Kontak DADC

Call | SMS | Whatsapp 0817 226 986
BBMD0B69E7B
Twitter: duniaastronomi
Facebook: Etalase DADC
Plurk: dadc
Instagram: dunia.astronomi
Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan dadc. Kami selalu menghubungi melalui nomor di atas.

Gerhana Matahari Cincin 20191226

dadc di Twitter

Koreksi Arah Kiblat dengan Bayangan Matahari

Pada tanggal 16 Juli 2007 pukul 16.27 WIB, matahari akan berada tepat di atas Ka’bah. Peristiwa ini dapat dimanfaatkan untuk mengoreksi arah kiblat, karena bayangan yang dibentuk oleh benda yang berdiri tegak lurus dengan bumi pada waktu tersebut akan menunjukkan arah Ka’bah.

Caranya, tegakkan sebuah tongkat yang cukup panjang dan letakkan pada tempat yang terkena sinar matahari di sore hari. Pada waktu yang disebutkan di atas, tandai garis yang dibentuk oleh bayangan tongkat. Arah kiblat adalah arah yang dituju dari bayangan tongkat bagian ujung ke bayangan bagian pangkal.

Koreksi arah kiblat

Koreksi arah kiblat

Lalu bagaimana melakukan koreksi untuk tempat lain? Caranya adalah dengan menggunakan kompas. Dari bayangan yang diperoleh, gambarkan garis panjang sesuai jatuhnya bayangan pada selembar kertas. Kemudian pada kertas yang sama, gambarkan arah mata angin yang ditunjukkan oleh kompas. Kertas yang sudah digambari arah kiblat dan arah mata angin dapat digunakan untuk menentukan arah kiblat di tempat lain, dengan langkah yang berkebalikan. Letakkan kertas di tempat yang diinginkan, kemudian di atasnya diletakkan kompas. Kemudian posisi kertas disesuaikan dengan arah mata angin yang ditunjuk kompas sedemikian sehingga arah mata angin di kertas sama dengan yang di kompas. Arah kiblat di kertas kemudian dapat “digunakan” di tempat yang diinginkan tersebut.

Peristiwa ini terjadi sebagai akibat dari gerak semu matahari yang berkelana dari khatulistiwa, kemudian bergerak hingga 23,5 derajat Lintang Utara bumi, kembali lagi ke khatulistiwa, kemudian ke 23,5 derajat Lintang Selatan, dan akhirnya kembali lagi ke khatulistiwa. Ka’bah terletak pada 21°25’36” LU, 39°49’34” BT, karenanya matahari akan melintasi titik yang sama itu sebanyak dua kali setahun. Yang pertama adalah 28 Mei pukul 16.18 WIB dan yang kedua adalah 16 Juli pukul 16.27. Toleransi untuk waktu peristiwa ini kira-kira adalah 15 – 17 Juli 2007 pada pukul 16.22 – 16.32 WIB.

Untuk artikel lainnya, bisa kunjungi blog Mutoha di halaman ini.
Jadi manfaatkan kesempatan koreksi kiblat yang terakhir untuk tahun ini.

2 comments to Koreksi Arah Kiblat dengan Bayangan Matahari

  • Wah terlambat ya?
    kapan ya ada lagi?

    setiap tahun kan bisa dilakukan, jadi tunggu saja 🙂

  • syakhril

    Apakah penentuan arah kiblat dengan bayangan matahari pada tanggal tersebut akan sama hasilnya dengan yang diperoleh dari qibla locator ?

    Terima kasih

    seharusnya sama, karena metode bayangan matahari ini memberikan hasil yang cukup akurat. sedangkan qiblalocator tentunya tidak gegabah dengan membuat web yang tidak akurat 🙂

Tinggalkan komentar?

Etalase DADC

Buku Menjelajahi Tata Surya Soal & Jawaban 1 OSN Astronomi Soal & Jawaban 2 OSN Astronomi Buku Teori Relavitas Einstein, Sebuah Pengantar Filter Matahari ND5 BAADER Green Laser Pointer 1 Mata kaos-peta-bintang-desain kaos-peta-langit-abu-01 Kaos Saturnus DADC Kaos Teleskop DADC Buku Sakti Olimpiade Astronomi Paket Hemat Kalender dan Kacamata Gerhana Matahari Kalender Meja Astronomi 2016