Kontak DADC

Call SMS Whatsapp0817 226 986
BBMD0B69E7B
Twitter: duniaastronomi
Facebook: Etalase DADC
Plurk: dadc
Instagram: dunia.astronomi Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan dadc. Kami selalu menghubungi melalui nomor di atas

Gerhana Matahari Cincin 20191226

dadc di Twitter

Tanya Jawab

Silakan tuliskan pertanyaan tentang astronomi melalui komentar di bawah. Kami akan menjawabnya melalui komentar ataupun dengan menuliskan artikel baru.

Terima kasih.

1,463 comments to Tanya Jawab

  • Cel'z

    saya adalah murid SMA dan tertarik pada astronomi..ada beberapa pertanyaan:
    1.bumi-tata surya-bimasakti-alam semesta..
    berarti ada banyak galaksi” lain..apa galaksi sama dengan solar system kita??
    2.apa yang terjadi kalo ada badai meteor??n kenapa bisa terjadi badai meteor??
    3.apa mungkin matahari redup??klo redup gmn nasib bumi??
    4.apa pengaruh alam semesta terhadap manusia??
    5.kalo ada banyak galaksi,apa galaksi” lain punya matahari seperti bimasakti??brati matahari di alam semesta banyak dong??
    6.apa bintang yang kita lihat itu adalah matahari??
    7. posisi bumi di alam semesta tetap atau berubah??
    8. posisi galaksi tetap atau berubah??
    9. di mana posisi bumi n galaksi bimasakti di alam semesta??

    maaf banya bertanya..terima kasih..

    • dadc

      saya jawab ya

      1. benar ada banyak galaksi lain. tapi galaksi beda dengan tata surya. tata surya adalah sistem benda-benda yang terdiri dari matahari (sebagai pusat sistem), planet, asteroid, komet, dan benda kecil lainnya yang ikut berputar mengelilingi matahari. sedangkan galaksi adalah kumpulan bintang-bintang. matahari itu sendiri adalah sebuah bintang.

      2. badai meteor terjadi ketika bumi melintasi daerah yang memiliki banyak serpihan benda, biasanya serpihan tersebut berasal dari komet. jadi ketika komet melintas di dekat lintasan orbit bumi, dia akan meninggalkan serpihan/pecahan berupa batu-batu. ketika bumi melintasi daerah tersebut, batu-batu tersebut terkena pengaruh gaya gravitasi bumi dan ditarik masuk ke bumi. ketika mereka masuk ke atmosfer bumi, mereka akan bergesekan dengan udara di atmosfer dan memanas, memijar, dan terbakar. nyala api itulah yang kita lihat sebagai meteor.

      3. matahari memiliki siklus kehidupan seperti makhluk hidup, jadi suatu saat matahari akan mati juga. sebelumnya, matahari akan mengembang (membengkak) sehingga jarak matahari dari bumi jadi begitu dekat dan bumi menjadi sangat panas. saat itu, nasib bumi bisa jadi seperti merkurius saat ini: panas, gersang, tidak ada kehidupan. setelah mengembang, matahari kemudian menciut lagi dan akhirnya mendingin/meredup.

      4. pengaruh alam semesta terhadap manusia? banyak, misalnya manusia jadi terpacu untuk menggali ilmu/belajar, karena masih banyak yang tidak kita ketahui di alam semesta ini.

      5. seperti yang sudah ditulis di atas, galaksi itu tersusun atas banyak bintang, dan matahari itu adalah bintang. jadi ada banyak bintang di alam semesta.

      6. terbalik, matahari yang kita lihat adalah bintang. jadi, matahari itu nama dari suatu benda bernama bintang, sama seperti bumi adalah nama dari sebuah benda bernama planet.

      7 dan 8. posisi semua benda di alam semesta tidak ada yang tetap. tapi karena jaraknya jauh, perubahan posisi bintang dan galaksi baru terlihat setelah ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan tahun.

      9. pertanyaan ini sulit dijawab kalo tidak ada titik acuannya, karena alam semesta itu luas dan tidak ada titik nol-nya (tidak seperti koordinat kartesius yang ada titik 0,0). jadi jawabannya begini aja, bumi terletak agak di tepi piringan galaksi bimasakti. coba lihat artikel galaksi bimasakti yang sudah saya tulis.

      terima kasih sudah bertanya, sering-sering aja, gpp kok.

