Kontak DADC

Call | Whatsapp 0817 226 986
Twitter: duniaastronomi
Facebook: Dunia Astronomi
Plurk: dadc
Instagram: dunia.astronomi
Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan dadc. Kami selalu menghubungi melalui nomor di atas.

Tanya Jawab

Silakan tuliskan pertanyaan tentang astronomi melalui komentar di bawah. Kami akan menjawabnya melalui komentar ataupun dengan menuliskan artikel baru.



Terima kasih.

1,607 comments to Tanya Jawab

  • yuriis

    mau tanya nih k,
    Kalo misalnya pemuaian alam semesta berhenti kemudian mengkerut (kebalikannya memuai), apakah waktu akan berputar balik ? tolong jelasin ya..

  • bigboz

    mau tnya ni.
    malem ini bintang x terlihat di zenith pukul 23:00, besok malem jam berapa bintang itu terlihat di zenith lagi ??

    • setiap harinya, terdapat perbedaan 4 menit bagi bintang untuk berada di posisi yang sama dengan hari sebelumnya. jadi kalau hari ini dia di zenith pk 23.00, maka besok dia ada di zenith 4 menit lebih awal, yaitu pk 22.56

  • Cahyo

    Swdra, di mna saya bisa dpt info ttg olimpiade astronomi plus contoh2 soal yg ada pmbhasannya?

  • farkhan

    sbuah pcahan komet dng m=1000kg trperangkap mngorbit bumi pd jarak 10R dari pusat bumi(R=radius bumi) dng kcpatan Vo=(1.5 GM/R)^1/2 mka total energi orbit pcahan komet adlah…….(m^2/s^2)

  • farkhan

    sbutkan 3 unsur yg terkandung dlm bntang muda????????????????????????????? trima kasih….

  • rudianto

    maaf mau nanya lagi,mungkin pertanyaannya konyol
    manusia berdiri di bumi belahan bawah,kenapa kepalanya tetap diatas
    terima kasih

    • meirina

      karena ada gaya grafitasi bumi yang bereaksi dengan magnet yang ada di tubuh kita yang mempertahankan posisi itu

  • rudianto

    maaf, mau nanya lagi,mungkin pertanyaannya konyol
    manusia berdiri di bumi belahan bawah,kenapa kepala tetap diatas?
    jawabannya JANGAN gaya gravitasi
    terima kasih

    • kenapa jangan? jawabannya memang gravitasi kok. lagipula, tidak ada yang namanya bumi belahan bawah jadi tidak bisa dipandang begitu

  • rudianto

    terima kasih mau menanggapi
    kalau saya analogikan,bumi sebagai buah semangka,manusia sebagai jarum pentul.
    saya tancapkan sedikit jarum tsb dibagian bawah semangka,kenyataannya kepala jarum pentul tsb kan tetap menghadap bawah
    maaf kalo saya ngeyel

    • memang kepala jarum pentulnya ada di bawah, tapi menurut siapa? menurut orang yang melihat semangka. sekarang tancapkan jarum pentul (jp) lain di titik yang berseberangan dengan jp pertama tadi. menurut jp2, apakah kepala jp1 ada di bawah? dalam hal ini, di bawah kulit semangka? tidak kan. kepalanya tetap berada di atas kulit semangka. kalau kita bisa, regangkan kulit semangka itu sampai datar, maka semakin jelas bahwa di mana pun jp ditancapkan, tidak ada yang kepalanya di bawah 🙂

  • rudianto

    banyak terima kasih. sudah mulai mengerti,pelan2 nanti manggut2
    sekali lagi terima kasih atas pelayanannya

    • Firas

      Maaf ya, bukan saya sok tahu..:D
      tapi bukankah bagian atas setiap bagian di belahan bumi tidak sama?
      maksutnya begini,
      kita tidak bisa mengatakan bahwa atas bumi adalah di kutub utara, atau di manapun. karena atas bumi adalah relatif. jika dia berada di kutub utara, maka langt atasnya adalah kutub langit utara, lalu jika kita berada di katulistiwa maka langit atasnya adalah di ekuator langit.
      jadi gak ada langit atas ataupun bawah. karena semua langit adalah bagian atas bagi pengamat dimanapun berada..
      semoga maksut ya!
      maaf kalo salah 🙂

  • KUKUH I.P

    apa dampak bagi penduduk bumi yg trkena pengaruh badai mataharii ??

