Kategori

Tanya Jawab

Silakan tuliskan pertanyaan tentang astronomi melalui komentar di bawah. Kami akan menjawabnya melalui komentar ataupun dengan menuliskan artikel baru.

Terima kasih.

1,145 comments to Tanya Jawab

  • welki

    kapan lagi akan terjadi gerhana matahari cincin

    • Nirmala

      pada saat debu2 melewati atmosfer, biasanya terjadi saat kebakaran hutan yg hebat. saat itulah debu dan asap melewati atmosfer bumi dan atmosfer bumi tdk bisa menahanya.(CMIIW) trimakasih.

    • 3 november 2013 nanti ada tapi tidak bisa dilihat dari indonesia

      nirmala, debu-debu tersebut tidak berkaitan dengan gerhana matahari cincin kan :)

  • -> welki
    gerhana matahari cincin berikutnya terjadi pada tanggal 15 Januari 2010. walaupun pengamat di indonesia tidak bisa menyaksikan fase cincinnya, kita masih dapat menyaksikan fase gerhana matahari sebagiannya. info lain tentang gerhana bisa lihat di situs http://eclipse.gsfc.nasa.gov

    -> Raynaldo
    maksudnya data satelit alami di tata surya ya? kalau satelit secara keseluruhan saya tidak menemukan. tapi kalau data lengkap satelit di setiap planet bisa coba dilihat di http://www.nineplanets.org/ atau http://nssdc.gsfc.nasa.gov/planetary/planetfact.html

  • Raynaldo

    Saya mau menanyakan , apa saudara mengetahui web adress yang menjelaskan seluruh satelit yang ada di planet-planet di tata surya ini? walaupun tidak sejelas dan sedetail itu jg gpp.. seblumnya trims…

  • dian

    saya mau tanya,apakah saya bisa menjadi partisipan di ilmu astronomi,saya ingin bekerja di bagian per astronomian sperti boscha,sedangkan saya hanya mahasiswa jurusan fisika murni,tapi saya lebih suka astronomi,apakah ada yang bisa menjawab pertnayaan sya?
    kapan chaya matahari menyusut(padam)?
    bagaimana menentukan peta langin dengan mata telanjang sedangakan langit tak selalu cerah?trimakasih

  • ozie sujiono

    Saya ingin sekali bergabung dengan komunitas astronomi yg ada di Indonesia. Terutama mengenai pembuatan teleskop astronomi, selama ini saya sudah mampu dalam pembuatan Reflector mirror.Alat mirror grinding, facoulty test mirror. Cara pengasahan/kaca datar kosong(mirror blank) hingga membentuk cekungan, sesuai dengan Focus dan diameter yang dibutuhkan. Dan juga cara memotong kaca hingga circle.Bahan-bahan pasir abrasive(silicone carbite)dan cerrium sudah saya dapatkan. Mirror tool sudah saya buat untuk menggosok kaca hingga cekung.
    Hingga cermin cekung itu licin.
    Pertanyaan saya, “Adakah yang dapat membantu saya untuk mendapatkan cara atau tempat/workshop pelapisan silver(aluminium coating)dengan proses Vacuum coating atau proses kimiawi(dengan bahan kimia)”. Kiranya teman-teman sesama hobby dalam bibang ini dapat membantu kesulitan saya ini? Terima kasih infonya.

  • yulfa

    tolong kirimin soal olimpiade astronomi donk./.;//’yang buabyaaaak yawwww….

  • gimana cara ngitung jarak matahari dari bumi

  • ikaa

    rumus apa yg di pakai untk menghitung eksentrisitas orbit, kalau yg diketahui hanya fluks saat di aphelium&perihelium?

  • ->dian

    1. bekerja di bidang astronomi? semua mahasiswa astronomi juga menginginkan itu :-), namun sayangnya belum banyak lahan pekerjaan di bidang astronomi. dengan latar belakang fisika, dian bisa kok bekerja di bidang astronomi. bekerja di bosscha adalah salah satunya, tapi untuk dapat bekerja di sana kita harus masuk melalui itb, karena bosscha adalah milik itb.

    2. matahari akan mengalami perubahan ukuran sesuai dengan evolusinya. secara sederhana, sebelum cahayanya habis (padam), ukuran matahari akan bertambah (menjadi bintang raksasa), kemudian planetary nebula, dan pada akhirnya berubah menjadi katai putih. bintang katai putih (white dwarf) adalah bintang yang tidak memiliki bahan bakar untuk menghasilkan energi seperti halnya matahari, karena semua bahan bakarnya sudah dilontarkan. bintang ini akhirnya akan meredup.

    tapi tenang saja, waktunya masih lama, paling tidak untuk skala umur manusia, yaitu miliaran tahun. untuk satu juta tahun ke depan saja, matahari masih baik sama kita kok :-)

    3. kita bukannya menentukan peta langit, tapi mencocokkan peta langit dengan kenampakan langit di lokasi kita. caranya mudah, asalkan kita sudah tahu 4 arah mata angin, timur, barat, utara, dan selatan. kalau sudah, sesuaikan dengan waktu pengamatan dan arah mata angin yang ingin kita ketahui kenampakan langitnya.

    kapan-kapan saya akan berikan peta bintang yang bisa diceak/diprint sendiri.

    terima kasih kembali :-)

    Hanief Trihantoro

  • kinta

    apa sich garis fraunhover?

  • ->ozie sujiono

    untuk bergabung dengan komunitas astronomi di indonesia anda bisa ikut milis di yahoo yang bernama astronomi_indonesia. dari situ anda bisa cari tahu apakah di kora anda sudah ada komunitas astronominya semacam haaj di jakarta (himpunan astronom amatir jakarta).

    pertanyaan anda tentang pembuatan teleskop tentu saja akan ditanggapi oleh peserta milis. jadi silakan ikuti saja milis astronomi_indonesia itu.

    semoga terbantu

  • ->yulfa
    soal olimpiade astronomi? silakan cari dengan mesin pencari terlebih dahulu. beberapa web di bagian “astronomi di indonesia” di bagian kanan halaman ini ada yang menyediakan soal olimpiade. silakan dikunjungi saja :)

    semoga terbantu

  • -> orang

    menghitung jarak matahari dari bumi bisa dilakukan dengan membandingkan kuat cahaya matahari yang diterima bumi pada saat-saat tertentu. rumusan matematisnya sepertu ini:

    E1/E2=R2/R1

    E adalah energi matahari yang diterima di bumi
    R adalah jarak.

    jika kita melakukan pengamatan setiap hari selama setahun, kita bisa dapatkan rata-rata dari E dan R, yang berarti energi matahari yang diterima bumi dan jarak matahari dari bumi.

    semoga terbantu

  • ->ikaa

    untuk menghitung eksentrisitas orbit jika fluks di perihelium dan aphelium diketahui, yang bisa kita ketahui pertama kali adalah perbandingan fluksnya yang berbanding terbalik dengan jaraknya ([Fp/Fa]=[Ra/Rp])

    kemudian dari perbandingan jarak tersebut kita bisa cari eksentrisitasnya

    semoga terbantu

  • -> kinta

    garis fraunhofer adalah garis-garis gelap pada spektrum matahari, yang pertama kali diamati oleh fraunhofer. garis-garis tersebut sebenarnya adalah garis absorpsi (serapan).

    semoga terbantu

  • Kasih c0ntoh-c0ntoh s0aL bt olimpiade Sains Astronomi dunK
    Please butuh bnget aq0e,s0alnx aq0e ikuT olimpiade

  • halahi

    BAgaimana Terjadinya Hujan Meteor Di Bumi??

  • halahi

    ILMU Astronomi Mencakup apa saja bidangnya..???
    Apa hujan meteor dan Komet juga termasuk di dalammya????

  • penjelajah

    hallo mas,..orang semarang newbie astronomi mo nimbrung…saya kok masih bingung…pada beberapa software pengamatan bintang…itu kan ada titik2 kutub NSEW. maksudnya gimana…misal, saya pake skychart…saya klik yg N..apa itu maksudnya kita melihat konstelasi bintang/planet/nebula ke arah kutub N (utara) ?….yg laen macem deklinasi, dll…dah mayan mudeng…malah dasarnya yg blom,,,heheh..thx

  • ada yg bisa buat tulisan tentang jawaban olimpid astronomi tahun ini ??

  • -> anindhita
    saya tidak bisa bantu , maaf ya

    -> halahi
    hujan meteor terjadi kalau bumi melintasi daerah yang banyak benda-benda angkasanya (seperti pecahan komet) yang berada di sekitar orbit bumi.

    cakupan ilmu astronomi cukup banyak, beberapa di antaranya termasuk komet dan meteor. intinya, semua benda yang berada di luar atmosfer bumi dipelajari dalam astronomi

    -> penjelajah
    titik-titik NESW itu berarti arah mata angin. kalau diklik salah satu, berarti kita menghadap ke arah ybs.

    -> juiller
    saya belum bisa bantu nih. maaf ya

  • Mohammad Rifai

    Pak Hanif,
    Kalau punya peta bintang yang bisa diceak/diprint sendiri, bagi dong.
    Saya juga pengen tahu, kalau saya melihat ke langit yang cerah, mana sih yang pasti menunjukkan barat atau timur, jadi kalau jalan2 di hutan atau di mana saja, nggak kehilangan arah.

  • Widhy

    assalamuala’ikum wr. wb.
    Saya awam dengan dunia astronomi, tp pengin sekali mengetahui rahasia alam semesta cptaan Allah ini. Bolehkan saya mendapatkan artikelnya, terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr.wb

  • kasih tau dunk,,
    ada situs kamus online ntuk astronomi??

  • -> Mohammad Rifai
    saya sedang kerjakan peta bintangnya, nanti akan saya tampilkan di sini jika sudah beres.

    -> Widhy
    silakan dipergunakan artikelnya dengan baik. jangan lupa dicantumkan sumbernya ya. terima kasih telah turut menyebarkan ilmu astronomi

    -> jullier
    kamus astronomi? di web ini kan ada, http://duniaastronomi.com/kamus-astronomi/. kalau ada istilah yang ingin dicari tahu, tanyakan di sini saja, saya akan membantu

  • awang

    saya butuh soal2 astronomi + pembahasannya kalo ada.tolong upload klo ada…..plisssssssss

  • trijondro

    saya mau mengajarkan tentang tata koordinat yaitu horizon, ekliptika. bagaimana langkah-langkah membuat tata kordinat tsb.

  • Satria

    Tlg beri cth soal ny n jwb ny menghitung eksentrisitas orbit planet

  • Wahyu

    antara tahun 1989 sampai 2009, radar di bumi mendeteksi sebanyak 136 kali terjadi tumbukan antara bumi dengan meteor besar. energi yang dihasilkan akibat tumbukan ini menyamai energi Bom TNT seberat 1000 ton, tetapi tanpa radiasi. meteor besar yang akan menumbuk bumi ini sebenarnya berjumlah 10 kali lipat dari yang terdeteksi, akan tetapi sebagian meteor besar ini luput menumbuk bumi. jika radius bumi adalah 6378 km, maka kemungkinan Bumi ditumbuk meteor besar yang dinyatakan dalam tumbukan per km kuadrat pertahun adalah…
    tolong penjelasannya ya.

  • Teguh

    Tolong dong kalau ada informasi tentang acara yg bertema astronomi kasih tau saya…saya sangat antusias sekali…mungkin saja ada keberuntungan bisa jadi anggota NASA mewakili indonesia,hehe

    kalau ada info tlong kirim artikel atau pemberitahuan ke kopos@rocketmail.com
    thanks before.

  • boby

    saya ingin bertanya,bagaimana menyatukan bintang-bintang menjadi sebuah rasi bintang?? terima kasih

  • Benyamen

    Saya penggemar astronomi.

    Saya kurang setuju dengan konsep alam semesta banyak, berdasarkan teori kuantum,
    Menurut saya tetap hanya ada satu alam semesta sebagai hasil pilihan (kebetulan?) yang terjadi dari bertrillium-trillium pilihan dari tahap-tahap ruang waktu yang dilewati

    Mohon penjelasan
    Benyamen

  • ratna

    visibilitas hilal dlm pnentuan awal blan qamariah tu sprti apa sch???

  • menurut anda pakah suatu kemungkinan jika ada makhluk luar angkasa…..yg di katakan sebagai manusia dr planet lain……????????

  • putra

    selama ini ada salah sangka, banyak yang menganggap matahari adalah bintang pusat galaksi bimasakti, bukan hanya bintang pusat tata surya. jadi yg bner yang mana??? pusat galaksi ato tata surya saja? trmksh

  • -> putra
    matahari bukan pusat galaksi bimasakti, hanya sebagai pusat tata surya saja. silakan dibaca di artikel http://duniaastronomi.com/2009/03/galaksi-bimasakti/

  • MSahlanRosyidi

    ada tidak algorithma untuk mmengetahui saat gerhana matahari/bulan yang lebih baru dari yang diuraikan Jean Meeus

  • Everose

    Butuh informasi tempat jual hardcase utk teleskop dimana ya di jakarta? Thanks

  • -> MSahlanRosyidi
    saya belum tahu. saya harus caritahu dulu

    -> Everose
    coba cari di prominence

  • firefrog

    bagaimana dengan waktu kalo diukur semua dari ka`bah, makah al mukaromah, tidak dari inggris, sesuai pertemuan dubai?

  • najmy

    tlong jlaskan ttg teori bintang kembar …
    serta formula2 yg berlaku dlm teori ini ..

  • najmy

    tlg jlaskan ttg teori bintang kembar dan formula2 yg berlaku untuk teori ini ….

  • rizal mubit

    assalamu alaikum…situs ini menarik dan cukup bagus..perkembangan astronomi di Indonesia bisa dibantu dengan situs ini. namun yang saya usulkan apakah bisa memberikan fasilitas agar bisa mendownload buku-buku astronomi yang berbahasa inggris dan software-software astronomi tentunya..

  • Rimbun

    Saya baru memahami universal kuantum sebatas teori tandingan big bang berpijak pada sifat dualitas materi/cahaya dalam keadaan kuantum. Jadi menurut teori ini ragad raya adalah bagaikan materi kuantum bagi jagad raya sesungguhnya. Kalau begitu berarti hukum-hukum fisika yang berlaku di jagad ini, jika teori itu benar adalah memakai hukum-hukum fisika kuantum semua. Toh kenyataannya tidak! Tolong pencerahannya tentang pendapat saya ini…

  • -> firefrog
    ada dua hal yang patut dicermati.
    pertama, yang dimaksud dengan pengukuran dari inggris itu bukan waktu, tapi bujur dalam koordinat bumi.

    jadi, yang kedua, kalau pengukuran waktu mau diacu dari kota mekah maka hanya perlu koreksi sederhana saja, tidak masalah.

    -> najmy
    teori bintang kembar adalah salah satu teori yang mencoba menjelaskan asal-usul tata surya.

    -> rizal mubit
    usul yang menarik. sudah termasuk dalam pertimbangan untuk sediakan fasilitas mengunduh buku dan software gratis. tapi untuk sementara belum tersedia di sini.

    -> Rimbun
    maaf, saya baru mendengar teori itu, jadi tidak bisa berkomentar banyak. saya pelajari dulu.

  • sudah saya tulis di komentar ‘koreksi arah mata angin’ tp lebih pasnya disini saja. mohon pencerahannya, perbedaan persepsi/penafsiran antara lor-kidul, wetan-kulon yang ternyata memang ada beda penafsiran di beberapa tempat tuh didasari astronomi ataukah hanya beda dari sisi manusianya. Artinya apakah hanya karena masyarakat ada yg latah mengartikan lor-kidul-wetan-kulon. atau mungkin ada dasar perhitungan yg dianut masing2 komponen masyarakat.
    karena ada lor yg berarti barat tp ada yg berarti utara. dan seterusnya

  • fina

    Mau tanya ya,,saya rencananya mau beli teropong bintang,,,yang bisa dengan jelas melihat planet sama bintang,,kira-kira punya saran nggak yang bagusnya merk apa??makasih ^^

  • jack

    dalam pemberian nama planet atau benda angkasa lainnya yang baru ditemukan biasa nama yg diberikan berupa rangkaian huruf dan angka misalnya The Bug Nebula, NGC 6302. biasa dijelasin nggak arti dr NGC 6302? apakah angka tsb berarti jaraknya?apakah “N” pada NGC berarti Nebula?

  • fatkur

    saya mo nanya kenapa muka bulan bisa terlihat cembung, padahal seharusnya dr bayangan bumi kan terlihat cekung?

  • -> Oelil
    setahu saya sih, lor itu utara, kidul selatan, wetan timur, dan kulon itu barat. tidak ada arti lainnya, jadi saya baru denger kalau ada yang mengartikannya lain :-)

    -> fina
    coba kunjungi tokoteleskop.com, di sana ada bermacam teleskop dengan harga yang bervariasi dengan kualitas yang cukup baik.

    -> jack
    ngc adalah singkatan dari new general catalog, maksudnya adalah sebuah katalog yang berisikan data tentang benda langit bukan benda tata surya dan bukan bintang, seperti galaksi, gugus bintang, atau nebula. angka yang mengikutinya berarti urutan benda tersebut dalam katalog, bukan jaraknya.

    -> fatkur
    muka bulan terlihat cembung karena ia berbentuk bulat. dan kenapa mas fatkur menyebutkan “seharusnya dr bayangan bumi kan terlihat cekung”? bayangan bumi akan berbentuk bulat karena bentuk bumi juga bulat.

  • Cel'z

    saya adalah murid SMA dan tertarik pada astronomi..ada beberapa pertanyaan:
    1.bumi-tata surya-bimasakti-alam semesta..
    berarti ada banyak galaksi” lain..apa galaksi sama dengan solar system kita??
    2.apa yang terjadi kalo ada badai meteor??n kenapa bisa terjadi badai meteor??
    3.apa mungkin matahari redup??klo redup gmn nasib bumi??
    4.apa pengaruh alam semesta terhadap manusia??
    5.kalo ada banyak galaksi,apa galaksi” lain punya matahari seperti bimasakti??brati matahari di alam semesta banyak dong??
    6.apa bintang yang kita lihat itu adalah matahari??
    7. posisi bumi di alam semesta tetap atau berubah??
    8. posisi galaksi tetap atau berubah??
    9. di mana posisi bumi n galaksi bimasakti di alam semesta??

    maaf banya bertanya..terima kasih..

    • dadc

      saya jawab ya

      1. benar ada banyak galaksi lain. tapi galaksi beda dengan tata surya. tata surya adalah sistem benda-benda yang terdiri dari matahari (sebagai pusat sistem), planet, asteroid, komet, dan benda kecil lainnya yang ikut berputar mengelilingi matahari. sedangkan galaksi adalah kumpulan bintang-bintang. matahari itu sendiri adalah sebuah bintang.

      2. badai meteor terjadi ketika bumi melintasi daerah yang memiliki banyak serpihan benda, biasanya serpihan tersebut berasal dari komet. jadi ketika komet melintas di dekat lintasan orbit bumi, dia akan meninggalkan serpihan/pecahan berupa batu-batu. ketika bumi melintasi daerah tersebut, batu-batu tersebut terkena pengaruh gaya gravitasi bumi dan ditarik masuk ke bumi. ketika mereka masuk ke atmosfer bumi, mereka akan bergesekan dengan udara di atmosfer dan memanas, memijar, dan terbakar. nyala api itulah yang kita lihat sebagai meteor.

      3. matahari memiliki siklus kehidupan seperti makhluk hidup, jadi suatu saat matahari akan mati juga. sebelumnya, matahari akan mengembang (membengkak) sehingga jarak matahari dari bumi jadi begitu dekat dan bumi menjadi sangat panas. saat itu, nasib bumi bisa jadi seperti merkurius saat ini: panas, gersang, tidak ada kehidupan. setelah mengembang, matahari kemudian menciut lagi dan akhirnya mendingin/meredup.

