Kontak DADC

Call | Whatsapp 0817 226 986
Twitter: duniaastronomi
Facebook: Dunia Astronomi
Plurk: dadc
Instagram: dunia.astronomi
Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan dadc. Kami selalu menghubungi melalui nomor di atas.

Tanya Jawab

Silakan tuliskan pertanyaan tentang astronomi melalui komentar di bawah. Kami akan menjawabnya melalui komentar ataupun dengan menuliskan artikel baru.



Terima kasih.

1,603 comments to Tanya Jawab

  • Franzy

    Om.. Om….
    hehehe……

    Bulan di apogee… Bumi di aphelion…. istilah itu artinya apa..??? o_O
    artinya ga ada di kamus astronomi…….

    T_T

    oh, maaf. segera kami tambahkan, terima kasih atas ketelitiannya 🙂

    apfokus adalah jarak terjauh sebuah benda dari titik fokus elips orbitnya (benda pusat yang dikelilingi). misalnya, bulan di apogee berarti bulan berada di jarak terjauhnya dari bumi (geo), bumi di aphelion berarti bumi di jarak terjauhnya dari matahari (helios).

  • Joe

    mau nanya dong Om
    hehehe

    bintang yang jaraknya (mendekati) sekitar 30,32 dan 18,90 tahun cahaya itu namanya apa ya??

    saya udah muter kesana kemari ga nemu2 nih =A=

    maaf, kami juga belum menemukan bintang apa itu. apakah ada petunjuk lain?

  • tahdi

    selamat sukses,,, om tante… apakah ada terdapat air selain di bumi?? mkasih.. hemm

    sampai saat ini, baru air di bulan saja yang sudah diyakini keberadaannya

  • Kiki

    Halo, senang bisa ketemu sama situs ini…semoga bisa menjawab pertanyaan2 saya berikut ini…

    1. Bisakah Anda membantu saya untuk memberi informasi kira2 pada tahun 2009, 2010, dan 2011 konjungsi planet apa saja yang akan terjadi? Mohon cantumkan juga tanggalnya bila memungkinkan…

    2. Kapankah waktu2 terbaik untuk melihat planet merkurius pada tahun 2010-2014?

    3. Kapan waktu terbaik untuk melihat planet venus pada tahun 2010-2014?

    4. Kapan waktu terbaik untuk melihat planet mars pada tahun 2010-2014? Mohon sertakan konstelasi-konstelasi yang sering dilintasinya pada waktu2 tersebut, bila memungkinkan.

    5. Kapan waktu terbaik untuk melihat planet jupiter pada tahun 2010-2014? Mohon sertakan konstelasi-konstelasi yang sering dilintasinya pada waktu2 tersebut, bila memungkinkan.

    6. Kapan waktu terbaik untuk melihat planet saturnus pada tahun 2010-2014? Mohon sertakan konstelasi-konstelasi yang sering dilintasinya pada waktu2 tersebut, bila memungkinkan.

    Terima kasih

  • budi

    maz hanief kemren mlam q ngeliat cahaya putih terbang di atas bukit. cahayanya seperti berhenti truz kaya muterin bukit itu. blz cpt y maz.

    kami juga kurang tahu benda apa itu. mungkinkah satelit atau iridium flare?

  • esdoubleu

    Dear Dunia Astronomi, saya mau nanya. Adakah versi Indonesia dari rasi bintang Andromeda dan Perseus? Terima kasih..

    maaf, kami belum tahu. kami cari dulu ya

  • Mas tanya sedikit aja. Kalo kita berada di angkasa luar PROSES KEMANUSIAAN kita masih berlaku nggak ya.Terima kasih

    maksud dari proses kemanusiaan itu yang bagaimana?

  • ibo'ni

    koq berita tentang hujan meteor perseid ga ada y?
    puncak’y tgl 12&13 agustus kan..
    tlg di update trus ya berita’y..

    beritanya tidak ada karena tidak sempat menuliskannya. terima kasih buat perhatian dan sarannya, kami akan berusaha 🙂

  • Rara

    Kak qw mw tnya donk…
    Apasih yang d sbt “spektrum & diagram Hertzprung-Russell” ?
    Atas jawabanx makacih…

    spektrum adalah pita cahaya yang dihasilkan ketika cahaya putih/polikromatis (misal, dari matahari, bintang, bulan, planet, dsb) dilewatkan pada suatu pengurai cahaya (prisma, kisi/grating). hasilnya adalah apa yag kita lihat pada pelangi, yaitu pita cahaya warna-warni monokromatis (mejikuhibiniu).

    diagram hertzsprung-russel adalah diagram yang menggambarkan distribusi bintang berdasarkan luminositas (kecerlangan) dan temperatur. dari diagram hr ini kita juga bisa lihat bagaimana bintang-bintang tersebar menurut evolusi dan massanya.