    • dampak dari badai matahari sebenarnya ada di satelit-satelit yang berada di orbit. mereka bisa saja mendapatkan gangguan elektronik. akibatnya kerusakan inilah yang dirasakan manusia. komunikasi bisa terganggu, telepon, internet, radio, dan televisi jadi mengalami gangguan sinyal

  • Firas

    Arah titik terbit sebuah bintang membentuk sudut 130 derajat terhadap arah Utara. Perkiraan titk terbenam bintang itu di horizon berapa ya?

  • farkhan

    mw tanya nih,,
    jika tmperatur mthari bgian dlm umbra bntik mtahari(sunspot) ternyata 1500 K lbih dngin dr tmperatur fotosfer mtahari (tmperatur ny 5800 K disekitar ny,andaikan b1 adlah fluks yg kluar dari umbra dan b2 energi fluks dr daerah yg mngelilingi sunspot, brapakah rasio b2/b1???

  • farkhan

    lox bntang dng mgnitudo 6,1 msih bsa d liat dng mta tlanjang gx??

  • farkhan

    pilihlah jawaban yg bnar tntang nebula
    1.nebula gelap mnghalangi chaya bntang-bntang dblakangnya
    2.nbula gelap trlalu pekat,lbih pekat dari pd atmosfer bumi shingga cahaya tdak bsa kluar dr dlm nya
    3.nebula trang akibat pntulan chaya bntang di dkat nya antara bumi dan nebula
    4.nbula terang mngandung unsur yg dpt brpendar

  • farkhan

    mana prnyataan yg bnar tntang glaksi?
    1.galaksi bima sakti jika d potret dr bumi akan nampak brbntuk spiral
    2.bntang2 d daerah pusat galaksi umumnya lbih panas shingga warna ny lbih biru
    3.nbula kpala kuda berukuran lbih besar dr pd galaksi pd umum nya
    4.galaksi spiral brbentuk pipih dan berotasi

  • wawan

    mw nanya kak,
    kn kalau kita dapat bergerak hampir secepat kecepatan cahaya
    semua terasa melambat, nah klo kita bergerak lebih cepat dari kecepatan cahaya
    ada kemungkinan gk kita bisa ke masa lalu sedikit,?

  • meirina

    pa sih sbwh wormhole tu ?

    • terowongan yang menghubungkan lubang hitam dengan lubang putih (white hole). wormhole dan lubang putih baru berupa hipotesa belaka, belum ada yang bisa membuktikan keberadaannya

  • meirina

    mungkin gak kalau diluar angkasa ada makhluk hidup selain bakteri ?

  • meirina

    kak,siapa sih astronom termuda di indonesia ? barapa umurnya ?
    mksh 🙂

  • rosani suparni

    saya mau mengikuti olimpiade astronomi… tetai belum punya bahan belajarnya….
    jika ada mohon dikirim ke email saya….

  • Nur Indah Fitrianingsih

    bentar lagi aku mau ikut seleksi OSN tingkat kabupaten, tapi belom dapet bahan” ttg materi astrofisika.
    bisa tolong bantu,?

  • aq mw ngikut olimpiade ni untuk tgkat sma..

    bisa tolong krim kan file yg lbih spesifik k tingkat SMA..

    brbagai artikel telah aq baca.. nmun sprti ny sia2 sja..

    krn sprti ny olimpiade trsbut tidak akan mgarah k artikel yg sya baca..

    *curhat: smakin saya baca smakin tidak d mengerti*

    tolong d krimin y contoh soal ny.. 🙂

    • meirina

      coba ja u like kalender astronomi d fb trus minta d mskin k dunia astronomi d fb,d sna q dan cmua yg ikt osk astronomi suka share soal osk. 🙂

    • materi tentang astronomi sebenarnya banyak sekali dan ga bisa dipelajari semuanya dalam waktu singkat. dan kami tidak mengkhususkan diri untuk persiapan olimpiade saja

  • arlili

    gimana cara ngukur titik perihelion ????

