Kontak DADC

Call | SMS | Whatsapp 0817 226 986
BBMD0B69E7B
Twitter: duniaastronomi
Facebook: Etalase DADC
Plurk: dadc
Instagram: dunia.astronomi
Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan dadc. Kami selalu menghubungi melalui nomor di atas.

Gerhana Matahari Cincin 20191226

dadc di Twitter

Hari Koreksi Arah Kiblat

Tahukah Anda bahwa setiap tahun Matahari akan berada tepat di atas Kakbah sebanyak dua kali. Yaitu pada tanggal 28 Mei pada pukul 12.18 waktu Arab Saudi atau 16.18 WIB (17.18 WIT) dan 16 Juli pada pukul 12.27 waktu Arab Saudi atau 16.27 WIB (17.27 WIT). Peristiwa ini bisa dimanfaatkan oleh para pengurus masjid untuk melakukan koreksi arah kiblat. Bagaimana caranya?
Pada hari yang disebutkan di atas, dirikanlah sebuah tongkat secara tegak lurus dengan permukaan tanah di area yang terkena sinar Matahari. Usahakan agar area yang digunakan dapat diberi tanda (dengan cat/spidol) agar arah kiblat dapat dituliskan nantinya.
Lalu pada jam yang ditentukan, bayangan tongkat akan menunjukkan arah kiblat. Tandailah bayangan tongkat itu.

Di setiap tahunnya, Matahari akan berada tepat di atas Kakbah sebanyak dua kali. Yaitu pada tanggal 28 Mei pada pukul 12.18 waktu Arab Saudi atau 16.18 WIB dan 15/16 Juli pada pukul 12.27 waktu Arab Saudi atau 16.27 WIB. Peristiwa ini bisa dimanfaatkan oleh siapapun yang berkepentingan (misalnya pengurus masjid) untuk melakukan koreksi arah kiblat. Bagaimana caranya?

Koreksi kiblat

Skema koreksi arah kiblat

Dirikanlah sebuah tongkat secara tegak lurus di area yang terkena sinar Matahari, atau bisa juga dengan menggantung tali rafia yang diberi pemberat. Usahakan agar area yang digunakan dapat diberi tanda (dengan cat/spidol) agar arah kiblat dapat dituliskan nantinya. Atau gunakan kertas untuk melukiskan arah kiblatnya (lihat gambar di atas).

Lalu pada hari dan jam yang ditentukan, bayangan tongkat/tali akan menunjukkan arah kiblat. Tandailah bayangannya. Agar bisa digunakan di tempat lain, tandai juga arah mata angin di kertas itu dengan menggunakan kompas. Kemudian bandingkan antara arah mata angin dengan arah kiblatnya.

Kertas tersebut dapat kita gunakan untuk mengoreksi arah kiblat di masjid lain dengan melakukan langkah yang sebaliknya. Yaitu tentukan arah mata angin dengan kompas, lalu cocokkan dengan arah mata angin di kertas, dan kita pun bisa menentukan arah kiblat yang tepat di tempat tersebut.

Posisi kiblat dan titik antipode

Titik di tengah lingkaran adalah posisi kiblat (kiri) dan titik antipode (kanan) (Sumber:http://www.phys.uu.nl/~vgent/islam/qibla.htm)

Tempat-tempat yang tidak bisa mengamati Matahari pada saat itu (karena Matahari sudah tenggelam, misalnya di zona WIT) tidak akan bisa menggunakan cara ini di tanggal tersebut. Namun tidak perlu khawatir karena ada waktu lain yang bisa dimanfaatkan, yaitu tanggalย 28 November pukul 00.09 waktu Arab Saudi atau 06.09 WIT danย 12 (atau 13) Januari pukul 00.29 waktu Arab Saudi atau 06.29 WIT. Di kedua waktu ini, Matahari terletak di titik antipode, yaitu titik yang berlawanan dengan koordinat Kakbah.