  • Jhons

    Soal Essay
    1.Andaikan sebuah supernova mengembang dengan kecepatan 1.000 km/detik, dan jarak supernova tersebut adalah 10.000 parsek. Berapa perubahan diameter sudutnya dalam 1 tahun ?
    2.Nebula kepiting yang mempunyai radius sebesar 1 pc, mengembang dengan kecepatan 1.400 km/detik. Hitung umur nebula tersebut !
    3.Kecepatan yang diamati dari sebuah galaksi yang jauh (Vteramati) adalah gabungan dari kecepatan akibat ekspansi alam semesta (Vekspansi) dan kecepatan pekuliar (Vpek), yaitu (Vteramati = Vekspansi + Vpek). Kecepatan pekuliar adalah kecepatan diri galaksi terhadap kecepatan rata-rata galaksi lain disekitarnya. Kecepatan ekspansi bergantung pada hukum Hubble, sedangkan kecepatan pekuliar sebuah galaksi nilainya acak, sekitar ratusan km/s. Misalkan kita mengamati dua galaksi, satu pada jarak 35 juta tahun cahaya dengan kecepatan radial 580 km/s, dan yang lain pada jarak 1.100 juta tahun cahaya dengan kecepatan radial 25.400 km/s.
    a.Hitung konstanta Hubble dari masing-masing hasil pengamatan diatas dalam satuan km/s /juta tahun cahaya.
    b.Manakah di antara dua perhitungan yang akan Anda anggap lebih dapat dipercaya? Mengapa?
    c.Estimasikan kecepatan pekuliar dari galaksi dekat.
    d.Jika galaksi yang lebih jauh diketahui punya kecepatan diri yang sama dengan galaksi dekat, hitung konstanta Hubble yang lebih akurat!
    4.Andaikan kita mengamati sebuah galaksi yang jaraknya 500 Mpc, dan galaksi tersebut bergerak menjauhi kita dengan kecepatan 30.000 km/detik. Jika kecepatannya konstan, kapan Big Bang terjadi ?
    5.Massa Bulan adalah 7,1 x 1022 kg, orbit Bulan mengelilingi Bumi dianggap lingkaran dengan radius 384.400 km dan periode 27? hari. Apabila pada suatu saat bulan bertabrakan dengan sebuah astroid besar bermassa 3,2 x 1018 kg, dengan arah tumbukan sentral, asteroid menghujam permukaan Bulan secara tegak lurus dengan kecepatan relatif 30 km/s terhadap bulan. Vektor kecepatan asteroid tepat berlawanan dengan vektor kecepatan Bulan dalam orbitnya mengelilingi Bumi. Berubah menjadi berapa lama periode orbit bulan ?

  • thia theresia

    aku mau nanya boleh kann??

    sebenarnya apa sih keterkaitannya antara lubang hitam, lubang cacing, dan lubang putih????

    makasih sebelumnya 🙂

    lubang hitam adalah fase terakhir dari evolusi bintang bermassa besar dan sudah diyakini keberadaannya. lubang cacing adalah suatu geometri terowongan teoritis yang dibangun dari teori relativitas umum. diteorikan juga, lubang cacing ini dapat memindahkan benda menuju ruang-waktu lain sehingga dapat digunakan sebagai mesin waktu. sedangkan lubang putih adalah benda teoritis yang sifatnya berlawanan dengan lubang hitam. hubungan antara ketiganya adalah, semua materi yang masuk ke dalam lubang hitam akan melintasi lubang cacing dan keluar di lubang putih.

    hubungan antara ketiganya itu baru sekedar teori belaka, belum dapat dipastikan hingga saat ini. namun banyak film fiksi ilmiah yang menggunakan hubungan tersebut agar membuat perjalanan di ruang angkasa menjadi lebih cepat.