    • ratih kumaladewi

      Apakah nama planet yang nama depannya adalah S , E , J , U?

  • Franz

    tadi sayam membaca di artikel anda tentang galaksi,ada yang tertulis “Matahari bergerak mengelilingi pusat galaksi dengan membentuk orbit yang hampir melingkaer”
    apakah mataharri juga dapat berevolusi dan bergerak??

  • Franz

    bisa tolong jelaskan bentuk-bentuk galaksi?

  • lilip

    1.Dimanakah tempat terbaik dibumi tuk bs melihat smu bintang seluruhx-spesifik mis:negara,kota.
    2.apa saja buku astronomi yg bs anda referensikan di indonesia-khususx bg pemula n amatiran spr sy:-)
    3.ada berapa legenda or crita rakyat dibumi yg berhubungan dg bintang2 or galaksi?
    Itu sj,trims skl buat jawabanx

  • abe

    Halo salam kenal πŸ˜€ ini pertama kalinya saya masuk ke website ini…
    ini krn penasaran dengan planet nibiru, krn dengar2 dari cerita orang….

    yang mau saya tanyakan apa planet itu bisa dilihat langsung dari bumi, atau perlu teleskop?

    terus terang sudah 2 minggu ini sy sering melihat benda angkasa di langit surabaya pada malam hari yang bercahaya.
    setahu saya kalau itu bintang, maka cahayanya berkedip,
    tapi ini sangat terang dan tidak berkedip.
    apa itu planet nibiru yg di ceritakan?? atau planet lainnya

    mohon penjelasannya πŸ˜€ thanks

  • Arya

    Kalo malam ini koq bulannya punya bayangan numpuk ma bulan yg asli ya? Gw penasaran…

  • tita

    selamat malam.
    tanya dunk.
    Merkurius kan dekat dg matahari. Shg gersang. Nah.. Apakah merkurius mengalami malam? Jika iya, berarti perbedaan suhu siang dan malam hari sangat2 ekstrim, sangat panas dan sangat dingin? Apakah malam hari di merkurius panas seperti siang hari?

    Ohiya, kalo lensa teleskop berjamur bisa dibersihkan pakai apa ya?

    Terimakasih atas jawabannya. πŸ™‚

  • ichankk

    om, mau nnya nih.. kalau bln ramadhan, subuh” saya suka lihat bintang jalan.. ko bisa gitu? dia mau kmna? di sebut peristiwa apa itu??

  • -> Franz
    iya, matahari memang bergerak dan berevolusi.

    bentuk-bentuk galaksi? akan saya bahas nanti. terima kasih atas masukannya.

    -> lilip
    1. semua tempat di dunia ini hanya bisa mengamati separuh langit dalam suatu waktu. jika ingin dapat melihat keseluruhan langit, maka tempat yang terbaik adalah di sepanjang ekuator/khatulistiwa bumi, karena dari tempat itu kita bisa melihat seluruh bagian langit dalam waktu satu tahun (bergantian, tidak sekaligus).

    2. sejauh ini, buku astronomi yang dijual di toko-toko buku bisa dibaca oleh semua kalangan, karena sebenarnya keberadaan buku-buku astronomi masih terlalu sedikit. jadi kalau suatu saat kita melihat buku astronomi, beli dan baca saja langsung.

    3. wah, saya tidak tahu berapa jumlah legenda atau cerita rakyat yang berhubungan dengan benda langit. yang pasti ada banyak. setiap rasi di langit saja (lebih dari 80 buah) punya ceritanya masing-masing menurut orang yunani kuno.

    terima kasih atas perntanyaannya πŸ™‚

    -> abe
    sejauh ini, keberadaan planet nibiru tidak diketahui. jadi tidak bisa dilihat dengan teleskop sekalipun.

    sedangkan “bintang” yang abe lihat di surabaya setiap malam itu kemungkinan adalah planet jupiter. dan benar kalau bintang akan tampak berkedip sedangkan planet tidak.

    terima kasih kembali

    -> Arya
    apakah bulannya jadi tambah indah? πŸ™‚

    -> tita
    selamat malam juga.

