Gerhana Bulan Total 10 Desember 2011

 

Bersiaplah untuk gerhana yang terakhir di tahun ini, yaitu Gerhana Bulan Total yang akan terjadi pada tanggal 10 Desember 2011. Beruntunglah kita yang ada di seluruh wilayah Indonesia karena dapat mengamati peristiwa spektakuler ini sejak awal hingga akhir.

Masih ingat dengan Gerhana Bulan Total di bulan Juni lalu? Apabila gerhana tersebut dimulai pada pukul 01.23 WITA, gerhana nanti akan dimulai lebih awal yaitu pada pukul 19.33 WITA (WIB = WITA – 1 jam, WIT = WITA + 1 jam), sehingga lebih bersahabat dibandingkan jika terjadi pada dinihari. Apalagi terjadinya di malam Minggu, tentunya tidak akan terlalu mengganggu proses belajar para siswa. Perbedaan lainnya adalah gerhana nanti akan terjadi lebih singkat dibandingkan gerhana Juni lalu. Kali ini totalitas gerhana hanya akan berlangsung selama 50 menit saja, bandingkan dengan gerhana yang terjadi pada Juni lalu yang mencapai 100 menit.

Gerhana Bulan 10 Desember 2011 (Sumber: astro.ukho.gov.uk/eclipse/)
Gerhana Bulan 10 Desember 2011 (Sumber: astro.ukho.gov.uk/eclipse/)

Tahapan yang paling menarik pada gerhana Bulan akan terjadi ketika Bulan mulai masuk ke umbra Bumi pada pukul 20.45 WITA. Sedikit demi sedikit Bulan purnama itu akan berubah menjadi Bulan sabit karena sebagian permukaannya menjadi gelap. Lalu sabitnya pun semakin lama semakin kecil/tipis. Dan ketika bayangan gelap umbra sudah mendominasi permukaan Bulan, kita akan melihat bayangan gelap tersebut berganti warna menjadi merah. Akhirnya saat tahapan totalnya terjadi, seluruh permukaan Bulan juga menjadi merah gelap. Tahapan totalitas tersebut akan dimulai pada pukul 22.06 WITA dan berakhir pada pukul 22.57 WITA. Setelah itu warna putih di Bulan akan kembali muncul perlahan hingga akhirnya Bulan menjadi purnama kembali setelah pukul 01.30 WITA.

Warna merah yang terlihat di bagian gelap Bulan tersebut berasal dari sebagian cahaya Matahari yang masih dapat menembus atmosfer Bumi. Kita tahu bahwa cahaya Matahari terdiri dari berbagai warna yang bisa dilihat di sebuah pelangi (terdiri dari mejikuhibiniu). Oleh atmosfer Bumi, seluruh cahaya tersebut tidak ada yang diteruskan kecuali warna merahnya saja dan sedikit dibelokkan sehingga mengenai permukaan Bulan. Penyebabnya adalah karena warna merah memiliki panjang gelombang yang paling panjang.

GBT 16 juni 2011 (Sumber: Planetarium Tenggarong)
GBT 16 juni 2011 (Sumber: Planetarium Tenggarong)

Kini, mari kita persiapkan pengamatannya dari sekarang. Kita harus cari tempat yang memiliki langit timur yang bebas dari halangan pepohonan, rumah, ataupun gedung. Karena saat terjadinya gerhana Bulan akan berada di langit sebelah timur setelah terbit sekitar pukul 18.00 waktu lokal. Fenomena ini tentunya dapat diamati dengan mata telanjang, tetapi wajib hukumnya menggunakan alat bantu seperti binokuler, kamera, atau teleskop jika tersedia di rumah. Terakhir, jangan lupa berharap bahwa cuaca akan cerah sepanjang malam. Selamat melakukan pengamatan! ๐Ÿ™‚

TAMBAHAN:

Berikut ini adalah beberapa lokasi pengamatan gerhana Bulan Sabtu nanti:

  • Jakarta: Planetarium
  • Tenggarong: Planetarium
  • Yogyakarta: Masjid Gedhe Kauman
  • Solo: Ponpes Assalaam
  • Semarang: Masjid Agung Jawa Tengah
Poster Pengamatan Gerhana Bulan Total (Sumber: Facebook)
Poster Pengamatan Gerhana Bulan Total (Sumber: Facebook)