  • DWI HARYANTO

    tolong berikan eensiklopedia astronomi lebih lengkap,dan rumus rumusnya.

  • dinda

    tolong dong kasih teori yang lengkap tentang astronomi..
    🙂 makasih sebelumnya..

  • rohadi

    saya mau tanya jika pada tahun 2010 terdapat 12 bulan purnama tersebar pada setiap bulan dalam kalender gregorian,di mulai tanggal 30 januari jam 06.18 dan diakhiri tanggal 21 desenber jam 08.14 UT. tim ekspedisi yang berada selama setahun pada tahun 2010 di kutub utara bisa menyaksikan bulan purnama sebanak…?

    tolong bantuannya dan di kasih caranya
    hakushu.dinosaurus@gmail.com

    • meirina

      karena kutub utara hanya mendapatkan waktu siang selama 6 bulan berturut turut dan malam selama 6 bulan berturut turut,
      dan waktu siang itu sendiri dimulai tanggal 22 maret- 21/22 september,berarti pada saat itu bulan purnama tidak akan terlihat karena terjadi pada siang hari.
      jadi kemungkinannya,para pengamat bisa melihat bulan purnama sebanyak 6 kali.

      mohon dikoreksi
      🙂

  • bagaimana kita mengetahui posisi kita jika kita terdampar di sebuah pulau dan kita hanya mempunyai tongkat untuk menentukan jam matahari, dan hanya tersisa jam tangan ditangan kita.??

    • meirina

      dengan cara menancapkan tongkat ketanah,dari sana kkita bisa menentukan arah dan dengan melihat rasi bintang,dengan demikian kita bisa tahu dimana posisi kita/di belahan bumi mana.

      begitu mungkin ….
      mohon dikoreksi
      🙂

  • paramitha

    saya pernah menemukan soal seperti ini:
    Jam bintang (sideris time) pada jam 08.00 WIB, 16 Mei 2009 adalah …

    bagaimana cara penyelesaiannya? rumus apa yang digunakan?

  • yessi

    saya mau tny soal ini, tolong di jwb malam ne jg. Penting bnget soalnya.
    Sebuah bintang ganda(BG) trdri dr sbh bntang mharaksa biru massany 90 massa mathari.periode orbit bintang ganda itu adlh 12,5 hri. Temperatur bintang raksasa(Br) itu sangat tinggi,dan mngalami khilanggan massa. Stiap thun Br khilangan massa 10^6 kali massa matahari. Jika diasumsikan jarak antara ke2 bintang itu tdk brubh. Hitung periode orbit bintang gand itu 10 juta tahun kemudian?

  • Salam. saya mau nanya, dari buku yang telah saya baca ada beberapa hal yang mempengaruhi pasang surut air laut diantaranya gaya gravitasi bulan, gaya gravitasi matahari, Jarak antara bumi dan bulan. kenapa dari buku yang saya baca tidak dijelaskan secara jelas kalau revolusi bulan mempengaruhi pasang surut air laut? apa benar pasang surut dipengaruhi revolusi bulan? terima kasih.

    • benar, revolusi bulan menyebabkan waktu terjadinya pasang naik dan pasang surut air laut berbeda-beda setiap harinya. ada pergeseran sebesar sekitar 50 menit per hari.

  • yusry

    bagaimana cara menghitung jarak perihelion dan epihelion…tlg ok

    • sebelum tahu bagaimana cara menghitung jarak perihelion dan aphelion, kita harus lihat apa saja yang diketahui. misalnya apakah ada eksentrisitas, periode orbit, dsb. setelahnya baru bisa ditentukan bagaimana menghitung kedua jarak tersebut

  • Mohsin Hj Abu

    A’skm, ingin ketahui bila dan tarikhnya matahari betul betul di atas kakbah bagi tahun 2011M/1432H.

