Kontak DADC

Call SMS Whatsapp0817 226 986
BBMD0B69E7B
Twitter: duniaastronomi
Facebook: Etalase DADC
Plurk: dadc
Instagram: dunia.astronomi Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan dadc. Kami selalu menghubungi melalui nomor di atas

Gerhana Matahari Cincin 20191226

dadc di Twitter

Tanya Jawab

Silakan tuliskan pertanyaan tentang astronomi melalui komentar di bawah. Kami akan menjawabnya melalui komentar ataupun dengan menuliskan artikel baru.

Terima kasih.

1,475 comments to Tanya Jawab

  • Gigih

    salam kenal maz Hanief, aq penggemar astronomi jg lho . .
    to the poin aja ya . .
    aku kan pengen buat blog astronomi jelek2an, tp aq masih bingung, bisa ga ya aq bikin blog astronomi, mengigat ilmu astronomiku masih dangkal. minta masukannya dong maz . .
    persiapan pa ja yg kudu di siapin??
    makasih seblomnya . .

    yang paling penting dari blog/web tuh kan isinya. jadi bersiaplah untuk banyak menulis. nanti bagi alamat blognya ya ๐Ÿ™‚

  • Tolong dong gimana cara menghitung jarak dan ukuran hujan yang jatuh kebumi. Jadi Menentukan Ukuran awal hingga ukuran akhir sampai ke bumi. Dan apa saja mempengaruhi perubahan ukuran tersebut hingga sampai ke bumi. Sekalian rumus yang detail. Trims

    maaf, kami tidak bisa menghitungnya karena itu bukan cakupan ilmu astronomi. saya juga sudah coba mencari dan saya temukan dua link ini. silakan dilihat: http://bit.ly/6y7Oqe dan http://bit.ly/5Ljdmm

  • Grace R P

    slam knal,
    saya mau tanya tentang “redshift”,tolong dijelaskan ya.
    alamat kumpulan soal” astronomi apa saja ya?
    trimakasih atas infonya

    redshift itu pergeseran merah. terjadi kalau sebuah sumber cahaya bergerak menjauhi pengamat. mirip seperti pergeseran doppler pada suara. ketika sumber suara bergerak menjauhi pengamat (misal ambulance yang meraung-raung), maka frekuensinya mengecil.

  • aishah

    apakah maksud zenith,nadir,utara jumantara,lintasan,azimuth dan sudutistiwa???

    zenith, nadir, dan azimuth udah ada pembahasannya di http://duniaastronomi.com/2009/02/koordinat-horison-alt-azimuth/

    utara adalah salah satu arah mata angin, jumantara tidak tahu. sudut istiwa mungkin deklinasi atau altitud, kurang jelas juga

  • dedi

    Saya udah lama juga mikir2 sendiri tapisampai skr blm terjawab juga. Pada siang hari juga ada kita lihat bulan sabit. Bayangan apa yang menutupi bulan tsb sehingga nampak spt sabit? Padahal posisinya sama2 berada diatas kita. Klu malam hari sudah jelas bahwa bulan itu tertutup oleh bayangan bumi. Mohon penjelasannya. Txs

    salah mas dedi. sebenarnya bentuk bulan yang berubah-ubah bukan karena tertutupi oleh bayangan bumi, melainkan karena posisinya yang berubah terhadap bumi. contohnya ketika fase bulan separuh kita hanya melihat setengah dari bagian bulan yang bercahaya karena kita melihat bulan dari samping. saat itu sudut yang dibentuk antara matahari, bumi, dan bulan adalah 90d. dan saat bulan purnama kita bisa melihat seluruh permukaan bulan yang bercahaya karena kita melihat bulan dari depan.

    bulan tertutupi bayangan bumi hanya pada saat terjadinya gerhana bulan

  • fairuz

    salam kenal , situs yang menyediakan soal – soal olimpiade astronomi dimana ya ???

    coba cari di link yang tersedia di situs ini

  • Yudi

    Mo nanya niรงh… Apa benar tata surya kita sedang melintasi bidang galaksi bima sakti yg akan menybabkn bnyak asteroid n komet msuk ke dlm tata surya kita n menybabkn tbrakan sprti yg trjdi pd 65 jta thn yg lalu? Mkasih sblumy…

    benar bahwa tata surya kita bergerak mengelilingi pusat galaksi, sebagaimana semua bintang di galaksi ini. tapi pergerakan tersebut tidak mengakibatkan asteroid dan komet masuk ke tata sruysa kita, karena keduanya adalah memang objek di tata surya kita.

