Kontak DADC

0817 226 986
Twitter: duniaastronomi
Facebook: Dunia Astronomi
Plurk: dadc
Instagram: dunia.astronomi
Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan dadc. Kami selalu menghubungi melalui nomor di atas.

Tanya Jawab

Silakan tuliskan pertanyaan tentang astronomi melalui komentar di bawah. Kami akan menjawabnya melalui komentar ataupun dengan menuliskan artikel baru.



Terima kasih.

1,622 comments to Tanya Jawab

  • nurfa

    assalammualaikum, maaf mau tanya. kenapa sih, bisa terbentuk cincin saturnus ?

    • wa ‘alaykumsalam. cincin itu berasal dari satelit saturnus yang hancur di jaman dulu. satelit itu hancur karena terkena efek gravitasi yang sangat kuat dari saturnus.

  • viena

    planet yg terdekat dengan bumi itu apa?? trus urutannya dari awal planet gmn…

  • ok

    Allah adalah pencipta alam semesta dengan begitu Dia bukanlah bagian dari alam semesta. maka peristiwa isra mi’raj nabi Muhammad SAW adalah perjalanan keluar dari alam semesta. mohon penjelasannya….

    • maaf, topik tersebut bukan termasuk dalam bahasan kami. silakan tanyakan/diskusikan kepada yang lebih kompeten dalam topik tersebut. kami hanya membahas topik seputar astronomi saja πŸ™‚

  • yandhi riyanto

    kenapa kok meteor masih ada aja yang bisa tembus ke bumi????gak hancur terbakar oleh gravitasi????
    thank’s jawabannya.

    • meteor bisa sampai ke permukaan bumi (disebut meteorit) karena ukurannya yang cukup besar sehingga tidak terkikis habis di atmosfer. hanya meteor berukuran kecil saja yang bisa habis terbakar, tapi bukan oleh gravitasi melainkan oleh tekanan dan gesekan dengan partikel di atmosfer bumi

  • L

    terima kasih telah menjawab pertanyaan saya sebelumnya. saya mau tanya lagi, maaf kalau merepotkan.

    1. di video ini –> http://www.youtube.com/watch?v=L1SycRpYH3k terlihat semakin komet mendekati matahari, semakin cepat gerakan komet, apa hal ini benar?
    2. di video ini –> http://www.youtube.com/watch?v=VEyyOIyaeME terdapat tumbuhan di atas meteorit, kenapa bisa begitu?
    3. dampaknya jika komet menabrak matahari
    4. apa yang terjadi jika bumi tidak memiliki satelit (bulan)?

    terima kasih sebelumnya

    • 1. maaf, saya belum lihat videonya. tapi begini. komet dan benda lainnya di tata surya mengelilingi matahari dengan orbit berbentuk elips. akibatnya, geraknya tidak konstan. ada saat ia lambat yaitu ketika berada di jarak yang paling jauh, dan ada juga saat ia cepat ketika jarak yang paling dekat dari matahari.
      2. meteorit itu sudah ada di bumi selama sekitar 2 tahun kan? jadi wajar saja kalau batu tersebut bisa ditumbuhi tumbuhan.
      3. komet biasanya berukuran kecil, bahkan jauh lebih kecil dari planet. jadi kalau komet menabrak matahari maka nasibnya akan berakhir.
      4. tidak tahu, tapi yang pasti akan berbeda dengan sekarang.

  • ririnAF

    ka aku mau tanya dong , tentang pristiwa terjadinya blackhole πŸ˜€ dan aku minat banget kuliah di ITB jurusan Astronomi tapi aku masih bingung setelah lulus aku bisa kerja dimana aja , makasi ka .

  • Rizky

    Ada yang kurang tepat ngga dari ke-11 akibat rotasi bumi ini???

    1. Terjadinya peubahan waktu
    2. Terjadinya perubahan arah angin
    3. Terjadinya perbedaan ketebalan atmosfer
    4. Terjadinya perbedaan percepatan gravitasi
    5. Terjadinya pergantian siang dan malam
    6. Bentuk bumi menjadi bulat spheroid
    7. Terjadinya pembelokan arah angin
    8. Terjadinya gerak semu harian matahari dan benda – benda langit lainnya
    9. Terjadinya gaya coriolis
    10. Pekerjaan satelit terbantu
    11. Munculnya daya magnit (Daya tarik) bumi ke matahari

    Mohon Jawabannya Thanks!

