kejadian biasa buat anda, karena aku masih awam dengan dunia astronomi, pada tanggal 16 Agustus 2012 sekitar pukul 04:15 (4 menit setelah Adzan subuh selesai)aku melihat ada benda berkelompok terbang ke arah selatan membentuk formasi yang berubah-ubah, kejadian itu aku liat hanya sekitar 5 detik, karena benda itu lebih cepat dibandingkan benda yang aku liat setiap hari (pertanyaanku yang pertama). tolong jawab rasa penasaranku ini, terima kasih.

    • untuk yang pertama, kemungkinannya adalah satelit seperti iss. coba cek di http://heavens-above.com/ sedangkan yang kedua, kurang tahu juga itu benda apa. jadi untuk sementara kita bisa sebut benda-benda itu sebagai ufo alias benda terbang tak dikenal 🙂

    • irwan

      mas, buat pertanyaan yang kedua,,aku serius mas liat benda itu..ada sekitar 5-7 cahaya terbang di langit. benda itu berubah ubah bentuk formasi terbang, menurut ilmu yang didapet mas sampe sekarang, apa udah ada tanda2 adanya ufo mas??

    • tentu saja ufo itu ada, jika didasari pada definisi ufo itu sendiri yang berarti benda terbang yang tidak dikenal. jangan disamakan antara ufo dengan alien lho ya.

  • Setiap bintang berevolusi mengelilingi pusat inti galaksi, apakah secara tidak langsung bumi mengalami perputaran terhadap inti galaksi bersama matahari sehingga posisi matahari dan bumi bisa berubah dari lengan spiral galaksi Bimasakti.

    • benar, bumi mengikuti matahari dalam mengelilingi pusat galaksi. namun posisinya tidak keluar dari lengan spiral galaksi, karena lengan spiral itu (bintang-bintang dan gas/debu antar bintang) sendiri bergerak bersama-sama dengan matahari

  • Setiap bintang berevolusi mengelilingi pusat inti galaksi, apakah secara tidak langsung bumi mengalami perputaran terhadap inti galaksi bersama matahari sehingga posisi matahari dan bumi bisa berubah dari lengan spiral galaksi Bimasakti?

  • andy

    apa definisi astronomi berikut ini ya, “rambat Lurus”

    • itu istilah nautika ya? tadi saya dapat ini
      “Rambat lurus adalah sebagian busur katulistiwa angkasa, dihitung dari titik Aries ke arah berlawanan dengan gerakan harian maya, sampai ke titik kaki benda angkasa.”
      dengan definisi seperti itu, rasanya kok mirip dengan asensiorekta/right ascencion/ra

  • Apa yang dimaksud “Dark Energy” ?

    • alam semesta ini tersusun dari 3 jenis materi yaitu materi tampak, materi gelap, dan energi gelap. yang paling dominan adalah energi gelap itu. bentuknya sendiri tidak diketahui, tapi keberadaannya diperlukan untuk mengendalikan alam semesta yang sedang mengembang dipercepat ini

  • Agung Prabowo

    Mengapa Seluruh benda di angkasa rata-rata melawan arah jarum jam seperti saat kita tawaf?

    • mengapa? tidak ada yang tahu. tapi gerak revolusi dan rotasi planet-planet yang kita lihat sekarang ini adalah gerak yang sama ketika milyaran tahun lalu tata surya kita terbentuk. jadi gerak tersebut sudah berlangsung lama sekali

  • ramlah

    Apa persamaan dan perbedaan albedo dan suhu planet

    • suhu atau temperatur sudah tahu kan artinya. sedangkan albedo adalah perbandingan antara jumlah energi yang diterima planet dengan jumlah energi/cahaya yang dipantulkannya.

  • Apakah ada hipotesis terjadinya kehancuran pada tata surya kita?

    • hipotesisnya sudah termasuk dalam pembahasan masa depan matahari. sekitar 5 milyar tahun lagi matahari akan mengembang sehingga radiusnya mencapai orbit venus. saat itu terjadi, merkurius, venus, dan bumi akan tertelan oleh matahari.

  • Apakah benar bahwa bintang yang warnanya semakin biru merupakan bintang yang mempunyai suhu terpanas, jika ya mengapa ?

  • ipun

    Apakah ada kehidupan di galaxi lain, selain bima sakti ????

    • saat ini kita baru bisa mendeteksi keberadaan planet yang mengorbit di bintang selain matahari. tentunya semua bintang tersebut berada dalam galaksi kita, galaksi bimasakti. lalu dari planet-planet yang terdeteksi tersebut, belum ada satupun yang diketahui apakah memiliki kehidupan atau tidak, karena keterbatasan teknologi yang kita miliki. maka dari itu, mencari kehidupan di galaksi lain adalah sebuah pekerjaan yang jauh lebih sulit lagi sehingga sampai sekarang kita belum tahu apakah ada kehidupan di luar galaksi bimasakti.

  • ipun

    Apakah ada kehidupan selain di galaxi bima sakti????

  • adhi muhamad arsenal

    apakah benar jagad raya berbentuk seperti terompet ?

    • tidak. alam semesta kita setidaknya berbentuk bulat karena bumi kita bulat. apabila misalnya bumi kita datar, maka kita akan melihat alam semesta datar juga. begitu seterusnya.

  • fahmi

    ada grup yang jadi member gak gan?

Leave a Reply to yanis Cancel reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.