  • nurul

    assalamualaikum…..apakah gerhana matahari total seluruh permukaan bumi akan gelap?

    waalaykumsalam. tidak, hanya sebagian kecil saja yang akan gelap dan artinya hanya sebagian kecil daerah saja yang dapat menyaksikan gerhana matahari total. hal ini disebabkan jauhnya jarak bulan-matahari sehingga bayangan bulan yang terbentuk di permukaan bumi juga tidak terlalu besar.

  • nurul

    assalamualaikum….sebenarnya,kalau kita mendarat ke bulan.apakah kita melayang atau kaki kita menginjak bulan itu apa tidak?

    tentunya akan menginjak permukaannya. salah satu contohnya, yang paling fenomenal adalah ketika pertama kali manusia mendarat di sana.

  • arashy

    jka bumi hancur apakah sistem tata surya ikut hancur?

    wah, ini pertanyaan menarik. apabila bumi hancur maka mungkin ada perubahan pada orbit planet-planet yang lain. kemungkinan terburuknya memang tata surya akan mengalami kehancuran sistem (berantakan) tetapi dalam waktu yang sangat lama.

  • katanya di satlit io ada kehidupan yaaaaa 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂

    dapat info tersebut dari mana? sejauh ini belum ada kesimpulan itu kok. para ilmuwan masih menelitinya

  • nhesa

    assalamu alaikum kak, apa sih yang dimaksud dengan blackhole??????

    yang dimaksud blackhole (lubang hitam) adalah satu tahap terakhir dari evolusi bintang bermassa besar setelah sebelumnya meledak (supernova)

  • nhesa

    kak, apa yang dimaksud dengan cluster????

    yang dimaksud cluster adalah gugus/kelompok bintang. biasanya semua bintangnya lahir di lokasi yang berdekatan sehingga jarak semuanya dari bumi hampir sama. inilah yang membedakannya dengan rasi karena rasi adalah sekelompok bintang yang terlihat mengumpul padahal jaraknya berbeda-beda.

  • sai kawari

    apa benar, mars mendekat ke bumi pada tahun 2003?????

    kata “mendekat” mungkin kurang tepat karena seakan-akan mars bergerak menuju bumi. yang terjadi adalah pada saat itu mars berada pada jarak terdekatnya dengan bumi, yaitu 55,738 juta kilometer. jarak sedekat itu tersebut akan dicapai lagi pada tahun 2287 nanti, setelah sebelumnya terjadi pada tahun 57.617 sebelum masehi

  • sai kawari

    kak, cluster pleiades terdiri dari berapa bintang ya?????????

    secara keseluruhan, gugus pleiades memiliki hingga 1000 bintang, 6 di antaranya bisa dilihat dengan mata telanjang.

  • sai kawari

    apa benar, nama pluto yang sekarang ini 134340????

    lebih tepatnya, nama pluto menjadi (134340) Pluto

  • sai kawari

    kak, adakah cluster yang bisa dilihat dengan mata telanjang dari bumi??
    maaf ya kalau pertanyaann saia banyak sekali

    cluster atau gugus bintang yang dapat dilihat dari bumi di antaranya Beehive, Hyades, dan Pleiades

  • Julius

    Mau numpang tanya nih ya…

    Kelebihan dan kekurangannya teori Nebula itu apa ya?
    Thanks 😀

    setahu saya, teori nebula sudah cukup baik dalam menjelaskan asal-usul terbentuknya tata surya.

  • kio

    di mana ya bisa dapatin soal soal osn astronomi !?
    Thnks

    coba cari di blog mutoha (jac). lihat link-nya di halaman buku tamu

  • Vivi

    Hai, saya mau tanya tentang apa sih hubungan teori big bang dengan teori nebula? thx..

    teori big bang adalah teori mengenai pembentukan alam semesta, sementara teori nebula adalah teori pembentukan tata surya. jadi tidak ada hubungan antara keduanya

  • Enry Christanto

    kak, mengapa ya daerah antara matahari dan halo itu warnanya agak gelap…??

    karena daerah tersebut kalah terang dibanding matahari dan halonya. tetapi sebenarnya sama terang dengan langit di sekitarnya

  • nurul

    assalamualaikum…
    ka,sebenarnya di planet lain ada kehidupan ga si ka?dan apa benar,tentang mengenai mahluk lain seperti alien,dan apa benar alien itu ada?