 

Berikut lokasi-lokasi pengamatan Gerhana Bulan Total yang akan disiarkan melalui streaming:

1. Observatorium Bosscha – Lembang, Bandung
2. LAPAN, Yogyakarta
3. BMKG Kemayoran, Jakarta
4. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
5. Universitas Mataram, NTB
6. RHI Yogyakarta
7. Univ. Islam Sultan Syarif Kasim, Riau
Sumber: Kominfo

81 thoughts on “Gerhana Bulan Total 10 Desember 2011

  • 01.10.2015 at 17:57
    Permalink

    Bulan kepnakan aku. Dia lagi bobo cantik

    Reply
  • 11.12.2011 at 18:34
    Permalink

    terimakasih infonya,, sangat membantu buat tugas blog sekolah ^__^

    Reply
  • 11.12.2011 at 18:13
    Permalink

    selamat buat yang bisa lihat. untuk yang belum lihat, mudah-mudahan terobati dengan melihat foto-foto yang beredar di internet atau di koran-koran dan berita di televisi. semoga gerhana berikutnya bisa melihat

    Reply
  • 11.12.2011 at 15:51
    Permalink

    Medan, Sumatera Utara terlihat jelas mas..

    Reply
  • 11.12.2011 at 14:08
    Permalink

    jombang mendung jadi ga’ bisa liat tp g’lupa sholatnya

    Reply
  • 11.12.2011 at 14:06
    Permalink

    jombang mendung……………. ga’bisaliat bulan tp tdk lupa sholatnya

    Reply
  • 11.12.2011 at 12:25
    Permalink

    Cilacap nampak jelas, indah terlihat walau kadang-kadang awan menyelimuti.
    Subhannallah…………………………………..

    Reply
  • 11.12.2011 at 09:42
    Permalink

    iio q kmrn liatd ,.,.,. buaguzz ,.,.

    Reply
  • 11.12.2011 at 09:18
    Permalink

    semalamm aku jg liatt tapi sayang tertutup awan,, jd cuma bntr…

    Reply
  • 11.12.2011 at 01:57
    Permalink

    mmmm…nih lagi nunggu detik2 terjadnya gerhana bulan ni… soalnya kita di cairo,,, jd yg di Indonesia udah dluan ngeliatnya…
    mmmm… di sini bisa ngeliat dr atas gedung… jelas bangeeeet lhoo.
    o iya… ga lupa shalat gerhana bulan kan ???

    Reply
  • 11.12.2011 at 00:44
    Permalink

    jakarta mendung ujan mulu dari sore, gk keliatan bulannya, ngumpet dibalik mendung.. tapi puas udh liat live streamingnya tadiii…. =D

    Reply
  • 10.12.2011 at 23:46
    Permalink

    Semarang mendung,..huhu ๐Ÿ™

    Reply
  • 10.12.2011 at 23:19
    Permalink

    dari balkon rumahku kliatan jelas banget……gak da alangan apapun….subhanalloh cantik bgt…..full merah…

    Reply
  • 10.12.2011 at 23:13
    Permalink

    palembang nampak jelas buangetttt………

    Reply
  • 10.12.2011 at 23:01
    Permalink

    Madura mendung, bulan hanya ngintep malu padaku. hayya ‘alasshalah ???????????

    Reply
  • 10.12.2011 at 22:39
    Permalink

    Tumis oncom enaknye pake lunca. Mo nonton gerhana kaga bisa. Dasar oncom bisanye cuma ditumis. Dimakan pas ujan gerimis

