Kontak DADC

Call | Whatsapp 0817 226 986
Twitter: duniaastronomi
Facebook: Dunia Astronomi
Plurk: dadc
Instagram: dunia.astronomi
Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan dadc. Kami selalu menghubungi melalui nomor di atas.

Tanya Jawab

Silakan tuliskan pertanyaan tentang astronomi melalui komentar di bawah. Kami akan menjawabnya melalui komentar ataupun dengan menuliskan artikel baru.



Terima kasih.

1,603 comments to Tanya Jawab

  • fachri

    kak……. mau tanya…..

    bagaimana sih keadaan gaya gravitasi di bulan?
    dan siapa yang menemukan bahwa ada air di bulan?

    gaya gravitasi di bulan lebih kecil dari pada yang ada di bumi. sehingga, kita akan dapat melompat lebih tinggi di sana. air di bulan ditemukan dalam salah satu program nasa

  • Bagoes

    Matahari Terbit jam berapa pada tanggal 26-11-2010
    Matahari Tenggelam jam berapa pada tanggal 26-11-2010
    Bulan Terbit jam berapa pada tanggal 26-10-2010
    Bulan Tenggelam jam berapa pada tanggal 26-10-2010

    coba gunakan program peta bintang stellarium (bisa diunduh gratis)

  • reza

    kaka saya mau tanya bagaimana teori nubel

    wah maaf, saya belum pernah mendengar teori itu

  • israwati

    hai….
    boleh minta bahan ajar astronomi untuk tim olimpiade astronomi g’
    kebetulan kita pembimbing olimpiade di sekolah, cuma kami terkendala mendapatkan bahan ajarnya. boleh dong…..
    makasih

    maaf, saya tidak bisa. coba hubungi program studi astronomi itb saja.

  • upik

    hi….
    bagaimana cara kita mengamati fase bulan dengan peralatan yang sederhana, dimana kita mengamati fase bulan tersebut dari rumah kita..?
    Trimakasih

    mengamati fase bulan bisa dilakukan dengan mata telanjang. syaratnya, amati bulan di waktu yang berbeda-beda setiap malamnya. tentunya di tempat yang langitnya tidak terhalang oleh bangunan/pepohonan.

  • Wahyu

    Ass. Wr. Wb.
    Tolong bantuannya kalau bisa saya dikirimi email soal dan pembahasan OSN bidang Astronomi u/anak saya. Karena saya coba cari di toko buku ga ada. Terima kasih atas bantuannya. Ditunggu lho kirimannya. Wass.

    wa ‘alaykumsalam wr. wb. maaf, saya tidak bisa. coba hubungi program studi astronomi itb

  • nurul fadilah

    assalamu’alaikum… ka,apa si kegunaan’a astronot?dn kta’a pda thun brapa ya ka ada pergeseran antara australia dgn ngara lain?trus,knapa si akhir2 ini bintang banyak banget d’langit?

    wa ‘alaykumsalam. kegunaan astronot? astronot adalah orang yang pergi ke luar angkasa. kepergiannya itu tentunya dengan berbagai macam tujuan. pergeseran memang terjadi di kerak/kulit bumi dan tidak hanya terjadi pada australia saja, tetapi semua daratan di dunia. lalu, bintang terlihat banyak di langit nurul mungkin karena cuaca di tempat nurul sedang bagus sehingga banyak bintang bisa terlihat.

  • gusti

    Ass. Wr. Wb.

    kak, saya mau tanya..
    apa yg dimaksud dengan sudut elevasi atau tinggi suatu objek langit

    terima kasih 🙂

    sudut elevasi mungkin berarti sudut ketinggian/altitud. sudut ini dihitung dari horison ke objek yang dimaksud. suatu objek yang baru terbit/terbenam memiliki altitud 0 derajat, dan objek yang ada di zenith memiliki altitud 90 derajat.