    waalaykumsalam. sampai saat ini, jawabannya adalah tidak ada. segala macam penelitian dan pengamatan belum menemukan bukti tentang adanya kehidupan (dalam bentuk apapun) di tempat selain bumi. jadi alien juga ga ada, itu hanya fiksi saja

  • Fara

    Kak,kenapa di Indonesia ga ada mata pelajaran Astronomi?,kalau ada juga di sekolah2 tertentu.Kalau di pelajaran IPA,paling bahasnya cuma sedikit.

    sepertinya karena dianggap belum terlalu diperlukan siswa. yang diperlukan hanyalah apa yang sudah ada di pelajaran ipa saja. semoga itu hanya untuk sementara waktu 🙂

  • rifka

    pagi,

    kak bumi it kan ada di galaksi bimasakti
    emang nya galaksi ada berapa?
    setiap galaksi punyaa plant or bntang2 kya galaksi kita?
    maf ia ka pertanyaan nya bodoh bgt
    tp ak penasaran

    met pagi juga. galaksi adalah kumpulan bintang, ada 200 jutaan bintang di galaksi kita. di antara bintang-bintang itu ada juga yang memiliki planet. dan di antara planet-planet itu sedang mungkin saja ada kehidupan 🙂

    oya, jangan bilang seperti itu lagi ya, tidak ada yang namanya pertanyaan bodoh kok 🙂

  • Nasser Optima

    gan tolong carikan tanggal 23 Januari 2001 bertepatan dengan hari/tanggal berapa /bulan/tahun hijriyah? thenks sebelumnya, penting bangetssss

    coba lihat di link ini http://www.islamicity.com/PrayerTimes/hijriconverter1aPartner.htm

    hasilnya adalah 27 syawal 1421 h, hari selasa

  • Vivi

    Tujuan awal Hubble Space Telescope adalah menemukan nilai yang akurat dari Konstanta Hubble yang dipakai dalam hukum Hubble. Hukum itu menyatakan…

  • nurul

    assalamualaikum….
    ka,trima kash atas jwbn’a v,sy mw tnya lg…”miranda dlm ilmu astronomi tuh apa ea ka??”

    miranda adalah nama sebuah satelit milik uranus

  • kukuh

    astronom Indonesia termuda yg kuliah dijerman siapa ya???

    bisa lebih spesifik lagi? apakah kukuh pernah bertemu/lihat yang dimaksud?

  • kukuh

    belum pernah bertemu, siapa ja astronom indonesia yg pernha kuliah di jerman, kl bisa yg paking muda…

    setahu saya, ada 3 orang astronom indonesia yang sekarang berada di jerman

  • deddy

    teman2…
    apa ada yang tahu….kejadian apa/apakah ada kejadian di alam ini pada tanggal 9 agustus 2002 tepatnya jam 12 siang…mohon infonya…

    maaf, kami tidak tahu

  • mira

    ada berapa galaksi di dunia ini??lalu apa setiap galaksi memiliki susunan yg sama dgn galaksi bima sakti….?
    terus…knp roket yg pernah ke bulan bisa sampai ke bulan tanpa habis terbakar,sedangkan benda2 langit yg mau masuk ke bumi akan habis terbakar sebelum sampai ke bumi???

    galaksi di alam semesta diperkirakan lebih dari 200 milyar buah dengan bentuk/susunan yang beragam. coba lihat http://duniaastronomi.com/2009/02/sistem-klasifikasi-galaksi/

    lalu, semua pesawat ruang angkasa (roket, pesawat ulang-alik) tentunya sudah dibuat dengan ketahanan yang tinggi sehingga tidak akan terbakar di atmosfer. kalau habis terbakar, maka betapa besarnya kerugian yang didapat. contohnya ketika pesawat ulang-alik columbia yang memasuki atmosfer bumi mengalami kerusakan pada panel tahan panasnya. pesawat tersebut akhirnya terbakar, meledak, dan menewaskan seluruh awaknya

    • raufa

      kalau menurut saya, gak setiap galaksi memilki susunan yang sama dengan galaksi kita atau milky way. ada jutaan galaksi di alam semesta ini.