    benar, merkurius juga mengalami siang dan malam karena ia berotasi (berputar pada porosnya). dan benar juga, bahwa suhu di merkurius saat siang dan malam sangat ekstrim. rentang suhunya adalah antara 90 hingga 700 K (-183 hingga 427 oC)

    membersihkan lensa teleskop dari jamur bisa menggunakan cairan pembersih lensa seperti yang digunakan untuk lensa kamera. silakan masuk ke milis astronomi indonesia untuk berdiskusi tentang cara merawat lensa teleskop. ini contohnya http://tech.groups.yahoo.com/group/astronomi_indonesia/message/2309

    Terimakasih kembali atas pertanyaannya

    -> ichankk
    apakah geraknya lambat? jika iya, kemungkinan besar itu adalah satelit. saat-saat sebelum atau setelah matahari terbit atau tenggelam memang merupakan saat yang tepat untuk mengamati satelit karena saat itu posisi satelit yang memantulkan cahaya matahari lebih mudah dilihat dari permukaan bumi.

    tetapi jika geraknya begitu cepat (secepat kedipan mata), maka benda tersebut adalah meteor.

  • bro sukses ya…
    Lama tak berjumpa bro…(ngikut comment)

  • kira2 ada makhluk lain serupa alien gk di luar galaxy?

  • zenith

    mau nanya, ahli astronomi indonesia yang sekarang kuliah di jerman itu namanya siapa????

  • Hanny

    Permisi, mau tanya nih
    unsur-unsur berat yang ada di bumi itu asalnya dari mana sih? Terima kasih.

  • putri nadhilah s.c

    hai,, nma saiia putri…saiia kelas 2 smp di SMPN 25 Bandung..
    saya wau bertanya…emh,, dari kelas 3 SD saya sudah bercita” menjadi seorang astronom…saya mau tau,, apakah bumi akan masuk ke LUBANG HITAM(black hole)…dan kalu misalnya masuk, nanti bumi ada di mna??terima kasih..

  • -> zenith
    maksud zenith ahli astronomi Jerman yang berasal dari indonesia itu? johny setiawan bukan?

    -> Hanny
    semua unsur yang lebih berat dari hidrogen dan helium yang ada di alam semesta ini berasal dari proses pembakaran di dalam bintang. ketika bintang itu meledak, unsur-unsur berat yang terbentuk kemudian terlontar. ketika suatu saat terbentuk bintang atau planet baru dari gas sisa ledakan tadi, maka bintang/planet yang terbentuk akan memiliki kandungan unsur-unsur berat itu.

    jadi unsur berat yang ada di bumi juga berasal dari materi pembentuknya dulu.

    ->putri nadhilah s.c
    bumi akan masuk ke LUBANG HITAM(black hole)…dan kalu misalnya masuk, nanti bumi ada di mna??terima kasih..

    bukan hanya bumi, semua benda bisa saja masuk ke lubang hitam. permasalahannya adalah apakah benda tersebut berada pada jarak yang cukup dekat dengan lubang hitam yang ada. tapi tenang aja, di dekat bumi tidak (belum?) ada lubang hitam, jadi bumi masih aman-aman saja kok πŸ™‚

  • cataocha

    mau nanya nih, kapan dan bagaimana terjadinya inklinasi bumi dan kearah mana jika bumi ini sendiri berputar? ma kasih sebelumnya.

  • Om, saya ini siswa sma. Saya ingin mengikuti olimpiade astronomi. Tapi, saya tidak tidak tau rumus apa saja yang digunakan. Saya sudah cari di search engine seperti google and yahoo, tapi nggak ketemu. Jadi, tolong ya om kirimin saya rumus rumus dalam bidang astronomi donk. Beserta contoh soal dan penjelasannya. Kirimin ke email saya di de_ones@2die4.com tolong ya om penting banget nih,., please..

  • anieta

    siapa penemu garis khatulistiwa?

  • nia_cute

    ada ga sih skala astronomis itu? kalo ada tolong ya dimuat disini. ini penting loh kalo bisa sedetail-detailnya ya…..