      4. pengaruh alam semesta terhadap manusia? banyak, misalnya manusia jadi terpacu untuk menggali ilmu/belajar, karena masih banyak yang tidak kita ketahui di alam semesta ini.

      5. seperti yang sudah ditulis di atas, galaksi itu tersusun atas banyak bintang, dan matahari itu adalah bintang. jadi ada banyak bintang di alam semesta.

      6. terbalik, matahari yang kita lihat adalah bintang. jadi, matahari itu nama dari suatu benda bernama bintang, sama seperti bumi adalah nama dari sebuah benda bernama planet.

      7 dan 8. posisi semua benda di alam semesta tidak ada yang tetap. tapi karena jaraknya jauh, perubahan posisi bintang dan galaksi baru terlihat setelah ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan tahun.

      9. pertanyaan ini sulit dijawab kalo tidak ada titik acuannya, karena alam semesta itu luas dan tidak ada titik nol-nya (tidak seperti koordinat kartesius yang ada titik 0,0). jadi jawabannya begini aja, bumi terletak agak di tepi piringan galaksi bimasakti. coba lihat artikel galaksi bimasakti yang sudah saya tulis.

      terima kasih sudah bertanya, sering-sering aja, gpp kok.

  • Franz

    tadi sayam membaca di artikel anda tentang galaksi,ada yang tertulis “Matahari bergerak mengelilingi pusat galaksi dengan membentuk orbit yang hampir melingkaer”
    apakah mataharri juga dapat berevolusi dan bergerak??

  • Franz

    bisa tolong jelaskan bentuk-bentuk galaksi?

  • lilip

    1.Dimanakah tempat terbaik dibumi tuk bs melihat smu bintang seluruhx-spesifik mis:negara,kota.
    2.apa saja buku astronomi yg bs anda referensikan di indonesia-khususx bg pemula n amatiran spr sy:-)
    3.ada berapa legenda or crita rakyat dibumi yg berhubungan dg bintang2 or galaksi?
    Itu sj,trims skl buat jawabanx

  • abe

    Halo salam kenal :D ini pertama kalinya saya masuk ke website ini…
    ini krn penasaran dengan planet nibiru, krn dengar2 dari cerita orang….

    yang mau saya tanyakan apa planet itu bisa dilihat langsung dari bumi, atau perlu teleskop?

    terus terang sudah 2 minggu ini sy sering melihat benda angkasa di langit surabaya pada malam hari yang bercahaya.
    setahu saya kalau itu bintang, maka cahayanya berkedip,
    tapi ini sangat terang dan tidak berkedip.
    apa itu planet nibiru yg di ceritakan?? atau planet lainnya

    mohon penjelasannya :D thanks

  • Arya

    Kalo malam ini koq bulannya punya bayangan numpuk ma bulan yg asli ya? Gw penasaran…

  • tita

    selamat malam.
    tanya dunk.
    Merkurius kan dekat dg matahari. Shg gersang. Nah.. Apakah merkurius mengalami malam? Jika iya, berarti perbedaan suhu siang dan malam hari sangat2 ekstrim, sangat panas dan sangat dingin? Apakah malam hari di merkurius panas seperti siang hari?

    Ohiya, kalo lensa teleskop berjamur bisa dibersihkan pakai apa ya?

    Terimakasih atas jawabannya. :-)

  • ichankk

    om, mau nnya nih.. kalau bln ramadhan, subuh” saya suka lihat bintang jalan.. ko bisa gitu? dia mau kmna? di sebut peristiwa apa itu??

  • -> Franz
    iya, matahari memang bergerak dan berevolusi.

    bentuk-bentuk galaksi? akan saya bahas nanti. terima kasih atas masukannya.

    -> lilip
    1. semua tempat di dunia ini hanya bisa mengamati separuh langit dalam suatu waktu. jika ingin dapat melihat keseluruhan langit, maka tempat yang terbaik adalah di sepanjang ekuator/khatulistiwa bumi, karena dari tempat itu kita bisa melihat seluruh bagian langit dalam waktu satu tahun (bergantian, tidak sekaligus).

    2. sejauh ini, buku astronomi yang dijual di toko-toko buku bisa dibaca oleh semua kalangan, karena sebenarnya keberadaan buku-buku astronomi masih terlalu sedikit. jadi kalau suatu saat kita melihat buku astronomi, beli dan baca saja langsung.

    3. wah, saya tidak tahu berapa jumlah legenda atau cerita rakyat yang berhubungan dengan benda langit. yang pasti ada banyak. setiap rasi di langit saja (lebih dari 80 buah) punya ceritanya masing-masing menurut orang yunani kuno.

    terima kasih atas perntanyaannya :-)

    -> abe
    sejauh ini, keberadaan planet nibiru tidak diketahui. jadi tidak bisa dilihat dengan teleskop sekalipun.

    sedangkan “bintang” yang abe lihat di surabaya setiap malam itu kemungkinan adalah planet jupiter. dan benar kalau bintang akan tampak berkedip sedangkan planet tidak.

    terima kasih kembali

    -> Arya
    apakah bulannya jadi tambah indah? :-)

    -> tita
    selamat malam juga.

    benar, merkurius juga mengalami siang dan malam karena ia berotasi (berputar pada porosnya). dan benar juga, bahwa suhu di merkurius saat siang dan malam sangat ekstrim. rentang suhunya adalah antara 90 hingga 700 K (-183 hingga 427 oC)

    membersihkan lensa teleskop dari jamur bisa menggunakan cairan pembersih lensa seperti yang digunakan untuk lensa kamera. silakan masuk ke milis astronomi indonesia untuk berdiskusi tentang cara merawat lensa teleskop. ini contohnya http://tech.groups.yahoo.com/group/astronomi_indonesia/message/2309

    Terimakasih kembali atas pertanyaannya

    -> ichankk
    apakah geraknya lambat? jika iya, kemungkinan besar itu adalah satelit. saat-saat sebelum atau setelah matahari terbit atau tenggelam memang merupakan saat yang tepat untuk mengamati satelit karena saat itu posisi satelit yang memantulkan cahaya matahari lebih mudah dilihat dari permukaan bumi.

    tetapi jika geraknya begitu cepat (secepat kedipan mata), maka benda tersebut adalah meteor.

  • bro sukses ya…
    Lama tak berjumpa bro…(ngikut comment)

  • kira2 ada makhluk lain serupa alien gk di luar galaxy?

  • zenith

    mau nanya, ahli astronomi indonesia yang sekarang kuliah di jerman itu namanya siapa????

  • Hanny

    Permisi, mau tanya nih
    unsur-unsur berat yang ada di bumi itu asalnya dari mana sih? Terima kasih.

  • putri nadhilah s.c

    hai,, nma saiia putri…saiia kelas 2 smp di SMPN 25 Bandung..
    saya wau bertanya…emh,, dari kelas 3 SD saya sudah bercita” menjadi seorang astronom…saya mau tau,, apakah bumi akan masuk ke LUBANG HITAM(black hole)…dan kalu misalnya masuk, nanti bumi ada di mna??terima kasih..

  • -> zenith
    maksud zenith ahli astronomi Jerman yang berasal dari indonesia itu? johny setiawan bukan?

    -> Hanny
    semua unsur yang lebih berat dari hidrogen dan helium yang ada di alam semesta ini berasal dari proses pembakaran di dalam bintang. ketika bintang itu meledak, unsur-unsur berat yang terbentuk kemudian terlontar. ketika suatu saat terbentuk bintang atau planet baru dari gas sisa ledakan tadi, maka bintang/planet yang terbentuk akan memiliki kandungan unsur-unsur berat itu.

    jadi unsur berat yang ada di bumi juga berasal dari materi pembentuknya dulu.

    ->putri nadhilah s.c
    bumi akan masuk ke LUBANG HITAM(black hole)…dan kalu misalnya masuk, nanti bumi ada di mna??terima kasih..

    bukan hanya bumi, semua benda bisa saja masuk ke lubang hitam. permasalahannya adalah apakah benda tersebut berada pada jarak yang cukup dekat dengan lubang hitam yang ada. tapi tenang aja, di dekat bumi tidak (belum?) ada lubang hitam, jadi bumi masih aman-aman saja kok :-)

  • cataocha

    mau nanya nih, kapan dan bagaimana terjadinya inklinasi bumi dan kearah mana jika bumi ini sendiri berputar? ma kasih sebelumnya.

  • Om, saya ini siswa sma. Saya ingin mengikuti olimpiade astronomi. Tapi, saya tidak tidak tau rumus apa saja yang digunakan. Saya sudah cari di search engine seperti google and yahoo, tapi nggak ketemu. Jadi, tolong ya om kirimin saya rumus rumus dalam bidang astronomi donk. Beserta contoh soal dan penjelasannya. Kirimin ke email saya di de_ones@2die4.com tolong ya om penting banget nih,., please..

  • anieta

    siapa penemu garis khatulistiwa?

  • nia_cute

    ada ga sih skala astronomis itu? kalo ada tolong ya dimuat disini. ini penting loh kalo bisa sedetail-detailnya ya…..

  • nia_cute

    tolong ya buat tulisan tentang skala astronomis & skala mkroskopis tolong ini penting

  • Novela

    Numpang nanya dong…
    boleh ceritain tentang sejarah astronomi gak??
    dari jama doeloe…
    (aristoteles dkk)
    sama bedanya astronomi modern sama astronomi tempo doeloe..
    thanks,,,
    :):)

  • -> cataocha
    bumi berputar berlawanan arah jarum jam jika kita lihat dari kutub utara. inklinasi bumi terjadi berkaitan dengan sejarah pembentukannya dahulu. tapi saya masih kurang banyak tahu tentang hal ini.

    -> Ridwanto
    sebenarnya bisa saja saya beri rumus-rumus, tapi inti dari belajar kan bukan itu. soal-soal olimpiade juga tidak hanya rumus, tapi banyak juga berkaitan dengan pengertian tentang banyak hal. apakah tidak ada yang bisa membimbingmu di sana? sekolahnya di mana?

    -> anieta
    garis khatulistiwa adalah garis khayal yang digunakan sebagai acuan dalam menentukan koordinat (lintang) di bumi. jadi yang “menemukannya” adalah si pembuat sistem koordinat lintang-bujur.

    -> nia_cute
    skala astronomis? maksudnya bagaimana? apakah maksudmu satuan yang digunakan dalam astronomi, seperti satuan massa dengan massa matahari, jarak dengan tahun cahaya, dsb? coba lihat http://duniaastronomi.com/kamus-astronomi/

    -> Novela
    boleh, sedang disusun kok :-)

  • muhammad handika

    bintang terbaru yang di ketahui apa aja sih???

  • Nsa

    kenapa matahari bisa menjadi katai putih?

  • Elma Ismail

    Mengapa meteor jatuh ke bumi? Yang jatuh d Sulawesi dan bikin semua orang kaget apa itu komet atau meteor? Terus mengapa kehidupan kita juga terancam oleh asteroit

  • apakah gerhana bulan dan gerhana matahari dapat terjadi secara bersaamaan?

  • alvon

    apa benar bumi akan menabrak matahari?????
    bagai mna lubang hitam bica terbentuk???
    apa benar penyabab musna nya dinoaurus 65 juta tahun lalu
    akibat komet yang jatuh ke bumi??

    dan apakah saya bisa menjadi partisipan di ilmu astronomi.??sedang kan saya hanya…………
    tapi saya sangat menyukai ilmu astronomi……….:(

  • Elan

    Salam,

    Tolong barangkali ada yg mempunyai penjelasan ilmiah mengenai fenomena mata malaikat yang terlihat dilangit sperti yang terjadi di solo bulan april 2009 lalu?
    ini link videonya : http://www.youtube.com/watch?v=2OHRuLkq-y8

    Wassalam

  • Ctrl_Alt_Del

    klo mau bikin teleskop reflektor, pesen/order cermin cekung kemana ya?
    misalnya nyari yg diameter 5 inch, fokus 1000mm ? chromatic/achromatic?
    pesen / cari dimana?
    atau lensa f=1000mm, d=5″ misalnya?

    orang astronomi tentunya dekat dgn barang yg namanya teleskop, semoga bisa dapet jwbnnya nih..

    saya sudah nyari2 paling ketemunya lensa kecil buat praktikum fisika.. =(

  • bow

    salam..
    saya mau nanya, apa dasar para ilmuwan menetapkan umur sebuah benda angkasa spt bumi, bulan, matahari, bintang dan benda angkasa lain nya??
    terimakasih…

  • evi

    Seorang astronot dipermukaan bulan melihat bumi bercahaya dalam keadaan purnama. Radius bulan 1738 km, radius Bumi : 6378 km dan radius matahari 696000 km. Diameter sudut bulan dan matahari bila dilihat dari bumi sekitar 30 menit busur. hasil pengamatan astronot yang diharapkan

  • mila

    Kak saya mau tanya. Asal muasal terbentuknya komet itu gimana sih? Terus kenapa orbit komet bisa elips banget dari pada planet?

  • milaursa

    Kak, tolong jelasing dong proses terbentuknya komet. Terus kenapa orbit komet bisa sangat elips dibanding planet planet lain?

  • sita

    apa itu bintang normal dan bintang mampat?
    karakteristiknya?
    mengapa bintang normal dapat kesedot bintang mampat?

    terimakasih…..
    mohon bantuan nya..

  • Raymond

    Adakah buku ensiklopedia visual tentang Astronomi yang ditulis oleh penulis Indonesia? Kalau ada apa namanya? di mana saya mendapatkannya?

  • fika

    mengapa arah mata angin itu mempunyai arah utara dan selatan sebagai patokannya??

  • Azka Layyina Wildany

    Keren buangettt!!!

  • Azka Layyina Wildany

    Kalau bisa tolong d rekomendasikan dong tempat kuliahan yg bagus dan jurusannya astronomi di Indonesia!makasih sebelumnya….

  • sapta mhs

    1. perioda siklus sunspot besarnya adalah…
    2. garis fraunhofer mempunyai ciri…
    3. Saat matahari berada di titikvernal equinox maka
    panjang siang dan malam dibumi?
    4. Perioda siklus noktah matahari adalah…
    5. Pada tanggal 23 september asensiorekta matahari adalah
    12 jam.Berapa asensiorekta bulan baru yang terjadi pada
    hari itu?
    6. pada tanggal 22 Juni ketika matahari berada di garis
    balik utara (summer solstice) koordinat ekuatorialnya
    adalah

  • -> muhammad handika
    bintang terbaru yang di ketahui apa aja? sebenarnya objek yang banyak ditemukan bukan lagi bintang, yang semuanya berada di galaksi bimasakti, tapi benda-benda luar galaksi seperti galaksi, quasar, yang rata-rata letaknya begitu jauh hingga baru ditemukan setelah penelitian yang tidak sebentar.

    -> Nsa
    matahari bisa menjadi katai putih karena ia melontarkan bagian selubungnya, sehingga hanya sebagian kecilnya saja yang tersisa. bagian inilah yang disebut dengan katai putih

    -> Elma Ismail
    meteor bisa jatuh ke bumi karena gaya tarik gravitasi bumi mempengaruhi meteor tersebut. jika ukurannya kecil, meteor akan habis di atmosfer. tetapi jika ukurannya cukup besar, maka ia akan jatuh menumbuk bumi sebagai meteorit. benda di sulawesi yang menjadi perbincangan itu sepertinya meteor yang meledak di udara. kalau tidak salah, lapan sudah menelitinya.

    bumi dan kehidupan di dalamnya terancam oleh asteroid karena jika terjadi tumbukan antara keduanya, bumi bisa hancur.

    -> Kasmaria
    gerhana bulan dan gerhana matahari tidak dapat terjadi secara bersamaan, karena formasi yang terbentuk pada kedua peristiwa tersebut tidak sama. gerhana matahari selalu terjadi ketika fase bulan baru, sedangkan gerhana bulan selalu terjadi ketika fase bulan purnama. tapi bisa saja terjadi gerhana bulan dan matahari dalam selisih waktu 15 hari.

    -> alvon
    bisa jadi bumi akan menabrak matahari, tapi tidak dalam waktu dekat. mungkin dalam jutaan tahun, yaitu ketika matahari membesar hingga radiusnya sebesar orbit venus. lubang hitam terbentuk jika sebuah bintang bermassa besar menemui akhir evolusinya. saat itu ia akan menelan dirinya sendiri akibat gaya gravitasi yang sangat besar.

    memang ada dugaan bahwa dinosaurus punah akibat adanya asteroid/meteorit yang menumbuk bumi. tapi kepunahan mereka tidak secara langsung, melainkan akibat efek yang menyertai tumbukan itu, antara lain debu yang menutupi langit membuat sinar matahari tidak bisa masuk ke bumi sehingga bumi menjadi dingin dan tumbuhan mati. dinosaurus pun tidak bisa makan.

    tentu saja semua orang bisa berpartisipasi mengembangkan ilmu astronomi. asalkan suka dan mau belajar astronomi bersama-sama :-).

    -> Elan
    fenomena itu terbentuk dari awan, jadi hanya sebuah hal yang biasa. hanya saja bentuknya yang begitu unik membuat heboh masyarakat.

    -> Ctrl_Alt_Del
    saya kurang tahu harus kemana pesan cermin cekung. biasanya teleskop yang dibuat sendiri menggunakan lensa, memanfaatkan lup. kalau di luar negeri mungkin lebih mudah mencarinya.

    -> bow
    menentukan umur benda angkasa salah satunya dengan kelimpahan unsur. hal ini sangat berkaitan erat dengan ilmu kimia.

    -> evi
    soal ini bisa dipecahkan dengan rumus segitiga biasa, coba lihat artikel saya yang berjudul mengukur jarak bintang dengan paralaks

    -> milaursa
    komet terbentuk bersamaan dengan semua benda yang ada di tata surya. namun mereka terbentuk dari lontaran materi yang berasal dari tata surya bagian dalam (tempat planet-planet), yang diakibatkan angin matahari. dan karena jaraknya yang jauh, mereka berada dalam kondisi beku. ketika mereka mendekati matahari, materi yang membentuknya menguap dan membentuk ekor gas.

    trus kenapa bentuk orbitnya bisa sangat elips, saya masih belum tahu. saya cari dulu ya :-)

    -> sita
    bintang normal itu adalah bintang yang sedang berada pada tahap evolusi awal, contohnya matahari. sedangkan bintang mampat termasuk bintang yang berada pada tahap evolusi akhir, contohnya bintang katai putih, bintang neutron, atau lubang hitam. mereka disebut bintang mampat karena massanya begitu besar namun memiliki ukuran yang begitu kecil. kerapatan materi di bintang mampat bisa mencapai satu milyar ton dalam satu cc (cm^3)!

    -> Raymond
    saya pernah baca bahwa ada ensiklopedi astronomi yang ditulis oleh orang indonesia, tapi saya lupa judulnya. buku itu terbitan erlangga, mungkin bisa ditemukan di toko buku di jakarta, karena di semarang tidak ada.

    -> fika
    arah mata angin dibuat dalam 4 penjuru tentunya agar mempermudah dalam menjalani kehidupan. setidaknya mungkin itu yang ada di pikiran para pembuat 4 arah mata angin

    -> Azka Layyina Wildany
    sampai saat ini, tempat kuliah astronomi di indonesia hanya di itb saja. jadi, silakan belajar di sana kalau berminat untuk belajar astronomi secara profesional :-)

    -> sapta mhs
    1. perioda siklus sunspot besarnya adalah 11 tahun
    2. garis fraunhofer mempunyai ciri pita terang diselingi garis-garis gelap.
    3. Saat matahari berada di titik vernal equinox maka
    panjang siang dan malam di bumi 12 jam di semua tempat.
    4. Perioda siklus noktah matahari adalah 11 tahun
    5. Pada tanggal 23 september asensiorekta matahari adalah 12 jam. Berapa asensiorekta bulan baru yang terjadi pada hari itu? sama dengan matahari
    6. pada tanggal 22 Juni ketika matahari berada di garis
    balik utara (summer solstice) koordinat ekuatorialnya
    adalah deklinasi 23,5 derajat utara.