      setahu saya, belum pernah ada benda bumi yang melewati atmosfer terakhir bumi kita ini. atau belum ada partikel besi yang melewati ke angkasa luar.
      trus, untuk bahan bakar biasanya suka disuplai sama stasiun luar angkasa international.

      itu juga setahu aku. maaf kalau ada yang salah!
      hehehe

      yang pertama bener, yang kedua salah. tapi terima kasih sudah ikut menjawab 🙂

  • abid

    hyyy…
    ehhh kegunaan bintang atau rasi bintang untuk kehidupan apa saja yha selain untuk menentukan arah…..

    salah satunya, menandai musim karena waktu kemunculan sebuah rasi di langit malam selalu tetap setiap tahunnya. misalnya saat ini kita bisa melihat rasi orion sejak sebelum subuh. beberapa minggu lagi, orion terbit tengah malam, dan beberapa minggu setelahnya orion akan terbit sore hari. begitu seterusnya

    • raufa

      untuk membuktikan bahwa bumi bentuknya bulat.
      hehehe

      kenapa bisa begitu? 🙂

    • raufa

      mungkin karena adanya rotasi bumi

      kurang tepat. sebenarnya, rasi bintang bisa jadi petunjuk bahwa bumi bulat karena ada ketidaksamaan kenampakan rasi di tempat yang berbeda. kalau bumi datar, maka rasi yang diamati haruslah sama di semua tempat

  • Amel

    Mau nanya nih…
    Kan dsekolah aku ada seleksi buat osn dn aku tiba2 disuruh ikut astronomi….
    Kira2 belajarnya apa aja ya…
    Trus nyari materinya dmn…
    Ada yg tau ga
    Trimakasih…:-)

    banyak sekali yang bisa dipelajari di astronomi. coba gunakan buku ‘menuju olimpiade astronomi’

    • raufa

      kmaren aku jga kepilih. lebih baik kamu cari materi tentang spektrum cahaya, gravitasi, rumus einstein…, dll. sukses ya…
      atau kamu dowmload aja soal2 olimpiade astronomi, trus kmu latihan deh

  • Ian Adiyanto

    Bagaimana para ahli astronomi membedakan antara meteor, komet,planet, satelit, bintang bahkan gugus galaksi di jagad raya?

    semua benda tersebut bisa dibedakan karena lokasi dan sifatnya berbeda-beda.

  • lutdfa

    q bgung nieee…
    q mw tnyaa…
    bentuk,ukuran dan usia bumi ituu kyak ap sih..???

    bentuknya bulat, dengan radius 6.378 km, usianya sekitar 4 milyar tahun

  • Jecky

    jika diketahui >>

    dp = 3 AU
    da = 3,5 AU

    Eksentitas (e) = ??
    Jarak Rata-Rata planet tersebut = ??

    jarak rata-rata biasa disimbolkan dengan a.
    dp adalah jarak perihelion (terdekat), bisa dihitung dengan rumusan:
    a x (1 – e), berarti a = dp/(1-e)

    da adalah jarak aphelion (terjauh), bisa dihitung dengan rumusan:
    a x (1 + e), berarti a = da/(1+e)

    dari dua persamaan tersebut, kita dapat menghitung besarnya e (eksentrisitas).
    dp/(1-e) = da/(1+e) , atau
    e = (da-dp)/(da+dp)

    setelah dapat e, kita dapat menghitung jarak ratarata
    a = dp/(1-e)

    silakan hitung sendiri 🙂

  • amel

    klu boleh tau nyari buku menuju olimpiade astronomi di mana ya,,,
    makasih ya

    coba hubungi prodi astronomi itb

  • astronomer amatir

    assalamualaikum,,,saya mau bertanya masalah “seeing” dan scintilation?apa?mohon dijawab atau saya bisa mengakses jawaban dimana?

    keduanya adalah fenomena yang diakibatkan oleh fluktuasi yang terjadi di atmosfer bumi. ketika kita melakukan pengamatan bintang dengan teleskop, maka seeing dan scintilation adalah dua masalah yang dapat mengganggu pengamatan kita. keduanya akan menyebabkan bintang yang kita amati tampak menari-nari atau berkedip-kedip. untuk lebih jelasnya, coba lihat gambar/animasi yang ada di halaman http://en.wikipedia.org/wiki/Astronomical_seeing dan http://en.wikipedia.org/wiki/Scintillation_(astronomy)

  • muhammad

    mau tanya nih……

    di galaxi bimasakti, bintang yang lebih besar dari matahari itu apa namanya?
    and ukurannya itu brp kali matahari?

    ada banyak bintang yang ukurannya lebih besar dari matahari. coba lihat link berikut: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Star-sizes.jpg dan ini http://www.universetoday.com/25331/size-of-stars/

  • amel

    cara hubunginya gimana ka?

    amel posisinya di mana emang? mungkin bisa kami bantu carikan yang di kota amel. kalau menghubungi prodi astronomi, bisa ke websitenya (ada di kolom sebelah kanan di menu buku-tamu).

