Kontak DADC

Call | SMS | Whatsapp 0817 226 986
BBMD0B69E7B
Twitter: duniaastronomi
Facebook: Etalase DADC
Plurk: dadc
Instagram: dunia.astronomi
Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan dadc. Kami selalu menghubungi melalui nomor di atas.

Gerhana Matahari Cincin 20191226

dadc di Twitter

Tanya Jawab

Silakan tuliskan pertanyaan tentang astronomi melalui komentar di bawah. Kami akan menjawabnya melalui komentar ataupun dengan menuliskan artikel baru.

Terima kasih.

1,519 comments to Tanya Jawab

  • Desy

    Dimana yah tempat atau website buat download gratis buku tentang astronomi dan pembahasan tiap soal??? Bukunya yg ada hituungannya gituu..

  • melisa

    aku mau nanya nihh ..
    belajar di fakultas astronomi tuh susah gak sih ?
    dan abis dari situ krja nya dmna ?

    aku dari dulu suka banget yg berhubungan dengan luar angkasa..

    • di indonesia yang ada hanyalah program studi astronomi di fakultas mipa itb. susah itu kalau kita tidak menyukai apa yang dipelajari. maka kuncinya adalah senangi astronomi, pasti akan terasa mudah. lulusan dari situ bisa kerja di lapan, bmkg, bosscha, planetarium, instansi sains lain atau bahkan dalam bidang perbankan teknologi informasi. karena pada dasarnya lulusan astronomi itb akan memiliki kemampuan yang cukup banyak, tidak terbatas pada astronominya saja

  • ipunz

    klo fakultas astronomi pling kerja diluar negeri, atau kerja di planetarium. saya juga suka astronomy

  • hai

    mau nanya dong, kalo bintang yang berada di sebelah utara dan selatan bumi itu apa saja yah ?

    • dilihat dari bumi, ada bintang polaris di kutub utara langit yang cukup terang. sedangkan di kutub selatan langit tidak ada bintang yang dapat diamati dengan mata telanjang.

  • kuliah malam

    hitungan jam-jam yang ada pada saat ini menggunakan perhitungan 24jam atau menggunakan perhitungan 23:56:04

    *23:56:04 = menurut rotasi bumi

  • fahmi

    seorang pengamat yang tinggi
    badannya 150 cm mendapat bahwa
    matahari tepat berada di atasnya.
    Jika pengamat berada di ponyianak
    maka berapa cm panjang bayangan
    pada saat jam 16.00 ??

    • bayangkan segitiga siku-siku dengan tinggi = tinggi badan, panjang bayangan ditanyakan, dan sisi miring terbentuk akibat posisi matahari pada pk 16. pada saat itu sudut matahari relatif terhadap orang tersebut adalah 60 derajat. nah, dari situ bisa kita hitung panjang bayangannya

  • ipunz

    Teory big bang itu baru padaa abad 20,sebelum abad 20 alam semesta langsung ada karen diciptakan oleh Tuhan dan dulu scientist barat bilang agama dan science terpisah… Tpi sekarang ini abad millenium. Science ada di kitab suci

  • tharie lestharie

    dalam geometri elips perbandingan antara panjang fakos dan panjang sumber besar di sebut

  • tharie lestharie

    nmatahari paling lama berada di atas horizon bila pengamatan berada di

    • yang pertama eksentrisitas
      yang kedua bisa banyak tempat. misalnya 21 juni di kutub utara dan 22 desember di kutub selatan. saat itu matahari berada di atas horizon 24 jam penuh

  • Mau nanya.. Kalo alam semesta kita mempunyai Gravitasi, planet-planet bakalan jatuh kemana??

    • pertama, semua benda bermassa memiliki gravitasi. jadi tidak perlu diandaikan alam semesta punya gravitasi. lagipula alam semesta adalah bukan sebuah materi, melainkan kumpulan dari benda/materi. kedua, planet-planet tidak akan jatuh karena jatuh berarti gerak ke bawah. sementara di ruang angkasa tidak ada konsep atas dan bawah. jadi tidak ada benda langit yang bisa jatuh.