  • nia_cute

    tolong ya buat tulisan tentang skala astronomis & skala mkroskopis tolong ini penting

  • Novela

    Numpang nanya dong…
    boleh ceritain tentang sejarah astronomi gak??
    dari jama doeloe…
    (aristoteles dkk)
    sama bedanya astronomi modern sama astronomi tempo doeloe..
    thanks,,,
    :):)

  • -> cataocha
    bumi berputar berlawanan arah jarum jam jika kita lihat dari kutub utara. inklinasi bumi terjadi berkaitan dengan sejarah pembentukannya dahulu. tapi saya masih kurang banyak tahu tentang hal ini.

    -> Ridwanto
    sebenarnya bisa saja saya beri rumus-rumus, tapi inti dari belajar kan bukan itu. soal-soal olimpiade juga tidak hanya rumus, tapi banyak juga berkaitan dengan pengertian tentang banyak hal. apakah tidak ada yang bisa membimbingmu di sana? sekolahnya di mana?

    -> anieta
    garis khatulistiwa adalah garis khayal yang digunakan sebagai acuan dalam menentukan koordinat (lintang) di bumi. jadi yang “menemukannya” adalah si pembuat sistem koordinat lintang-bujur.

    -> nia_cute
    skala astronomis? maksudnya bagaimana? apakah maksudmu satuan yang digunakan dalam astronomi, seperti satuan massa dengan massa matahari, jarak dengan tahun cahaya, dsb? coba lihat http://duniaastronomi.com/kamus-astronomi/

    -> Novela
    boleh, sedang disusun kok πŸ™‚

  • muhammad handika

    bintang terbaru yang di ketahui apa aja sih???

  • Nsa

    kenapa matahari bisa menjadi katai putih?

  • Elma Ismail

    Mengapa meteor jatuh ke bumi? Yang jatuh d Sulawesi dan bikin semua orang kaget apa itu komet atau meteor? Terus mengapa kehidupan kita juga terancam oleh asteroit

  • apakah gerhana bulan dan gerhana matahari dapat terjadi secara bersaamaan?

  • alvon

    apa benar bumi akan menabrak matahari?????
    bagai mna lubang hitam bica terbentuk???
    apa benar penyabab musna nya dinoaurus 65 juta tahun lalu
    akibat komet yang jatuh ke bumi??

    dan apakah saya bisa menjadi partisipan di ilmu astronomi.??sedang kan saya hanya…………
    tapi saya sangat menyukai ilmu astronomi……….:(

  • Elan

    Salam,

    Tolong barangkali ada yg mempunyai penjelasan ilmiah mengenai fenomena mata malaikat yang terlihat dilangit sperti yang terjadi di solo bulan april 2009 lalu?
    ini link videonya : http://www.youtube.com/watch?v=2OHRuLkq-y8

    Wassalam

  • Ctrl_Alt_Del

    klo mau bikin teleskop reflektor, pesen/order cermin cekung kemana ya?
    misalnya nyari yg diameter 5 inch, fokus 1000mm ? chromatic/achromatic?
    pesen / cari dimana?
    atau lensa f=1000mm, d=5″ misalnya?

    orang astronomi tentunya dekat dgn barang yg namanya teleskop, semoga bisa dapet jwbnnya nih..

    saya sudah nyari2 paling ketemunya lensa kecil buat praktikum fisika.. =(

  • bow

    salam..
    saya mau nanya, apa dasar para ilmuwan menetapkan umur sebuah benda angkasa spt bumi, bulan, matahari, bintang dan benda angkasa lain nya??
    terimakasih…

  • evi

    Seorang astronot dipermukaan bulan melihat bumi bercahaya dalam keadaan purnama. Radius bulan 1738 km, radius Bumi : 6378 km dan radius matahari 696000 km. Diameter sudut bulan dan matahari bila dilihat dari bumi sekitar 30 menit busur. hasil pengamatan astronot yang diharapkan

  • mila

    Kak saya mau tanya. Asal muasal terbentuknya komet itu gimana sih? Terus kenapa orbit komet bisa elips banget dari pada planet?

  • milaursa

    Kak, tolong jelasing dong proses terbentuknya komet. Terus kenapa orbit komet bisa sangat elips dibanding planet planet lain?