  • Rizky

    Assalamualaikum wr.wb.

    Mana yang lebih dekat dengan bumi, Venus atau Mars?

    Wassalamualaikum wr.wb.

    • wa ‘alaykumsalam wr. wb.
      venus, dengan jarak terdekat bisa mencapai 38.156.000 km

      yang kurang tepat dari akibat rotasi bumi adalah yang no 11

  • ririnAF

    terima kasih ka atas jawabannya yang lalu , oh iyah bisa ga kita ngebedain macam macam (nama) bintang yang kita liat dengan mata telanjang ? kalau bisa bagaimana caranya , terima kasih

    • caranya dengan mengetahui “alamat”nya. sama seperti rumah-rumah yang memerlukan alamat supaya tidak ada penghuninya yang tertukar, bintang-bintang juga punya “alamat” yang ditandai dengan angka-angka koordinat. dalam astronomi dikenal beberapa sistem koordinat, salah satunya yang umum dipakai adalah ekuatorial. silakan baca di http://duniaastronomi.com/label/koordinat/

  • no name

    maaf, mau tanya2 diikit
    sbenernya apa ada kehidupan selain di bumi.?

  • ara

    assalamu’alaikum,maaf saya mau tanya.apa yang dimaksud dengan protobintang dengan bintang deret utama?

  • ara

    assalamu’alaikum,maaf saya mau tanya.apa yang dimaksud dengan protobintang dan bintang deret utama?

    • protobintang adalah ‘janin’ bintang, yaitu bintang yang belum jadi.
      deret utama adalah tahapan awal dalam kehidupan bintang, yang pasti dilalui semua bintang sebelum bertambah tua

  • agis

    aslmkum..
    mau tanya, karena alasan apa pluto di keluarkan dari bangsa planet?
    trmksih..

  • agis

    aslmlkum..
    mau tanya,, karena alasan apa pluto di eliminasi dari bangsa planet?
    trmksh..

    • pluto tidak digolongkan planet lagi karena sudah ada definisi/syarat baru tentang planet dan kondisi pluto tidak memenuhi syarat tersebut. ada 3 syarat sebuah benda dinyatakan sebagai planet.

      pertama, mengorbit matahari. kedua, massanya cukup besar sehingga bentuknya bundar. ini adalah tanda bahwa benda tersebut dapat menghasilkan kesetimbangan gravitasi di permukaannya. ketiga, area di sekitar orbitnya cukup ‘bersih’, dalam artian tidak ada benda lain yang massanya cukup besar dibandingkan dengan planet itu.

      pluto tidak termasuk dalam planet karena tidak memenuhi syarat ketiga. di sekitar pluto ada sejumlah massa yang cukup besar, yaitu satelit-satelitnya (Charon, Nix, dan Hydra.

  • rissa

    gedung penyelidikan bintang tertua di inggris…
    tepat ny di kota mana??? tolong di blz yya kak???

  • fldzhx

    Astronomi ITB itu menerbitkan buku2 tentang Astronomi ngga sih? kalo iya, belinya dimana?

  • sigit

    apa faktor2 yang membuat bmi itu berputar begitu lama tanpa berhenti

    • putarannya tidak terhenti karena tidak ada penghambatnya. kalau di bumi, bola yang berputar bisa berhenti akibat gesekan dengan udara atau lantai. di ruang angkasa, tidak ada materi yang menghambatnya

  • amalina

    paralaks itu apa sih?