  • Mengapa bumi miring 23,5 derajat?
    (sehingga terjadi yang namanya solstice)

    mohon dijawab, karena hal ini sudah lama menggelitik hati saya.

  • Apa perbedaan antara Bulan Purnama dan Gerhana Bulan?

    mohon dijelaskan dengan dua cara: cara dan bahasa sederhana, dan juga cara dan bahasa ilmiah aslinya.
    terima kasih.

  • Menurut yang saya fahami, aurora terjadi karena ada angin surya yang masuk ke atmosfir bumi dan bersinggungan dengan magnetisme bumi di kedua kutub. Dan katanya angin surya itu sangat berbahaya bagi manusia.

    Pertanyaannya, bagaimana caranya seorang astronot menghindari angin surya tersebut?

    • pertama. kemiringan 23,5 derajat itu diduga disebabkan oleh adanya tumbukan dengan benda sebesar mars di jaman lampau. akibat lain dari tumbukan ini adalah terbentuknya bulan dari serpihan yang tertinggal dari sebagian bumi dan benda tersebut.

      kedua. bulan purnama terjadi kalau matahari-bumi-bulan segaris tapi tidak sebidang. gerhana bulan terjadi kalau ketiganya segaris dan sebidang. perbedaannya terletak pada apakah ketiganya sebidang atau tidak. itu terjadi karena bidang orbit bulan tidak berimpit dengan ekliptika, melainkan menyilang sehingga membentuk sudut sekitar 5 derajat.

      ketiga. patikel angin matahari mudah diantisipasi/diblok oleh bagian terluar dari pesawat/wahana ruang angkasa. astronot akan tetap aman dan terlindungi asalkan berada di dalamnya. ini salah satu sumber bacaannya
      http://science.nasa.gov/science-news/science-at-nasa/2005/07oct_afraid/

  • Raka Nur Sanjaya

    Maaf, saya mau tanya tentang sebuah hadits Rasulullah yang mengatakan, “Suatu hari, aku bersama Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma di waktu pagi. Dia berkata: ‘Aku tidak tidur tadi malam hingga subuh.’ Aku bertanya: ‘Mengapa?’ Dia berkata: ‘Mereka mengatakan, bintang Dzu Dzanbin telah terbit. Aku khawatir ad-dukhan telah muncul, maka aku tidak tidur hingga subuh’.” Lalu, maksudnya bintang Dzu Dzanbin tu apa ya ?
    Makasih

  • Aldyna Damping

    Dear Dunia Astronomi, saya Dyna dari Global TV.. kami lagi nyari ahli astronomi di jakarta yang bisa diinterview sebagai nara sumber nih..ada info kontaknya ga ya?trima kasih 🙂

  • abdi

    boleh minta penjelasan mengenai bola langit? khususnya tentang koordinat ekliptika. terimakasih

    • sistem koordinat ekliptika mengacu pada bidang ekliptika sebagai ekuator dan sumbu revolusi bumi sebagai arah kutub-kutubnya. di koordinat ini, posisi suatu titik didefinisikan dari nilai lintang ekliptika dan bujur ekliptika. perhitungannya mirip dengan lintang dan bujur di bumi. lintang ekliptika dihitung berdasarkan jarak sudut suatu lokasi dari ekuator, mirip seperti lintang utara-selatan di bumi. dan bujur ekliptika dihitung berdasarkan jarak sudut suatu lokasi dari titik nol bujur, yaitu titik aries. mirip dengan perhitungan bujur timur-barat di bumi.

  • bisakah gunung bertambah tinggi?

  • Joshua Sentosa

    Saya berencana untuk melihat hujan meteor geminids tengah desember ini.namun saya tidak mengerti bagaimana.