    Reply
  • 10.12.2011 at 22:33
    Permalink

    Mendung…pararoek, jd teu ka tempo euy d cirebon mah……

    Reply
  • 10.12.2011 at 22:28
    Permalink

    alhamdllh. saksikan kebesaran maha kuasa. Renunglah dan fikirkan apa yg tersirat

    Reply
  • 10.12.2011 at 22:19
    Permalink

    hujan gelap hitam lain kali kalo hujan awannya warna putih biar kelihatan

    Reply
  • 10.12.2011 at 22:04
    Permalink

    g kelihatan menduuunggg ๐Ÿ™

    Reply
  • 10.12.2011 at 22:01
    Permalink

    ujaaaaan ๐Ÿ™ gak keliatan apa2

    Reply
  • 10.12.2011 at 21:28
    Permalink

    alhamdulillah,,,gerhana bulan kali ini tepat pada hari ulath saya,,alhmdulillah lagi dipekanbaru keliatan jelas gerhananya,,..alhamdulillah sesuatu,,ahaahahah

    Reply
  • 10.12.2011 at 21:17
    Permalink

    kira kira di balikpapan jam brapa ya?

    Reply
  • 10.12.2011 at 20:48
    Permalink

    ntar liat bareng ma temen2.. semoga gak hujan

    Reply
  • 10.12.2011 at 20:38
    Permalink

    jam berapa mulainya ?

    Reply
  • 10.12.2011 at 20:37
    Permalink

    walah.. hujan dijakarta.. :(( mudah2an jam 9 nanti terang

    Reply
  • 10.12.2011 at 20:19
    Permalink

    payaaaaaaahh….. langit kota magelang tertutup mendung, padahal gunung andong, telomoyo dan merbabu keliatan jelas dan indah. merapi juga ditelah kabut. nggak jadi motret ini. hayo dimana yang langitnya cerah, kalau punya jet saya akan kesana

    Reply
  • 10.12.2011 at 19:31
    Permalink

    kejadian langka.. matahari, bumi, dan bulan ada diposisi segaris

    Reply
  • Pingback: Siapkan dirimu dari Gerhana Bulan Total 10 Desember 2011 | Universitas Terbaik – Mystery of The World

  • 10.12.2011 at 18:26
    Permalink

    Koreksi sedikit
    Wib = wita + 1 jadi kalo 19.33 wita = 20.33 wib
    Wit = wita – 1 jadi kalo 19.33 wita = 18.33 wit

    Reply
    • 10.12.2011 at 18:35
      Permalink

      terbalik mas. wib (jakarta) ada di baratnya wita (bali) sehingga waktunya lebih lambat, wit (papua) ada di timurnya bali jadi waktunya lebih duluan. jadi kalau di bali 19.33, maka di jakarta 18.33 dan di papua 20.33

      Reply
    • 10.12.2011 at 18:38
      Permalink

      yang benar yang mana? dipastikan, ya…

      Reply
  • 10.12.2011 at 18:24
    Permalink

    Gerhana bulan tak lebih dari peristiwa alam biasa seperti matahari terbit, tenggelam dls. Alangkah indahnya jika peristiwa itu menambah keimanan kita apapun agama kita, karena Tuhan ada dibaliknya.

    Reply
  • Pingback: INFO GERHANA BU… « Thenorthenstar's Blog

  • Pingback: Gerhana Bulan Total 10 Desember 2011 « rendhyfrastyo

  • 10.12.2011 at 17:09
    Permalink

    Subhanallah, Allahu Akbar
    Fenomena alam ini seharusnya kita fahami bahwa hanya Allah yang Maha Besar dan Pencipta alam semesta ini. Hilangkan semua kesombongan kita,semoga Allah senantiasa memberi petunjuk hati ini untuk selalu taat kepada-Nya.

    Reply
  • 10.12.2011 at 16:51
    Permalink

    allahhuakbar,klo d denpasar BALI kita bisa lht dmn ya?

    Reply
    • 10.12.2011 at 18:25
      Permalink

      di mana saja bisa asalkan langit timur-timur lautnya luas

      Reply
  • 10.12.2011 at 12:49
    Permalink

    ALLAHU AKBAR,. MAHA BESAR ALLAH YANG TELAH MENCIPTAKAN LANGIT DAN BUMI ,BASERTA ISINYA,
    NANTI MALAM AKAN TERJADI GERHANA BULAN,MOGA KITA BISA MELAKSANAKAN SHALAT GERHANA BULAN

    Reply
  • 10.12.2011 at 12:21
    Permalink

    minta infonya dong ka , kalo kita mau liat gernanyanya di planetarium jakarta kita langsung dateng atau gimana persyaratannya ?