  • leesa

    SAYA MAU TANYA
    GERAK RETROGADE, PROGADE, DIRE, HELIX DALAM ASTRONOMI ITU APA?

  • indra

    halo2^^
    mau tanya….syarat dan kriteria pemilihan lokasi untuk dibangunnya sebuah planetarim dan observatorium itu apa ja yah?? garis lintang dan bujur ikut mempengaruhi pemilihan lokasi ??

    makasih atas jawabannya yaaa^^

  • Deden

    saya ingin masuk komunitas astronomi

  • tri

    benarkah pluto telah di pecat dari dari bima sakti

  • -> leesa

    gerak retrograde itu lawan dari gerak prograde, gerak prograde berarti gerak lazimnya sebuah benda langit. misalnya gerak revolusi planet terhadap matahari yang lazimnya mengikuti aturan tangan kanan, yaitu jika tangan kanan digenggam dengan ibu jari berdiri, maka ibu jari menunjuk arah utara sedangkan empat jari lainnya menunjuk arah revolusi (berlawanan arah jarum jam).

    sedangkan gerak direct dan helix berkaitan dengan gerak planet dan satelitnya jika dilihat dengan latar belakang bintang-bintang.

    -> indra
    garis lintang dan bujur tidak mempengaruhi pemlihan lokasi, tetapi berpengaruh pada fungsi observatorium nantinya. apakah akan digunakan untuk mengamati belahan langit selatan atau utara. yang lebih mempengaruhi adalah faktor geologis, apakah beresiko gempa atau gunung api, juga cuaca setempat, apakah lebih banyak langit malam yang cerah dibanding langit malam yang berawan/mendung/hujan.

    sedangkan pemilihan planetarium tidak memperhitungkan faktor-faktor tersebut, melainkan aspek ekonomis saja.

    -> Deden
    silakan masuk ke milis astronomi di yahoogroups, atau hubungi komunitas astronomi di daerahmu. lokasi di mana?

    -> tri
    pluto tidak “dipecat” dari galaksi bimasakti, tetapi “dipecat” dari statusnya sebagai planet di tata surya kita. kini pluto disebut sebagai planet kerdil

  • Farizul

    Assalamu’alaikum.wr.wb.
    Saya seorang siswa SMA kelas 2. Saya ingin bertanya bagaimana cara meenentukan kelas bintang berdasarkan Spektrumnya dan mohon penjelasan tentang kenampakan dan gerak benda langit.
    Terimakasih…
    Wassalam.

    wa ‘alaykumsalam wr. wb.
    jawaban pertama. bintang yang temperaturnya berbeda ternyata memiliki karakteristik garis-garis spektrum yang berbeda juga. karena karakter garis spektrum menunjukkan kandungan kimiawi dalam bintang, jadilah bintang-bintang dikelompokkan berdasarkan temperatur permukaan dan kandungan kimiawinya dalam kelas-kelas spektrum. kelasnya adalah O B A F G K M, secara urut dari temperatur tinggi ke rendah.

    jawaban kedua. kenampakan dan gerak benda langit bisa dijelaskan dengan memahami bahwa bumi berotasi pada porosnya. karena bumi berputar dari barat ke timur (berlawanan arah jarum jam jika kita melihat dari “atas” kutub utara), maka benda-benda langit tampak bergerak dari timur ke barat. selain itu, karena bumi berevolusi terhadap matahari, dalam setahun kenampakan benda langit juga berubah. misal sebuah bintang hari ini terbit jam 7 malam, besok ia akan terbit 4 menit lebih cepat. begitu seterusnya hingga dalam setahun ia akan kembali ke jadwal terbit jam 7 malam.

  • Yudi

    Slam knal… Mo nany nih, lo bntang yg pling trang brwrna merah n pling gde yg da stiap jm 2 pgi pas di atas kpla tu bntang or pa’n? Mksh sblmy…

    salam kenal juga yudi. kemungkinannya, objek itu adalah planet Mars. saat ini planet Mars memang sedang mendekati kecerlangan maksimumnya, karena sebentar lagi ia berada di oposisi (posisi Bumi, Matahari, dan Mars membentuk sudut 180 derajat )

  • Farizul

    Assalamu’alaikum.
    Terimakasih atas jawaban sebelumnya pak, tp saya masih ada sedikit masalah nih. Misalkan kelas suatu bintang itu G2 V, nah angka 2 tsb didapatkan dgn cara apa?
    Makasih pak atas bantuannya
    Wassalam.

    wa ‘alaykumsalam. kelas spektrum itu memiliki subkelas dengan notasi angka 0-9. maksud sub kelas itu juga menunjukkan perbedaan temperatur.

  • killawallawizza

    saya mau bertanya , mengapa langit tampak seperti bola yang melingkari matahari ??

    saya belum menangkap maksud pertanyaannya. mungkin yang ditanya kadang ada lingkaran lebar berwarna putih di sekitar matahari? itu namanya halo, terjadi kalau di lapisan langit banyak terbentuk es, yang kemudian berfungsi selayaknya prisma dan mendispersikan cahaya. akibatnya terbentuklah halo itu.

  • ikhbal

    ditahun 2010 inie, ada fenomena astronomi apa lagi selain fenomena yang rutin terjadi seperti hujan meteor ???

    selain itu, yang cukup spektakuler adalah gerhana. tetap simak web ini ya buat info fenomena astronomi terbaru :-)

  • Gigih

    salam kenal maz Hanief, aq penggemar astronomi jg lho . .
    to the poin aja ya . .
    aku kan pengen buat blog astronomi jelek2an, tp aq masih bingung, bisa ga ya aq bikin blog astronomi, mengigat ilmu astronomiku masih dangkal. minta masukannya dong maz . .
    persiapan pa ja yg kudu di siapin??
    makasih seblomnya . .

    yang paling penting dari blog/web tuh kan isinya. jadi bersiaplah untuk banyak menulis. nanti bagi alamat blognya ya :-)

  • Tolong dong gimana cara menghitung jarak dan ukuran hujan yang jatuh kebumi. Jadi Menentukan Ukuran awal hingga ukuran akhir sampai ke bumi. Dan apa saja mempengaruhi perubahan ukuran tersebut hingga sampai ke bumi. Sekalian rumus yang detail. Trims

    maaf, kami tidak bisa menghitungnya karena itu bukan cakupan ilmu astronomi. saya juga sudah coba mencari dan saya temukan dua link ini. silakan dilihat: http://bit.ly/6y7Oqe dan http://bit.ly/5Ljdmm

  • Grace R P

    slam knal,
    saya mau tanya tentang “redshift”,tolong dijelaskan ya.
    alamat kumpulan soal” astronomi apa saja ya?
    trimakasih atas infonya

    redshift itu pergeseran merah. terjadi kalau sebuah sumber cahaya bergerak menjauhi pengamat. mirip seperti pergeseran doppler pada suara. ketika sumber suara bergerak menjauhi pengamat (misal ambulance yang meraung-raung), maka frekuensinya mengecil.

  • aishah

    apakah maksud zenith,nadir,utara jumantara,lintasan,azimuth dan sudutistiwa???

    zenith, nadir, dan azimuth udah ada pembahasannya di http://duniaastronomi.com/2009/02/koordinat-horison-alt-azimuth/

    utara adalah salah satu arah mata angin, jumantara tidak tahu. sudut istiwa mungkin deklinasi atau altitud, kurang jelas juga

  • dedi

    Saya udah lama juga mikir2 sendiri tapisampai skr blm terjawab juga. Pada siang hari juga ada kita lihat bulan sabit. Bayangan apa yang menutupi bulan tsb sehingga nampak spt sabit? Padahal posisinya sama2 berada diatas kita. Klu malam hari sudah jelas bahwa bulan itu tertutup oleh bayangan bumi. Mohon penjelasannya. Txs

    salah mas dedi. sebenarnya bentuk bulan yang berubah-ubah bukan karena tertutupi oleh bayangan bumi, melainkan karena posisinya yang berubah terhadap bumi. contohnya ketika fase bulan separuh kita hanya melihat setengah dari bagian bulan yang bercahaya karena kita melihat bulan dari samping. saat itu sudut yang dibentuk antara matahari, bumi, dan bulan adalah 90d. dan saat bulan purnama kita bisa melihat seluruh permukaan bulan yang bercahaya karena kita melihat bulan dari depan.

    bulan tertutupi bayangan bumi hanya pada saat terjadinya gerhana bulan

  • fairuz

    salam kenal , situs yang menyediakan soal – soal olimpiade astronomi dimana ya ???

    coba cari di link yang tersedia di situs ini

  • Yudi

    Mo nanya niçh… Apa benar tata surya kita sedang melintasi bidang galaksi bima sakti yg akan menybabkn bnyak asteroid n komet msuk ke dlm tata surya kita n menybabkn tbrakan sprti yg trjdi pd 65 jta thn yg lalu? Mkasih sblumy…

    benar bahwa tata surya kita bergerak mengelilingi pusat galaksi, sebagaimana semua bintang di galaksi ini. tapi pergerakan tersebut tidak mengakibatkan asteroid dan komet masuk ke tata sruysa kita, karena keduanya adalah memang objek di tata surya kita.

  • kloro

    kenapa kalo qt berjalan seolah-olah matahari ato bulan mengikuti qt? apa ada hubungannya dengan aberasi cahaya bintang? masih bingung nih dg aberasi cahaya bintang……makasih :)

    kita seolah-olah diikuti oleh matahari atau bulan karena keduanya berada di jarak yang sangat jauh. perbandingan antara jarak yang kita tempuh ketika berjalan dengan jarak dari bumi ke bulan atau matahari sangatlah besar, jadi seolah-olah posisi keduanya tetap di langit.

    aberasi bintang adalah hal yang berbeda. aberasi yang terjadi karena bumi bergerak mengelilingi matahari mengakibatkan bintang terlihat tidak berada di posisi yang sebenarnya. sama seperti kita melihat air hujan yang jatuhnya miring ke arah kita ketika kita berada di mobil yang melaju, padahal air hujan jatuhnya tegak lurus terhadap mobil kita.

  • atha

    apa sch pengerian aksensiorekta

    asensiorekta itu adalah salah satu sumbu koordinat yang menentukan posisi benda langit. coba lihat di artikel http://duniaastronomi.com/2009/02/koordinat-langit-ekuatorial/

  • iyan

    tentu saja perbedaan suhu yang terjadi di planet merkurius sangat ekstrim karena dia kan planet terdekat dengan matahari, di bumi saja kalau kita pergi di daerah gurun perbedaan suhu antara malam dan siang sangat ekstrim. ternyata yang menyebabkan perbedaan ekstrim tersebut adalah ada atau tidaknya kandungan uap air dalam atmosfir bumi. trims

  • fahri

    assalaamualaikum.wr.wb
    saya maw nanya…gmna caranya untuk…
    mengamati Azimuth matahari….dan bagaimana cara menghitung,titik koordinatnya….?
    apakah menggunakan softwer,,…?
    makasih……
    wassalaamualaikum

    menghitung azimuth dilakukan dengan cara menarik garis tegak lurus dari matahari ke permukaan bumi/horison. titik temu antara garis tersebut dengan horison kemudian dihitung jarak sudutnya dari titik utara, besar sudut inilah yang kita sebut dengan azimuth. cara mengukur besarnya azimuth tidak perlu dengan software tertentu, bisa secara sederhana dengan memakai kompas.

  • bambro

    assalamualaikum, saya mau nanya donk…
    apa yang di maksud dgn luminositas???
    dan gimana cara menghitung luminositas pada suatu bintang…
    mohon bantuan’a… ^^

    waalaykumsalam. luminositas adalah energi yang dipancarkan bintang (semua benda) ke segala arah setiap detiknya. secara umum, besarnya luminositas dapat diukur jika kita mengetahui besarnya energi yang kita terima dan jarak bintang/benda tersebut dari kita (L = en x (4pi x d^2)^-1). kini, luminositas bintang bisa dihitung dengan membandingkannya terhadap luminositas matahari. hal ini dapat dilakukan karena luminositas matahari itu sendiri sudah dihitung oleh para astronom dengan cara yang sama.

  • ada b3r@pa hayoo planet yg ada di tata surya sebutkan secara berturut ya………….??????????

  • noor khoris

    Assalamualaikum. saya senang ilmu dan teknologi jagad raya. PERNAH SAYA MEMBACA JAGAD RAYA TERCIPTA DARI LEDAKAN BESAR DIMULAI DARI ” SATU TITIK MEMILIKI KEPADATAN TAK TERHINGGA TETAPI VOLUME NOL ” pendapat itu dipakai saat ini para ilmuwan. Bagaimanakah cara melogikan pernyataan itu,,,?? berarti SATU TITIK logikanya adalah obyek yang berada dalam ruang, sedangkan ruang dan waktu belum terbentuk…dan mengapa sebelum persitiwa BIG BANG waktu dan ruang belum terbentuk…? padahal kenyataan SATU TITIK tidak dapat exis jika tidak ada ruang.. MOHON kepada Bapak yang terhormat untuk memberikan penjelasan kepada saya dan saya sangat berterimakasih,,,saya ingin mengutarakan banyak hal yang masih mengganjal dalam benak saya..Allah Maha Tinggi ya Pak…?
    Asslamkm.

  • noor khoris

    Assalamaulaikum. Kepada Bapak Yang terhormat.Seperti halnya ilmuwan menganalisa fosil makhluk purba menjadi gambar makhluk menyerupai kera karena perkiraan seperti itu teksture yang sepertinya pas buat makhluk purba, demikian juga ilmuwan mengamati jagad raya padahal manusia berdiri pada posisi sangat jauh di tepian jagad raya. dari analisa pergerakan benda benda dll yang menjadi acuan diputuskan banyak teori jagad raya…APAKAH JAGAD RAYA INI MEMILIKI BATAS LUASAN 3 DIMENSI…??, berarti jagad raya ini mengembang disamping jagad raya juga mengejar ruangan, dan tidak mungkin jagad raya bisa mengembang jika tidak ada ruang yang tersedia biarpun akhirnya hancur karena pengembangan. trimakasih banyak atas bantuan bapak dan pendapat bapak yang saya hormati. Asslmkm.

  • Dita Suganda

    Saya punya pertanyaan yang belum bisa saya jawab sendiri.Apakah bulan itu berotasi? Kalo iya, kenapa sisi bulan yang terlihat dari bumi tidak berubah-rubah (terlihat seperti seorang nenek yang sedang menhitung bulu kucing -dongeng khas sunda-). Mungkinkah kita bisa melihat sisi lain bulan dari bumi? Tolong dijawab ya? Terima kasih.

    justru karena bulan berotasi itulah makanya wajah bulan yang terlihat dari bumi selalu tetap. kalau tidak berotasi maka wajah bulan akan tampak berbeda-beda. dan karenanya juga, kita tidak mungkin dapat melihat wajah lain bulan, sampai kapanpun

  • bambro

    makasih ya kk…
    tp mau nanya lg nie…
    jadi apakah luminositas=spektrum???
    kl beda tolong di kasih alasan’a…
    aku masih bingung ngebedain’a… >.< makasih kk...

    bukan, luminositas adalah jumlah energi yang dipancarkan bintang ke segala arah setiap detiknya. sedangkan spektrum adalah pita warna yang dihasilkan ketika cahaya putih/cahaya matahari/bintang dilewatkan melalui prisma sehingga cahaya putih tersebut terurai menjadi warna-warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu, seperti yang terlihat di pelangi.

    nah, dalam astronomi, pengamatan spektrum bintang akan memberikan beberapa informasi seperti kandungan kimia di atmosfernya, temperaturnya, dan lajunya. dari radius dan temperaturnya baru kita bisa mengetahui berapa luminositas bintang.

  • sahrum

    guruku pernah jelasin “tentang tidal locked”.. tp tidak secara rinci… bsa nda britau rinciannya…

    tidal lock adalah istilah untuk efek gravitasi yang terjadi antara dua buah benda langit yang mengakibatkan hanya satu permukaan tertentu yang sama dari satu benda (atau keduanya) yang dapat dilihat dari benda yang lain. contohnya adalah sistem bumi – bulan yang mengakibatkan hanya satu sisi permukaan bulan saja yang bisa dilihat dari bumi. dalam kasus ini, bulan yang dikatakan “tidally locked” terhadap bumi memiliki periode rotasi yang sama dengan periode revolusi terhadap bumi. contoh lain adalah sistem pluto – charon. di sistem ini, masing-masing benda berada dalam efek tidal yang mengakibatkan keduanya hanya memperlihatkan satu sisi permukaan yang tetap setiap saat. artinya, periode rotasi pluto dan charon sama dengan periode revolusi charon (terhadap pluto).

  • suef suyanto

    mau tanya, kapan ya satelit palapa kita ini habis masa edarnya ? habis banyak anak anak yang tanya tentang hal tersebut. terima kasih mohon penjelasan.

    satelit palapa yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1976. sejak itu sudah ada beberapa kali peluncuran lagi yang dimaksudkan untuk menggantikan satelit yang tua. satelit palapa yang terakhir diluncurkan adalah sateli palapa D pada tahun 2009 lalu. kalau ditanyakan kapan habis masa edarnya, saya kurang tahu.

  • salam kenal..
    aq Ayumu…aq mau tanya tentang Spektroskopi bintang , gerak bintang, dan ekstragalaksi. klo mau di jelasin juga ga apa, atau mau kasih alamat webnya aja juga ga apa.
    tapi tolong di balas ke email q, ya
    lacuskira61@yahoo.com
    tolong banget, ya,,aq butuh jawabannya sebelum hari jumat.
    terima kasih

  • jaenal abidin

    mikum!!!!!! kak saya mau nanya. apa yang di maksud dengan garis fraunhover

    garis fraunhofer adalah garis-garis gelap yang terdapat pada spektrum matahari. disebut begitu karena yang pertama mengamatinya adalah fraunhofer, fisikawan jerman. garis-garis itu sendiri adalah garis absorpsi/serapan yang umum terdapat pada spektrum bintang. tapi karena dulu orang belum mengetahui secara yakin bahwa matahari adalah bintang, maka penemuan ini dianggap spektakuler dan akhirnya dinamakan seperti itu. setelah bisa mengamati spektrum bintang dan menemukan bahwa spektrumnya bergaris-garis gelap, barulah mereka yakin bahwa matahari adalah bintang.

  • Farizul

    Assalamu’alaikum pak Hanief. udh lama gak mampir ke sini, hehehe…
    Pak, sy mo tanya nih, apa bedanya Sudut jam bintang dgn Asensiorekta?

    wa ‘alaykumsalam. sudut jam (hour angle, HA) dihitung dari meridian ke arah barat berlawanan arah putaran jarum jam di sepanjang ekuator langit. jadi untuk pengamat di ekuator, HA semua benda langit yang terbit adalah -6 jam atau 18 jam, dan terbenam pada HA 6 jam.

    asensiorekta dihitung dari titik gamma searah putaran jarum jam sepanjang ekuator langit.

  • a_R_f

    askum…. saya mau nanya ini… tentang lubang hitam,,, sebenarnya lubang hitam itu apa sih? ada yang mengatakan benda yang sangat mampat dengan gravitasi yang luar biasa besar… tetapi juga ada yang mengatakan ruang penghubung antar dimensi… jika benda tersedot olehnya,.. ini sepertinya 2 pendapat yang berbeda… terus yang benar itu yang mana mohon dijelaskan?

    benar, lubang hitam adalah bagian inti bintang yang tersisa dari ledakan bintang. inti ini bermassa sangat besar dengan ukuran yang begitu kecil sehingga menghasilkan gravitasi yang begitu besar dan membuat benda tersebut runtuh ke dirinya sendiri. lubang hitam akan terbentuk pada bagian akhir evolusi bintang bermassa besar, jauh lebih besar dari matahari. matahari hanya akan membentuk bintang katai putih di akhir evolusinya.

    sedangkan pendapat yang ke-2 adalah baru sebatas dugaan yang sulit dibuktikan kebenarannya.