    Sekeian harap dapt maklum balas dan terima kasih

  • Ninda

    aku mau tanya nih, judul buku astronomi apa aja ya???
    tlg d’jawab ya,, makasih

  • kak, saya menyukai hal-hal yang berbau astronomi. cita-cita saya ingin menjadi astronot asal indonesia. apa itu tidak kejauhan kak? guru saya juga bilang kalau astronot itu harus dan mutlak tau tentang matematika. hal itu membuat nyali saya ciut, karna saya tidak mahir dlm pelajaran matematika. bisa saya minta saran kak?

    menyukai astronomi/menjadi astronom dan menjadi astronot adalah 2 hal yang berbeda. astronot biasanya adalah seseorang yang bukan astronom. bisa seorang ahli biologi, kimia, permesinan, elektronika, dll.

    nah sekarang tentang kemampuan matematika. tahukah lovindri bahwa tidak ada ilmu yang tidak menggunakan matematika? karena matematika adalah bahasa universal yang dipakai di semua bidang. jadi pahamilah matematika lebih baik supaya bisa memahami ilmu apapun yang kamu tekuni dengan lebih baik pula 🙂

    untuk menjadi astronom, fisikalah yang utama. tapi kalau jadi astronot, sekali lagi beda dengan astronom. tergantung bidang yang ingin dipakai pada misi keluar angkasa nantinya

  • yucha dwistya

    jelaskan apa yang dimaksud “Pengaruh refraksi pada saat Matahari terbit atau terbenam”

    • akibat refraksi (pembiasan) oleh atmosfer, matahari akan berubah bentuknya. sementara bintang akan tampak lebih tinggi dari seharusnya

  • susalid

    Selamat siang pak,

    PAk, pertanyaan saya ada beberapa.

    1. bagaimana kok para astronom bisa melihat bintang yg jaraknya 250th cahaya atau 300 tahun cahaya..padahal mereka mulai meneropong dengan teleskop kurang dari 100 th yg lalu. sedangkan kecepatan indra teleskop untuk menangkap object = kecepatan rambat cahaya. nah ..gmana bisa mendapatkan gambar dengan kecepatan teleskop baru merambat menuju bintang katakanlah 100th, tapi sudah bisa menangkap bintang yg jaraknya 300th. tolong dijelaskan ya pak..soalnya saya pusing klo mikir hal ini.hehehe..
    2. Dan apabila bintang sudah meledak 200th yg lalu..berarti yg bisa kita lihat sekarang apakah cuma rambatan cahaya bintang yang baru sampai ke mata kita , padahal sebenarnya bintang itu sudah gak ada di tempatnya sana….? tolong dijawab ya pak. Sukur sukur klo mau kirim juga ke mail saya di susalid@yahoo.com. trimakasih banyak pak, sya tunggu jawabannya.

    Wass.wr.wb

    Susalid

    • 1. bagaimana bisa melihat benda berjarak ratusan-ribuan tahun cahaya, padahal teleskop baru ditemukan 400 tahun yang lalu? itu karena cahayanya sudah sampai di kita sejak lama. yang aneh adalah kalau kita mengamati galaksi berjarak 20 miliar tahun cahaya, sementara umur alam semesta baru 15 miliar tahun. berarti ada salah perhitungan jarak atau umur alam semestanya harus direvisi.

      2. betul. makanya sering dikatakan bahwa jika kita mengamati bintang/galaksi, maka sama artinya dengan kita melihat ke masa lalu. cahaya matahari yang kita lihat saja merupakan cahaya yang dipancarkan matahari 8 menit yang lalu.

  • xiju

    kak, aku ska bgt astronomi. Dan cita2ku ingin menjadi seorang peneliti astronomi..
    Nah, aku pengen tanya nih, gimana sih caranya biar jadi seorang peneliti?
    dan dimana aja tmpt kuliah yang menyediakan jurusan astronomi di Bandung?
    tolong informasinya ya kak!
    mksh..

  • JJBC

    Kak, saya mau nanya, nich. peminatnya banyak ga sih di bidang astronomi di ITB. Saya dari dulu sudah suka sama pelajaran astronomi.