  • kloro

    kenapa kalo qt berjalan seolah-olah matahari ato bulan mengikuti qt? apa ada hubungannya dengan aberasi cahaya bintang? masih bingung nih dg aberasi cahaya bintang……makasih ๐Ÿ™‚

    kita seolah-olah diikuti oleh matahari atau bulan karena keduanya berada di jarak yang sangat jauh. perbandingan antara jarak yang kita tempuh ketika berjalan dengan jarak dari bumi ke bulan atau matahari sangatlah besar, jadi seolah-olah posisi keduanya tetap di langit.

    aberasi bintang adalah hal yang berbeda. aberasi yang terjadi karena bumi bergerak mengelilingi matahari mengakibatkan bintang terlihat tidak berada di posisi yang sebenarnya. sama seperti kita melihat air hujan yang jatuhnya miring ke arah kita ketika kita berada di mobil yang melaju, padahal air hujan jatuhnya tegak lurus terhadap mobil kita.

  • atha

    apa sch pengerian aksensiorekta

    asensiorekta itu adalah salah satu sumbu koordinat yang menentukan posisi benda langit. coba lihat di artikel http://duniaastronomi.com/2009/02/koordinat-langit-ekuatorial/

  • iyan

    tentu saja perbedaan suhu yang terjadi di planet merkurius sangat ekstrim karena dia kan planet terdekat dengan matahari, di bumi saja kalau kita pergi di daerah gurun perbedaan suhu antara malam dan siang sangat ekstrim. ternyata yang menyebabkan perbedaan ekstrim tersebut adalah ada atau tidaknya kandungan uap air dalam atmosfir bumi. trims

  • fahri

    assalaamualaikum.wr.wb
    saya maw nanya…gmna caranya untuk…
    mengamati Azimuth matahari….dan bagaimana cara menghitung,titik koordinatnya….?
    apakah menggunakan softwer,,…?
    makasih……
    wassalaamualaikum

    menghitung azimuth dilakukan dengan cara menarik garis tegak lurus dari matahari ke permukaan bumi/horison. titik temu antara garis tersebut dengan horison kemudian dihitung jarak sudutnya dari titik utara, besar sudut inilah yang kita sebut dengan azimuth. cara mengukur besarnya azimuth tidak perlu dengan software tertentu, bisa secara sederhana dengan memakai kompas.

  • bambro

    assalamualaikum, saya mau nanya donk…
    apa yang di maksud dgn luminositas???
    dan gimana cara menghitung luminositas pada suatu bintang…
    mohon bantuan’a… ^^

    waalaykumsalam. luminositas adalah energi yang dipancarkan bintang (semua benda) ke segala arah setiap detiknya. secara umum, besarnya luminositas dapat diukur jika kita mengetahui besarnya energi yang kita terima dan jarak bintang/benda tersebut dari kita (L = en x (4pi x d^2)^-1). kini, luminositas bintang bisa dihitung dengan membandingkannya terhadap luminositas matahari. hal ini dapat dilakukan karena luminositas matahari itu sendiri sudah dihitung oleh para astronom dengan cara yang sama.

  • ada b3r@pa hayoo planet yg ada di tata surya sebutkan secara berturut ya………….??????????

  • noor khoris

    Assalamualaikum. saya senang ilmu dan teknologi jagad raya. PERNAH SAYA MEMBACA JAGAD RAYA TERCIPTA DARI LEDAKAN BESAR DIMULAI DARI ” SATU TITIK MEMILIKI KEPADATAN TAK TERHINGGA TETAPI VOLUME NOL ” pendapat itu dipakai saat ini para ilmuwan. Bagaimanakah cara melogikan pernyataan itu,,,?? berarti SATU TITIK logikanya adalah obyek yang berada dalam ruang, sedangkan ruang dan waktu belum terbentuk…dan mengapa sebelum persitiwa BIG BANG waktu dan ruang belum terbentuk…? padahal kenyataan SATU TITIK tidak dapat exis jika tidak ada ruang.. MOHON kepada Bapak yang terhormat untuk memberikan penjelasan kepada saya dan saya sangat berterimakasih,,,saya ingin mengutarakan banyak hal yang masih mengganjal dalam benak saya..Allah Maha Tinggi ya Pak…?
    Asslamkm.

  • noor khoris

    Assalamaulaikum. Kepada Bapak Yang terhormat.Seperti halnya ilmuwan menganalisa fosil makhluk purba menjadi gambar makhluk menyerupai kera karena perkiraan seperti itu teksture yang sepertinya pas buat makhluk purba, demikian juga ilmuwan mengamati jagad raya padahal manusia berdiri pada posisi sangat jauh di tepian jagad raya. dari analisa pergerakan benda benda dll yang menjadi acuan diputuskan banyak teori jagad raya…APAKAH JAGAD RAYA INI MEMILIKI BATAS LUASAN 3 DIMENSI…??, berarti jagad raya ini mengembang disamping jagad raya juga mengejar ruangan, dan tidak mungkin jagad raya bisa mengembang jika tidak ada ruang yang tersedia biarpun akhirnya hancur karena pengembangan. trimakasih banyak atas bantuan bapak dan pendapat bapak yang saya hormati. Asslmkm.