  • a_R_f

    mas hanif, mnyambung pertanyaan yang tentang lubang hitam….
    kalau lubang hitam memiliki gaya gravitasi yang kuat bahkan cahaya pun tdk mampu lolos… terus diapain oleh lubang hitam benda2 dan cahaya yg terserap olehnya, kalau misalnya banda yg diserap sangat banyak? apa yg terjadi bila lubang hitam tersebut sudah banyak sekali menyerap benda?

  • dmusic

    Dimana ya,, web atau situs yg mnyediakan soal dan pembahasan astronomi untuk SMA?
    Terima ksih

  • atha

    assaLamu,alaikum
    pengent nanya..
    punya soal asronomi bwt sma g9???
    pLease!!!

  • Salam kenal…

    mau nanya nih, kan katanya kalau black hole itu gak bisa diliat, terus bagaimana para ahli bisa tahu tentang keberadaan black hole?

    Terus, bagaimana cara mudah memahami diagram HR (Hertzsprung Russel) ?

    blackhole diamati dari perilaku benda-benda di sekitarnya. misalnya, ada sekelompok bintang yang bergerak mengelilingi sesuatu yang tidak tampak. bisa diperkirakan bahwa benda yang dikelilinginya itu adalah lubang hitam. tentu saja ada batasan dalam penentuannya, seperti seberapa cepat bintang-bintang itu bergerak.

    diagram hr adalah diagram yang menunjukkan sebaran bintang-bintang berdasarkan temperatur dan luminositasnya. bintang panas ada di sebelah kiri, dingin di sebelah kanan. bintang dengan luminositas besar ada di atas, dan yang luminositasnya kecil ada di diagram bagian bawah. artinya, ada bintang yang panas tapi luminositasnya kecil atau bintang dingin tapi luminositasnya besar. penentu keduanya adalah ukuran bintang (diameter), apakah dia katai atau maharaksasa.

  • O ya, tadi lupa nanya lagi .

    Bagaimana caranya belajar Tata Koordinat Langit yang versi gampangnya ?
    Soalnya selama ini belajar tentang Tata Koordinat Langit, khususnya yang EKLIPTIKA kok susah banget.

    Makasih….

    secara umum, semua sistem koordinat memiliki dua sumbu, termasuk sistem koordinat bumi dan langit: horison, ekuatorial, ekliptika, dan galaktik. dalam bola bumi dan langit, semua sistem koordinat memiliki dua buah kutub dan sebuah khatulistiwa (yang membagi bola menjadi dua bagian sama besar). nah, sistem koordinat ekliptika menggunakan ekliptika sebagai acuannya, maka ia memiliki kutub utara ekliptika dan kutub selatan ekliptika, serta bidang ekliptika sebagai bidang khatulistiwanya. pentingnya kutub dan khatulistiwa adalah dalam menentukan titik nol koordinat, yaitu di titik gamma untuk perhitungan bujur ekliptika dan ekliptika untuk perhitungan lintang ekliptika. keduanya sama persis dengan penentuan titik nol koordinat di bumi, yaitu kota greenwich dan ekuator. jadi ingat-ingat saja hubungan ini

  • opi

    suka astronomy aku mau dong di kasih tau tentang dunia astronomy. :D
    mau wawasan nya luas nih tentang astronomi

    supaya wawasan kita bertambah luas, maka kewajiban kita adalah belajar. bisa dengan membaca, bisa juga dengan berdiskusi. seperti yang kita lakukan di sini. jadi, sering-sering saja mampir ke web ini :)

  • fahmi azizah

    mungkinkah matahari akan membentuk black hole di akhir evolusinya, thanks.

    tidak mungkin, karena untuk menjadi lubang hitam, sebuah bintang memerlukan massa yang sangat besar. matahari nantinya akan menjadi raksasa merah, lalu planetary nebula, dan kemudian menjadi bintang katai putih (white dwarf)

  • fahmi azizah

    apakah ada kemungkinan kehidupan di setiap galaksi, makasih,,,

    peluang keberadaan kehidupan akan lebih besar di sebuah planet yang berada pada jarak tertentu dari bintang pusatnya, yang disebut dengan zona habitasi (habitable zone). kita tahu bahwa dari 8 planet yang ada di tata surya, 1 di antaranya memiliki kehidupan, yaitu bumi. dan dari ratusan juta bintang di galaksi bimasakti ada setidaknya 1 bintang yang memiliki kehidupan, yaitu matahari. dan jumlah galaksi itu sendiri ada jutaan di alam semesta ini. jadi, kemungkinannya selalu ada. tapi berapa besar peluangnya, kita tidak tahu.

  • ali hamzah

    Aslm wr wb.
    Salam kenal ya mas hanief,,saya ada beberap permasalahan tentang astronomi,,semoga mas hanief berkenan membantu saya
    1.teleskop dengan f/D = 10 itu maksudnya apa?
    2.sebuah teleskop dengan diameter 20 cm (f/D = 10)dilengkapi lensa okulerDua buah lensa okuler yakni dengan panjang fokus 15 mm (okuler A)dan 40 mm (okuler B) digunakan untuk melihat planet jupiter yang beerdiameter sudut 40 detik busur. Hasil yang diperoleh adalah…

    f/d adalah nilai perbandingan panjang fokus dengan diameter yang juga disebut focal ratio. teleskop dengan diameter 20 cm dan f/d = 10 berarti panjang fokusnya adalah 20 x 10 cm = 200 cm. kemudian jika diketahui panjang fokus okuler, kita bisa cari perbesaran yang dihasilkan sistem, dengan menghitung f(ob)/f(ok). jadi okuler A pasti akan menghasilkan citra yang lebih besar dibanding B.

  • denny

    Salam kenal Mas…saya mau tanya nih….
    menurut teori Big bang bahwa alam semesta ini mengembang setelah terjadinya Big Bang. dengan kata lain jarak antar bintang dan Galaksi semakin lama semakin saling menjauhi. tetapi apa yg terjadi dengan Galaksi Bimasakti dan Galaksi Andromeda adalah sebaliknya yaitu semakin saling mendekati karena adanya daya tarik satu dengan yg lain, yg seharusnya adalah saling menjauh menurut teori
    mohon penjelasanya

    terima kasih

    memang benar bahwa galaksi-galaksi yang jaraknya jauh bergerak menjauhi kita. tetapi hal itu tidak berlaku untuk bintang karena bintang-bintang membentuk kelompok yang dinamakan galaksi. jarak antara mereka begitu dekat sehingga tidak membuat mereka bergerak saling menjauhi. bintang-bintang justru bergerak bersama-sama mengitari pusat galaksi.

    hal yang serupa terjadi untuk galaksi yang letaknya berdekatan, misalnya antara galaksi bimasakti dengan galaksi andromeda. keduanya tidak saling menjauh karena pengaruh gravitasi antara keduanya terlalu kuat dan malah saling mendekat. jadi gerak saling menjauh hanya berlaku dalam skala besar (galaksi-galaksi yang letaknya sangat jauh) dan tidak berlaku di skala kecil (grup galaksi, bintang-bintang, planet-planet).

  • nia

    pengetahuan tentang astronomi di tambah lagi dong, coalx banyak yg hrz tau, oooooooooooooooooooooooookkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkeeeeeeeeeeeeee

  • nia

    tlng hmpn smua pnltian pr ilmuwan di slrh Dunia astronomi, biar Q jd astronom yg hbt, srn hrzzzzzzzzz d trm

  • Azka Layyina Wildany

    Terima kasih atas informasinya.Jadi,kalau misalnya masuk d ITB jurusan astronomi,sebenarnya ilmu astronomi yg bagaimana yang akan dipelajari disana?Apa berkutat di angka,teori,atau justru kebanyakan praktek?Susah tidak ya?Terima kasih!!!

    susah atau tidak itu relatif, tentunya kita akan lebih bisa menikmati proses belajar jika apa yang kita pelajari itu kita senangi. belajar astronomi berarti belajar fisika yang diaplikasikan pada bintang. tentu saja kita akan banyak belajar teori karena astronomi tidak banyak dipelajari di jenjang sd – sma. perhitungan pasti dibutuhkan karena astronomi termasuk ilmu pasti (sains). dan praktek diperlukan untuk belajar menggunakan ilmu yang sudah dipelajari di kelas. jadi ketiganya akan terpakai secara seimbang. mudah-mudahan cukup membantu dan kami doakan semoga berhasil :-)

  • nisa

    maaf, saya mau tanya
    mengenai teori bigbang dan pengembangan alam smesta,
    kedua teori itu mengatakan bahwa alam smesta cenderung mengembang. lalu pertanyaan saya,
    bukankah teori ini bertentangan dengan teori gravitasi yang mengatakan bahwa semua benda yang memiliki massa itu memiliki gravitasi. berarti seharusnya alam semesta kita ini tidak mengembang tapi mengerut

    maaf tolong dijelaskan,
    terima kasih

    kalau kita membicarakan gravitasi, maka kita ingat bahwa ada faktor massa dan kuadrat jarak yang mempengaruhinya. maka apabila jarak benda begitu jauh, gravitasinya menjadi sangat kecil hingga bisa dikatakan hampir tidak ada pengaruhnya. itulah yang terjadi di alam semesta kita (dalam skala besar). jarak antar galaksi begitu besarnya sehingga pengaruhnya sangat kecil untuk membuat semuanya tarik menarik. setidaknya hingga saat ini.

    awalnya, yang kita ketahui dari alam semesta adalah bahwa semua benda (galaksi) bergerak menjauhi kita. tentu saja galaksi yang letaknya sangat jauh dari kita, bukan galaksi dekat (seperti andromeda) yang justru bergerak mendekati kita. dari hasil pengamatan tersebut orang kemudian menyimpulkan bahwa alam semesta ini mengembang. hal ini tidak ada hubungannya dengan hukum gravitasi.

    pertanyaan berikutnya adalah, bagaimanakan masa depan alam semesta kita? apakah terus mengembang tanpa batas? atau mengembang hingga batas tertentu lalu diam? atau bahkan setelah mengembang hingga batas tertentu lalu mengerut kembali dan terjadilah big crunch? opsi ketiga inilah yang berhubungan dengan hukum gravitasi, karena akan terjadi bila jumlah massa di alam semesta begitu banyaknya hingga semuanya akan bergerak saling mendekat.

  • wah, makin tambah aja pengetahuannya tentang astronomi kerennnnnnnnnn.

  • apa ada planet baru yang mirip dgn bumi ??
    dgn rotasi lebih cepat dari bumi .

  • salam kenal,,, 1.sebenarnya apakah planet nibiru dan dark sun itu benar-benar ada
    2. sebenarnya badai matahari itu apa sih???
    Makasih ya…

    salam kenal juga :-)
    1. planet nibiru tidak ada. dark sun? kami malah baru dengar sekali ini.
    2. matahari yang tampak diam dan tanpa aktivitas itu sebenarnya sibuk dalam waktu-waktu tertentu. beberapa aktivitasnya adalah flare, prominensa, lontaran massa korona (coronal mass ejection, cme) serta munculnya bintik-bintik hitam (sunspot) di permukaannya. semua fenomena itu memberikan dampak ke bumi kita. partikel-partikel yang terlontar dari matahari dan sampai ke bumi akan mempengaruhi medan magnet bumi. aktivitas matahari itulah yang disebut dengan badai matahari.

    jumlah aktivitas matahari itu akan mengalami peningkatan dan penurunan menurut siklus 11 tahunan. hal inilah yang kemudian dikaitkan dengan isu kiamat 2012.

  • ratih paramita

    aku tertarik sama ilmu astronomi tapi aku sadar kemampuan.hee…
    isu yang lagi buming kan badai matahari, da dampaknya buat indonasia ga???bumi bag mana aja yang kena dampaknya mulai dari yang paling aparah mpe yang cuma kena cipratannya doank.
    maksih!!!

    dampak badai matahari terhadap bumi akan terasa lebih besar di satelit-satelit buatan manusia yang ada di luar bumi. satelit-satelit tersebut akan menerima paparan energi yang dapat membuatnya rusak. jika satelit komunikasi yang terganggu begitu, maka komunikasi manusia di bumi (telepon, televisi, internet) akan terganggu pula. dan hal ini berarti negara manapun dapat terkena dampaknya. bisa jadi, hal ini kita sebut sebgai “kiamat kecil”, karena kita sudah terbiasa memanfaatkan berbagai kecanggihan teknologi yang menggunakan satelit itu

  • aim

    mau tanya nih…soalnya aku masih dangkal ilmu astronominya…soal big bang….karna aku muslim…di teori bigbang…kira2 bunyinya seperti ini…dahulu bumi dan langit itu adalah satu,lalu kami pisahkan keduanya” dalam pengertian awam saya langit ketujuh mungkin yang tertinggi…berarti benda2 langit ada diantara bumi dan langit yang dipisahkan termasuk matahari…trus apakah benar yang saya anggap bumi sebagai pusat tata surya (karena bumi yang dipisahkan dari langit) dan matahari yang mengelilingi bumi. soalnya ga mungkin kan pusatnya mengelilingi benda yang ada diantara keduanya walaupun secara teoritis matahari memiliki “pengaruh” lebih besar.

    dan saya juga mau tanya…dasar teori apa yang menyatakan banyak terdapat planet2 lain, bahkan galaksi lain diluar galaksi kita?soalnya dari berita atau informasi yang saya dapat…penelitian terhadap planet terdekat aja masih ngadat…kok sudah ada terbit gambar bumi ada di galaksi dan letaknya juga sudah di gambarkan?dapat gambarnya dari mana?kamera apa tuh yang bisa memotret bumi kita ada di posisi tersebut?atau hanya baru “perkiraan yang sudah dipublikasikan”…lagi pula ada perdebatan tentang planet baru yang diketahui menggantikan posisi pluto…nah!planet tersebut aja yang “dianggap” lebih deket aja masih dalam perdebatan…kok dah ada gambar banyak galaksi?sebaiknya di selesaikan dulu yang dekat2 baru bahas yang jauh2…

    maaf ini hanya pertanyaan yang dari dulu blom aku temukan jawabanya…
    semoga saya dapat pencerahan…trimakasih…

    sebenarnya, bigbang menceritakan asal mula terbentuknya alam semesta kita. sedangkan yang aim tanyakan di atas adalah tentang bumi dan matahari. jadi, keduanya tidak berkaitan karena proses pembentukannya berbeda dalam hal waktu dan caranya. lalu apakah bumi menjadi pusat tata surya? tidak, karena pusat tata surya adalah matahari.

    lalu menjawab pertanyaan kedua, pengetahuan kita tentang keberadaan planet-planet di bintang lain dan galaksi di luar galaksi kita didasari bukan dari teori, melainkan dari hasil pengamatan. gambar/foto planet yang ada di bintang lain adalah sekedar ilustrasi saja, bukan hasil pemotretan sesungguhnya.

    kemudian dari mana aim mengetahui masalah perdebatan tentang planet baru yang menggantikan posisi pluto? berita itu tidak benar dan tidak ada, jadi tidak usah dipedulikan :-)

  • aim

    Trimakasih atas jawabanya…itu sangat membantu…
    Tapi tetap saja saya bingung…kepastian bahwa matahari adalah pusat tatasurya…adakah referensi detil tentang itu…
    Kemudian jika gambar galaksi itu hanya ilustrasi…mohon alasan apa yg digunakan sehingga diilustrasikan seperti itu…berarti masing2 ilmuan punya ilustrasi sendiri?dan itu tentu sah2 saja…karena gambar pasti ga pernah ada…
    Jadi kalau yang saya pelajari selama ini hanya gambar ilustrasi…dimanakah saya dapat menemukan sesuatu yg lebih “berarti” atau setidaknya bukan ilustrasi…karna menurut saya kalau mempelajari bentuk yg hanya dari ilustrasi…takutnya jadi ga berarti…karena kita tidak pernah tau bentuk galaksi itu sebenarnya bagaimana?

    begini, semua kesimpulan yang diambil oleh ilmuwan adalah pasti hasil dari penelitian, bukan asumsi orang per orang. jadi tidak bisa dibuat seenaknya sendiri. jadi, pengetahuan tentang matahari sebagai pusat tata surya dan hasil ilustrasi/gambaran galaksi bimasakti bisa dipercaya, setidaknya sampai ada temuan baru yang bisa memberikan gambaran yang lebih baru tentang galaksi kita. kenapa sekedar ilustrasi? karena kita tidak bisa memotret langsung. kita harus pergi sejauh puluhan ribu tahun cahaya dan menjauh dari galaksi bimasakti supaya bisa memotretnya langsung, dan sekarang kita belum bisa melakukannya.

    membuat ilustrasi bentuk galaksi bimasakti mirip dengan membuat denah kamar tidur kita lengkap dengan posisi barang-barang di dalamnya (kasur, lemari, meja belajar, pintu, jendela, dll). di kamar, kita tentu bisa memperkirakan jarak semua barang dari kita. dengan pengetahuan jarak itu, kita kemudian bisa membuat denahnya. begitu pula dengan galaksi kita. melalui pengamatan, kita bisa mengetahui posisi dan jarak berbagai macam benda yang ada di galaksi sehingga kita bisa membuat gambaran tentang bagaimana bentuk galaksi kita ini.

  • aim

    trimakasih atas jawabannya…sangat membantu sekali…saya mesti sering2 nambah ilmu astronomi nih…
    jawabannya sangat baik…tapi menurut saya masih kurang mengena…mungkin karna saya bukan astronom kali ya…hehe…
    semoga saja temuan baru dapat ditemukan secepatnya, supaya rasa penasaran aku cepat terjawab…:)

  • Dita Suganda

    Saya sering melihat benda langit seperti bintang berjalan, sebenarnya benda apa itu? Kalau meteor rasanya tidak mungkin karena benda ini berjalan lambat seperti halnya kita melihat pesawat terbang dari bawah. Tetapi saya yakin itu bukan pesawat, karena terkadang cahaya benda itu menghilang walaupun tidak tertutup awan.

    kemungkinannya adalah satelit (iss atau iridium flare). tapi kenampakan satelit ini hanya pada menjelang matahari terbit atau sesudah matahari terbenam

  • Danau Toba

    Misalnya kita dalam Sebuah kamar kemudian kita disuruh menggambar rumah dimana ada gambar kita, tanpa kita keluar kamar/rumah gimana mungkin kita bisa menggambar rumah tersebut, juga bisa menggambarkan gimana bentuk rumah sebelah. Analogi ini seperti kita tinggal dibumi “Katanya ada di Galaksi Bima Sakti”.
    Bagaimana mungkin kita bisa menggambar galaksi bimasakti tanpa kita keluar dari galaksi tersebut? Apalagi bisa tahu gambar galaksi2 yang lain, ada yang berbentuk spiral dll.

    maaf kalau penjelasan kami kurang detil. perumpamaannya kami ganti dengan kita tinggal di sebuah rumah yang terbuat dari kaca. maka tanpa keluar rumah pun kita bisa memperkirakan bentuknya seperti apa dengan cara yang sama, yaitu menghitung jarak tembok-tembok dari posisi kita berdiri dan memetakannya secara tiga dimensi.

    sedangkan untuk melihat galaksi lain, kita tidak menggunakan cara yang sama. cukup dengan mengamatinya dengan teleskop saja. dari cara inilah kita bisa tahu bahwa ada banyak galaksi di luar sana dengan bentuk yang bermacam-macam.