  • sita

    apa itu bintang normal dan bintang mampat?
    karakteristiknya?
    mengapa bintang normal dapat kesedot bintang mampat?

    terimakasih…..
    mohon bantuan nya..

  • Raymond

    Adakah buku ensiklopedia visual tentang Astronomi yang ditulis oleh penulis Indonesia? Kalau ada apa namanya? di mana saya mendapatkannya?

  • fika

    mengapa arah mata angin itu mempunyai arah utara dan selatan sebagai patokannya??

  • Azka Layyina Wildany

    Keren buangettt!!!

  • Azka Layyina Wildany

    Kalau bisa tolong d rekomendasikan dong tempat kuliahan yg bagus dan jurusannya astronomi di Indonesia!makasih sebelumnya….

  • sapta mhs

    1. perioda siklus sunspot besarnya adalah…
    2. garis fraunhofer mempunyai ciri…
    3. Saat matahari berada di titikvernal equinox maka
    panjang siang dan malam dibumi?
    4. Perioda siklus noktah matahari adalah…
    5. Pada tanggal 23 september asensiorekta matahari adalah
    12 jam.Berapa asensiorekta bulan baru yang terjadi pada
    hari itu?
    6. pada tanggal 22 Juni ketika matahari berada di garis
    balik utara (summer solstice) koordinat ekuatorialnya
    adalah

  • -> muhammad handika
    bintang terbaru yang di ketahui apa aja? sebenarnya objek yang banyak ditemukan bukan lagi bintang, yang semuanya berada di galaksi bimasakti, tapi benda-benda luar galaksi seperti galaksi, quasar, yang rata-rata letaknya begitu jauh hingga baru ditemukan setelah penelitian yang tidak sebentar.

    -> Nsa
    matahari bisa menjadi katai putih karena ia melontarkan bagian selubungnya, sehingga hanya sebagian kecilnya saja yang tersisa. bagian inilah yang disebut dengan katai putih

    -> Elma Ismail
    meteor bisa jatuh ke bumi karena gaya tarik gravitasi bumi mempengaruhi meteor tersebut. jika ukurannya kecil, meteor akan habis di atmosfer. tetapi jika ukurannya cukup besar, maka ia akan jatuh menumbuk bumi sebagai meteorit. benda di sulawesi yang menjadi perbincangan itu sepertinya meteor yang meledak di udara. kalau tidak salah, lapan sudah menelitinya.

    bumi dan kehidupan di dalamnya terancam oleh asteroid karena jika terjadi tumbukan antara keduanya, bumi bisa hancur.

    -> Kasmaria
    gerhana bulan dan gerhana matahari tidak dapat terjadi secara bersamaan, karena formasi yang terbentuk pada kedua peristiwa tersebut tidak sama. gerhana matahari selalu terjadi ketika fase bulan baru, sedangkan gerhana bulan selalu terjadi ketika fase bulan purnama. tapi bisa saja terjadi gerhana bulan dan matahari dalam selisih waktu 15 hari.

    -> alvon
    bisa jadi bumi akan menabrak matahari, tapi tidak dalam waktu dekat. mungkin dalam jutaan tahun, yaitu ketika matahari membesar hingga radiusnya sebesar orbit venus. lubang hitam terbentuk jika sebuah bintang bermassa besar menemui akhir evolusinya. saat itu ia akan menelan dirinya sendiri akibat gaya gravitasi yang sangat besar.

    memang ada dugaan bahwa dinosaurus punah akibat adanya asteroid/meteorit yang menumbuk bumi. tapi kepunahan mereka tidak secara langsung, melainkan akibat efek yang menyertai tumbukan itu, antara lain debu yang menutupi langit membuat sinar matahari tidak bisa masuk ke bumi sehingga bumi menjadi dingin dan tumbuhan mati. dinosaurus pun tidak bisa makan.

    tentu saja semua orang bisa berpartisipasi mengembangkan ilmu astronomi. asalkan suka dan mau belajar astronomi bersama-sama :-).

    -> Elan
    fenomena itu terbentuk dari awan, jadi hanya sebuah hal yang biasa. hanya saja bentuknya yang begitu unik membuat heboh masyarakat.