    • paralaks adalah perbedaan kenampakan latar belakang suatu benda apabila dilihat dari dua tempat yang berbeda. contohnya: pegang sebuah pensil di jarak 30 cm di depan mata. perhatikan pensil itu dengan mata kanan saja (mata kiri terpejam). lalu ganti melihatnya dengan mata kiri saja (mata kanan terpejam). berbedanya ‘suasana’ di latar belakang pensil itu jika dilihat dengan mata kanan atau kiri saja itulah yang disebut paralaks.

      http://duniaastronomi.com/2009/05/mengukur-jarak-bintang-dengan-paralaks/

  • diaz

    saya mau tanya, cara para astronom melihat kandungan senyawa atau molekul yang ada di bintang atau benda langit lainnya itu gimana sih, kan pengamat hanya bisa melihat dari jauh

    • dengan meneliti spektrumnya. setiap bintang akan menghasilkan spektrum yang memiliki banyak garis-garis gelap yang disebut garis absorpsi/serapan. garis absorpsi tersebutlah yang menunjukkan kandungan unsur dalam sebuah bintang.

  • yunita

    saya mau b’tanya, apa dampak dampak badai matahari bagi kehidupan di bumi? trimakasih..

    • badai matahari tidak akan menembus atmosfer bumi dan mengenai permukaan secara langsung. ia hanya mempengaruhi medan magnet yang menyelubungi bumi. karena di sekitar bumi ada banyak satelit yang digunakan sehari-hari untuk berbagai keperluan, misalnya internet, pemetaan, pemantau cuaca, dll, maka satelit-satelit itulah yang akan terkena dampak secara langsung. akibatnya kita bisa kehilangan fungsi mereka sementara atau selamanya, tergantung tingkat kerusakan pada satelit-satelit itu

  • ririnAF

    kak mau tanya dong , bener ga sih akan dibentuk semacam lembaga penelitian gabungan dari beberapa negara di asia tenggara ?

    • belum pernah dengar tuh. ririn tahu dari mana?

    • ririnAF

      waktu itu aku pernah cari cari informasi tentang lapangan pekerjaan buat para lulusan Astronomi , nah aku dapet informasi dari satu link katanya kaya gitu ka , kemungkinan besar dibutuhkan SDM lulusan ITB astronomi yang banyak karna di Asia Tenggara kalo ngga salah cuman ITB yang ada Astronominya , nah makannya aku info yang lebih banyak soal lapangan perkerjaannya itu buat ngeyakinin orang tua aku , soalnya aku minat banget ngambil Astronomi πŸ˜€

    • iya, saat ini emang hanya di itb aja tempat kuliah astronomi di asia tenggara πŸ™‚

  • apif

    kak atsmosfir kita inikan panas..
    knpa NASA bisa mengirm satelit n benda lain ke luar angkasa..
    apakah tdk trbakar bnda t saat menembus atsmosfir bumi..
    terimakasih.

    • atmosfer bumi tidaklah panas. justru sebaliknya, dingin. manusia bisa mengirimkan satelit dan benda lain keluar angkasa karena diberi tenaga dorong yang sangat besar agar bisa terlepas dari gaya gravitasi bumi. sebuah benda baru akan terbakar kalau masuk ke atmosfer bumi dari luar angkasa. namun kapsul/pesawat ulangalik tidak terbakar karena dilengkapi dengan bahan tahan panas & tahan gesekan sehingga aman ketika masuk bumi kembali

  • hani

    ka mau nanya, kalo galaksi yang paling banyak di temukan di tata surya itu galaksi spiral apa elips ?

    • Soraya

      Bukannya tata surya itu sendiri bagian dari galaxy?

    • benar kata soraya. tata surya itu ada di dalam galaksi. nama galaksi kita adalah galaksi bimasakti dan berbentuk galaksi spiral.

      lalu di alam semesta, jumlah galaksi spiral dan elips sepertinya setara

  • hani

    asaalamualaikum, Ka saya mau nanya. kenapa ya para ilmuwan tau lapisan-lapisan matahari? saya bingung bagaimana itu cara menelitinya.:)

  • Soraya

    Ada yang bisa jelasin tentang parallel universes? Ini membingungkan-_-

  • agis

    saya pernah baca garis tengah sudut bintang tidak bisa di tentukan dengan mengukur sudut bentangnya, krna terlalu kecil.
    jd,cara ngukur radius bintang gimana?

  • betul, dengan teleskop yang paling kuat pun kita tidak dapat melihat bentangan diameternya. kita bisa mengetahui ukuran bintang setelah diketahui luminositas (jumlah energi yang dipancarkan ke segala arah) dan temperaturnya, karena ketiganya berkaitan secara matematis.