  • JJBC

    kak, kalo bintang terbesar di luar angkasa di mana ???????

    • Tandy

      Bintang terbesar yang dapat dilihat yaitu si maharasa Betelguese yang besarnya 1000 kali matahari

    • vy canis majorislah bintang terbesar saat ini. belum ada yang lebih besar lagi. radiusnya 1800-2100 kali lipat radius matahari

    • Tandy

      Ya tapi, aku pernah baca di buku bintang terbesar yg dapat dilihat dengan mata telanjang yaitu betelguese, sedangkan canis major hanya dapat dilihat dengan teleskop

  • --Lia--

    Kak, saya mau nanya.
    Gimana sih cara mengamati rasi-rasi bintang. Hampir semuanya sama-sama aja. Hhe … yang paling dapat saya amati itu,, rasi bimtang salib selatan. Untuk yang lainnya, saya kurang tahu. Tolong infonya ya ..! ^^

    • untuk mengamati rasi, harus sambil membandingkan langsung dengan peta langit. bisa dari versi cetak atau dari program di komputer semisal stellarium. lama-lama pasti terbiasa 🙂

  • --Lia--

    Kak, saya mau nanya.
    Gimana sih cara mengamati rasi-rasi bintang. Hampir semuanya sama-sama aja. Hhe … yang paling dapat saya amati itu,, rasi bintang salib selatan. Untuk yang lainnya, saya kurang tahu. Tolong infonya ya ..! ^^

  • annisa nurul huda

    ka mw tanya pha kalo dari jurusan bahasa bisa masuk astronomi ?

    mhn jawabannya

  • Ari

    aku mau nanya, mengapa bisa terjadi Bigbang

    • bigbang adalah teori yang menjelaskan bagaimana alam semesta kita berawal. kesimpulannya jadi bigbang karena hasil pengamatan menunjukkan bahwa galaksi-galaksi yang jauh bergerak menjauhi kita, dengan laju yang semakin besar jika jaraknya dari kita semakin jauh

  • Ari

    Aku mau nanya lagi, Apa perbedaan bintang kembar dan bintang ganda?

  • Afdi

    Aku pernah baca di ensiklopedi bahwa setelah big bang alam semesta mengembang lalu setelah lama mengembang akan menyusutdan terjadilah big crunch. Apakah itu benar?

    • big crunch memang jadi salah satu teori tentang masa depan alam semesta. teori lainnya adalah alam semesta terus mengembang dan alam semesta terus mengembang dengan laju yang mengecil

  • Ari

    Apa itu sabuk kuiper?

  • resty

    apa manfaat internet bagi ilmu astronomi?

  • bintang

    mau tanya nih
    =>apakah benar??atmosfer tercipta karena berputarnya inti suatu planet??
    x>klo salah …atmosfer itu tercipta dari apa??

    thq

    • keberadaan atmosfer berkaitan erat dengan massa planet dan tidak ada hubungannya dengan berputarnya inti suatu planet. semakin besar massanya, semakin sulit atmosfer melepaskan diri dari planet itu karena kecepatan lepas semakin besar pula.

  • Dodo

    Ass.wr.wb

    Mau tanya,apakah langit yang kita lihat dari berbagai penjuru sama??misal bila kita melihat lahit di kutub utara dan selatan..serta ini yang bikin saya penasaran,sebenarnya definisi langit itu sendiri seperti apa??

    Terima Kasih

    Wassalam

    • wa ‘alaykumsalam. kenampakan langit (dalam hal ini bintang-bintangnya) dari daerah di utara khatulistiwa tentunya berbeda jika diamati dari selatan khatulistiwa. sedangkan langit itu sendiri mungkin bisa didefinisikan sebagai area tempat bintang-bintang, planet, bulan, dan matahari terlihat. dan ini hanya ada di bumi saja, jika kita pergi ke luar angkasa, maka kita tidak punya langit lagi

  • aznie

    DADC mau tanya klo kelas klasifikasi spektrum bintang slain kelas O,B,A,F,G,K,dan M ada lagi gk.
    makasih

Leave a Reply to Danau Toba Cancel reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.