  • Dita Suganda

    Saya punya pertanyaan yang belum bisa saya jawab sendiri.Apakah bulan itu berotasi? Kalo iya, kenapa sisi bulan yang terlihat dari bumi tidak berubah-rubah (terlihat seperti seorang nenek yang sedang menhitung bulu kucing -dongeng khas sunda-). Mungkinkah kita bisa melihat sisi lain bulan dari bumi? Tolong dijawab ya? Terima kasih.

    justru karena bulan berotasi itulah makanya wajah bulan yang terlihat dari bumi selalu tetap. kalau tidak berotasi maka wajah bulan akan tampak berbeda-beda. dan karenanya juga, kita tidak mungkin dapat melihat wajah lain bulan, sampai kapanpun

  • bambro

    makasih ya kk…
    tp mau nanya lg nie…
    jadi apakah luminositas=spektrum???
    kl beda tolong di kasih alasan’a…
    aku masih bingung ngebedain’a… >.< makasih kk...

    bukan, luminositas adalah jumlah energi yang dipancarkan bintang ke segala arah setiap detiknya. sedangkan spektrum adalah pita warna yang dihasilkan ketika cahaya putih/cahaya matahari/bintang dilewatkan melalui prisma sehingga cahaya putih tersebut terurai menjadi warna-warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu, seperti yang terlihat di pelangi.

    nah, dalam astronomi, pengamatan spektrum bintang akan memberikan beberapa informasi seperti kandungan kimia di atmosfernya, temperaturnya, dan lajunya. dari radius dan temperaturnya baru kita bisa mengetahui berapa luminositas bintang.

  • sahrum

    guruku pernah jelasin “tentang tidal locked”.. tp tidak secara rinci… bsa nda britau rinciannya…

    tidal lock adalah istilah untuk efek gravitasi yang terjadi antara dua buah benda langit yang mengakibatkan hanya satu permukaan tertentu yang sama dari satu benda (atau keduanya) yang dapat dilihat dari benda yang lain. contohnya adalah sistem bumi – bulan yang mengakibatkan hanya satu sisi permukaan bulan saja yang bisa dilihat dari bumi. dalam kasus ini, bulan yang dikatakan “tidally locked” terhadap bumi memiliki periode rotasi yang sama dengan periode revolusi terhadap bumi. contoh lain adalah sistem pluto – charon. di sistem ini, masing-masing benda berada dalam efek tidal yang mengakibatkan keduanya hanya memperlihatkan satu sisi permukaan yang tetap setiap saat. artinya, periode rotasi pluto dan charon sama dengan periode revolusi charon (terhadap pluto).

  • suef suyanto

    mau tanya, kapan ya satelit palapa kita ini habis masa edarnya ? habis banyak anak anak yang tanya tentang hal tersebut. terima kasih mohon penjelasan.

    satelit palapa yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1976. sejak itu sudah ada beberapa kali peluncuran lagi yang dimaksudkan untuk menggantikan satelit yang tua. satelit palapa yang terakhir diluncurkan adalah sateli palapa D pada tahun 2009 lalu. kalau ditanyakan kapan habis masa edarnya, saya kurang tahu.

  • salam kenal..
    aq Ayumu…aq mau tanya tentang Spektroskopi bintang , gerak bintang, dan ekstragalaksi. klo mau di jelasin juga ga apa, atau mau kasih alamat webnya aja juga ga apa.
    tapi tolong di balas ke email q, ya
    lacuskira61@yahoo.com
    tolong banget, ya,,aq butuh jawabannya sebelum hari jumat.
    terima kasih

  • jaenal abidin

    mikum!!!!!! kak saya mau nanya. apa yang di maksud dengan garis fraunhover

    garis fraunhofer adalah garis-garis gelap yang terdapat pada spektrum matahari. disebut begitu karena yang pertama mengamatinya adalah fraunhofer, fisikawan jerman. garis-garis itu sendiri adalah garis absorpsi/serapan yang umum terdapat pada spektrum bintang. tapi karena dulu orang belum mengetahui secara yakin bahwa matahari adalah bintang, maka penemuan ini dianggap spektakuler dan akhirnya dinamakan seperti itu. setelah bisa mengamati spektrum bintang dan menemukan bahwa spektrumnya bergaris-garis gelap, barulah mereka yakin bahwa matahari adalah bintang.

