Gerhana Bulan Sebagian 26 April 2013

Tidak lama lagi sebuah peristiwa gerhana akan terjadi. Pada tanggal 26 April 2013 pukul 01.03 dinihari WIB Bulan akan mengalami Gerhana Bulan Sebagian (GBS). Hampir seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati GBS ini. Hanya kawasan timur Indonesia saja yang akan sedikit kesulitan untuk mengamatinya karena Bulan sudah rendah di langit sebelah barat (hampir terbenam).

Gerhana Bulan Sebagian 26 April 2013
Gerhana Bulan Sebagian 26 April 2013

 

Pada GBS nanti fase umbra akan dimulai pada pukul 02.54 – 03.21 WIB (hanya selama 27 menit saja). Dan akhirnya seluruh proses GBS pun akan selesai pada pukul 05.11 WIB. Selain hanya sebentar magnitud gerhana umbra pada GBS nanti juga kecil, hanya 0,0148. Bandingkan dengan gerhana Bulan total yang nilai magnitudnya bisa lebih besar dari 1. Magnitud gerhana itu sendiri dihitung dari perbandingan antara diameter sudut Bulan dengan diameter sudut bayangan umbra Bumi.

Walaupun disebut sebagai gerhana sebagian, bagian Bulan yang terkena umbra Bumi saat GBS nanti sangatlah sedikit. Akibatnya kita tidak akan melihat Bulan berubah menjadi merah sebagaimana yang terjadi pada saat gerhana Bulan total 16 Juni 2011 yang lalu. Namun kita masih dapat melihat Bulan yang lebih gelap dari Bulan purnama biasanya, mirip dengan yang kita lihat pada saat Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012 yang lalu. Semoga langit cerah & pengamatan kita lancar. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.