  • Dliya Ulfi

    assalamualaikum …
    Maaf kak, saya ingin bertanya apa sebenarnya lubang hitam itu dan adakah ujung dari lubang hitam, mengapa energinya sangat besar??

    terimakasih, jawabannya sangat di tunggu …

    lubang hitam adalah salah satu fase di tahapan akhir evolusi bintang dan bisa dikatakan sebagai bentuk kematian bintang. tetapi hanya bintang bermassa besar saja yang akan menjadi lubang hitam. ujung dari lubang hitam? tidak ada yang tahu karena tidak ada yang bisa mengamatinya. kenapa disebut lubang hitam? karena gravitasinya sangat besar (bukan energinya) sehingga berkas cahaya pun tidak bisa lepas dari pengaruh gravitasinya. akibat tidak ada cahaya yang dapat diamati, maka lubang hitam pun tidak bisa dilihat. hanya bisa dideteksi dari pengaruhnya terhadap benda/bintang di sekitarnya.

  • Ayu Palit

    Selamat Siang, saya mau tanya apa di web ini di sediakan juga materi2 khusus, atau lebih khususnya rumus2 untuk olimpiade? kalau ada bagai mana caranya, apa mungkin bisa di kirimkan ke e-mail saya….?

    siang ayu. maaf sekali, kami tidak menyediakan materi khusus untuk olimpiade. hanya materi astronomi secara umum yang bisa saja digunakan untuk persiapan olimpiade

  • Anggarsih

    Pada saat ini (22 Des 2010), hampir setiap malam saya melihat sebuah bintang yang cukup cemerlang. Posisinya kira2 pada azimuth +/- 90 derajat (kearah Timur), pada posisi sudut elevasi/ketinggian +/- 60 derajat. Bintang apa itu ya?
    Terimakasih.

    sayangnya anggarsih tidak menyebutkan jamnya. tetapi dugaan saya adalah bintang itu adalah sirius, bintang paling terang di langit. di dekatnya ada rasi orion yang mudah dikenali karena 4 bintang membentuk persegi panjang dan ada 3 bintang berderet di tengahnya

    • Anggarsih

      Soal bintang yang cemerlang tsb, tampak sejak awal2 Desember s/d sekarang pada waktu Subuh, sekitar jam 04.00 – 05.00 pagi. Saat ini, 30 Des 2010, posisi sudah agak naik. Ketinggian elevasi sekarang kira2 70 derajat. hampir segaris dengan bulan (sabit). Posisi bulan lebih diatas, kira2 ketinggian elevasi 80 derajat (lebih agak kearah tegak lurus). Bintang tsb benar2 terang. Karena meskipun tertutup mendung, bintang yang lain tak tampak, yang satu ini masih mampu menembus pandangan kita. Subhanallah…..

      saya sarankan supaya anggarsih miliki program peta bintang stellarium di http://www.stellarium.org/ supaya lebih mudah mengenali objek itu 🙂

  • lisa

    maaf. bagaimana cara saya mendapatkan pembahasan seputar olimpiade astronomi?

    coba buka websitenya mutoha dari jac. lihat linknya di halaman buku tamu, panel sebelah kanan

  • fakhri

    mengapa hanya satu sisi bulan saja yang tampak dari bumi?

    karena periode gerak rotasinya sama dengan periode geraknya mengelilingi bumi, yaitu 29,5 hari

  • Aifa Naufal Zahron

    asalamu’alaikum Wr.Wb
    saya mau tanya bagaimana para ilmuan dapat menentukan jarak antara benda2 langit sehingga dapat menentukan hingga berjuta2 tahun cahaya??
    terimakasih

    astronom punya berbagai macam metode penentu jarak. kumpulannya disebut dengan tangga jarak. dua di antaranya adalah paralaks trigonometri dan bintang variabel cepheid. disebut tangga karena setiap metode memberikan pijakan bagi metode selanjutnya (saling berkaitan). nanti akan saya bahas secara detil semuanya 🙂

  • Bob

    Hallo Kak, saya mw nanya nih..Harga Teleskop biasnya brp ya? dan dimana saya bisa membelinya?Thanks..

    teleskop termurah yang sudah cukup bagus harganya mulai sekitar 2 juta. coba ke tokoteleskop dot com

  • remy

    mau tanya
    -saya mau tanya soal arah navigasi dari rasi bintang crux sama ursa mayor, kalo yang saya tau crux ngarah ke selatan dan ursa mayor ke utara. tapi kalau saya liat di sky map (yang per bulan), kedua rasi bintang itu ga selalu ngarah ke utara sama selatan, jadi kadang ngarah ke arah yang lain. kira2 ada yang mempengaruhi itu ga ya? soalnya serem juga kalo mau navigasi tapi arah nya salah.. dan belum bisa memastikan di langit aslinya, selalu ketutup kabut..