  • Lokasi saya di mojokerto, jawa timur dan saat pukul 18.30 WIB ( 11.30 UT ) saya tadi sempatkan untuk melihat langit yang sangat cerah. Kebetulan saya memperhatikan Rasi Scorpius yang ada di sebelah timur. tapi anehnya saya melihat objek , dan objek ini tidak kabur, samar-samar , atau pun berkedip bergerak dari rasi Scorpius ke arah utara. Padahal saya kemarin sudah 2 hari ini melihat objek yang bergerak dari arah barat menuju arah timur yang penampakan objeknya berkedip-kedip dan hari ini saya tidak melihatnya sama sekali. Kalau bisa objek apa itu, karena saya tidak bisa melihat pakai Binokuler ?
    Atas jawaban saya sampaikan terima kasih.

    kemungkinannya adalah satelit iss atau iridium flare. coba lihat web http://www.heavens-above.com, mungkin saat itu ada benda yang melintas di sekitar mojokerto :-)

  • pinkan

    sebarnya bintang sama matahari besaran mana sih?

    pertama matahari adalah bintang. kedua, di alam semesta ini, matahari adalah bintang yang ukurannya normal alias biasa-biasa saja. ada banyak yang jauh lebih besar dan ada juga yang lebih kecil. jadi, matahari mau dibandingkan dengan bintang yang mana dulu? :-)

  • rahman

    saya waktu kemarin malam melihat cahaya putih seperti bintang, terbang nya cepat sekali. kalo boleh tau apakah itu?

    maaf, informasi yang diberikan kurang banyak jadi kami tidak bisa memberikan penjelasan yang lebih baik. tapi kemungkinannya benda itu adalah satelit seperti iss atau iridium flare. benda seperti ini akan tampak terang, tidak berkedip, dan terlihat setelah matahari terbenam atau sebelum matahari terbit.

  • rahman

    kloo………. satelit ko terbangnya dekat sekali sama permukaan tanah….?

    ada banyak satelit di angkasa kita sekarang ini. fungsinya bermacam-macam dan jaraknya dari permukaan tanah juga

  • Franzy

    Om.. Om….
    hehehe……

    Bulan di apogee… Bumi di aphelion…. istilah itu artinya apa..??? o_O
    artinya ga ada di kamus astronomi…….

    T_T

    oh, maaf. segera kami tambahkan, terima kasih atas ketelitiannya :-)

    apfokus adalah jarak terjauh sebuah benda dari titik fokus elips orbitnya (benda pusat yang dikelilingi). misalnya, bulan di apogee berarti bulan berada di jarak terjauhnya dari bumi (geo), bumi di aphelion berarti bumi di jarak terjauhnya dari matahari (helios).

  • Joe

    mau nanya dong Om
    hehehe

    bintang yang jaraknya (mendekati) sekitar 30,32 dan 18,90 tahun cahaya itu namanya apa ya??

    saya udah muter kesana kemari ga nemu2 nih =A=

    maaf, kami juga belum menemukan bintang apa itu. apakah ada petunjuk lain?

  • tahdi

    selamat sukses,,, om tante… apakah ada terdapat air selain di bumi?? mkasih.. hemm

    sampai saat ini, baru air di bulan saja yang sudah diyakini keberadaannya

  • Kiki

    Halo, senang bisa ketemu sama situs ini…semoga bisa menjawab pertanyaan2 saya berikut ini…

    1. Bisakah Anda membantu saya untuk memberi informasi kira2 pada tahun 2009, 2010, dan 2011 konjungsi planet apa saja yang akan terjadi? Mohon cantumkan juga tanggalnya bila memungkinkan…

    2. Kapankah waktu2 terbaik untuk melihat planet merkurius pada tahun 2010-2014?

    3. Kapan waktu terbaik untuk melihat planet venus pada tahun 2010-2014?

    4. Kapan waktu terbaik untuk melihat planet mars pada tahun 2010-2014? Mohon sertakan konstelasi-konstelasi yang sering dilintasinya pada waktu2 tersebut, bila memungkinkan.

    5. Kapan waktu terbaik untuk melihat planet jupiter pada tahun 2010-2014? Mohon sertakan konstelasi-konstelasi yang sering dilintasinya pada waktu2 tersebut, bila memungkinkan.

    6. Kapan waktu terbaik untuk melihat planet saturnus pada tahun 2010-2014? Mohon sertakan konstelasi-konstelasi yang sering dilintasinya pada waktu2 tersebut, bila memungkinkan.

    Terima kasih

  • budi

    maz hanief kemren mlam q ngeliat cahaya putih terbang di atas bukit. cahayanya seperti berhenti truz kaya muterin bukit itu. blz cpt y maz.

    kami juga kurang tahu benda apa itu. mungkinkah satelit atau iridium flare?

  • esdoubleu

    Dear Dunia Astronomi, saya mau nanya. Adakah versi Indonesia dari rasi bintang Andromeda dan Perseus? Terima kasih..

    maaf, kami belum tahu. kami cari dulu ya

  • Mas tanya sedikit aja. Kalo kita berada di angkasa luar PROSES KEMANUSIAAN kita masih berlaku nggak ya.Terima kasih

    maksud dari proses kemanusiaan itu yang bagaimana?

  • ibo'ni

    koq berita tentang hujan meteor perseid ga ada y?
    puncak’y tgl 12&13 agustus kan..
    tlg di update trus ya berita’y..

    beritanya tidak ada karena tidak sempat menuliskannya. terima kasih buat perhatian dan sarannya, kami akan berusaha :)

  • Rara

    Kak qw mw tnya donk…
    Apasih yang d sbt “spektrum & diagram Hertzprung-Russell” ?
    Atas jawabanx makacih…

    spektrum adalah pita cahaya yang dihasilkan ketika cahaya putih/polikromatis (misal, dari matahari, bintang, bulan, planet, dsb) dilewatkan pada suatu pengurai cahaya (prisma, kisi/grating). hasilnya adalah apa yag kita lihat pada pelangi, yaitu pita cahaya warna-warni monokromatis (mejikuhibiniu).

    diagram hertzsprung-russel adalah diagram yang menggambarkan distribusi bintang berdasarkan luminositas (kecerlangan) dan temperatur. dari diagram hr ini kita juga bisa lihat bagaimana bintang-bintang tersebar menurut evolusi dan massanya.

  • Jhons

    Soal Essay
    1.Andaikan sebuah supernova mengembang dengan kecepatan 1.000 km/detik, dan jarak supernova tersebut adalah 10.000 parsek. Berapa perubahan diameter sudutnya dalam 1 tahun ?
    2.Nebula kepiting yang mempunyai radius sebesar 1 pc, mengembang dengan kecepatan 1.400 km/detik. Hitung umur nebula tersebut !
    3.Kecepatan yang diamati dari sebuah galaksi yang jauh (Vteramati) adalah gabungan dari kecepatan akibat ekspansi alam semesta (Vekspansi) dan kecepatan pekuliar (Vpek), yaitu (Vteramati = Vekspansi + Vpek). Kecepatan pekuliar adalah kecepatan diri galaksi terhadap kecepatan rata-rata galaksi lain disekitarnya. Kecepatan ekspansi bergantung pada hukum Hubble, sedangkan kecepatan pekuliar sebuah galaksi nilainya acak, sekitar ratusan km/s. Misalkan kita mengamati dua galaksi, satu pada jarak 35 juta tahun cahaya dengan kecepatan radial 580 km/s, dan yang lain pada jarak 1.100 juta tahun cahaya dengan kecepatan radial 25.400 km/s.
    a.Hitung konstanta Hubble dari masing-masing hasil pengamatan diatas dalam satuan km/s /juta tahun cahaya.
    b.Manakah di antara dua perhitungan yang akan Anda anggap lebih dapat dipercaya? Mengapa?
    c.Estimasikan kecepatan pekuliar dari galaksi dekat.
    d.Jika galaksi yang lebih jauh diketahui punya kecepatan diri yang sama dengan galaksi dekat, hitung konstanta Hubble yang lebih akurat!
    4.Andaikan kita mengamati sebuah galaksi yang jaraknya 500 Mpc, dan galaksi tersebut bergerak menjauhi kita dengan kecepatan 30.000 km/detik. Jika kecepatannya konstan, kapan Big Bang terjadi ?
    5.Massa Bulan adalah 7,1 x 1022 kg, orbit Bulan mengelilingi Bumi dianggap lingkaran dengan radius 384.400 km dan periode 27? hari. Apabila pada suatu saat bulan bertabrakan dengan sebuah astroid besar bermassa 3,2 x 1018 kg, dengan arah tumbukan sentral, asteroid menghujam permukaan Bulan secara tegak lurus dengan kecepatan relatif 30 km/s terhadap bulan. Vektor kecepatan asteroid tepat berlawanan dengan vektor kecepatan Bulan dalam orbitnya mengelilingi Bumi. Berubah menjadi berapa lama periode orbit bulan ?

  • thia theresia

    aku mau nanya boleh kann??

    sebenarnya apa sih keterkaitannya antara lubang hitam, lubang cacing, dan lubang putih????

    makasih sebelumnya :)

    lubang hitam adalah fase terakhir dari evolusi bintang bermassa besar dan sudah diyakini keberadaannya. lubang cacing adalah suatu geometri terowongan teoritis yang dibangun dari teori relativitas umum. diteorikan juga, lubang cacing ini dapat memindahkan benda menuju ruang-waktu lain sehingga dapat digunakan sebagai mesin waktu. sedangkan lubang putih adalah benda teoritis yang sifatnya berlawanan dengan lubang hitam. hubungan antara ketiganya adalah, semua materi yang masuk ke dalam lubang hitam akan melintasi lubang cacing dan keluar di lubang putih.

    hubungan antara ketiganya itu baru sekedar teori belaka, belum dapat dipastikan hingga saat ini. namun banyak film fiksi ilmiah yang menggunakan hubungan tersebut agar membuat perjalanan di ruang angkasa menjadi lebih cepat.

  • nurul

    assalamualaikum…..apakah gerhana matahari total seluruh permukaan bumi akan gelap?

    waalaykumsalam. tidak, hanya sebagian kecil saja yang akan gelap dan artinya hanya sebagian kecil daerah saja yang dapat menyaksikan gerhana matahari total. hal ini disebabkan jauhnya jarak bulan-matahari sehingga bayangan bulan yang terbentuk di permukaan bumi juga tidak terlalu besar.

  • nurul

    assalamualaikum….sebenarnya,kalau kita mendarat ke bulan.apakah kita melayang atau kaki kita menginjak bulan itu apa tidak?

    tentunya akan menginjak permukaannya. salah satu contohnya, yang paling fenomenal adalah ketika pertama kali manusia mendarat di sana.

  • arashy

    jka bumi hancur apakah sistem tata surya ikut hancur?

    wah, ini pertanyaan menarik. apabila bumi hancur maka mungkin ada perubahan pada orbit planet-planet yang lain. kemungkinan terburuknya memang tata surya akan mengalami kehancuran sistem (berantakan) tetapi dalam waktu yang sangat lama.

  • katanya di satlit io ada kehidupan yaaaaa :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :)

    dapat info tersebut dari mana? sejauh ini belum ada kesimpulan itu kok. para ilmuwan masih menelitinya

  • nhesa

    assalamu alaikum kak, apa sih yang dimaksud dengan blackhole??????

    yang dimaksud blackhole (lubang hitam) adalah satu tahap terakhir dari evolusi bintang bermassa besar setelah sebelumnya meledak (supernova)

  • nhesa

    kak, apa yang dimaksud dengan cluster????

    yang dimaksud cluster adalah gugus/kelompok bintang. biasanya semua bintangnya lahir di lokasi yang berdekatan sehingga jarak semuanya dari bumi hampir sama. inilah yang membedakannya dengan rasi karena rasi adalah sekelompok bintang yang terlihat mengumpul padahal jaraknya berbeda-beda.

  • sai kawari

    apa benar, mars mendekat ke bumi pada tahun 2003?????

    kata “mendekat” mungkin kurang tepat karena seakan-akan mars bergerak menuju bumi. yang terjadi adalah pada saat itu mars berada pada jarak terdekatnya dengan bumi, yaitu 55,738 juta kilometer. jarak sedekat itu tersebut akan dicapai lagi pada tahun 2287 nanti, setelah sebelumnya terjadi pada tahun 57.617 sebelum masehi

  • sai kawari

    kak, cluster pleiades terdiri dari berapa bintang ya?????????

    secara keseluruhan, gugus pleiades memiliki hingga 1000 bintang, 6 di antaranya bisa dilihat dengan mata telanjang.

  • sai kawari

    apa benar, nama pluto yang sekarang ini 134340????

    lebih tepatnya, nama pluto menjadi (134340) Pluto

  • sai kawari

    kak, adakah cluster yang bisa dilihat dengan mata telanjang dari bumi??
    maaf ya kalau pertanyaann saia banyak sekali

    cluster atau gugus bintang yang dapat dilihat dari bumi di antaranya Beehive, Hyades, dan Pleiades

  • Julius

    Mau numpang tanya nih ya…

    Kelebihan dan kekurangannya teori Nebula itu apa ya?
    Thanks :D

    setahu saya, teori nebula sudah cukup baik dalam menjelaskan asal-usul terbentuknya tata surya.

  • kio

    di mana ya bisa dapatin soal soal osn astronomi !?
    Thnks

    coba cari di blog mutoha (jac). lihat link-nya di halaman buku tamu

  • Vivi

    Hai, saya mau tanya tentang apa sih hubungan teori big bang dengan teori nebula? thx..

    teori big bang adalah teori mengenai pembentukan alam semesta, sementara teori nebula adalah teori pembentukan tata surya. jadi tidak ada hubungan antara keduanya

  • Enry Christanto

    kak, mengapa ya daerah antara matahari dan halo itu warnanya agak gelap…??

    karena daerah tersebut kalah terang dibanding matahari dan halonya. tetapi sebenarnya sama terang dengan langit di sekitarnya

  • nurul

    assalamualaikum…
    ka,sebenarnya di planet lain ada kehidupan ga si ka?dan apa benar,tentang mengenai mahluk lain seperti alien,dan apa benar alien itu ada?

    waalaykumsalam. sampai saat ini, jawabannya adalah tidak ada. segala macam penelitian dan pengamatan belum menemukan bukti tentang adanya kehidupan (dalam bentuk apapun) di tempat selain bumi. jadi alien juga ga ada, itu hanya fiksi saja

  • Fara

    Kak,kenapa di Indonesia ga ada mata pelajaran Astronomi?,kalau ada juga di sekolah2 tertentu.Kalau di pelajaran IPA,paling bahasnya cuma sedikit.

    sepertinya karena dianggap belum terlalu diperlukan siswa. yang diperlukan hanyalah apa yang sudah ada di pelajaran ipa saja. semoga itu hanya untuk sementara waktu :)

  • rifka

    pagi,

    kak bumi it kan ada di galaksi bimasakti
    emang nya galaksi ada berapa?
    setiap galaksi punyaa plant or bntang2 kya galaksi kita?
    maf ia ka pertanyaan nya bodoh bgt
    tp ak penasaran

    met pagi juga. galaksi adalah kumpulan bintang, ada 200 jutaan bintang di galaksi kita. di antara bintang-bintang itu ada juga yang memiliki planet. dan di antara planet-planet itu sedang mungkin saja ada kehidupan :)

    oya, jangan bilang seperti itu lagi ya, tidak ada yang namanya pertanyaan bodoh kok :)

  • Nasser Optima

    gan tolong carikan tanggal 23 Januari 2001 bertepatan dengan hari/tanggal berapa /bulan/tahun hijriyah? thenks sebelumnya, penting bangetssss

    coba lihat di link ini http://www.islamicity.com/PrayerTimes/hijriconverter1aPartner.htm

    hasilnya adalah 27 syawal 1421 h, hari selasa

  • Vivi

    Tujuan awal Hubble Space Telescope adalah menemukan nilai yang akurat dari Konstanta Hubble yang dipakai dalam hukum Hubble. Hukum itu menyatakan…

  • nurul

    assalamualaikum….
    ka,trima kash atas jwbn’a v,sy mw tnya lg…”miranda dlm ilmu astronomi tuh apa ea ka??”

    miranda adalah nama sebuah satelit milik uranus

  • kukuh

    astronom Indonesia termuda yg kuliah dijerman siapa ya???

    bisa lebih spesifik lagi? apakah kukuh pernah bertemu/lihat yang dimaksud?

  • kukuh

    belum pernah bertemu, siapa ja astronom indonesia yg pernha kuliah di jerman, kl bisa yg paking muda…

    setahu saya, ada 3 orang astronom indonesia yang sekarang berada di jerman

  • deddy

    teman2…
    apa ada yang tahu….kejadian apa/apakah ada kejadian di alam ini pada tanggal 9 agustus 2002 tepatnya jam 12 siang…mohon infonya…

    maaf, kami tidak tahu

  • mira

    ada berapa galaksi di dunia ini??lalu apa setiap galaksi memiliki susunan yg sama dgn galaksi bima sakti….?
    terus…knp roket yg pernah ke bulan bisa sampai ke bulan tanpa habis terbakar,sedangkan benda2 langit yg mau masuk ke bumi akan habis terbakar sebelum sampai ke bumi???

    galaksi di alam semesta diperkirakan lebih dari 200 milyar buah dengan bentuk/susunan yang beragam. coba lihat http://duniaastronomi.com/2009/02/sistem-klasifikasi-galaksi/

    lalu, semua pesawat ruang angkasa (roket, pesawat ulang-alik) tentunya sudah dibuat dengan ketahanan yang tinggi sehingga tidak akan terbakar di atmosfer. kalau habis terbakar, maka betapa besarnya kerugian yang didapat. contohnya ketika pesawat ulang-alik columbia yang memasuki atmosfer bumi mengalami kerusakan pada panel tahan panasnya. pesawat tersebut akhirnya terbakar, meledak, dan menewaskan seluruh awaknya

    • raufa

      kalau menurut saya, gak setiap galaksi memilki susunan yang sama dengan galaksi kita atau milky way. ada jutaan galaksi di alam semesta ini.

      setahu saya, belum pernah ada benda bumi yang melewati atmosfer terakhir bumi kita ini. atau belum ada partikel besi yang melewati ke angkasa luar.
      trus, untuk bahan bakar biasanya suka disuplai sama stasiun luar angkasa international.

      itu juga setahu aku. maaf kalau ada yang salah!
      hehehe

      yang pertama bener, yang kedua salah. tapi terima kasih sudah ikut menjawab :)

  • abid

    hyyy…
    ehhh kegunaan bintang atau rasi bintang untuk kehidupan apa saja yha selain untuk menentukan arah…..

    salah satunya, menandai musim karena waktu kemunculan sebuah rasi di langit malam selalu tetap setiap tahunnya. misalnya saat ini kita bisa melihat rasi orion sejak sebelum subuh. beberapa minggu lagi, orion terbit tengah malam, dan beberapa minggu setelahnya orion akan terbit sore hari. begitu seterusnya

    • raufa

      untuk membuktikan bahwa bumi bentuknya bulat.
      hehehe

      kenapa bisa begitu? :)

    • raufa

      mungkin karena adanya rotasi bumi

      kurang tepat. sebenarnya, rasi bintang bisa jadi petunjuk bahwa bumi bulat karena ada ketidaksamaan kenampakan rasi di tempat yang berbeda. kalau bumi datar, maka rasi yang diamati haruslah sama di semua tempat

  • Amel

    Mau nanya nih…
    Kan dsekolah aku ada seleksi buat osn dn aku tiba2 disuruh ikut astronomi….
    Kira2 belajarnya apa aja ya…
    Trus nyari materinya dmn…
    Ada yg tau ga
    Trimakasih…:-)

    banyak sekali yang bisa dipelajari di astronomi. coba gunakan buku ‘menuju olimpiade astronomi’

    • raufa

      kmaren aku jga kepilih. lebih baik kamu cari materi tentang spektrum cahaya, gravitasi, rumus einstein…, dll. sukses ya…
      atau kamu dowmload aja soal2 olimpiade astronomi, trus kmu latihan deh

  • Ian Adiyanto

    Bagaimana para ahli astronomi membedakan antara meteor, komet,planet, satelit, bintang bahkan gugus galaksi di jagad raya?

    semua benda tersebut bisa dibedakan karena lokasi dan sifatnya berbeda-beda.