  • kak saya mau tanya
    terdapat 250 juta bintang galaxi M32. Magnitudo visual galaxi adalah 9. Bila luminositasnnya semua bintang dalam galaxi tersebut sama, berapakah magnitudo visul sebuah bintang tersebut?

    • yang kita terima adalah energi dari 250 juta bintang atau Eg. dan itu memberi magnitudo 9 atau mg.
      sedangkan magnitudo sebuah bintang berasal dari energi yang diterima dari satu bintang atau m1.
      untuk cari magnitudonya kita harus tau energi yang diterima dari satu bintang, yaitu 1/250 juta atau E1.
      silakan gunakan formula pogson

  • ratna kusuma dewi

    apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan noda hitam matahari??

    • ririnAF

      kalo ga salah yah , noda hitam matahari itu ada dipermukaan matahari karena adanya aktivitas magnetis yang sangat hebat sehingga suhunya lebih dingin dibanding daerah yang lain πŸ˜€

    • maksudnya bintik matahari/sun spot ya? itu adalah area dengan temperatur permukaan lebih kecil dibandingkan sekitarnya (lebih dingin), karena efek magnetik.

  • hani

    ka, kenapa lama rotasi matahari di bagian kutub dan ekuator berbeda?

    • karena yang berotasi di permukaan matahari itu berupa fluida yang bebas bergerak, berbeda dengan di bumi yang permukaannya padat dan semuanya bergerak bersamaan.

  • hani

    ka, gaya elektro magnetik itu apa ?

  • Della

    apa sih hubungan astronomi dengan filsafat, khususnya filsafat ilmu? terima kasih πŸ™‚

    • sepertinya keduanya tidak berhubungan, setidaknya secara langsung. karena filsafat itu mempelajari manfaat ilmu astronomi bagi keberadaan manusia di alam semesta

  • ririnAF

    ka , misalnya ada saudara kembar umur 25 tahun , yang A pergi ke luar angkasa yang B tetep di bumi , kenapa pas A pu;ang ke bumi , A-nya masih muda sedangkan B-nya udah tua ? bisa dijelasin ga ka kenapa ? makasi yah πŸ˜€

    • kurang lengkap nih. harusnya dijelaskan si A pergi ke luar angkasa dengan kecepatan cahaya. karena dengan begitu, waktu yang dirasakan oleh A menjadi melambat akibat dia bergerak secepat cahaya

  • suhada

    ka kalau cara orang mengukur luas matahari dan planet2 lainnya itu dengan cara seperti apa?

    • maksudnya luas permukaannya? mudah kalau sudah ditemukan radiusnya. asumsikan saja semuanya memiliki bentuk geometri bola. radiusnya sendiri mudah ditemukan karena teleskop yang kita miliki sudah dapat digunakan untuk mengukurnya secara teliti

  • ANIK

    BAGAIMANA TERJADINYA GERHANA MATAHARI CINCIN?

    • gerhana matahari cincin terjadi apabila bulan berada di jarak terjauhnya dari bumi dan bumi berada di jarak terdekatnya dari matahari. hal ini menyebabkan ukuran matahari di langit jadi lebih besar dari ukuran bulan. makanya ketika terjadi gerhana, tidak seluruh piringan matahari tertutupi oleh piringan bulan

  • annisa

    ka, kalo seorang astronom itu kerjanya apa sih??

    • intinya adalah penelitian. termasuk di dalamnya bisa saja melakukan pengamatan dengan teleskop lalu mengolah datanya, atau bisa juga mengolah data pengamatan orang lain. pekerjaan lainnya adalah memberi edukasi kepada publik seperti di obervatorium dan planetarium

  • albert newton

    ini penelitina ku ya :
    saat meteor jatuh ke bumi benarkah meteor saat jatuh ke bumi itu mengendalikan gravitasi bumi ?

  • ini penelitian ku ya :
    benarkan kalo saat meteor jatuh ke bumi ,meteor akan mengendalikan gravitasi bumi ?

  • agis

    mengenai berita munculnya 2 planet baru yang mirip bumi(hampir seukuran bumi) apa benar adanya?