    -> Ctrl_Alt_Del
    saya kurang tahu harus kemana pesan cermin cekung. biasanya teleskop yang dibuat sendiri menggunakan lensa, memanfaatkan lup. kalau di luar negeri mungkin lebih mudah mencarinya.

    -> bow
    menentukan umur benda angkasa salah satunya dengan kelimpahan unsur. hal ini sangat berkaitan erat dengan ilmu kimia.

    -> evi
    soal ini bisa dipecahkan dengan rumus segitiga biasa, coba lihat artikel saya yang berjudul mengukur jarak bintang dengan paralaks

    -> milaursa
    komet terbentuk bersamaan dengan semua benda yang ada di tata surya. namun mereka terbentuk dari lontaran materi yang berasal dari tata surya bagian dalam (tempat planet-planet), yang diakibatkan angin matahari. dan karena jaraknya yang jauh, mereka berada dalam kondisi beku. ketika mereka mendekati matahari, materi yang membentuknya menguap dan membentuk ekor gas.

    trus kenapa bentuk orbitnya bisa sangat elips, saya masih belum tahu. saya cari dulu ya πŸ™‚

    -> sita
    bintang normal itu adalah bintang yang sedang berada pada tahap evolusi awal, contohnya matahari. sedangkan bintang mampat termasuk bintang yang berada pada tahap evolusi akhir, contohnya bintang katai putih, bintang neutron, atau lubang hitam. mereka disebut bintang mampat karena massanya begitu besar namun memiliki ukuran yang begitu kecil. kerapatan materi di bintang mampat bisa mencapai satu milyar ton dalam satu cc (cm^3)!

    -> Raymond
    saya pernah baca bahwa ada ensiklopedi astronomi yang ditulis oleh orang indonesia, tapi saya lupa judulnya. buku itu terbitan erlangga, mungkin bisa ditemukan di toko buku di jakarta, karena di semarang tidak ada.

    -> fika
    arah mata angin dibuat dalam 4 penjuru tentunya agar mempermudah dalam menjalani kehidupan. setidaknya mungkin itu yang ada di pikiran para pembuat 4 arah mata angin

    -> Azka Layyina Wildany
    sampai saat ini, tempat kuliah astronomi di indonesia hanya di itb saja. jadi, silakan belajar di sana kalau berminat untuk belajar astronomi secara profesional πŸ™‚

    -> sapta mhs
    1. perioda siklus sunspot besarnya adalah 11 tahun
    2. garis fraunhofer mempunyai ciri pita terang diselingi garis-garis gelap.
    3. Saat matahari berada di titik vernal equinox maka
    panjang siang dan malam di bumi 12 jam di semua tempat.
    4. Perioda siklus noktah matahari adalah 11 tahun
    5. Pada tanggal 23 september asensiorekta matahari adalah 12 jam. Berapa asensiorekta bulan baru yang terjadi pada hari itu? sama dengan matahari
    6. pada tanggal 22 Juni ketika matahari berada di garis
    balik utara (summer solstice) koordinat ekuatorialnya
    adalah deklinasi 23,5 derajat utara.

  • leesa

    SAYA MAU TANYA
    GERAK RETROGADE, PROGADE, DIRE, HELIX DALAM ASTRONOMI ITU APA?

  • indra

    halo2^^
    mau tanya….syarat dan kriteria pemilihan lokasi untuk dibangunnya sebuah planetarim dan observatorium itu apa ja yah?? garis lintang dan bujur ikut mempengaruhi pemilihan lokasi ??

    makasih atas jawabannya yaaa^^

  • Deden

    saya ingin masuk komunitas astronomi

  • tri

    benarkah pluto telah di pecat dari dari bima sakti

  • -> leesa

    gerak retrograde itu lawan dari gerak prograde, gerak prograde berarti gerak lazimnya sebuah benda langit. misalnya gerak revolusi planet terhadap matahari yang lazimnya mengikuti aturan tangan kanan, yaitu jika tangan kanan digenggam dengan ibu jari berdiri, maka ibu jari menunjuk arah utara sedangkan empat jari lainnya menunjuk arah revolusi (berlawanan arah jarum jam).

    sedangkan gerak direct dan helix berkaitan dengan gerak planet dan satelitnya jika dilihat dengan latar belakang bintang-bintang.