  • lutdfa

    q bgung nieee…
    q mw tnyaa…
    bentuk,ukuran dan usia bumi ituu kyak ap sih..???

    bentuknya bulat, dengan radius 6.378 km, usianya sekitar 4 milyar tahun

  • Jecky

    jika diketahui >>

    dp = 3 AU
    da = 3,5 AU

    Eksentitas (e) = ??
    Jarak Rata-Rata planet tersebut = ??

    jarak rata-rata biasa disimbolkan dengan a.
    dp adalah jarak perihelion (terdekat), bisa dihitung dengan rumusan:
    a x (1 – e), berarti a = dp/(1-e)

    da adalah jarak aphelion (terjauh), bisa dihitung dengan rumusan:
    a x (1 + e), berarti a = da/(1+e)

    dari dua persamaan tersebut, kita dapat menghitung besarnya e (eksentrisitas).
    dp/(1-e) = da/(1+e) , atau
    e = (da-dp)/(da+dp)

    setelah dapat e, kita dapat menghitung jarak ratarata
    a = dp/(1-e)

    silakan hitung sendiri :)

  • amel

    klu boleh tau nyari buku menuju olimpiade astronomi di mana ya,,,
    makasih ya

    coba hubungi prodi astronomi itb

  • astronomer amatir

    assalamualaikum,,,saya mau bertanya masalah “seeing” dan scintilation?apa?mohon dijawab atau saya bisa mengakses jawaban dimana?

    keduanya adalah fenomena yang diakibatkan oleh fluktuasi yang terjadi di atmosfer bumi. ketika kita melakukan pengamatan bintang dengan teleskop, maka seeing dan scintilation adalah dua masalah yang dapat mengganggu pengamatan kita. keduanya akan menyebabkan bintang yang kita amati tampak menari-nari atau berkedip-kedip. untuk lebih jelasnya, coba lihat gambar/animasi yang ada di halaman http://en.wikipedia.org/wiki/Astronomical_seeing dan http://en.wikipedia.org/wiki/Scintillation_(astronomy)

  • muhammad

    mau tanya nih……

    di galaxi bimasakti, bintang yang lebih besar dari matahari itu apa namanya?
    and ukurannya itu brp kali matahari?

    ada banyak bintang yang ukurannya lebih besar dari matahari. coba lihat link berikut: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Star-sizes.jpg dan ini http://www.universetoday.com/25331/size-of-stars/

  • amel

    cara hubunginya gimana ka?

    amel posisinya di mana emang? mungkin bisa kami bantu carikan yang di kota amel. kalau menghubungi prodi astronomi, bisa ke websitenya (ada di kolom sebelah kanan di menu buku-tamu).

  • amel

    Aku di jakarta selatan ka…daerah kebayoran lama,,makasih banyak ya ka,,,

    jakarta ya. apakah sudah coba hubungi planetarium, misalnya pak widya sawitar?

  • sai kawari

    kak, apa betul para astronomi menemukan lubang hitam baru???????

    benar. dan istimewanya lagi, lubang hitam itu masih sangat muda, sekitar 30 tahun saja

  • Rifai

    Assalamu alaikum Mas Hanief,
    Selamat hari Idul Adha, taqabbalallahu minna wa minkum.

    saya mau lanjut diskusi tentang hilal via email dua hari lalu.
    Dari ilmu astronomi, apakah mungkin ada kondisi di mana Indonesia melihat hilal kemudian ternyata Arab Saudi tidak melihat hilal? Kalau dipikir2 oleh orang awam macam saya, seharusnya kalau Indonesia bisa lihat hilal maka 4 jam kemudian, harusnya Arab Saudi melihat hilal lebih jelas lagi karena usia hilalnya sudah lebih tua, jadi kondisi ini tidak mungkin terjadi, tapi mungkin saya salah?

    Katakanlah pertanyaan (or pernyataan) di atas benar, maka tanggal di Arab akan sama dengan kita atau duluan sehari dari kita, yang berarti kita (Indonesia) sebenarnya tidak lebih duluan dari mereka sehingga hukum GMT tidak berlaku di penanggalan hijriyah. Benarkah?

    kalau cuacanya memang memungkinkan (cerah) di kedua tempat itu, maka tidak mungkin hilal terlihat di indonesia tetapi 4 jam kemudian di arab tidak terlihat. alasannya seperti yang bapak tulis. tetapi kalau memang hal tersebut terjadi, maka kita jadi duluan sehari dari mereka, bukan sebaliknya. mereka akan duluan sehari dari kita jika kita tidak bisa melihat hilal sedangkan mereka bisa, seperti yang terjadi di bulan dzulhijjah ini.

  • Hi…
    Saya mau nanya nih dimana ya website yang menyediakan rumus-rumus astornomi yang lengap?
    Dan apakah yang terjadi kalau ada benda yang mendekati lubang hitam(black hole)?

    rumus astronomi yang lengkap? saya tidak tahu, tapi robin bisa memanfaatkan mesin pencari seperti google dan yahoo untuk mencarinya secara detil. kalau ada benda yang mendekati lubang hitam, maka benda tersebut akan tertarik masuk ke dalamnya. lalu hilang dari pandangan. setelah itu, tidak ada yang tahu.

  • oya ada yang kelupaan apa saja sih cabang-cabang dari ilmu astronomi. Dan kalau mau kuliah nanti ambil jurusan astronomi dimana ya tempat kuliah yang bagus?

    beberapa di antaranya adalah fisika bintang, galaksi, kosmologi, dan tata surya. di indonesia, kuliah astronomi hanya ada di itb, bandung. di luar negeri, ada banyak pilihan dan saya tidak tahu mana yang bagus, jadi tidak bisa memberikan rekomendasi :)

  • abuzar

    boleh tanya ya……

    isu mengatakan bahwa kiamat terjadi ketika ada meteor yang akan menabrak bumi.
    apakah betul ada meteor atau planet laain yang akan menabrak bumi?

    bisa dikatakan bahwa hal tersebut sangatlah mungkin terjadi. tetapi kapan akan terjadi, tidak ada yang tahu

    • Tandy

      ya isu itu benar dan para ilmuawan akan merencanakan untuk membuat Roket yang digunakan untuk menghancurkan meteor besar itu.

  • fachri

    kak……. mau tanya…..

    bagaimana sih keadaan gaya gravitasi di bulan?
    dan siapa yang menemukan bahwa ada air di bulan?

    gaya gravitasi di bulan lebih kecil dari pada yang ada di bumi. sehingga, kita akan dapat melompat lebih tinggi di sana. air di bulan ditemukan dalam salah satu program nasa

  • Bagoes

    Matahari Terbit jam berapa pada tanggal 26-11-2010
    Matahari Tenggelam jam berapa pada tanggal 26-11-2010
    Bulan Terbit jam berapa pada tanggal 26-10-2010
    Bulan Tenggelam jam berapa pada tanggal 26-10-2010

    coba gunakan program peta bintang stellarium (bisa diunduh gratis)

  • reza

    kaka saya mau tanya bagaimana teori nubel

    wah maaf, saya belum pernah mendengar teori itu

  • israwati

    hai….
    boleh minta bahan ajar astronomi untuk tim olimpiade astronomi g’
    kebetulan kita pembimbing olimpiade di sekolah, cuma kami terkendala mendapatkan bahan ajarnya. boleh dong…..
    makasih

    maaf, saya tidak bisa. coba hubungi program studi astronomi itb saja.

  • upik

    hi….
    bagaimana cara kita mengamati fase bulan dengan peralatan yang sederhana, dimana kita mengamati fase bulan tersebut dari rumah kita..?
    Trimakasih

    mengamati fase bulan bisa dilakukan dengan mata telanjang. syaratnya, amati bulan di waktu yang berbeda-beda setiap malamnya. tentunya di tempat yang langitnya tidak terhalang oleh bangunan/pepohonan.

  • Wahyu

    Ass. Wr. Wb.
    Tolong bantuannya kalau bisa saya dikirimi email soal dan pembahasan OSN bidang Astronomi u/anak saya. Karena saya coba cari di toko buku ga ada. Terima kasih atas bantuannya. Ditunggu lho kirimannya. Wass.

    wa ‘alaykumsalam wr. wb. maaf, saya tidak bisa. coba hubungi program studi astronomi itb

  • nurul fadilah

    assalamu’alaikum… ka,apa si kegunaan’a astronot?dn kta’a pda thun brapa ya ka ada pergeseran antara australia dgn ngara lain?trus,knapa si akhir2 ini bintang banyak banget d’langit?

    wa ‘alaykumsalam. kegunaan astronot? astronot adalah orang yang pergi ke luar angkasa. kepergiannya itu tentunya dengan berbagai macam tujuan. pergeseran memang terjadi di kerak/kulit bumi dan tidak hanya terjadi pada australia saja, tetapi semua daratan di dunia. lalu, bintang terlihat banyak di langit nurul mungkin karena cuaca di tempat nurul sedang bagus sehingga banyak bintang bisa terlihat.

  • gusti

    Ass. Wr. Wb.

    kak, saya mau tanya..
    apa yg dimaksud dengan sudut elevasi atau tinggi suatu objek langit

    terima kasih :)

    sudut elevasi mungkin berarti sudut ketinggian/altitud. sudut ini dihitung dari horison ke objek yang dimaksud. suatu objek yang baru terbit/terbenam memiliki altitud 0 derajat, dan objek yang ada di zenith memiliki altitud 90 derajat.

  • Dliya Ulfi

    assalamualaikum …
    Maaf kak, saya ingin bertanya apa sebenarnya lubang hitam itu dan adakah ujung dari lubang hitam, mengapa energinya sangat besar??

    terimakasih, jawabannya sangat di tunggu …

    lubang hitam adalah salah satu fase di tahapan akhir evolusi bintang dan bisa dikatakan sebagai bentuk kematian bintang. tetapi hanya bintang bermassa besar saja yang akan menjadi lubang hitam. ujung dari lubang hitam? tidak ada yang tahu karena tidak ada yang bisa mengamatinya. kenapa disebut lubang hitam? karena gravitasinya sangat besar (bukan energinya) sehingga berkas cahaya pun tidak bisa lepas dari pengaruh gravitasinya. akibat tidak ada cahaya yang dapat diamati, maka lubang hitam pun tidak bisa dilihat. hanya bisa dideteksi dari pengaruhnya terhadap benda/bintang di sekitarnya.

  • Ayu Palit

    Selamat Siang, saya mau tanya apa di web ini di sediakan juga materi2 khusus, atau lebih khususnya rumus2 untuk olimpiade? kalau ada bagai mana caranya, apa mungkin bisa di kirimkan ke e-mail saya….?

    siang ayu. maaf sekali, kami tidak menyediakan materi khusus untuk olimpiade. hanya materi astronomi secara umum yang bisa saja digunakan untuk persiapan olimpiade

  • Anggarsih

    Pada saat ini (22 Des 2010), hampir setiap malam saya melihat sebuah bintang yang cukup cemerlang. Posisinya kira2 pada azimuth +/- 90 derajat (kearah Timur), pada posisi sudut elevasi/ketinggian +/- 60 derajat. Bintang apa itu ya?
    Terimakasih.

    sayangnya anggarsih tidak menyebutkan jamnya. tetapi dugaan saya adalah bintang itu adalah sirius, bintang paling terang di langit. di dekatnya ada rasi orion yang mudah dikenali karena 4 bintang membentuk persegi panjang dan ada 3 bintang berderet di tengahnya

    • Anggarsih

      Soal bintang yang cemerlang tsb, tampak sejak awal2 Desember s/d sekarang pada waktu Subuh, sekitar jam 04.00 – 05.00 pagi. Saat ini, 30 Des 2010, posisi sudah agak naik. Ketinggian elevasi sekarang kira2 70 derajat. hampir segaris dengan bulan (sabit). Posisi bulan lebih diatas, kira2 ketinggian elevasi 80 derajat (lebih agak kearah tegak lurus). Bintang tsb benar2 terang. Karena meskipun tertutup mendung, bintang yang lain tak tampak, yang satu ini masih mampu menembus pandangan kita. Subhanallah…..

      saya sarankan supaya anggarsih miliki program peta bintang stellarium di http://www.stellarium.org/ supaya lebih mudah mengenali objek itu :)

  • lisa

    maaf. bagaimana cara saya mendapatkan pembahasan seputar olimpiade astronomi?

    coba buka websitenya mutoha dari jac. lihat linknya di halaman buku tamu, panel sebelah kanan

  • fakhri

    mengapa hanya satu sisi bulan saja yang tampak dari bumi?

    karena periode gerak rotasinya sama dengan periode geraknya mengelilingi bumi, yaitu 29,5 hari

  • Aifa Naufal Zahron

    asalamu’alaikum Wr.Wb
    saya mau tanya bagaimana para ilmuan dapat menentukan jarak antara benda2 langit sehingga dapat menentukan hingga berjuta2 tahun cahaya??
    terimakasih

    astronom punya berbagai macam metode penentu jarak. kumpulannya disebut dengan tangga jarak. dua di antaranya adalah paralaks trigonometri dan bintang variabel cepheid. disebut tangga karena setiap metode memberikan pijakan bagi metode selanjutnya (saling berkaitan). nanti akan saya bahas secara detil semuanya :)

  • Bob

    Hallo Kak, saya mw nanya nih..Harga Teleskop biasnya brp ya? dan dimana saya bisa membelinya?Thanks..

    teleskop termurah yang sudah cukup bagus harganya mulai sekitar 2 juta. coba ke tokoteleskop dot com

  • remy

    mau tanya
    -saya mau tanya soal arah navigasi dari rasi bintang crux sama ursa mayor, kalo yang saya tau crux ngarah ke selatan dan ursa mayor ke utara. tapi kalau saya liat di sky map (yang per bulan), kedua rasi bintang itu ga selalu ngarah ke utara sama selatan, jadi kadang ngarah ke arah yang lain. kira2 ada yang mempengaruhi itu ga ya? soalnya serem juga kalo mau navigasi tapi arah nya salah.. dan belum bisa memastikan di langit aslinya, selalu ketutup kabut..

    -kalau mau beli poster peta rasi bintang dimana ya? domisili bandung

    makasih :D

    1. rasi crux memang digunakan untuk menunjukkan arah selatan. caranya, gunakan diagonal terpanjangnya. jika diperpanjang, maka akan mengarah ke kutub selatan langit. sedangkan rasi ursa mayor digunakan untuk menunjuk ke arah kutub utara langit secara langsung dengan menghubungkan bintang beta uma dan alfa uma. atau lebih mudahnya, dengan menggunakan bintang polaris.

    2. lokasi bandung? coba hubungi langitselatan dot com :) saya tidak tahu apakah mudah menemukan poster peta bintang atau tidak. apakah sudah coba menginstall stellarium? program peta bintang ini mudah digunakan dan tersedia gratis.

  • syaidatul

    kak,nyari soal2 astronomi dmn?
    apakh astronomi ilmu yang susah?

  • reynaldi

    saya mau tanya . apakah planet merkurius dan mataheri memiliki gaya tarik?
    jika ada disebut apakah gaya tarik itu?

    • tentu saja punya. bukan hanya 2 objek itu saja, tetapi semua benda bermassa memiliki gaya tarik itu. biasanya disebut dengan gaya gravitasi.

  • boy hardani

    saya mau tanya ni mas,mgk pertanyaan saya di nilai terlalu jauh..yg saya tanya kan..di jagad raya alam semesta ini,ada gk alam semesta lagi di luar daripada jagad raya yg kita ketahui/kita tinggali ini??

    • sayangnya, pengetahuan manusia masih terbatas pada alam semesta kita sendiri. jangankan alam semesta lain, batas alam semesta yang kita ketahui saja masih bisa berubah karena batas tersebut adalah “batas” terjauh yang bisa kita lihat. kalau suatu saat nanti kita memiliki teknologi yang lebih baik, maka batas tersebut bisa berubah. jadi untuk sementara, kita tidak tahu apa-apa tentang alam semesta lain :)

  • oby

    saya pernah denger dimensi ke empat… itu maksudnya apa??
    terus mau tanya kalo alien itu beneran ada ga??
    terimakasih^^

    • hidup kita ini ada dalam bentuk 4 dimensi: 3 dimensi sebagai ruang dan 1 dimensi lagi adalah dimensi keempat, yaitu waktu.

      alien? sampai saat ini kita belum menemukan bukti keberadaannya, jadi tidak tahu apakah ada alien atau tidak :)

  • saya mau tanya apa persmaan dan perbedaan mathari dan bintang ?
    lalu kenapa ada pernyataan matahari sebagai bintang ?

    • matahari adalah bintang. jadi ga ada bedanya. kenapa matahari disebut bintang? karena sifatnya sama dengan bintang-bintang. hal pertama yang menjadi petunjuk bahwa matahari adalah bintang adalah spektrum kedua benda ini menunjukkan kemiripan. yaitu sama-sama memiliki spektrum absorpsi (garis-garis gelap)

  • mau tanya soal soal2 tentang matahri sebagai bintng dimana ya ?

  • boy hardani

    Tuhan Maha Besar..sebegitu takjub nya kita akan kebesarannya..alam semesta ini dia cipta kan sedemikian sempurna..beratus juta bintang/planet di jagad raya..hanya bumi lah tempat satu satu nya yg Ia sempurnakan(adanya kehidupan)..kita manusia tidak ada apa_apa nya bagi Nya..kalau kita mengamati fenomena gambar jagad raya..itu adalah ilustrasi sebuah lukisan yg teramat indah..tak ada satu pun pelukis dan lukisan di bumi ini yg bisa menggambar kan nya

  • endrix

    selamat pagi…mau tau gnm terbentuk a’ matahari,gmn a’???

  • sandy prince

    ne ada soal olimpiade astronomi… tolong di jawab ya..
    1.sebuah asteroid ketika berada di perihelium menerima fluks dari matahari sebesar fo ketika di aphelium ia menerima sebesar o,5 fo.orbit asteroid mempunyai setengah sumbu pendek b=1,3 sa.pertanyaan nya..:
    a)berapakah periode asteroid ini
    b)ketika di aphelium berapakah kecepatan lepas asteroid ini

    thanks….

    • karena kita tahu jumlah fluks dari matahari di aphelium dan perihelium, maka kita bisa menghitung perbandingan antara jarak aphelium dan perihelium. dari perbandingan ini, kita bisa dapatkan eksentrisitas orbit. lalu karena setengah sumbu pendeknya diketahui, kita bisa dapatkan juga setengah sumbu panjangnya. dengan begitu, kita bisa hitung periode dan kecepatan lepasnya

  • kesa

    di mana saya bisa beli teropong bintang&kira-kira berapa harganya. terima kasih

  • ibnu

    andaikan sebuah bintang yang mirip matahari (temperatur dan radiusnya sama dengan matahari) berada pada jarak 250 000 AU (1 AU jarak bumi – matahari atau 1,5 x 10^8 km). kita akan melihat terang bintang tersebut…
    bi minta caranya gak ??

  • rudianto

    bumi bulat
    manusia dan lain sebagainya diatas bumi tidak jatuh karena gaya gravitasi
    yang saya tanyakan,kita di cincin katulistiwa atau dimanapun dimuka bumi ini kok selalu vertikal terhadap muka bumi ini?
    terima kasih

  • ajossuta

    Mas atau Mbak pengasuh yang baik, saya kesulitan mencari referensi tentang magnitudo bolometrik dan koreksi bolometrik, bisa minta tolong di jelaskan??
    salam.