  • Farizul

    Assalamu’alaikum pak Hanief. udh lama gak mampir ke sini, hehehe…
    Pak, sy mo tanya nih, apa bedanya Sudut jam bintang dgn Asensiorekta?

    wa ‘alaykumsalam. sudut jam (hour angle, HA) dihitung dari meridian ke arah barat berlawanan arah putaran jarum jam di sepanjang ekuator langit. jadi untuk pengamat di ekuator, HA semua benda langit yang terbit adalah -6 jam atau 18 jam, dan terbenam pada HA 6 jam.

    asensiorekta dihitung dari titik gamma searah putaran jarum jam sepanjang ekuator langit.

  • a_R_f

    askum…. saya mau nanya ini… tentang lubang hitam,,, sebenarnya lubang hitam itu apa sih? ada yang mengatakan benda yang sangat mampat dengan gravitasi yang luar biasa besar… tetapi juga ada yang mengatakan ruang penghubung antar dimensi… jika benda tersedot olehnya,.. ini sepertinya 2 pendapat yang berbeda… terus yang benar itu yang mana mohon dijelaskan?

    benar, lubang hitam adalah bagian inti bintang yang tersisa dari ledakan bintang. inti ini bermassa sangat besar dengan ukuran yang begitu kecil sehingga menghasilkan gravitasi yang begitu besar dan membuat benda tersebut runtuh ke dirinya sendiri. lubang hitam akan terbentuk pada bagian akhir evolusi bintang bermassa besar, jauh lebih besar dari matahari. matahari hanya akan membentuk bintang katai putih di akhir evolusinya.

    sedangkan pendapat yang ke-2 adalah baru sebatas dugaan yang sulit dibuktikan kebenarannya.

  • a_R_f

    mas hanif, mnyambung pertanyaan yang tentang lubang hitam….
    kalau lubang hitam memiliki gaya gravitasi yang kuat bahkan cahaya pun tdk mampu lolos… terus diapain oleh lubang hitam benda2 dan cahaya yg terserap olehnya, kalau misalnya banda yg diserap sangat banyak? apa yg terjadi bila lubang hitam tersebut sudah banyak sekali menyerap benda?

  • dmusic

    Dimana ya,, web atau situs yg mnyediakan soal dan pembahasan astronomi untuk SMA?
    Terima ksih

  • atha

    assaLamu,alaikum
    pengent nanya..
    punya soal asronomi bwt sma g9???
    pLease!!!

  • Salam kenal…

    mau nanya nih, kan katanya kalau black hole itu gak bisa diliat, terus bagaimana para ahli bisa tahu tentang keberadaan black hole?

    Terus, bagaimana cara mudah memahami diagram HR (Hertzsprung Russel) ?

    blackhole diamati dari perilaku benda-benda di sekitarnya. misalnya, ada sekelompok bintang yang bergerak mengelilingi sesuatu yang tidak tampak. bisa diperkirakan bahwa benda yang dikelilinginya itu adalah lubang hitam. tentu saja ada batasan dalam penentuannya, seperti seberapa cepat bintang-bintang itu bergerak.

    diagram hr adalah diagram yang menunjukkan sebaran bintang-bintang berdasarkan temperatur dan luminositasnya. bintang panas ada di sebelah kiri, dingin di sebelah kanan. bintang dengan luminositas besar ada di atas, dan yang luminositasnya kecil ada di diagram bagian bawah. artinya, ada bintang yang panas tapi luminositasnya kecil atau bintang dingin tapi luminositasnya besar. penentu keduanya adalah ukuran bintang (diameter), apakah dia katai atau maharaksasa.

  • O ya, tadi lupa nanya lagi .

    Bagaimana caranya belajar Tata Koordinat Langit yang versi gampangnya ?
    Soalnya selama ini belajar tentang Tata Koordinat Langit, khususnya yang EKLIPTIKA kok susah banget.

    Makasih….

    secara umum, semua sistem koordinat memiliki dua sumbu, termasuk sistem koordinat bumi dan langit: horison, ekuatorial, ekliptika, dan galaktik. dalam bola bumi dan langit, semua sistem koordinat memiliki dua buah kutub dan sebuah khatulistiwa (yang membagi bola menjadi dua bagian sama besar). nah, sistem koordinat ekliptika menggunakan ekliptika sebagai acuannya, maka ia memiliki kutub utara ekliptika dan kutub selatan ekliptika, serta bidang ekliptika sebagai bidang khatulistiwanya. pentingnya kutub dan khatulistiwa adalah dalam menentukan titik nol koordinat, yaitu di titik gamma untuk perhitungan bujur ekliptika dan ekliptika untuk perhitungan lintang ekliptika. keduanya sama persis dengan penentuan titik nol koordinat di bumi, yaitu kota greenwich dan ekuator. jadi ingat-ingat saja hubungan ini