Bagaimana jika di waktu yang ditentukan awan menutupi Matahari? Sekali lagi tidak perlu khawatir karena kita masih bisa menggunakan metode ini dalam batas toleransi 2 hari sebelum dan sesudah hari yang ditentukan dengan koreksi 3 menit sebelum dan sesudah jam yang ditentukan. Misalnya (Sumber: JAC):

13 Juli 2012 @ 16:33 WIB +/- 2 menit
14 Juli 2012 @ 16:30 WIB +/- 2 menit
15 Juli 2012 @ 16:27 WIB +/- 2 menit
16 Juli 2012 @ 16:23 WIB +/- 2 menit
17 Juli 2012 @ 16:21 WIB +/- 2 menit

9 comments to Hari Koreksi Arah Kiblat

  • yasir

    bersiap2 merubah arah sajadah nih.. ๐Ÿ™‚ thanks postingannya..

    sama-sama sir. trus gimana, berhasil tak? ๐Ÿ™‚

  • lia

    makasi infonya..

    sama-sama ๐Ÿ™‚

  • neiy

    Assalamu’alaykum..

    syukron,
    info’a bermanfaat sekali ^ ^

  • Ratna

    Sulit dilakukan jika mendung terus. Bisakah digunakan kompas saja, tanpa tongkat yang ditancapkan?. Berapa derajat dari arah barat kiblat sekarang?

    penggunaan kompas untuk menentukan arah kiblat masih kurang akurat apabila daerah yang kita ukur arah kiblatnya memiliki simpangan magnetik yang cukup besar. karena dengan begitu, arah utara yang ditunjuk kompas akan melenceng dari arah kutub utara sebenarnya dan mengakibatkan pengukuran arah kiblat menjadi melenceng juga.

    tapi untuk mengetahui berapa besar sudutnya, silakan cek di qiblalocator.com. di web itu ada peta (semacam google map atau wikimapia) yang dilengkapi dengan garis yang sudah terhubung dengan kiblat.

  • Genghis Khun

    Bagi rekan-rekan di Indonesia Timur yg tidak bisa cara di atas, ini semoga ‘sedikit membantu’; Saat Purnama 31 Mei jam 19:17:28 WIB juga bisa digunakan untuk menentukan arah Kiblat. Baca info lengkapnya di http://genghiskhun.com/purnama-di-bawah-kabah

    terima kasih buat infonya ๐Ÿ™‚

  • pergeseran arah kiblat buat kota Tasikmalaya berapa?
    karena pada hari arah kiblat, cuaca kota kami mendung.

    silakan cek sendiri di situs qiblalocator.com

  • Ass, solusi ini sangat bermanfaat buat yang ingin mendirikan masjid atau musholah.
    Tapi buat yang sudah terlanjur masjidnya dibangun dan ternyata agak (sedikit) meleset, nggak usah berkecil hati (apalagi ada niatan membongkar masjid). Selain mubazir juga akan mengganggu jama’ah yang ingin beribadah.
    Jika masjid yang ada tidak menghadap kiblat sama persis (arahnya), ya sudah, yang penting sudah diusahakan menghadap ke kiblat (kabbah). Syarat untuk menghadap ke kiblat yang ma’ruf yaitu jika tak dapat menghadap ke dzatnya (kabbah), maka cukup arahnya saja. Wallahu a’lam…

    kita tidak perlu membongkar masjid, cukup benahi saja shafnya. mungkin akan tampak aneh karena tidak sesuai dengan bentuk bangunan, tapi solusi ini lebih murah dan mudah daripada membongkar masjid ๐Ÿ™‚

  • Hem..begitu ya caranya.

  • Hari koreksi arah kiblat.. Ho-o-o-o-t ๐Ÿ™‚

Tinggalkan komentar?

Etalase DADC

Buku Menjelajahi Tata Surya Soal & Jawaban 1 OSN Astronomi Soal & Jawaban 2 OSN Astronomi Buku Teori Relavitas Einstein, Sebuah Pengantar Filter Matahari ND5 BAADER Green Laser Pointer 1 Mata kaos-peta-bintang-desain kaos-peta-langit-abu-01 Kaos Saturnus DADC Kaos Teleskop DADC Buku Sakti Olimpiade Astronomi Paket Hemat Kalender dan Kacamata Gerhana Matahari Kalender Meja Astronomi 2016