    -kalau mau beli poster peta rasi bintang dimana ya? domisili bandung

    makasih 😀

    1. rasi crux memang digunakan untuk menunjukkan arah selatan. caranya, gunakan diagonal terpanjangnya. jika diperpanjang, maka akan mengarah ke kutub selatan langit. sedangkan rasi ursa mayor digunakan untuk menunjuk ke arah kutub utara langit secara langsung dengan menghubungkan bintang beta uma dan alfa uma. atau lebih mudahnya, dengan menggunakan bintang polaris.

    2. lokasi bandung? coba hubungi langitselatan dot com 🙂 saya tidak tahu apakah mudah menemukan poster peta bintang atau tidak. apakah sudah coba menginstall stellarium? program peta bintang ini mudah digunakan dan tersedia gratis.

  • syaidatul

    kak,nyari soal2 astronomi dmn?
    apakh astronomi ilmu yang susah?

  • reynaldi

    saya mau tanya . apakah planet merkurius dan mataheri memiliki gaya tarik?
    jika ada disebut apakah gaya tarik itu?

    • tentu saja punya. bukan hanya 2 objek itu saja, tetapi semua benda bermassa memiliki gaya tarik itu. biasanya disebut dengan gaya gravitasi.

  • boy hardani

    saya mau tanya ni mas,mgk pertanyaan saya di nilai terlalu jauh..yg saya tanya kan..di jagad raya alam semesta ini,ada gk alam semesta lagi di luar daripada jagad raya yg kita ketahui/kita tinggali ini??

    • sayangnya, pengetahuan manusia masih terbatas pada alam semesta kita sendiri. jangankan alam semesta lain, batas alam semesta yang kita ketahui saja masih bisa berubah karena batas tersebut adalah “batas” terjauh yang bisa kita lihat. kalau suatu saat nanti kita memiliki teknologi yang lebih baik, maka batas tersebut bisa berubah. jadi untuk sementara, kita tidak tahu apa-apa tentang alam semesta lain 🙂

  • oby

    saya pernah denger dimensi ke empat… itu maksudnya apa??
    terus mau tanya kalo alien itu beneran ada ga??
    terimakasih^^

    • hidup kita ini ada dalam bentuk 4 dimensi: 3 dimensi sebagai ruang dan 1 dimensi lagi adalah dimensi keempat, yaitu waktu.

      alien? sampai saat ini kita belum menemukan bukti keberadaannya, jadi tidak tahu apakah ada alien atau tidak 🙂

  • saya mau tanya apa persmaan dan perbedaan mathari dan bintang ?
    lalu kenapa ada pernyataan matahari sebagai bintang ?

    • matahari adalah bintang. jadi ga ada bedanya. kenapa matahari disebut bintang? karena sifatnya sama dengan bintang-bintang. hal pertama yang menjadi petunjuk bahwa matahari adalah bintang adalah spektrum kedua benda ini menunjukkan kemiripan. yaitu sama-sama memiliki spektrum absorpsi (garis-garis gelap)

  • mau tanya soal soal2 tentang matahri sebagai bintng dimana ya ?

  • boy hardani

    Tuhan Maha Besar..sebegitu takjub nya kita akan kebesarannya..alam semesta ini dia cipta kan sedemikian sempurna..beratus juta bintang/planet di jagad raya..hanya bumi lah tempat satu satu nya yg Ia sempurnakan(adanya kehidupan)..kita manusia tidak ada apa_apa nya bagi Nya..kalau kita mengamati fenomena gambar jagad raya..itu adalah ilustrasi sebuah lukisan yg teramat indah..tak ada satu pun pelukis dan lukisan di bumi ini yg bisa menggambar kan nya

  • endrix

    selamat pagi…mau tau gnm terbentuk a’ matahari,gmn a’???

  • sandy prince

    ne ada soal olimpiade astronomi… tolong di jawab ya..
    1.sebuah asteroid ketika berada di perihelium menerima fluks dari matahari sebesar fo ketika di aphelium ia menerima sebesar o,5 fo.orbit asteroid mempunyai setengah sumbu pendek b=1,3 sa.pertanyaan nya..:
    a)berapakah periode asteroid ini
    b)ketika di aphelium berapakah kecepatan lepas asteroid ini

    thanks….