    -> indra
    garis lintang dan bujur tidak mempengaruhi pemlihan lokasi, tetapi berpengaruh pada fungsi observatorium nantinya. apakah akan digunakan untuk mengamati belahan langit selatan atau utara. yang lebih mempengaruhi adalah faktor geologis, apakah beresiko gempa atau gunung api, juga cuaca setempat, apakah lebih banyak langit malam yang cerah dibanding langit malam yang berawan/mendung/hujan.

    sedangkan pemilihan planetarium tidak memperhitungkan faktor-faktor tersebut, melainkan aspek ekonomis saja.

    -> Deden
    silakan masuk ke milis astronomi di yahoogroups, atau hubungi komunitas astronomi di daerahmu. lokasi di mana?

    -> tri
    pluto tidak “dipecat” dari galaksi bimasakti, tetapi “dipecat” dari statusnya sebagai planet di tata surya kita. kini pluto disebut sebagai planet kerdil

  • Farizul

    Assalamu’alaikum.wr.wb.
    Saya seorang siswa SMA kelas 2. Saya ingin bertanya bagaimana cara meenentukan kelas bintang berdasarkan Spektrumnya dan mohon penjelasan tentang kenampakan dan gerak benda langit.
    Terimakasih…
    Wassalam.

    wa ‘alaykumsalam wr. wb.
    jawaban pertama. bintang yang temperaturnya berbeda ternyata memiliki karakteristik garis-garis spektrum yang berbeda juga. karena karakter garis spektrum menunjukkan kandungan kimiawi dalam bintang, jadilah bintang-bintang dikelompokkan berdasarkan temperatur permukaan dan kandungan kimiawinya dalam kelas-kelas spektrum. kelasnya adalah O B A F G K M, secara urut dari temperatur tinggi ke rendah.

    jawaban kedua. kenampakan dan gerak benda langit bisa dijelaskan dengan memahami bahwa bumi berotasi pada porosnya. karena bumi berputar dari barat ke timur (berlawanan arah jarum jam jika kita melihat dari “atas” kutub utara), maka benda-benda langit tampak bergerak dari timur ke barat. selain itu, karena bumi berevolusi terhadap matahari, dalam setahun kenampakan benda langit juga berubah. misal sebuah bintang hari ini terbit jam 7 malam, besok ia akan terbit 4 menit lebih cepat. begitu seterusnya hingga dalam setahun ia akan kembali ke jadwal terbit jam 7 malam.

  • Yudi

    Slam knal… Mo nany nih, lo bntang yg pling trang brwrna merah n pling gde yg da stiap jm 2 pgi pas di atas kpla tu bntang or pa’n? Mksh sblmy…

    salam kenal juga yudi. kemungkinannya, objek itu adalah planet Mars. saat ini planet Mars memang sedang mendekati kecerlangan maksimumnya, karena sebentar lagi ia berada di oposisi (posisi Bumi, Matahari, dan Mars membentuk sudut 180 derajat )

  • Farizul

    Assalamu’alaikum.
    Terimakasih atas jawaban sebelumnya pak, tp saya masih ada sedikit masalah nih. Misalkan kelas suatu bintang itu G2 V, nah angka 2 tsb didapatkan dgn cara apa?
    Makasih pak atas bantuannya
    Wassalam.

    wa ‘alaykumsalam. kelas spektrum itu memiliki subkelas dengan notasi angka 0-9. maksud sub kelas itu juga menunjukkan perbedaan temperatur.

  • killawallawizza

    saya mau bertanya , mengapa langit tampak seperti bola yang melingkari matahari ??

    saya belum menangkap maksud pertanyaannya. mungkin yang ditanya kadang ada lingkaran lebar berwarna putih di sekitar matahari? itu namanya halo, terjadi kalau di lapisan langit banyak terbentuk es, yang kemudian berfungsi selayaknya prisma dan mendispersikan cahaya. akibatnya terbentuklah halo itu.

  • ikhbal

    ditahun 2010 inie, ada fenomena astronomi apa lagi selain fenomena yang rutin terjadi seperti hujan meteor ???

    selain itu, yang cukup spektakuler adalah gerhana. tetap simak web ini ya buat info fenomena astronomi terbaru πŸ™‚

Tinggalkan komentar?