    1. Kapan tepatnya puncak meteor geminids dan pukul berapa, apakah tgl 13 atau 14 desember?
    2. Saya berencana ke bosscha pada malam puncak tersebut, tp yang saya dengar bosscha tidak menerima tamu perorangan selain hari sabtu. Apakah saya tetap bisa ke sana untuk melihat hujan meteor geminid?
    3. Apakah ada grup yang ingin mengobservasi hujan meteor ini mungkin di bosscha atau di tempat lain, karena saya buta dalam hal ini, jadi saya ingin ikut jika memang berkesempatan. Saya takut dengan modal nekat dan tanpa pengetahuan apapun malah tidak dapat melngobservasinya, padahal sudah jauh2 dan kesempatannya sangat jarang.

    • 1. 13 malam – 14 dinihari.
      2 & 3. mengamati hujan meteor tidak perlu pergi ke tempat yang jauh. cukup cari tempat yang punya medan pandang langit yang luas, lingkungan gelap, cukup nyaman dan aman. misalnya di halaman rumah dalam kondisi lampu dimatikan. pergi ke bosscha tidaklah perlu, terlebih bosscha tidak akan dibuka untuk umum untuk pengamatan hujan meteor di malam hari. bosscha adalah tempat penelitian/pengamatan terbatas, bukan tempat pengamatan bersama.

      silakan baca tulisan-tulisan kami tentang hujan meteor untuk mendapatkan gambaran bagaimana cara mengamati yang benar.

  • husnul

    asslmualkum, mau nanya masalah yang baru2 ini lagi marak dengan keadaan bumi di akhir desember 2012 ini,
    ada sebuah planet (nibiru namanya), ada yang bilang planet nibiru akan berpapasan atau menabrak bumi pada tahun 2012. nah itu gimana tuh??

  • Hoax: Bumi Kiamat dan Gelap Selama 3 Hari Pada Desember 2012
    antara 23-24-& 25 desember 0212 apa betul itu

  • masih berhubungan dengan pertanyaan saya sebelumnya tentang kemiringan bumi.

    dari jawaban Anda bisa saya simpulkan bahwa selama ini bumi ber-revolusi dalam keadaan miring. Mohon dikoreksi jika salah. Tapi jika benar, mohon dijelaskan fenomena Equinox, di mana bumi tegak lurus terhadap arah datang sinar matahari sehingga bagian utara dan selatan mengalami siang-malam yang sama panjang.
    terima kasih.

  • sugeng riyadi

    Apakah benar ramalan berdasarkan penanggalan Maya bahwa pada tanggal 21 Des 2012 akan terjadi konjuingsi matahari yg bertepatan dengan pusat galaxi Milky Way ?

    Terima kasih.

    Sugeng.

    • matahari selalu berada di arah pusat galaksi bimasakti di bulan desember. karenanya bulan desember itu bertepatan dengan zodiak sagittarius karena arah pusat galaksi ada di rasi sagittarius. jadi tanpa diramalkan pun hal tersebut sudah terjadi rutin

  • depikazev

    maaf nih mau nanya benarkah bila melihat gerhana matahari secara langsung bisa menyebabkan kebutaan? penyebabnya apa? makasih.

    • benar. kebutaannya bisa terjadi pada saat menyaksikan fase total gerhana matahari dan tidak mewaspadai berakhirnya fase total tersebut. saat itu mata akan secara tiba-tiba mendapatkan banyak cahaya berintensitas tinggi.

  • Onick

    apa yang d’maksud dengan tahun cahaya’??
    benarkah Neil Amtstrong pernah menjelajahi bulan………..??

    • benar, neil armstrong pernah mendarat di bulan. 1 tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam waktu 1 tahun. kita tahu bahwa cahaya memiliki kecepatan rambat 300.000 km/s. jika kita kalikan jumlah detik dalam 1 tahun, kita akan dapatkan jarak 1 tahun cahaya.

  • dodhy

    Mau Nanya soal black hole(Lubang Hitam). Sebenarnya ada dimana saja letak lubang hitam tersebut dan apabila ada benda yang terhisap kemana benda itu akan pergi?