    • karena kita tahu jumlah fluks dari matahari di aphelium dan perihelium, maka kita bisa menghitung perbandingan antara jarak aphelium dan perihelium. dari perbandingan ini, kita bisa dapatkan eksentrisitas orbit. lalu karena setengah sumbu pendeknya diketahui, kita bisa dapatkan juga setengah sumbu panjangnya. dengan begitu, kita bisa hitung periode dan kecepatan lepasnya

  • kesa

    di mana saya bisa beli teropong bintang&kira-kira berapa harganya. terima kasih

  • ibnu

    andaikan sebuah bintang yang mirip matahari (temperatur dan radiusnya sama dengan matahari) berada pada jarak 250 000 AU (1 AU jarak bumi – matahari atau 1,5 x 10^8 km). kita akan melihat terang bintang tersebut…
    bi minta caranya gak ??

  • rudianto

    bumi bulat
    manusia dan lain sebagainya diatas bumi tidak jatuh karena gaya gravitasi
    yang saya tanyakan,kita di cincin katulistiwa atau dimanapun dimuka bumi ini kok selalu vertikal terhadap muka bumi ini?
    terima kasih

  • ajossuta

    Mas atau Mbak pengasuh yang baik, saya kesulitan mencari referensi tentang magnitudo bolometrik dan koreksi bolometrik, bisa minta tolong di jelaskan??
    salam.

    • magnitudo bolometrik adalah magnitudo yang dihitung dari energi yang dipancarkan bintang di semua rentang panjang gelombang. koreksi bolometrik adalah selisih antara magnitudo visual dengan magnitudo bolometrik, baik itu magnitudo semu ataupun magnitudo mutlak

  • Denni

    Salam Kenal.Saya ingin bertanya apakah sebenarnya Sabuk Van Allen ?

    • sabuk van allen adalah daerah di ruang angkasa sekitar bumi yang berbentuk donat, yang berisikan partikel bermuatan/ion dalam bentuk plasma. keberadaannya berkaitan erat dengan medan magnet bumi, aurora yang terjadi di sekitar kutub.

  • Denni

    Maaf saya bertanya lagi:
    1.Aurora itu sebenarnya apa?
    2.Apakah Cahaya itu gelombang atau partikel?
    3.Dapatkah manusia menciptakan suatu medan gravitasi jika andaikan misalnya berada dalam sebuah stasiun antariksa?
    4.Sejauh manakah jarak pandang teleskop ruang angkasa yang tercanggih saat ini? 5.Apakah benar planet Venus memiliki atmosphere?
    6.Apakah benar juga planet Neptunus memiliki cincin seperti planet Saturnus?
    7.Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan “anti materi”?
    Cukup segitu dulu rasa penasaran saya,Terima Kasih.

    • 1. terjadi akibat tumbukan antara partikel bermuatan yang datang dari matahari dengan partikel di atmosfer bumi, seperti atom-atom oksigen (warna hijau) dan nitrogen (merah atau biru).
      2. cahaya dikatakan memiliki dualisme, atau bersifat sebagai materi dan gelombang.
      3. apakah sekarang kita sudah melihat keberadaannya? tidak ada, sampai saat ini kita belum bisa.
      4. kemampuan teleskop bukanlah dilihat pada jarak terjauh yang bisa dilihat, tetapi seberapa redup cahaya bintang yang bisa dilihat. tetapi untuk diketahui, jarak benda terjauh yang kita ketahui adalah sekitar 13 milyar tahun cahaya. dan dengan begitu, kita bisa katakan umur alam semesta adalah 13 milyar tahun.
      5. benar.
      6. benar. bahkan, semua planet gas memiliki cincin.
      7. anti materi adalah materi yang merupakan pasangan dari materi yang kita kenal sekarang. misalnya, elektron. anti materinya adalah positron. proton memiliki antimateri bernama antiproton.

