Selamat Ulang Tahun, Sputnik

Hari ini 60 tahun yang lalu, di tahun 1957, sebuah sejarah ditorehkan umat manusia di Bumi dengan mengorbitnya satelit pertama di dunia bernama Sputnik 1 oleh Uni Sovyet. Satelit berbentuk bola berdiameter 58 cm dengan 4 antena radio ini memancarkan sinyal diluncurkan ke orbit rendah. Dengan mempelajari Sputnik 1, para peneliti bisa mengetahui banyak hal, misalnya kerapatan atmosfer bagian atas yang mempengaruhi perubahan orbitnya dan informasi mengenai lapisan ionosfer.

Peringatan 10 tahun Sputnik. Sumber: 1967 CPA 3496, Wikimedia.
Peringatan 10 tahun Sputnik. Sumber: 1967 CPA 3496, Wikimedia.

Walaupun sinyal Sputnik 1 hanya bertahan 21 hari karena kehabisan baterai pada tanggal 26 Oktober dan 3 bulan kemudian, pada 4 Januari 1958, terbakar di atmosfer karena tertarik gravitasi Bumi, peran satelit ini sangat penting karena telah menandai dimulainya perlombaan keantariksaan antara Uni Sovyet dan Amerika Serikat. Sehingga kini kita bisa menikmati begitu banyak kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti adanya jaringan internet, GPS, HP, televisi, dan lain-lain, yang teknologinya banyak ditemukan karena dipicu oleh kebutuhan penerbangan ke luar angkasa.

Hari ini juga penting bagi dunia astronomi, karena dimulainya Pekan Antariksa Dunia (World Space Week atau WSW) dari tanggal 4 hingga 10 Oktober. Tanggal 4 dipilih karena peluncuran Sputnik, sedangkan tanggal 10 dipilih karena peristiwa penandatanganan Traktat Luar Angkasa (Outer Space Treaty) pada tanggal 10 Oktober 1967. Di sini telah disepakati berbagai aturan keantariksaan yang berlaku secara internasional, misalnya larangan pembuatan senjata pemusnah massal di orbit Bumi, di Bulan atau planet lain, atau bahkan di titik manapun di ruang angkasa. Selain itu juga ada pembatasan tentang memanfaatkan seluruh benda angkasa hanya untuk keperluan perdamaian dan tidak boleh untuk pengujian senjata, pembuatan markas militer, dan lain-lain. Setiap tahunnya, WSW ini dirayakan oleh banyak negara di dunia, termasuk juga di Indonesia, dengan pengamatan langit malam bersama-sama. Semoga langit cerah ya.

#sputnik #happybirthdaysputnik #spacerace #worldspaceweek #spaceweek #pekanantariksadunia #ayongamat #astronomiasyik #astrofotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.