Gerhana Bulan Sebagian dan Gerhana Matahari Cincin Di Awal Tahun 2010

Selamat tahun baru semuanya! Ya, tahun 2009 sudah diganti dengan tahun 2010. Walaupun Tahun Astronomi Internasional sudah berakhir, janganlah bersedih terlalu lama karena di awal tahun 2010 ini ada dua peristiwa astronomi yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Yang satu sudah terlewati, yang satu lagi belum. Mari kita bersiap untuk mengamatinya.

Peristiwa spektakuler pertama di tahun 2010 ini adalah Gerhana Bulan Sebagian (GBS), yang terjadi kurang dari 30 menit setelah pergantian tahun. Proses gerhana itu dimulai dengan masuknya Bulan ke penumbra Bumi pada pukul 00.17 WIB. Namun dengan mata telanjang, kita akan kesulitan melihat perbedaan kenampakan Bulan saat ini dengan sebelum gerhana terjadi. Kita baru bisa melihat pemandangan yang membuat kita menahan nafas ketika waktu menunjukkan pukul 01.53 WIB, yaitu saat Bulan mulai memasuki umbra Bumi. Bagian tepi Bulan akan perlahan menghitam sedikit demi sedikit hingga mencapai puncaknya pada pukul 02.24 WIB dan kembali seperti semula pada pukul 02.53 WIB. Proses GBS ini berakhir seluruhnya pada pukul 04.28 WIB. Di bawah ini adalah hasil pemotretan yang kami lakukan.

Gerhana Bulan Sebagian 1 Januari 2010
Gerhana Bulan Sebagian 1 Januari 2010

Apabila saat itu Anda tidak sempat menyaksikan GBS, peristiwa gerhana berikutnya mungkin bisa Anda masukkan dalam jadwal sebagai salah satu peristiwa yang kami rekomendasikan untuk diamati. Peristiwa yang kami maksud adalah Gerhana Matahari Cincin (GMC) pada tanggal 15 Januari 2010. Namun dari Indonesia, yang bisa kita amati hanyalah Gerhana Matahari Sebagian (GMS) saja, karena tidak ada daerah di Indonesia yang dilalui oleh jalur totalitasnya, tidak seperti GMC 26 Januari 2009 yang lalu.

Animasi Gerhana Matahari
Animasi Gerhana Matahari Total 100115

Daerah di Indonesia yang dapat menyaksikan gerhana nanti adalah seluruh Sumatra dan Kalimantan, bagian barat pulau Jawa, dan bagian utara pulau Sulawesi. Meskipun begitu, proses GMS akan bisa kita saksikan lebih baik apabila kita berada di wilayah barat Indonesia. Di sana gerhana akan berlangsung lebih lama dan piringan Matahari yang tertutup oleh Bulan juga lebih banyak dibandingkan dengan pengamatan di daerah timur.

Untuk pengamat yang berada di Banda Aceh, gerhana dimulai pada sekitar pukul 13.40 WIB dan berakhir pada pukul 16.40 WIB. Luas daerah piringan Matahari yang tertutupi Bulan mencapai 46% pada saat maksimumnya, yaitu pada sekitar pukul 15.20 WIB. Jumlah tersebut jauh lebih besar daripada hasil pengamatan di Manado yang hanya menutupi 0,3% daerah piringan Matahari saja. Silakan lihat animasi kenampakan gerhana Matahari dari 4 kota di Indonesia, yaitu Banda Aceh, Jakarta, Semarang, dan Manado (semuanya berumber dari eclipse.org.uk).

PERINGATAN. Satu hal penting yang HARUS DIPERHATIKAN ketika mengamati Matahari adalah kita tidak boleh melihatnya secara langsung baik dengan mata telanjang ataupun dengan alat optik seperti kamera, binokular, ataupun teleskop. Melakukan hal tersebut dapat mengakibatkan KERUSAKAN MATA sementara ataupun permanen (KEBUTAAN). Amati Matahari dengan menggunakan filter yang aman, dan jangan melihatnya secara terus menerus. Amati paling lama 2 menit, kemudian berhenti dan baru amati lagi setelah 3 menit. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kerusakan pada mata seandainya ada cacat pada filter yang kita gunakan. Baca juga halaman ini. Selamat melakukan pengamatan.

Tulisan ini juga dapat dibaca di halaman ini

11 thoughts on “Gerhana Bulan Sebagian dan Gerhana Matahari Cincin Di Awal Tahun 2010

  • 07.07.2010 at 12:38
    Permalink

    huch….klw gerhana mthri total glap bgt dunia nich…..

    sebenarnya, tidak seluruh bagian di dunia ini ang menjadi gelap. tapi hanya sebagian kecil, dan hanya sebentar saja

    Reply
  • Pingback: Weblog Astronomi Berbahasa Indonesia

  • 22.04.2010 at 11:40
    Permalink

    hemp,,,,,,kok infonya cma gitu2 ja seh,,, itu mah biasa,,,
    nta tlg dijelasin gimana kok bisa terjadi GMC donkz!!! ๐Ÿ˜‰

    tulisannya akan dibuat. terima kasih atas perhatiannya ๐Ÿ™‚

    Reply
  • 01.03.2010 at 16:14
    Permalink

    eclipse.. the magnificent phenomenon in the universe..

    Reply
  • 17.02.2010 at 19:47
    Permalink

    aku pengen tau banyak nih tentang macam-macam gerhana trus ak pengen tau banyak tentang terjadinya gerhana??? ๐Ÿ˜›

    Reply
  • 23.01.2010 at 11:54
    Permalink

    tau ndak apa ya manfaat gerhana bulan ato gerhana bagi mkhluk hidup?

    kalau manfaat tidak tahu, tapi kalau pengaruh mungkin ada. ketika gerhana matahari total, langit akan menjadi gelap sesaat. beberapa jenis hewan akan terpengaruh dan menganggap bahwa saat itu sudah malam. padahal ga lama setelah itu matahari bersinar lagi.

    Reply
  • 06.01.2010 at 11:48
    Permalink

    moga g ketutup mndung…

    amiin. gak kayak tahun lalu pas gmc ya, di semarang mataharinya tertutup awan

    Reply
  • 05.01.2010 at 10:33
    Permalink

    Silahkan ke Sumatra untuk melihat gerhana sebagian dengan persentase ketertutupan matahari yang lebih besar :p

    kamu adain aja di sana ed sama temanteman, trus ngundang aku. akomodasinya jangan lupa ya ๐Ÿ˜€

    Reply
  • 05.01.2010 at 09:00
    Permalink

    Thx infonya. Gak bakal dilewatkan gerhana mataharinya, semoga cuaca cerah.

    Reply
  • 04.01.2010 at 19:31
    Permalink

    15 Januari 2010, GMC…??
    I will u.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.