  • Denni

    Assalam.
    Bagaimana cara untuk membaca dan memahami peta langit, apakah benar peta langit sebenarnya adalah penampakan posisi benda-benda langit yang kita lihat dari Bumi?
    Misalkan seandainya kita (manusia) berada pada sebuah planet yang letaknya jutaan tahun cahaya dari bumi atau berada pada galaksi lain yang sangat jauh, maka apakah peta langit yang kita lihat dari sudut pandang planet tempat kita berada tersebut akan berbeda dengan peta langit dari Bumi??? Mohon koreksi atas pendapat saya tersebut,Terima kasih.

    • benar, peta langit hanya bisa digunakan di bumi saja. kalau dari tempat lain yang jauh (hingga jutaan cahaya) pastinya langit yang kita lihat berubah. jadi peta langitnya tidak bisa digunakan. tetapi peta langitnya masih bisa digunakan di bulan karena jaraknya dekat.

      untuk membacanya, pastikan dulu arah mata anginnya tepat. biasanya, arah mata angin yang di hadapan kita diletakkan di bagian bawah peta langit. jadi kalau kita menghadap ke utara, maka posisikan peta agar titik utaranya berada di bagian bawah peta.

  • Ninda

    Sekarang masih ada kompetisi astronomi tidak????

  • susi utari ningsih

    kak,bagaimana cara ikut progran astronomi?

    • maksudnya program apa? apakah kuliahnya atau olimpiade sains? kalau kuliah, di indonesia hanya ada satu jurusan astronomi, yaitu di itb. cara masuknya hanya melalui snmptn. kalau olimpiade sains, coba tanyakan ke guru di sekolah

  • denni

    Assalam.
    Saya mau bertanya lagi, apa yang dimaksud dengan “materi gelap”?, mengapa subjek ini begitu banyak menarik perhatian kalangan astronomi?
    Teori jagad raya apa saat ini yang lebih dominan dikalangan dunia astronomi?
    Hatur Nuhun.

    • materi gelap awalnya adalah usulan solusi bagi permasalahan massa galaksi. begini, dalam sebuah galaksi spiral, kita bisa menentukan jumlah massanya asalkan kita ketahui berapa laju orbit bintang-bintangnya. dari teori, laju bintang yang berada dekat dengan pusat galaksi akan begitu cepat dan yang jauh dari pusat galaksi akan lambat. teori ini diperoleh dari perhitungan jumlah massa yang tampak (massa luminus).

      tetapi penelitian yang ketika itu dilakukan sekitar tahun 1980-an menunjukkan bahwa bintang yang jauh dari pusat galaksi memiliki laju orbit yang lebih besar dan sama dalam rentang jarak tertentu. hal ini menunjukkan bahwa massa galaksi lebih besar dari yang diperkirakan. padahal massa luminus sudah dihitung semua. karenanya, diusulkanlah keberadaan materi gelap. disebut demikian karena kita sama sekali tidak bisa mendeteksinya. dan hal ini umum terjadi di galaksi spiral

  • denni

    Katanya kecepatan cahaya dalam sebuah ruang hampa udara didefinisikan saat ini pada 299.792.458 meter per detik (dalam satu detik cahaya merambat sejauh 299.792.458 meter).Matahari (sebagai bintang terdekat dengan kita)jaraknya dalam cahaya kalau tidak salah (mohon koreksi) sekitar 6 atau 8 menit cahaya.
    Jadi andaikan sebuah bintang dinyatakan mempunyai jarak satu juta tahun cahaya dari bumi,berarti cahaya bintang tersebut baru sampai pada kita setelah menempuh waktu satu juta tahun cahaya.Sehingga bintang yang kita lihat itu adalah bintang pada masa satu juta tahun cahaya yang lalu (masa lalu),Jadi apa yang kita lihat pada langit malam, beberapa bagiannya adalah suatu penglihatan jagad raya pada masa lalu? apakah ini benar??
    Terima Kasih.

    • laju cahaya, jika dibulatkan, adalah 300ribu km/detik. dari matahari, cahaya memerlukan waktu 8 menit. jadi bisa disebut 150 juta km sama dengan 8 menit cahaya.

      dan benar begitu, cahaya bintang yang kita lihat adalah cahaya dari masa lalu. dan jarak terjauh yang bisa kita lihat sampai sekarang adalah 13 milyar tahun cahaya. maka bisa dikatakan bahwa umur alam semesta tidak kurang dari itu

  • alfin kurnia bahari

    kaq, site astro yg lain apa aj y ?? khususnya yg muat materi” OSN… soal soal jga klo ad.. pokonya materi lah… thx b4 😀

  • pleiades sai kawari

    kak, kapan lagi ada gerhana bulan ya?