  • opi

    suka astronomy aku mau dong di kasih tau tentang dunia astronomy. ๐Ÿ˜€
    mau wawasan nya luas nih tentang astronomi

    supaya wawasan kita bertambah luas, maka kewajiban kita adalah belajar. bisa dengan membaca, bisa juga dengan berdiskusi. seperti yang kita lakukan di sini. jadi, sering-sering saja mampir ke web ini ๐Ÿ™‚

  • fahmi azizah

    mungkinkah matahari akan membentuk black hole di akhir evolusinya, thanks.

    tidak mungkin, karena untuk menjadi lubang hitam, sebuah bintang memerlukan massa yang sangat besar. matahari nantinya akan menjadi raksasa merah, lalu planetary nebula, dan kemudian menjadi bintang katai putih (white dwarf)

  • fahmi azizah

    apakah ada kemungkinan kehidupan di setiap galaksi, makasih,,,

    peluang keberadaan kehidupan akan lebih besar di sebuah planet yang berada pada jarak tertentu dari bintang pusatnya, yang disebut dengan zona habitasi (habitable zone). kita tahu bahwa dari 8 planet yang ada di tata surya, 1 di antaranya memiliki kehidupan, yaitu bumi. dan dari ratusan juta bintang di galaksi bimasakti ada setidaknya 1 bintang yang memiliki kehidupan, yaitu matahari. dan jumlah galaksi itu sendiri ada jutaan di alam semesta ini. jadi, kemungkinannya selalu ada. tapi berapa besar peluangnya, kita tidak tahu.

  • ali hamzah

    Aslm wr wb.
    Salam kenal ya mas hanief,,saya ada beberap permasalahan tentang astronomi,,semoga mas hanief berkenan membantu saya
    1.teleskop dengan f/D = 10 itu maksudnya apa?
    2.sebuah teleskop dengan diameter 20 cm (f/D = 10)dilengkapi lensa okulerDua buah lensa okuler yakni dengan panjang fokus 15 mm (okuler A)dan 40 mm (okuler B) digunakan untuk melihat planet jupiter yang beerdiameter sudut 40 detik busur. Hasil yang diperoleh adalah…

    f/d adalah nilai perbandingan panjang fokus dengan diameter yang juga disebut focal ratio. teleskop dengan diameter 20 cm dan f/d = 10 berarti panjang fokusnya adalah 20 x 10 cm = 200 cm. kemudian jika diketahui panjang fokus okuler, kita bisa cari perbesaran yang dihasilkan sistem, dengan menghitung f(ob)/f(ok). jadi okuler A pasti akan menghasilkan citra yang lebih besar dibanding B.

  • denny

    Salam kenal Mas…saya mau tanya nih….
    menurut teori Big bang bahwa alam semesta ini mengembang setelah terjadinya Big Bang. dengan kata lain jarak antar bintang dan Galaksi semakin lama semakin saling menjauhi. tetapi apa yg terjadi dengan Galaksi Bimasakti dan Galaksi Andromeda adalah sebaliknya yaitu semakin saling mendekati karena adanya daya tarik satu dengan yg lain, yg seharusnya adalah saling menjauh menurut teori
    mohon penjelasanya

    terima kasih

    memang benar bahwa galaksi-galaksi yang jaraknya jauh bergerak menjauhi kita. tetapi hal itu tidak berlaku untuk bintang karena bintang-bintang membentuk kelompok yang dinamakan galaksi. jarak antara mereka begitu dekat sehingga tidak membuat mereka bergerak saling menjauhi. bintang-bintang justru bergerak bersama-sama mengitari pusat galaksi.

    hal yang serupa terjadi untuk galaksi yang letaknya berdekatan, misalnya antara galaksi bimasakti dengan galaksi andromeda. keduanya tidak saling menjauh karena pengaruh gravitasi antara keduanya terlalu kuat dan malah saling mendekat. jadi gerak saling menjauh hanya berlaku dalam skala besar (galaksi-galaksi yang letaknya sangat jauh) dan tidak berlaku di skala kecil (grup galaksi, bintang-bintang, planet-planet).

  • nia

    pengetahuan tentang astronomi di tambah lagi dong, coalx banyak yg hrz tau, oooooooooooooooooooooooookkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkeeeeeeeeeeeeee

  • nia

    tlng hmpn smua pnltian pr ilmuwan di slrh Dunia astronomi, biar Q jd astronom yg hbt, srn hrzzzzzzzzz d trm

  • Azka Layyina Wildany

    Terima kasih atas informasinya.Jadi,kalau misalnya masuk d ITB jurusan astronomi,sebenarnya ilmu astronomi yg bagaimana yang akan dipelajari disana?Apa berkutat di angka,teori,atau justru kebanyakan praktek?Susah tidak ya?Terima kasih!!!