    • benar. planet itu ditemukan mengorbit di sebuah bintang yang jaraknya cukup jauh. penemuan ini membuktikan bahwa menemukan planet kecil yang seukuran bumi itu mungkin. soalnya selama ini yang sering ditemukan adalah yang berukuran raksasa/lebih besar dari jupiter

  • agis

    tentang planet tersebut, apakah juga memiliki sifat yang sama dengan bumi?

    • sepertinya untuk sekarang masih sedikit yang kita ketahui karena sulitnya melakukan penelitian tentang planet yang sangat jauh seperti ini

  • Kelaparan

    Apa hubungan astroNOMI dengan ekoNOMI ???

    • nomi di situ berasal dari kata nomos (bahasa yunani) yang berarti hukum atau budaya. astro itu adalah bintang, eko itu berarti rumah

  • kekenyangan

    berapa umur
    a. matahari
    b. bumi
    c. tata surya kita
    d. galaksi bima sakti
    e. alam semesta

  • Wants to know

    Apa saja nama galaksi-galaksi lain selain Milky way?

    • terlalu banyak jika disebut satu persatu. beberapa di antaranya: andromeda, small magelanic cloud, large magellanic cloud, dan sombrero

  • rifdahfara mauriza putri s

    bagaimana astronot melakukan kegiatan sehari hari di luar angkasa tanpa adanya gaya gravitasi bumi?

    • semuanya disesuaikan. misalnya, mereka diwajibkan untuk olahraga rutin dengan berlari di sebuah treadmill. di situ mereka harus diikatkan supaya dapat lari secara normal seperti di bumi

  • kekenyangan

    berapakah intensitas cahaya yang dipancarkan oleh bintang cirius ?

  • kekenyangan

    bagaimana cara astronot makan di luar angkasa ?

    • “berapakah intensitas cahaya yang dipancarkan oleh bintang cirius ?”

      sirius ya maksudnya? magnitudonya -1,46 dan pancaran energinya 25,4 kali dari matahari.

      “bagaimana cara astronot makan di luar angkasa ?”
      makanannya biasanya disediakan dalam bentuk yang tidak dapat tercecer/menghasilkan remah kecil. karena remah tersebut dapat menimbulkan masalah dalam penerbangan ruang angkasa.
      coba baca juga http://en.wikipedia.org/wiki/Space_food

  • JJBC_Christian

    Apakah badai matahari akan berbahaya bagi bumi kita ini?? Dan apa itu badai matahari?

    • badai matahari adalah lontaran partikel bermuatan oleh matahari dalam jumlah besar. apabila lontarannya lebih kecil, sebutannya angin matahari. keduanya tidaklah berbahaya bagi bumi karena bumi memiliki medan magnet yang dapat menangkal partikel bermuatan tersebut. efeknya di bumi hanyalah munculnya aurora di dekat kutub utara dan selatan. bagi manusia, badai matahari dapat merusak satelit yang ada di sekitar bumi, kecuali yang sudah dilindungi dengan benar

  • Neil Amstrong

    Apa yang mempengaruhi radiasi latar belakang kosmik?

    • radiasi latar belakang kosmik atau cosmic microwave background (cmb) adalah pancaran energi yang terdeteksi di seluruh bagian langit. radiasi ini berasal dari alam semesta dini, yaitu pada umur sekitar 380.000 tahun

  • Galileo Galilei

    Tolong jelaskan tentang lubang hitam (black hole)

  • Galileo Galilei

    Apakah di planet mars dulunya ada air? Jika ada, Mengapa ada air?

    • lubanghitam adalah tahapan terakhir dari evolusi bintang bermassa besar setelah mengalami supernova. massa bagian yang tersisa dari bintang tersebut sangat besar sementara radiusnya sangat kecil. akibatnya, ‘bintang’ tersebut tidak dapat menahan bentuknya dan akhirnya runtuh akibat gaya gravitasinya sendiri. maka terciptalah lubanghitam.

      kalau tidak salah ingat, di mars memang pernah ada air. penyebabnya adalah kondisi di mars saat itu (suhu & kondisi atmosfer) mendukung adanya air

Leave a Reply to YESI NURHIDAYATI Cancel reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.