  • Shasa

    mau nanya ne,, yang lagi heboh tentang astronomi apa si? aq dulu gag terlalu tertarik tapi sekarang pengen tau aja,, siapa tau bisa sharing2 lewat emain jg,,,

    • yang sekarang sedang ramai adalah “salah kaprah” tentang “supermoon.” sebenarnya, peristiwa ini adalah saat bulan berada di titik terdekatnya dari bumi (perigee). terjadinya minggu dini hari 20 maret nanti, sekitar pukul 2 wib.

      kenapa salah kaprah? karena supermoon adalah istilah dalam astrologi dan bukan astronomi, serta karena kehebohan beritanya. di situ dikatakan bulan akan tampak besar. padahal, tanpa pemotretan dan pengukuran cermat, kita tidak akan bisa membedakann ukurannya itu 🙂

    • meirina

      hujan meteor,maf aku liupa namanya v ntr tgl 6 mei da hujan meteor lho

  • kesa

    @ajossuta, makasih infonya. saya di pantura,jabar.
    kalau beli teleskop via internet takutnya saya nggak bisa pakenya. saya agak gaptek. pengennya beli langsung di tokonya. mungkin ada yang tahu di mana toko teleskop di daerah bandung/jakarta

  • Big Boss

    Mw nanya ni,
    Apabila presentase helium d matahari lebih besar dari sekarang, itu nunjukin apa?

    • berarti sudah banyak hidrogen yang diubah ke helium dan matahari semakin tua. nantinya matahari akan mengembang menjadi raksasa merah kalau pembakaran hidrogen berhenti (karena hidrogen di pusatnya habis) dan berlanjut dengan dimulainya pembakaran helium

  • Cahyo

    Saya mw tnya ni, huruf2 ky’ alpha, beta yg da di dpan nama sbuah bntang tu mksudnya apa? Misalnya Betelguese tu kn alpha orionis, hurruf alpha tu mksudny apa?

    • itu namanya sistem bayer. penamaan bintang berdasarkan urutan kecerlangannya dalam sebuah rasi. misalnya di rasi orion itu. alpha orionis berarti bintang paling terang di rasi orion, yang kedua paling terang disebut beta, dst.

      untuk beberapa rasi ada pengecualian karena bintang alpha bukan yang paling terang tetapi nama tersebut tetap digunakan. kesalahan ini dikarenakan teknologi yang digunakan saat penentuan itu belum teliti. misalnya di orion. betelguese adalah bintang kedua paling terang setelah rigel, walaupun kadang-kadang rigel lebih lemah karena betelguese adalah bintang variabel.

  • emma

    mau tanya nih, kenapa sih planet berotasi?

    • asal muasal rotasi planet (dan juga gerak revolusinya) ada di proses pembentukannya dahulu. benda angkasa ini berputar mengelilingi matahari karena terbentuk dari piringan awan gas dan debu yang berputar. dan interaksi dengan benda-benda di sekitarnya (benturan, penggabungan) membuatnya berputar pada porosnya

  • Cahyo

    Mw tnya lg nih,
    Azimuth tu ditarik dari titik Utara ke Timur apa dari Selatan ke Barat?
    Thnx B4.

    • yang umum adalah dari utara ke timur. walaupun ada juga versi lain yang menyebutkan dari selatan ke barat untuk pengamat di belahan bumi selatan.

  • farkhan

    apakah sumbu tegak dlm diagram HR gugus bntang bisa di ubah dari mgnitudo mutlak ke magnitudo semu karena bntang2 anggota gugus tersebut dianggap sama jaraknya dari kita???

  • farkhan

    apa arti dari ZAMS??????

  • farkhan

    brapa kali kah terang bntang yg di amati dng mata bugil(diameter pupil 5mm) dng teleskop(diameter 1 meter)?????

  • farkhan

    apa unsur dominan dlm bntang muda??????????????

  • bigboz

    Mau tnya ni kak,, dengan konstanta hubble ditentukan 65km/det/Mpc , berapa umur tata surya ??

Leave a Reply to rahman Cancel reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.