    Reply
  • 10.12.2011 at 11:37
    Permalink

    subhanallah,Allah huakbar,,, itu tanda kekuasaannya,,,
    semoga nanti malam bisa melaksanakan sholat gerhana,,,

    Reply
  • Pingback: gerhana bulan total malam ini « maru's memento

  • 08.12.2011 at 07:46
    Permalink

    ALLOHU AKBAR….KEAGUNGAN ALLAH SWT.SEBAGAI TANDA KEKUASAAN-NYA,KITA DI SUNATKAN SHALAT GERHANA ( TAKBIR,TAHMID,TAHLIL ) EIT..JANGAN LUPA TENTUNYA BERSHADAQAH.

    Reply
  • 08.12.2011 at 01:58
    Permalink

    Ayo kita bersama menikmati keindahan ciptaan Allah SWT,
    untuk yang di wilayah Semarang, ada observasi di MAJT, dimulai dengan Seminar dari ba’da ashar, dan observasi ba’da isya, smpai selesai
    untuk wilayah Solo raya, bisa mengikuti di Ponpes Assalam sukoharjo

    Reply
  • 07.12.2011 at 17:45
    Permalink

    sukaaaa melihat langit malam. apalagi ada yg beginian. semoga langit cerah. semoga ada DSLR + telelens yg bisa kupinjam. ^^

    Reply
    • 07.12.2011 at 21:21
      Permalink

      amin buat langit cerahnya. kalau untuk kamera+lensa, ajak aja temen yang punya buat motret bareng ๐Ÿ™‚

      Reply
  • 07.12.2011 at 12:23
    Permalink

    semoga keadaan langit malam nanti cerah, ga mendung apalagi hujan,

    Reply
  • 07.12.2011 at 08:59
    Permalink

    Subhanalloh walhamdulillah walla ilaha ilallah, seluruh kejadian di alam ini sebagai tanda-tanda kebesaran ALLAH SWT dan menjadi pelajaran bagi orang-orang yang berfikir…

    Reply
  • 06.12.2011 at 21:08
    Permalink

    mudah-mudahan bukan mendandakan akan berakhirnya dunia ini. makasih

    Reply
  • 06.12.2011 at 21:08
    Permalink

    Subhanallah, yg demikian merupakan sebagian kecil dari tanda-tanda kekuasaan-Nya. Mari kita laksanakan shalat Gerhana, Insya Allah

    Reply
  • 06.12.2011 at 18:22
    Permalink

    Pada saat terjadi gerhana bulan ataupun gerhana matahari, kaum muslimin dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnat 2 rakaat secara berjamaah di mesjid yang diikuti dengan khutbah sebagaimana pada shalat idul fitri atau idul adha.
    Usai melaksanakan shalat, kita dianjurkan untuk berdo’a, berzikir, beristighfar dan bersedekah…..Semoga kita dapat melaksanakan ibadah-ibadah tersebut pada waktunya….semoga berkah…amin yra….

    Reply
  • 05.12.2011 at 16:53
    Permalink

    di masjid Ad-Dakwah Pepe Tegal Trirenggo Bantul sudah dipersiapkan untuk SHOLAT GERHANA Sabtu, 10 Desember 2011.

    Reply
  • 05.12.2011 at 07:45
    Permalink

    Mari kita bertobat kepada ALLAH SWT…
    gunakan harta,jabatan dan sisa umur untuk ruku..sujud..kepada ALLAH SWT.
    Dengan shalat khusuufi dan bershodaqoh…

    Reply
  • 04.12.2011 at 22:23
    Permalink

    Subhanallah, Allahu Akbar.
    Penomena alam yang mneyadarkan kita akan kebesaranNya.
    Mari kita sama-sama mendirikan shalat gerhana…

    Reply
  • 04.12.2011 at 21:27
    Permalink

    Subhanallah…
    semoga saja saya bisa melihat secara langsung dan semoga langit cerah tanggal 10 Desember nanti….

    Reply
  • 03.12.2011 at 11:49
    Permalink

    Subhanallah…
    Izin share tulisan ini yaa

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.