    • magnitudo bolometrik adalah magnitudo yang dihitung dari energi yang dipancarkan bintang di semua rentang panjang gelombang. koreksi bolometrik adalah selisih antara magnitudo visual dengan magnitudo bolometrik, baik itu magnitudo semu ataupun magnitudo mutlak

  • Denni

    Salam Kenal.Saya ingin bertanya apakah sebenarnya Sabuk Van Allen ?

    • sabuk van allen adalah daerah di ruang angkasa sekitar bumi yang berbentuk donat, yang berisikan partikel bermuatan/ion dalam bentuk plasma. keberadaannya berkaitan erat dengan medan magnet bumi, aurora yang terjadi di sekitar kutub.

  • Denni

    Maaf saya bertanya lagi:
    1.Aurora itu sebenarnya apa?
    2.Apakah Cahaya itu gelombang atau partikel?
    3.Dapatkah manusia menciptakan suatu medan gravitasi jika andaikan misalnya berada dalam sebuah stasiun antariksa?
    4.Sejauh manakah jarak pandang teleskop ruang angkasa yang tercanggih saat ini? 5.Apakah benar planet Venus memiliki atmosphere?
    6.Apakah benar juga planet Neptunus memiliki cincin seperti planet Saturnus?
    7.Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan “anti materi”?
    Cukup segitu dulu rasa penasaran saya,Terima Kasih.

    • 1. terjadi akibat tumbukan antara partikel bermuatan yang datang dari matahari dengan partikel di atmosfer bumi, seperti atom-atom oksigen (warna hijau) dan nitrogen (merah atau biru).
      2. cahaya dikatakan memiliki dualisme, atau bersifat sebagai materi dan gelombang.
      3. apakah sekarang kita sudah melihat keberadaannya? tidak ada, sampai saat ini kita belum bisa.
      4. kemampuan teleskop bukanlah dilihat pada jarak terjauh yang bisa dilihat, tetapi seberapa redup cahaya bintang yang bisa dilihat. tetapi untuk diketahui, jarak benda terjauh yang kita ketahui adalah sekitar 13 milyar tahun cahaya. dan dengan begitu, kita bisa katakan umur alam semesta adalah 13 milyar tahun.
      5. benar.
      6. benar. bahkan, semua planet gas memiliki cincin.
      7. anti materi adalah materi yang merupakan pasangan dari materi yang kita kenal sekarang. misalnya, elektron. anti materinya adalah positron. proton memiliki antimateri bernama antiproton.

  • Denni

    Assalam.
    Bagaimana cara untuk membaca dan memahami peta langit, apakah benar peta langit sebenarnya adalah penampakan posisi benda-benda langit yang kita lihat dari Bumi?
    Misalkan seandainya kita (manusia) berada pada sebuah planet yang letaknya jutaan tahun cahaya dari bumi atau berada pada galaksi lain yang sangat jauh, maka apakah peta langit yang kita lihat dari sudut pandang planet tempat kita berada tersebut akan berbeda dengan peta langit dari Bumi??? Mohon koreksi atas pendapat saya tersebut,Terima kasih.

    • benar, peta langit hanya bisa digunakan di bumi saja. kalau dari tempat lain yang jauh (hingga jutaan cahaya) pastinya langit yang kita lihat berubah. jadi peta langitnya tidak bisa digunakan. tetapi peta langitnya masih bisa digunakan di bulan karena jaraknya dekat.

      untuk membacanya, pastikan dulu arah mata anginnya tepat. biasanya, arah mata angin yang di hadapan kita diletakkan di bagian bawah peta langit. jadi kalau kita menghadap ke utara, maka posisikan peta agar titik utaranya berada di bagian bawah peta.

  • Ninda

    Sekarang masih ada kompetisi astronomi tidak????

  • susi utari ningsih

    kak,bagaimana cara ikut progran astronomi?

    • maksudnya program apa? apakah kuliahnya atau olimpiade sains? kalau kuliah, di indonesia hanya ada satu jurusan astronomi, yaitu di itb. cara masuknya hanya melalui snmptn. kalau olimpiade sains, coba tanyakan ke guru di sekolah

  • denni

    Assalam.
    Saya mau bertanya lagi, apa yang dimaksud dengan “materi gelap”?, mengapa subjek ini begitu banyak menarik perhatian kalangan astronomi?
    Teori jagad raya apa saat ini yang lebih dominan dikalangan dunia astronomi?
    Hatur Nuhun.

    • materi gelap awalnya adalah usulan solusi bagi permasalahan massa galaksi. begini, dalam sebuah galaksi spiral, kita bisa menentukan jumlah massanya asalkan kita ketahui berapa laju orbit bintang-bintangnya. dari teori, laju bintang yang berada dekat dengan pusat galaksi akan begitu cepat dan yang jauh dari pusat galaksi akan lambat. teori ini diperoleh dari perhitungan jumlah massa yang tampak (massa luminus).

      tetapi penelitian yang ketika itu dilakukan sekitar tahun 1980-an menunjukkan bahwa bintang yang jauh dari pusat galaksi memiliki laju orbit yang lebih besar dan sama dalam rentang jarak tertentu. hal ini menunjukkan bahwa massa galaksi lebih besar dari yang diperkirakan. padahal massa luminus sudah dihitung semua. karenanya, diusulkanlah keberadaan materi gelap. disebut demikian karena kita sama sekali tidak bisa mendeteksinya. dan hal ini umum terjadi di galaksi spiral

  • denni

    Katanya kecepatan cahaya dalam sebuah ruang hampa udara didefinisikan saat ini pada 299.792.458 meter per detik (dalam satu detik cahaya merambat sejauh 299.792.458 meter).Matahari (sebagai bintang terdekat dengan kita)jaraknya dalam cahaya kalau tidak salah (mohon koreksi) sekitar 6 atau 8 menit cahaya.
    Jadi andaikan sebuah bintang dinyatakan mempunyai jarak satu juta tahun cahaya dari bumi,berarti cahaya bintang tersebut baru sampai pada kita setelah menempuh waktu satu juta tahun cahaya.Sehingga bintang yang kita lihat itu adalah bintang pada masa satu juta tahun cahaya yang lalu (masa lalu),Jadi apa yang kita lihat pada langit malam, beberapa bagiannya adalah suatu penglihatan jagad raya pada masa lalu? apakah ini benar??
    Terima Kasih.

    • laju cahaya, jika dibulatkan, adalah 300ribu km/detik. dari matahari, cahaya memerlukan waktu 8 menit. jadi bisa disebut 150 juta km sama dengan 8 menit cahaya.

      dan benar begitu, cahaya bintang yang kita lihat adalah cahaya dari masa lalu. dan jarak terjauh yang bisa kita lihat sampai sekarang adalah 13 milyar tahun cahaya. maka bisa dikatakan bahwa umur alam semesta tidak kurang dari itu

  • alfin kurnia bahari

    kaq, site astro yg lain apa aj y ?? khususnya yg muat materi” OSN… soal soal jga klo ad.. pokonya materi lah… thx b4 :D

  • pleiades sai kawari

    kak, kapan lagi ada gerhana bulan ya?

  • Shasa

    mau nanya ne,, yang lagi heboh tentang astronomi apa si? aq dulu gag terlalu tertarik tapi sekarang pengen tau aja,, siapa tau bisa sharing2 lewat emain jg,,,

    • yang sekarang sedang ramai adalah “salah kaprah” tentang “supermoon.” sebenarnya, peristiwa ini adalah saat bulan berada di titik terdekatnya dari bumi (perigee). terjadinya minggu dini hari 20 maret nanti, sekitar pukul 2 wib.

      kenapa salah kaprah? karena supermoon adalah istilah dalam astrologi dan bukan astronomi, serta karena kehebohan beritanya. di situ dikatakan bulan akan tampak besar. padahal, tanpa pemotretan dan pengukuran cermat, kita tidak akan bisa membedakann ukurannya itu :)

    • meirina

      hujan meteor,maf aku liupa namanya v ntr tgl 6 mei da hujan meteor lho

  • kesa

    @ajossuta, makasih infonya. saya di pantura,jabar.
    kalau beli teleskop via internet takutnya saya nggak bisa pakenya. saya agak gaptek. pengennya beli langsung di tokonya. mungkin ada yang tahu di mana toko teleskop di daerah bandung/jakarta

  • Big Boss

    Mw nanya ni,
    Apabila presentase helium d matahari lebih besar dari sekarang, itu nunjukin apa?

    • berarti sudah banyak hidrogen yang diubah ke helium dan matahari semakin tua. nantinya matahari akan mengembang menjadi raksasa merah kalau pembakaran hidrogen berhenti (karena hidrogen di pusatnya habis) dan berlanjut dengan dimulainya pembakaran helium

  • Cahyo

    Saya mw tnya ni, huruf2 ky’ alpha, beta yg da di dpan nama sbuah bntang tu mksudnya apa? Misalnya Betelguese tu kn alpha orionis, hurruf alpha tu mksudny apa?

    • itu namanya sistem bayer. penamaan bintang berdasarkan urutan kecerlangannya dalam sebuah rasi. misalnya di rasi orion itu. alpha orionis berarti bintang paling terang di rasi orion, yang kedua paling terang disebut beta, dst.

      untuk beberapa rasi ada pengecualian karena bintang alpha bukan yang paling terang tetapi nama tersebut tetap digunakan. kesalahan ini dikarenakan teknologi yang digunakan saat penentuan itu belum teliti. misalnya di orion. betelguese adalah bintang kedua paling terang setelah rigel, walaupun kadang-kadang rigel lebih lemah karena betelguese adalah bintang variabel.

  • emma

    mau tanya nih, kenapa sih planet berotasi?

    • asal muasal rotasi planet (dan juga gerak revolusinya) ada di proses pembentukannya dahulu. benda angkasa ini berputar mengelilingi matahari karena terbentuk dari piringan awan gas dan debu yang berputar. dan interaksi dengan benda-benda di sekitarnya (benturan, penggabungan) membuatnya berputar pada porosnya

  • Cahyo

    Mw tnya lg nih,
    Azimuth tu ditarik dari titik Utara ke Timur apa dari Selatan ke Barat?
    Thnx B4.

    • yang umum adalah dari utara ke timur. walaupun ada juga versi lain yang menyebutkan dari selatan ke barat untuk pengamat di belahan bumi selatan.

  • farkhan

    apakah sumbu tegak dlm diagram HR gugus bntang bisa di ubah dari mgnitudo mutlak ke magnitudo semu karena bntang2 anggota gugus tersebut dianggap sama jaraknya dari kita???

  • farkhan

    apa arti dari ZAMS??????

  • farkhan

    brapa kali kah terang bntang yg di amati dng mata bugil(diameter pupil 5mm) dng teleskop(diameter 1 meter)?????

  • farkhan

    apa unsur dominan dlm bntang muda??????????????

  • bigboz

    Mau tnya ni kak,, dengan konstanta hubble ditentukan 65km/det/Mpc , berapa umur tata surya ??

  • yuriis

    mau tanya nih k,
    Kalo misalnya pemuaian alam semesta berhenti kemudian mengkerut (kebalikannya memuai), apakah waktu akan berputar balik ? tolong jelasin ya..

  • bigboz

    mau tnya ni.
    malem ini bintang x terlihat di zenith pukul 23:00, besok malem jam berapa bintang itu terlihat di zenith lagi ??

    • setiap harinya, terdapat perbedaan 4 menit bagi bintang untuk berada di posisi yang sama dengan hari sebelumnya. jadi kalau hari ini dia di zenith pk 23.00, maka besok dia ada di zenith 4 menit lebih awal, yaitu pk 22.56

  • Cahyo

    Swdra, di mna saya bisa dpt info ttg olimpiade astronomi plus contoh2 soal yg ada pmbhasannya?

  • farkhan

    sbuah pcahan komet dng m=1000kg trperangkap mngorbit bumi pd jarak 10R dari pusat bumi(R=radius bumi) dng kcpatan Vo=(1.5 GM/R)^1/2 mka total energi orbit pcahan komet adlah…….(m^2/s^2)

  • farkhan

    sbutkan 3 unsur yg terkandung dlm bntang muda????????????????????????????? trima kasih….

  • rudianto

    maaf mau nanya lagi,mungkin pertanyaannya konyol
    manusia berdiri di bumi belahan bawah,kenapa kepalanya tetap diatas
    terima kasih

    • meirina

      karena ada gaya grafitasi bumi yang bereaksi dengan magnet yang ada di tubuh kita yang mempertahankan posisi itu

  • rudianto

    maaf, mau nanya lagi,mungkin pertanyaannya konyol
    manusia berdiri di bumi belahan bawah,kenapa kepala tetap diatas?
    jawabannya JANGAN gaya gravitasi
    terima kasih

    • kenapa jangan? jawabannya memang gravitasi kok. lagipula, tidak ada yang namanya bumi belahan bawah jadi tidak bisa dipandang begitu

  • rudianto

    terima kasih mau menanggapi
    kalau saya analogikan,bumi sebagai buah semangka,manusia sebagai jarum pentul.
    saya tancapkan sedikit jarum tsb dibagian bawah semangka,kenyataannya kepala jarum pentul tsb kan tetap menghadap bawah
    maaf kalo saya ngeyel

    • memang kepala jarum pentulnya ada di bawah, tapi menurut siapa? menurut orang yang melihat semangka. sekarang tancapkan jarum pentul (jp) lain di titik yang berseberangan dengan jp pertama tadi. menurut jp2, apakah kepala jp1 ada di bawah? dalam hal ini, di bawah kulit semangka? tidak kan. kepalanya tetap berada di atas kulit semangka. kalau kita bisa, regangkan kulit semangka itu sampai datar, maka semakin jelas bahwa di mana pun jp ditancapkan, tidak ada yang kepalanya di bawah :)

  • rudianto

    banyak terima kasih. sudah mulai mengerti,pelan2 nanti manggut2
    sekali lagi terima kasih atas pelayanannya

    • Firas

      Maaf ya, bukan saya sok tahu..:D
      tapi bukankah bagian atas setiap bagian di belahan bumi tidak sama?
      maksutnya begini,
      kita tidak bisa mengatakan bahwa atas bumi adalah di kutub utara, atau di manapun. karena atas bumi adalah relatif. jika dia berada di kutub utara, maka langt atasnya adalah kutub langit utara, lalu jika kita berada di katulistiwa maka langit atasnya adalah di ekuator langit.
      jadi gak ada langit atas ataupun bawah. karena semua langit adalah bagian atas bagi pengamat dimanapun berada..
      semoga maksut ya!
      maaf kalo salah :)

  • KUKUH I.P

    apa dampak bagi penduduk bumi yg trkena pengaruh badai mataharii ??

    • dampak dari badai matahari sebenarnya ada di satelit-satelit yang berada di orbit. mereka bisa saja mendapatkan gangguan elektronik. akibatnya kerusakan inilah yang dirasakan manusia. komunikasi bisa terganggu, telepon, internet, radio, dan televisi jadi mengalami gangguan sinyal

  • Firas

    Arah titik terbit sebuah bintang membentuk sudut 130 derajat terhadap arah Utara. Perkiraan titk terbenam bintang itu di horizon berapa ya?

  • farkhan

    mw tanya nih,,
    jika tmperatur mthari bgian dlm umbra bntik mtahari(sunspot) ternyata 1500 K lbih dngin dr tmperatur fotosfer mtahari (tmperatur ny 5800 K disekitar ny,andaikan b1 adlah fluks yg kluar dari umbra dan b2 energi fluks dr daerah yg mngelilingi sunspot, brapakah rasio b2/b1???

  • farkhan

    lox bntang dng mgnitudo 6,1 msih bsa d liat dng mta tlanjang gx??

  • farkhan

    pilihlah jawaban yg bnar tntang nebula
    1.nebula gelap mnghalangi chaya bntang-bntang dblakangnya
    2.nbula gelap trlalu pekat,lbih pekat dari pd atmosfer bumi shingga cahaya tdak bsa kluar dr dlm nya
    3.nebula trang akibat pntulan chaya bntang di dkat nya antara bumi dan nebula
    4.nbula terang mngandung unsur yg dpt brpendar

  • farkhan

    mana prnyataan yg bnar tntang glaksi?
    1.galaksi bima sakti jika d potret dr bumi akan nampak brbntuk spiral
    2.bntang2 d daerah pusat galaksi umumnya lbih panas shingga warna ny lbih biru
    3.nbula kpala kuda berukuran lbih besar dr pd galaksi pd umum nya
    4.galaksi spiral brbentuk pipih dan berotasi

  • wawan

    mw nanya kak,
    kn kalau kita dapat bergerak hampir secepat kecepatan cahaya
    semua terasa melambat, nah klo kita bergerak lebih cepat dari kecepatan cahaya
    ada kemungkinan gk kita bisa ke masa lalu sedikit,?

  • meirina

    pa sih sbwh wormhole tu ?

    • terowongan yang menghubungkan lubang hitam dengan lubang putih (white hole). wormhole dan lubang putih baru berupa hipotesa belaka, belum ada yang bisa membuktikan keberadaannya

  • meirina

    mungkin gak kalau diluar angkasa ada makhluk hidup selain bakteri ?

  • meirina

    kak,siapa sih astronom termuda di indonesia ? barapa umurnya ?
    mksh :-)

  • rosani suparni

    saya mau mengikuti olimpiade astronomi… tetai belum punya bahan belajarnya….
    jika ada mohon dikirim ke email saya….

  • Nur Indah Fitrianingsih

    bentar lagi aku mau ikut seleksi OSN tingkat kabupaten, tapi belom dapet bahan” ttg materi astrofisika.
    bisa tolong bantu,?

  • aq mw ngikut olimpiade ni untuk tgkat sma..

    bisa tolong krim kan file yg lbih spesifik k tingkat SMA..

    brbagai artikel telah aq baca.. nmun sprti ny sia2 sja..

    krn sprti ny olimpiade trsbut tidak akan mgarah k artikel yg sya baca..

    *curhat: smakin saya baca smakin tidak d mengerti*

    tolong d krimin y contoh soal ny.. :)

    • meirina

      coba ja u like kalender astronomi d fb trus minta d mskin k dunia astronomi d fb,d sna q dan cmua yg ikt osk astronomi suka share soal osk. :-)

    • materi tentang astronomi sebenarnya banyak sekali dan ga bisa dipelajari semuanya dalam waktu singkat. dan kami tidak mengkhususkan diri untuk persiapan olimpiade saja

  • arlili

    gimana cara ngukur titik perihelion ????

  • DWI HARYANTO

    tolong berikan eensiklopedia astronomi lebih lengkap,dan rumus rumusnya.

  • dinda

    tolong dong kasih teori yang lengkap tentang astronomi..
    :) makasih sebelumnya..

  • rohadi

    saya mau tanya jika pada tahun 2010 terdapat 12 bulan purnama tersebar pada setiap bulan dalam kalender gregorian,di mulai tanggal 30 januari jam 06.18 dan diakhiri tanggal 21 desenber jam 08.14 UT. tim ekspedisi yang berada selama setahun pada tahun 2010 di kutub utara bisa menyaksikan bulan purnama sebanak…?

    tolong bantuannya dan di kasih caranya
    hakushu.dinosaurus@gmail.com

    • meirina

      karena kutub utara hanya mendapatkan waktu siang selama 6 bulan berturut turut dan malam selama 6 bulan berturut turut,
      dan waktu siang itu sendiri dimulai tanggal 22 maret- 21/22 september,berarti pada saat itu bulan purnama tidak akan terlihat karena terjadi pada siang hari.
      jadi kemungkinannya,para pengamat bisa melihat bulan purnama sebanyak 6 kali.

      mohon dikoreksi
      :-)

  • bagaimana kita mengetahui posisi kita jika kita terdampar di sebuah pulau dan kita hanya mempunyai tongkat untuk menentukan jam matahari, dan hanya tersisa jam tangan ditangan kita.??