    • lubanghitam adalah bentuk akhir evolusi dari bintang bermassa besar. jadi posisinya bisa ada di mana saja, tidak ada tempat tertentu/khusus yang menjadi pusat keberadaan lubanghitam. namun satu posisi yang biasanya ada lubanghitamnya adalah di pusat galaksi.

      dan sampai saat ini, tidak ada yang tahu ke mana perginya materi yang terhisap lubanghitam.

  • mungkinkah semua planet dalam tatasurya berada dalam satu garis lurus, jika ya, kapan itu?

  • Cpe

    Kenapa bulan bumi dan matahari bisa bertemu pada satu garis lurus yang sejajar dan hanya bisa terjadi sekitar 500 tahun dalam sekali peristiwa?

    makasih

    • bumi, bulan, dan matahari bisa segaris hampir setiap 15 hari sekali, yaitu saat terjadinya fase bulan baru dan purnama. dan segaris-sebidang hampir setiap 6 bulan sekali, yaitu saat terjadinya gerhana bulan atau gerhana matahari.

      jadi tidak benar jika dikatakan segaris dalam 500 tahun sekali. kalau boleh tahu, dari mana sumber pernyataan itu?

  • Cpe

    Saya dapat dari teman saya. terima kasih sudah menjawab dan saya sangat setuju dengan jawaban anda. Bisa anda jelaskan mengenai pemahaman tentang Astronomi yang terkat dengan Ilmu sains ^^ ?

    • maksudnya bagaimana ya? astronomi memang bagian dari sains alias ilmu pasti. astronomi menggunakan pengamatan dan bukti-bukti terbaru untuk menentukan kebenaran dari segala sesuatu. dan seiring dengan waktu, penemuan terhadap bukti yang lebih baru bisa jadi mengubah kebenaran sebelumnya.

      contoh, dulu orang menganggap bumi adalah pusat alam semesta. lalu jadi pusat tata surya. tapi berkat penemuan/bukti yang lebih baru, kita kini tahu bahwa bumi bukan pusat tata surya apalagi alam semesta. bumi hanya menempati tempat yang tidak spesial karena semua titik di alam semesta adalah sama.

  • Saya tidak terlalu tau banyak tentang astronomi baik istilah maupun fenomena.

    Apa yang saya lihat sebulan yang lalu tepatnya tgl 23 nov antara jam 16.30 sampai jam 20.00an sy melihat fenomena yg aneh sekali. Ada 9 deretan cahaya berbentuk garis sejajar satu sama lain,tidak bergerak, tampak di arah barat. Kebetulan posisi sy jauh dari pesisir pantai.

    Teman sy yg tinggal dipesisir pantai malah menemukan 13 deretan cahaya berwarna biru merah dan putih. Warga yang tinggal di daerah sukadana kab. kayong utara kalbar tampak jelas melihat fenomena ini dr pantai pulau dato’

    sy sudah googling cari informasi dan foto tapi tidak ada yang membahas ini.

    Fenomena apakah ini ?
    mohon dijawab.
    terima kasih

    • apakah sudah yakin bahwa objek tersebut bukan bintang, planet, atau benda langit lain? bagaimana dengan layangan berlampu atau lampion? apabila objek tersebut tidak bergerak sama sekali, lantas bagaimana cara mereka menghilang? bagaimana dengan ketinggiannya, apakah jauh dari horison atau rendah?

  • rino

    waktu itu posisi sy +- 50km dr garis pantai, jd rasanya ga mungkin itu layangan berlampu atw lampion, byk masyarakat yg kebetulan dipantai sukadana melihat fenomena ini.
    padahal posisi mereka dan sy 100an km jauhnya.

    jadi hampir semua bisa melihat ini.

    cahaya secara perlahan menghilang tidak secara tiba2.,

    posisinya berada pd 15 – 30derajat dr horizon.

    kemarin sy mikirnya komet, tp kq ga bergerak dan posisinya juga vertikal.

    ada teman yg share ttg info ini, tp sy tdk terlalu yakin sma info dan gambarny.

    linknya di sini http://m.thecrowdvoice.com/post/fenomena-alam-di-kab-ketapang-kalbar-4857322.html

    mohon ditanggapi lg ya

    • sepertinya tidak ada objek yang cocok dengan deskripsi itu. jadi untuk sementara ini bisalah kita anggap objek itu adalah u.f.o 🙂

  • koper

    mengapa bisa ada aphelion dan perihelion? mengapa orbit planet tidak bulat sempurna? apakah gaya tarik menarik matahari-planet mempengaruhinya?