    susah atau tidak itu relatif, tentunya kita akan lebih bisa menikmati proses belajar jika apa yang kita pelajari itu kita senangi. belajar astronomi berarti belajar fisika yang diaplikasikan pada bintang. tentu saja kita akan banyak belajar teori karena astronomi tidak banyak dipelajari di jenjang sd – sma. perhitungan pasti dibutuhkan karena astronomi termasuk ilmu pasti (sains). dan praktek diperlukan untuk belajar menggunakan ilmu yang sudah dipelajari di kelas. jadi ketiganya akan terpakai secara seimbang. mudah-mudahan cukup membantu dan kami doakan semoga berhasil ๐Ÿ™‚

  • nisa

    maaf, saya mau tanya
    mengenai teori bigbang dan pengembangan alam smesta,
    kedua teori itu mengatakan bahwa alam smesta cenderung mengembang. lalu pertanyaan saya,
    bukankah teori ini bertentangan dengan teori gravitasi yang mengatakan bahwa semua benda yang memiliki massa itu memiliki gravitasi. berarti seharusnya alam semesta kita ini tidak mengembang tapi mengerut

    maaf tolong dijelaskan,
    terima kasih

    kalau kita membicarakan gravitasi, maka kita ingat bahwa ada faktor massa dan kuadrat jarak yang mempengaruhinya. maka apabila jarak benda begitu jauh, gravitasinya menjadi sangat kecil hingga bisa dikatakan hampir tidak ada pengaruhnya. itulah yang terjadi di alam semesta kita (dalam skala besar). jarak antar galaksi begitu besarnya sehingga pengaruhnya sangat kecil untuk membuat semuanya tarik menarik. setidaknya hingga saat ini.

    awalnya, yang kita ketahui dari alam semesta adalah bahwa semua benda (galaksi) bergerak menjauhi kita. tentu saja galaksi yang letaknya sangat jauh dari kita, bukan galaksi dekat (seperti andromeda) yang justru bergerak mendekati kita. dari hasil pengamatan tersebut orang kemudian menyimpulkan bahwa alam semesta ini mengembang. hal ini tidak ada hubungannya dengan hukum gravitasi.

    pertanyaan berikutnya adalah, bagaimanakan masa depan alam semesta kita? apakah terus mengembang tanpa batas? atau mengembang hingga batas tertentu lalu diam? atau bahkan setelah mengembang hingga batas tertentu lalu mengerut kembali dan terjadilah big crunch? opsi ketiga inilah yang berhubungan dengan hukum gravitasi, karena akan terjadi bila jumlah massa di alam semesta begitu banyaknya hingga semuanya akan bergerak saling mendekat.

  • wah, makin tambah aja pengetahuannya tentang astronomi kerennnnnnnnnn.

  • apa ada planet baru yang mirip dgn bumi ??
    dgn rotasi lebih cepat dari bumi .

  • salam kenal,,, 1.sebenarnya apakah planet nibiru dan dark sun itu benar-benar ada
    2. sebenarnya badai matahari itu apa sih???
    Makasih ya…

    salam kenal juga ๐Ÿ™‚
    1. planet nibiru tidak ada. dark sun? kami malah baru dengar sekali ini.
    2. matahari yang tampak diam dan tanpa aktivitas itu sebenarnya sibuk dalam waktu-waktu tertentu. beberapa aktivitasnya adalah flare, prominensa, lontaran massa korona (coronal mass ejection, cme) serta munculnya bintik-bintik hitam (sunspot) di permukaannya. semua fenomena itu memberikan dampak ke bumi kita. partikel-partikel yang terlontar dari matahari dan sampai ke bumi akan mempengaruhi medan magnet bumi. aktivitas matahari itulah yang disebut dengan badai matahari.

    jumlah aktivitas matahari itu akan mengalami peningkatan dan penurunan menurut siklus 11 tahunan. hal inilah yang kemudian dikaitkan dengan isu kiamat 2012.

  • ratih paramita

    aku tertarik sama ilmu astronomi tapi aku sadar kemampuan.hee…
    isu yang lagi buming kan badai matahari, da dampaknya buat indonasia ga???bumi bag mana aja yang kena dampaknya mulai dari yang paling aparah mpe yang cuma kena cipratannya doank.
    maksih!!!

    dampak badai matahari terhadap bumi akan terasa lebih besar di satelit-satelit buatan manusia yang ada di luar bumi. satelit-satelit tersebut akan menerima paparan energi yang dapat membuatnya rusak. jika satelit komunikasi yang terganggu begitu, maka komunikasi manusia di bumi (telepon, televisi, internet) akan terganggu pula. dan hal ini berarti negara manapun dapat terkena dampaknya. bisa jadi, hal ini kita sebut sebgai “kiamat kecil”, karena kita sudah terbiasa memanfaatkan berbagai kecanggihan teknologi yang menggunakan satelit itu