  • amel

    Aku di jakarta selatan ka…daerah kebayoran lama,,makasih banyak ya ka,,,

    jakarta ya. apakah sudah coba hubungi planetarium, misalnya pak widya sawitar?

  • sai kawari

    kak, apa betul para astronomi menemukan lubang hitam baru???????

    benar. dan istimewanya lagi, lubang hitam itu masih sangat muda, sekitar 30 tahun saja

  • Rifai

    Assalamu alaikum Mas Hanief,
    Selamat hari Idul Adha, taqabbalallahu minna wa minkum.

    saya mau lanjut diskusi tentang hilal via email dua hari lalu.
    Dari ilmu astronomi, apakah mungkin ada kondisi di mana Indonesia melihat hilal kemudian ternyata Arab Saudi tidak melihat hilal? Kalau dipikir2 oleh orang awam macam saya, seharusnya kalau Indonesia bisa lihat hilal maka 4 jam kemudian, harusnya Arab Saudi melihat hilal lebih jelas lagi karena usia hilalnya sudah lebih tua, jadi kondisi ini tidak mungkin terjadi, tapi mungkin saya salah?

    Katakanlah pertanyaan (or pernyataan) di atas benar, maka tanggal di Arab akan sama dengan kita atau duluan sehari dari kita, yang berarti kita (Indonesia) sebenarnya tidak lebih duluan dari mereka sehingga hukum GMT tidak berlaku di penanggalan hijriyah. Benarkah?

    kalau cuacanya memang memungkinkan (cerah) di kedua tempat itu, maka tidak mungkin hilal terlihat di indonesia tetapi 4 jam kemudian di arab tidak terlihat. alasannya seperti yang bapak tulis. tetapi kalau memang hal tersebut terjadi, maka kita jadi duluan sehari dari mereka, bukan sebaliknya. mereka akan duluan sehari dari kita jika kita tidak bisa melihat hilal sedangkan mereka bisa, seperti yang terjadi di bulan dzulhijjah ini.

  • Hi…
    Saya mau nanya nih dimana ya website yang menyediakan rumus-rumus astornomi yang lengap?
    Dan apakah yang terjadi kalau ada benda yang mendekati lubang hitam(black hole)?

    rumus astronomi yang lengkap? saya tidak tahu, tapi robin bisa memanfaatkan mesin pencari seperti google dan yahoo untuk mencarinya secara detil. kalau ada benda yang mendekati lubang hitam, maka benda tersebut akan tertarik masuk ke dalamnya. lalu hilang dari pandangan. setelah itu, tidak ada yang tahu.

  • oya ada yang kelupaan apa saja sih cabang-cabang dari ilmu astronomi. Dan kalau mau kuliah nanti ambil jurusan astronomi dimana ya tempat kuliah yang bagus?

    beberapa di antaranya adalah fisika bintang, galaksi, kosmologi, dan tata surya. di indonesia, kuliah astronomi hanya ada di itb, bandung. di luar negeri, ada banyak pilihan dan saya tidak tahu mana yang bagus, jadi tidak bisa memberikan rekomendasi 🙂

  • abuzar

    boleh tanya ya……

    isu mengatakan bahwa kiamat terjadi ketika ada meteor yang akan menabrak bumi.
    apakah betul ada meteor atau planet laain yang akan menabrak bumi?

    bisa dikatakan bahwa hal tersebut sangatlah mungkin terjadi. tetapi kapan akan terjadi, tidak ada yang tahu

    • Tandy

      ya isu itu benar dan para ilmuawan akan merencanakan untuk membuat Roket yang digunakan untuk menghancurkan meteor besar itu.

Leave a Reply to denny Cancel reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.