    • orbit planet dan kebanyakan benda langit lainnya tidak bulat sempurna tetapi elips karena gaya gravitasi yang mempengaruhi pergerakan sebuah benda dalam sistem itu tidak hanya satu. gerak bumi mengelilingi matahari dipengaruhi oleh bulan, jupiter, saturnus, dan planet-planet lain.

      andaikata ada 2 buah benda (bintang/planet) terisolasi (berada sangat jauh dari benda lainnya), bisa saja orbitnya lingkaran

  • Ronie

    jika jarak bintang2 yang ada dilangit itu jutaan tahun cahaya.. berarti bintang2 yg kita lihat itu kemungkinan sudah tidak ada ??
    berarti hamparan bintang2 itu berasal dari masa lalu..
    apakah benar pendapat saya ??

    • benar. tetapi koreksi sedikit. tidak ada bintang yang berjarak jutaan tahun cahaya karena semua bintang yang bisa kita lihat di malam hari berada di galaksi kita sendiri, galaksi bimasakti. dan diameter galaksi bimasakti adalah sekitar 100.000 tahun cahaya saja. yang berjarak sampai jutaan tahun cahaya adalah galaksi.

  • astro

    Komet berjarak 0.9 SA dari bumi, memiliki koma dengan diameter 1.500.000km maka ia akan tampak dengan diameter sudut berapa ?
    Thanks

    • diameter sudut (dalam satuan radian) bisa dihitung dengan membagi diameter dengan jarak. selanjutnya bisa diubah ke dalam detik/menit busur, tergantung keperluan.

  • Apa pengertian dari cincin enstein?

    • cincin einstein adalah cincin cahaya yang terbentuk akibat pengaruh lensa gravitasi. sebuah benda bermassa besar seperti lubanghitam supermasif dapat berperan sebagai lensa karena medan gravitasi yang ditimbulkannya dapat membelokkan berkas cahaya yang datang dari galaksi di kejauhan/belakangnya. cincin einstein ini hanya dapat dilihat dari sudut tertentu. contoh gambarnya bisa dilihat di sini:
      http://en.wikipedia.org/wiki/File:Einstein_Rings.jpg

  • ari prasetyo

    jika umur matahari semakin tua apa semakin panas?

  • nizham

    permisi.. mau nanya
    gimana sih caranya para astronom bisa mengetahui sifat2 bintang2, planet2 yang jauh? pdhal klo diliat dari teleskop hanya seperti titik yang bersinar????
    trims sebelumnya

    • semuanya diperoleh dengan mempelajari cahaya yang kita amati. dari situ kita bisa menghitung berapa magnitudo/kecerlangannya, lalu dengan kalibrasi terhadap benda lain yang kita ketahui jaraknya, kita juga bisa mengetahui jarak bintang tersebut. dari spektrumnya kita bisa tahu seberapa panas sebuah bintang dan ada unsur apa saja yang terkandung di dalamnya. semuanya memang berasal dari cahayanya saja. tapi dengan bekal ilmu fisika, kimia, dll, kita bisa tahu banyak sifatnya

  • apakah para ilmuwan sudah mengetahui isi black hole??
    kalau sudah apakah isi black hole itu??

    • tidak ada yang tahu karena tidak bisa diamati. dalam astronomi, syarat mutlak untuk mempelajari sesuatu adalah dengan mengamatinya. kalau kita tidak bisa mengamatinya, baik secara langsung maupun tak langsung, maka kita tidak dapat mempelajarinya. keberadaan lubanghitam sendiri diketahui dari pengamatan tak langsung, yaitu dari pergerakan benda-benda di sekitarnya.

  • kenapa di namakan merkurius????