  • aim

    mau tanya nih…soalnya aku masih dangkal ilmu astronominya…soal big bang….karna aku muslim…di teori bigbang…kira2 bunyinya seperti ini…dahulu bumi dan langit itu adalah satu,lalu kami pisahkan keduanya” dalam pengertian awam saya langit ketujuh mungkin yang tertinggi…berarti benda2 langit ada diantara bumi dan langit yang dipisahkan termasuk matahari…trus apakah benar yang saya anggap bumi sebagai pusat tata surya (karena bumi yang dipisahkan dari langit) dan matahari yang mengelilingi bumi. soalnya ga mungkin kan pusatnya mengelilingi benda yang ada diantara keduanya walaupun secara teoritis matahari memiliki “pengaruh” lebih besar.

    dan saya juga mau tanya…dasar teori apa yang menyatakan banyak terdapat planet2 lain, bahkan galaksi lain diluar galaksi kita?soalnya dari berita atau informasi yang saya dapat…penelitian terhadap planet terdekat aja masih ngadat…kok sudah ada terbit gambar bumi ada di galaksi dan letaknya juga sudah di gambarkan?dapat gambarnya dari mana?kamera apa tuh yang bisa memotret bumi kita ada di posisi tersebut?atau hanya baru “perkiraan yang sudah dipublikasikan”…lagi pula ada perdebatan tentang planet baru yang diketahui menggantikan posisi pluto…nah!planet tersebut aja yang “dianggap” lebih deket aja masih dalam perdebatan…kok dah ada gambar banyak galaksi?sebaiknya di selesaikan dulu yang dekat2 baru bahas yang jauh2…

    maaf ini hanya pertanyaan yang dari dulu blom aku temukan jawabanya…
    semoga saya dapat pencerahan…trimakasih…

    sebenarnya, bigbang menceritakan asal mula terbentuknya alam semesta kita. sedangkan yang aim tanyakan di atas adalah tentang bumi dan matahari. jadi, keduanya tidak berkaitan karena proses pembentukannya berbeda dalam hal waktu dan caranya. lalu apakah bumi menjadi pusat tata surya? tidak, karena pusat tata surya adalah matahari.

    lalu menjawab pertanyaan kedua, pengetahuan kita tentang keberadaan planet-planet di bintang lain dan galaksi di luar galaksi kita didasari bukan dari teori, melainkan dari hasil pengamatan. gambar/foto planet yang ada di bintang lain adalah sekedar ilustrasi saja, bukan hasil pemotretan sesungguhnya.

    kemudian dari mana aim mengetahui masalah perdebatan tentang planet baru yang menggantikan posisi pluto? berita itu tidak benar dan tidak ada, jadi tidak usah dipedulikan ๐Ÿ™‚

  • aim

    Trimakasih atas jawabanya…itu sangat membantu…
    Tapi tetap saja saya bingung…kepastian bahwa matahari adalah pusat tatasurya…adakah referensi detil tentang itu…
    Kemudian jika gambar galaksi itu hanya ilustrasi…mohon alasan apa yg digunakan sehingga diilustrasikan seperti itu…berarti masing2 ilmuan punya ilustrasi sendiri?dan itu tentu sah2 saja…karena gambar pasti ga pernah ada…
    Jadi kalau yang saya pelajari selama ini hanya gambar ilustrasi…dimanakah saya dapat menemukan sesuatu yg lebih “berarti” atau setidaknya bukan ilustrasi…karna menurut saya kalau mempelajari bentuk yg hanya dari ilustrasi…takutnya jadi ga berarti…karena kita tidak pernah tau bentuk galaksi itu sebenarnya bagaimana?

    begini, semua kesimpulan yang diambil oleh ilmuwan adalah pasti hasil dari penelitian, bukan asumsi orang per orang. jadi tidak bisa dibuat seenaknya sendiri. jadi, pengetahuan tentang matahari sebagai pusat tata surya dan hasil ilustrasi/gambaran galaksi bimasakti bisa dipercaya, setidaknya sampai ada temuan baru yang bisa memberikan gambaran yang lebih baru tentang galaksi kita. kenapa sekedar ilustrasi? karena kita tidak bisa memotret langsung. kita harus pergi sejauh puluhan ribu tahun cahaya dan menjauh dari galaksi bimasakti supaya bisa memotretnya langsung, dan sekarang kita belum bisa melakukannya.

    membuat ilustrasi bentuk galaksi bimasakti mirip dengan membuat denah kamar tidur kita lengkap dengan posisi barang-barang di dalamnya (kasur, lemari, meja belajar, pintu, jendela, dll). di kamar, kita tentu bisa memperkirakan jarak semua barang dari kita. dengan pengetahuan jarak itu, kita kemudian bisa membuat denahnya. begitu pula dengan galaksi kita. melalui pengamatan, kita bisa mengetahui posisi dan jarak berbagai macam benda yang ada di galaksi sehingga kita bisa membuat gambaran tentang bagaimana bentuk galaksi kita ini.

  • aim

    trimakasih atas jawabannya…sangat membantu sekali…saya mesti sering2 nambah ilmu astronomi nih…
    jawabannya sangat baik…tapi menurut saya masih kurang mengena…mungkin karna saya bukan astronom kali ya…hehe…
    semoga saja temuan baru dapat ditemukan secepatnya, supaya rasa penasaran aku cepat terjawab…:)

  • Dita Suganda

    Saya sering melihat benda langit seperti bintang berjalan, sebenarnya benda apa itu? Kalau meteor rasanya tidak mungkin karena benda ini berjalan lambat seperti halnya kita melihat pesawat terbang dari bawah. Tetapi saya yakin itu bukan pesawat, karena terkadang cahaya benda itu menghilang walaupun tidak tertutup awan.

    kemungkinannya adalah satelit (iss atau iridium flare). tapi kenampakan satelit ini hanya pada menjelang matahari terbit atau sesudah matahari terbenam

  • Danau Toba

    Misalnya kita dalam Sebuah kamar kemudian kita disuruh menggambar rumah dimana ada gambar kita, tanpa kita keluar kamar/rumah gimana mungkin kita bisa menggambar rumah tersebut, juga bisa menggambarkan gimana bentuk rumah sebelah. Analogi ini seperti kita tinggal dibumi “Katanya ada di Galaksi Bima Sakti”.
    Bagaimana mungkin kita bisa menggambar galaksi bimasakti tanpa kita keluar dari galaksi tersebut? Apalagi bisa tahu gambar galaksi2 yang lain, ada yang berbentuk spiral dll.

    maaf kalau penjelasan kami kurang detil. perumpamaannya kami ganti dengan kita tinggal di sebuah rumah yang terbuat dari kaca. maka tanpa keluar rumah pun kita bisa memperkirakan bentuknya seperti apa dengan cara yang sama, yaitu menghitung jarak tembok-tembok dari posisi kita berdiri dan memetakannya secara tiga dimensi.

    sedangkan untuk melihat galaksi lain, kita tidak menggunakan cara yang sama. cukup dengan mengamatinya dengan teleskop saja. dari cara inilah kita bisa tahu bahwa ada banyak galaksi di luar sana dengan bentuk yang bermacam-macam.

  • Lokasi saya di mojokerto, jawa timur dan saat pukul 18.30 WIB ( 11.30 UT ) saya tadi sempatkan untuk melihat langit yang sangat cerah. Kebetulan saya memperhatikan Rasi Scorpius yang ada di sebelah timur. tapi anehnya saya melihat objek , dan objek ini tidak kabur, samar-samar , atau pun berkedip bergerak dari rasi Scorpius ke arah utara. Padahal saya kemarin sudah 2 hari ini melihat objek yang bergerak dari arah barat menuju arah timur yang penampakan objeknya berkedip-kedip dan hari ini saya tidak melihatnya sama sekali. Kalau bisa objek apa itu, karena saya tidak bisa melihat pakai Binokuler ?
    Atas jawaban saya sampaikan terima kasih.

    kemungkinannya adalah satelit iss atau iridium flare. coba lihat web http://www.heavens-above.com, mungkin saat itu ada benda yang melintas di sekitar mojokerto ๐Ÿ™‚

  • pinkan

    sebarnya bintang sama matahari besaran mana sih?

    pertama matahari adalah bintang. kedua, di alam semesta ini, matahari adalah bintang yang ukurannya normal alias biasa-biasa saja. ada banyak yang jauh lebih besar dan ada juga yang lebih kecil. jadi, matahari mau dibandingkan dengan bintang yang mana dulu? ๐Ÿ™‚

  • rahman

    saya waktu kemarin malam melihat cahaya putih seperti bintang, terbang nya cepat sekali. kalo boleh tau apakah itu?

    maaf, informasi yang diberikan kurang banyak jadi kami tidak bisa memberikan penjelasan yang lebih baik. tapi kemungkinannya benda itu adalah satelit seperti iss atau iridium flare. benda seperti ini akan tampak terang, tidak berkedip, dan terlihat setelah matahari terbenam atau sebelum matahari terbit.

  • rahman

    kloo………. satelit ko terbangnya dekat sekali sama permukaan tanah….?

    ada banyak satelit di angkasa kita sekarang ini. fungsinya bermacam-macam dan jaraknya dari permukaan tanah juga

Tinggalkan komentar?