    • kenapa dinamakan merkurius? karena pergerakannya yang sangat cepat di langit, sehingga orang memberinya nama dewa pembawa pesan.
      kenapa tidak punya atmosfer? karena merkurius begitu dekat dengan matahari, sehingga partikel-partikel di atmosfernya bergerak cepat (karena panasnya) sehingga laju lepas partikelnya lebih besar dari laju lepas di merkurius itu sendiri

  • kenapa merkurius tidak punya atmosfer??

  • apakah ada asteroid sebesar lapangan bola?

  • fadli

    bagaimana cara memperkirakan sudut elongasi dan umur bulan jika yang diketahui adalah waktu saat bulan itu terbenam…?
    makasih…di tunggu jawabannya

    • waktu bulan terbenam berkaitan erat dengan fase dan posisinya relatif terhadap pengamat saat itu. misalnya waktu purnama, bulan terbenam pukul 6 pagi karena saat itu posisinya berlawanan dengan matahari

  • noa

    numpang nanya..
    bagaimana cara mengetahui lintang pengamatan dan deklinasi bintang jika yang diketahui adalah posisi tertinggi dan terendah bintang tsb..?

    • jika bintang tersebut memiliki posisi tertinggi dan terendah di atas horison sekaligus, berarti bintang itu adalah bintang sirkumpolar yang tidak pernah terbenam. dan dengan cara yang tepat, kita bisa tahu lintang pengamat

  • Fathur

    maaf numpang nanya< buku astronomi dasar yang bagus apa ya? sama belinya dimana?

  • devi

    admin, mau tanya ya

    2 buah bintang ganda dengan separasi sudut 0,12 memiliki massa 3 kali miu nol (gak bisa kebaca lambangnya). Jika periodenya adalah 7 tahun, berapakah jarak sistem bintang ganda tersebut ke bumi ? (dalam pc)
    a.30
    b.35,4
    c.38,4
    d.45
    e.50

    makasi

  • khoir_18

    Admin numpang nanya,apa penyebab dari aurora?

    • adanya materi bermuatan yang berasal dari angin matahari yang terjebak di medan magnet bumi, lalu terbawa ke kutub-kutub bumi. ketika melintasi atmosfer, materi tersebut berinteraksi sehingga menghasilkan cahaya berwarna-warni. warnanya bergantung pada unsur apa yang berinteraksi.

  • zaba

    sebuah bintang ganda memiliki komponen magnitudo m1 = 11.75 dan m2 = 12.11 berapakah magnitudo totalnya?

    • gunakan rumus pogson untuk mencarinya. tapi harus hitung terlebih dahulu E1, E2, dan E_total. gunakan E_matahari dan m_matahari untuk menghitung E1 dan E2

  • merkurius,venus,bumi,mars,yupiter,saturnus,uranus,neptunus merupakan tata surya apa?????????

  • apakah yg d mksd dgn big bang??
    tolong d jelaskan secara rinci

    • untuk sementara sekilas saja ya. bigbang adalah peristiwa dentuman besar yang mengawali pembentukan alam semesta. hal tersebut disimpulkan dari hasil pengamatan terhadap galaksi yang jauh. mereka semua menjauhi kita dengan laju semakin besar jika jaraknya semakin jauh. pergerakan menjauh seperti itu bisa dijelaskan dari adanya sebuah dentuman/ledakan di awal alam semesta dibentuk dahulu kala

  • una

    Kak, saya mau tanya..
    Apakah yg dimaksud dengan komet panstarrs di titik perihelion??
    Dijawab yah kak.. hehe =D

  • apakah yg d maksud rasi bintang?
    dan bagaimana cara trbentukx rasi bintang

    mkasih 🙂

    • rasi bintang adalah bentuk imajiner yang terlihat dari posisi bintang-bintang di langit. misalnya ada yang membentuk kepala kerbau (taurus), pemburu (orion), anjing (canis major), beruang (ursa major), dll. proses penamaannya mungkin sama dengan pelajaran di tk/awal sd, yaitu menghubungkan titik-titik, tergantung imajinasi

Tinggalkan komentar?