    • meirina

      dengan cara menancapkan tongkat ketanah,dari sana kkita bisa menentukan arah dan dengan melihat rasi bintang,dengan demikian kita bisa tahu dimana posisi kita/di belahan bumi mana.

      begitu mungkin ….
      mohon dikoreksi
      :-)

  • paramitha

    saya pernah menemukan soal seperti ini:
    Jam bintang (sideris time) pada jam 08.00 WIB, 16 Mei 2009 adalah …

    bagaimana cara penyelesaiannya? rumus apa yang digunakan?

  • yessi

    saya mau tny soal ini, tolong di jwb malam ne jg. Penting bnget soalnya.
    Sebuah bintang ganda(BG) trdri dr sbh bntang mharaksa biru massany 90 massa mathari.periode orbit bintang ganda itu adlh 12,5 hri. Temperatur bintang raksasa(Br) itu sangat tinggi,dan mngalami khilanggan massa. Stiap thun Br khilangan massa 10^6 kali massa matahari. Jika diasumsikan jarak antara ke2 bintang itu tdk brubh. Hitung periode orbit bintang gand itu 10 juta tahun kemudian?

  • Salam. saya mau nanya, dari buku yang telah saya baca ada beberapa hal yang mempengaruhi pasang surut air laut diantaranya gaya gravitasi bulan, gaya gravitasi matahari, Jarak antara bumi dan bulan. kenapa dari buku yang saya baca tidak dijelaskan secara jelas kalau revolusi bulan mempengaruhi pasang surut air laut? apa benar pasang surut dipengaruhi revolusi bulan? terima kasih.

    • benar, revolusi bulan menyebabkan waktu terjadinya pasang naik dan pasang surut air laut berbeda-beda setiap harinya. ada pergeseran sebesar sekitar 50 menit per hari.

  • yusry

    bagaimana cara menghitung jarak perihelion dan epihelion…tlg ok

    • sebelum tahu bagaimana cara menghitung jarak perihelion dan aphelion, kita harus lihat apa saja yang diketahui. misalnya apakah ada eksentrisitas, periode orbit, dsb. setelahnya baru bisa ditentukan bagaimana menghitung kedua jarak tersebut

  • Mohsin Hj Abu

    A’skm, ingin ketahui bila dan tarikhnya matahari betul betul di atas kakbah bagi tahun 2011M/1432H.

    Sekeian harap dapt maklum balas dan terima kasih

  • Ninda

    aku mau tanya nih, judul buku astronomi apa aja ya???
    tlg d’jawab ya,, makasih

  • kak, saya menyukai hal-hal yang berbau astronomi. cita-cita saya ingin menjadi astronot asal indonesia. apa itu tidak kejauhan kak? guru saya juga bilang kalau astronot itu harus dan mutlak tau tentang matematika. hal itu membuat nyali saya ciut, karna saya tidak mahir dlm pelajaran matematika. bisa saya minta saran kak?

    menyukai astronomi/menjadi astronom dan menjadi astronot adalah 2 hal yang berbeda. astronot biasanya adalah seseorang yang bukan astronom. bisa seorang ahli biologi, kimia, permesinan, elektronika, dll.

    nah sekarang tentang kemampuan matematika. tahukah lovindri bahwa tidak ada ilmu yang tidak menggunakan matematika? karena matematika adalah bahasa universal yang dipakai di semua bidang. jadi pahamilah matematika lebih baik supaya bisa memahami ilmu apapun yang kamu tekuni dengan lebih baik pula :)

    untuk menjadi astronom, fisikalah yang utama. tapi kalau jadi astronot, sekali lagi beda dengan astronom. tergantung bidang yang ingin dipakai pada misi keluar angkasa nantinya

  • yucha dwistya

    jelaskan apa yang dimaksud “Pengaruh refraksi pada saat Matahari terbit atau terbenam”

    • akibat refraksi (pembiasan) oleh atmosfer, matahari akan berubah bentuknya. sementara bintang akan tampak lebih tinggi dari seharusnya

  • susalid

    Selamat siang pak,

    PAk, pertanyaan saya ada beberapa.

    1. bagaimana kok para astronom bisa melihat bintang yg jaraknya 250th cahaya atau 300 tahun cahaya..padahal mereka mulai meneropong dengan teleskop kurang dari 100 th yg lalu. sedangkan kecepatan indra teleskop untuk menangkap object = kecepatan rambat cahaya. nah ..gmana bisa mendapatkan gambar dengan kecepatan teleskop baru merambat menuju bintang katakanlah 100th, tapi sudah bisa menangkap bintang yg jaraknya 300th. tolong dijelaskan ya pak..soalnya saya pusing klo mikir hal ini.hehehe..
    2. Dan apabila bintang sudah meledak 200th yg lalu..berarti yg bisa kita lihat sekarang apakah cuma rambatan cahaya bintang yang baru sampai ke mata kita , padahal sebenarnya bintang itu sudah gak ada di tempatnya sana….? tolong dijawab ya pak. Sukur sukur klo mau kirim juga ke mail saya di susalid@yahoo.com. trimakasih banyak pak, sya tunggu jawabannya.

    Wass.wr.wb

    Susalid

    • 1. bagaimana bisa melihat benda berjarak ratusan-ribuan tahun cahaya, padahal teleskop baru ditemukan 400 tahun yang lalu? itu karena cahayanya sudah sampai di kita sejak lama. yang aneh adalah kalau kita mengamati galaksi berjarak 20 miliar tahun cahaya, sementara umur alam semesta baru 15 miliar tahun. berarti ada salah perhitungan jarak atau umur alam semestanya harus direvisi.

      2. betul. makanya sering dikatakan bahwa jika kita mengamati bintang/galaksi, maka sama artinya dengan kita melihat ke masa lalu. cahaya matahari yang kita lihat saja merupakan cahaya yang dipancarkan matahari 8 menit yang lalu.

  • xiju

    kak, aku ska bgt astronomi. Dan cita2ku ingin menjadi seorang peneliti astronomi..
    Nah, aku pengen tanya nih, gimana sih caranya biar jadi seorang peneliti?
    dan dimana aja tmpt kuliah yang menyediakan jurusan astronomi di Bandung?
    tolong informasinya ya kak!
    mksh..

  • JJBC

    Kak, saya mau nanya, nich. peminatnya banyak ga sih di bidang astronomi di ITB. Saya dari dulu sudah suka sama pelajaran astronomi.

  • JJBC

    kak, kalo bintang terbesar di luar angkasa di mana ???????

    • Tandy

      Bintang terbesar yang dapat dilihat yaitu si maharasa Betelguese yang besarnya 1000 kali matahari

    • vy canis majorislah bintang terbesar saat ini. belum ada yang lebih besar lagi. radiusnya 1800-2100 kali lipat radius matahari

    • Tandy

      Ya tapi, aku pernah baca di buku bintang terbesar yg dapat dilihat dengan mata telanjang yaitu betelguese, sedangkan canis major hanya dapat dilihat dengan teleskop

  • --Lia--

    Kak, saya mau nanya.
    Gimana sih cara mengamati rasi-rasi bintang. Hampir semuanya sama-sama aja. Hhe … yang paling dapat saya amati itu,, rasi bimtang salib selatan. Untuk yang lainnya, saya kurang tahu. Tolong infonya ya ..! ^^

    • untuk mengamati rasi, harus sambil membandingkan langsung dengan peta langit. bisa dari versi cetak atau dari program di komputer semisal stellarium. lama-lama pasti terbiasa :)

  • --Lia--

    Kak, saya mau nanya.
    Gimana sih cara mengamati rasi-rasi bintang. Hampir semuanya sama-sama aja. Hhe … yang paling dapat saya amati itu,, rasi bintang salib selatan. Untuk yang lainnya, saya kurang tahu. Tolong infonya ya ..! ^^

  • annisa nurul huda

    ka mw tanya pha kalo dari jurusan bahasa bisa masuk astronomi ?

    mhn jawabannya

  • Ari

    aku mau nanya, mengapa bisa terjadi Bigbang

    • bigbang adalah teori yang menjelaskan bagaimana alam semesta kita berawal. kesimpulannya jadi bigbang karena hasil pengamatan menunjukkan bahwa galaksi-galaksi yang jauh bergerak menjauhi kita, dengan laju yang semakin besar jika jaraknya dari kita semakin jauh

  • Ari

    Aku mau nanya lagi, Apa perbedaan bintang kembar dan bintang ganda?

  • Afdi

    Aku pernah baca di ensiklopedi bahwa setelah big bang alam semesta mengembang lalu setelah lama mengembang akan menyusutdan terjadilah big crunch. Apakah itu benar?

    • big crunch memang jadi salah satu teori tentang masa depan alam semesta. teori lainnya adalah alam semesta terus mengembang dan alam semesta terus mengembang dengan laju yang mengecil

  • Ari

    Apa itu sabuk kuiper?

  • resty

    apa manfaat internet bagi ilmu astronomi?

  • bintang

    mau tanya nih
    =>apakah benar??atmosfer tercipta karena berputarnya inti suatu planet??
    x>klo salah …atmosfer itu tercipta dari apa??

    thq

    • keberadaan atmosfer berkaitan erat dengan massa planet dan tidak ada hubungannya dengan berputarnya inti suatu planet. semakin besar massanya, semakin sulit atmosfer melepaskan diri dari planet itu karena kecepatan lepas semakin besar pula.

  • Dodo

    Ass.wr.wb

    Mau tanya,apakah langit yang kita lihat dari berbagai penjuru sama??misal bila kita melihat lahit di kutub utara dan selatan..serta ini yang bikin saya penasaran,sebenarnya definisi langit itu sendiri seperti apa??

    Terima Kasih

    Wassalam

    • wa ‘alaykumsalam. kenampakan langit (dalam hal ini bintang-bintangnya) dari daerah di utara khatulistiwa tentunya berbeda jika diamati dari selatan khatulistiwa. sedangkan langit itu sendiri mungkin bisa didefinisikan sebagai area tempat bintang-bintang, planet, bulan, dan matahari terlihat. dan ini hanya ada di bumi saja, jika kita pergi ke luar angkasa, maka kita tidak punya langit lagi

  • aznie

    DADC mau tanya klo kelas klasifikasi spektrum bintang slain kelas O,B,A,F,G,K,dan M ada lagi gk.
    makasih

  • G

    apa bener lubang hitam tuh salah satu tempat menjelajah waktu?

    • tidak, itu hanya fiksi saja. lubang hitam adalah satu titik yang memiliki gaya gravitasi sangat besar. sampai sekarang kita tidak tahu ada apa di dalamnya atau ke mana materi yang tertarik masuk ke dalamnya.

  • Riski

    Pas aku ikut olimpiade astronomi aku menemukan soal yang menanyakan 10 akibat rotasi bumi sedangkan yang aku tahu ada 7 yaitu
    1. Pergantian Siang dan malam
    2. Perbedaan waktu
    3. Perbedaan percepatan gravitasi bumi
    4. pembelokan arah angin
    5. pembelokan arus laut
    6. peredaran semu harian benda-benda langit
    7. Bentuk bumi menjadi bulat spheroid
    Yang 3nya lagi apa ya?

  • Riski

    Gerhana matahari terjadi ketika bulan dalam fase bulan mati dan bulan terletak diantara Bumi dan matahari, itu terjadi 1 kali dalam 1 kali revolusi bulan terhadap bumi ( Artinya 1 kali dalam satu bulan), yang saya tanyakan mengapa tidak terjadi gerhana matahari dalam setiap satu bulan?

    • karena posisi bumi, bulan, dan matahari belum tentu sebidang dan segaris. saat fase bulan baru, ketiganya membentuk 1 garis lurus walaupun tidak sebidang. tetapi saat gerhana, ketiganya membentuk 1 garis lurus dan berada pada 1 bidang. makanya hanya terjadi setiap 6 bulan sekali

  • Ary

    Apakah ada asteroid yang memiliki satelit?

    • ada. pasangan asteroid-satelit bernama ida-dactyl adalah yang pertama kali ditemukan. ada juga pasangan asteroid yang ukurannya hampir sama dan saling mengelilingi satu sama lain, sehingga bisa dibilang sebagai asteroid ganda.

  • niwa

    kak ,kpan lgi ada hujan meteor ?
    truz knpa bisa terjadi hujan meteor ..

    thanx be4

  • aryohanggoro

    apa nama planet yang saat ini nampak persis di atas kepala kita? makasih Mas ats jwbnnya

    • aryohanggoro

      habis sahur td sy amati bintang di langit skitar 15mnt kok gk ada meteor? planet apa namanya yg tampak di atas kepala kita saat menatap langit? makasih Mas jwbnnya.

    • planet yang tampak di atas kepala saat subuh itu jupiter.

      mengamati meteor perlu waktu lama, kesabaran, dan keberuntungan. 15 menit itu kurang, walaupun ada juga yang sekali lihat/baru lihat sebentar langsung dapat :D

  • kerang

    selamat malam mas..

    mau tanya, apakah astronot yg sedang berada di luar angkasa bisa menelepon sahabat/kerabat yang berada di bumi? dan apakah mereka juga bisa melakukan chatting contohnya lewat YM dengan manusia di bumi?

    jawabnya ditunggu ya
    thx

    • tentunya bisa. bukan hanya astronot, tapi wahana luar angkasa yang menuju bagian tepi tata surya pun masih bisa berkomunikasi dengan kita. kalau tidak, buat apa kita kirim jauh-jauh? :) robot/rover di permukaan mars/planet lain/bulan pun masih bisa berkomunikasi dengan kita. ini menjadi satu hal yang mutlak dipenuhi, karena begitulah cara kita mengumpulkan informasi. mengirimkan wahana tanpa bisa berkomunikasi akan sama saja membuang uang, ga ada gunanya kan :)

  • WXYZ

    Apa itu Quasar ???

    • quasi stellar alias benda yang mirip bintang. namun kemudian diketahui bahwa jaraknya sangat jauh (sejauh galaksi-galaksi). quasar sebenarnya adalah sebuah galaksi yang bagian pusatnya sangat aktif dan memancarkan energi sangat tinggi, sehingga terlihat seperti titik cahaya walaupun dilihat dari kejauhan

  • kerang

    Apa yang menyebabkan terjadinya Bigbang?

    • penyebab terjadinya bigbang tidak kita ketahui karena itu di luar kemampuan manusia. tapi kalau ditanya kenapa kita menyimpulkan adanya bigbang, itu karena pengamatan saat ini menunjukkan kalau galaksi-galaksi yang jauh dari kita bergerak menjauhi kita dengan laju menjauhi yang semakin besar pada galaksi yang semakin jauh. hal ini menunjukkan kalau dahulu semua galaksi itu dekat dengan kita, dan berarti dulu alam semesta lebih kecil dari sekarang

    • CAKRAM

      Hanya Tuhan yang tahu

  • JJBC

    Kak, saya mau nanya nih. Kenapa Pluto tidak termasuk planet lagi?

    • salah satu sebab pluto tidak disebut planet lagi adalah karena ukurannya yang kecil, padahal planet-planet luar adalah planet gas yang berukuran raksasa. apalagi kemudian ditemukan banyak benda lain di jarak yang lebih jauh dengan ukuran yang serupa dengan pluto

  • JJ

    saya mau bertanya apakah alien itu sebenarnya ada?
    kalo ada dari mana asalnya?
    dan di planet mana mereka tinggal?
    jika ada apakah mereka membahayakan bagi manusia?
    trims. :)

  • Azqi

    Mau nanya nie ka’..
    seandainya suatu saat kita bisa menjelajah angkasa luar dengan bebas…
    lalu dimanakah ujung angkasa luar ini?? apakah tidak berujung??

    • menurut hasil pengamatan terbaik yang kita punya, jarak terjauh yang bisa kita lihat di alam semesta adalah sekitar 14 milyar tahun cahaya. kalau kita punya teknologi untuk menjelajah ruang angkasa dengan bebas, untuk menjelajahi semua bagian di galaksi kita sendiri saja mungkin akan butuh waktu sangat lama karena luasnya. apalagi alam semesta. manusia menjelajahi alam semesta mungkin akan sama seperti semut menjelajahi bumi, bagaikan tak berujung

  • sas

    1. Diketahui gaya tarik gravitasi oleh Bulan adalah Fm . Bila sebuah satelit berada pada lokasi antara Bumi–Bulan dan pada saat itu terjadi Gerhana Matahari Total, maka satelit akan mengalami gaya tarik gravitasi oleh Bulan dan Matahari sebesar

    a. 51 Fm

    b. 101 Fm

    c. 181 Fm

    d. 301 Fm

    e. 401 Fm
    bsa bantu jawab??

  • Awam 0%

    tanya dong
    apa dasar ilmu astronomi,(setingkat olimpiade SMA aja)?

  • JJBC

    Kak, apakah benar bahwa cahaya bisa membelok di sekitar bintang ?(menurut Einstein) Kalau bisa karena apa ?

    • bisa, sudah terbukti saat eddington mengamati gerhana matahari total. ia dapat melihat bintang-bintang di belakang matahari berubah posisinya dibandingkan saat matahari tidak di situ. perubahan posisi ini menunjukkan cahaya bisa berbelok akibat gaya gravitasi dari benda bermassa besar

  • aryohanggoro

    Seringkali dimlm hr sy melihat benda (“bintang” kecil) tampak bergerak pelan melintas di langit, sebenarnya obyek apa itu satelit, wahana antariksa atau pesawat tempur yang terbang tinggi?

  • CAKRAM

    adakah yang lebih cepat dari kecepatan cahaya?

  • CAKRAM

    Alam semesta itu terbatas atau tak terbatas?

    • terbatas, tapi semata-mata karena kemampuan kita yang terbatas juga. semakin tinggi teknologi yang kita miliki, batas tersebut akan semakin lebar.


      adakah yang lebih cepat dari kecepatan cahaya?

      tidak ada

    • Tandy

      Ada yaitu Kecepatan pengembangan alam semesta dan yang ke dua yaitu kecepatan rotasi lengan galaksi

  • Rizky

    Bagaimana keadaan sebelum terjadinya Big bang?

  • Rizky

    Mengapa luar angkasa warnanya hitam?

    • karena tidak ada partikel yang menghamburkan cahaya. langit di bumi berwarna biru karena cahaya biru dari matahari dihamburkan oleh partikel di atmosfer.


      Bagaimana keadaan sebelum terjadinya Big bang?

      big bang adalah asal mula dari alam semesta, jadi tidak ada apapun sebelumnya

  • naassaa

    aku mau ikut test astronomi, tapi aku gak tau materi ap yang mau d pelajari.
    sebaiknya aku pelajari ap dlu yaaa,,,
    mohon sarannya..

    • 2 materi dasar astronomi adalah pengenalan langit (bola langit & koordinat langit) serta magnitudo. coba baca-baca dulu tulisannya di sini :)

  • WXYZ

    Apa itu gaya coriolus

  • Ary

    Dua buah bintang, P dan Q memiliki diameter sama. Suhu di permukaan bintang p dua kali di permukaan bintang Q. Berapakah perbandingan luminositas bintang P dan luminositas bintang Q?

  • Rina

    Bagaimana caranya membersihkan lensa okuler teleskop yang kotor? Apakah ada zat atau alat khusus untuk membersihkannya dan bagaimana mendapatkannya?

  • KREK

    Apa yang mempengaruhi lamanya planet berotasi?
    Mengapa bintang dan planet berbentuk bulat?

    • rotasi ditentukan dari awal pembentukannya dahulu. hukum kekekalan momentum yang mempengaruhinya. sedangkan kenapa bentuknya bulat, itu karena bulat adalah bentuk geometris yang memberi kesetimbangan maksimal untuk benda yang berputar dan memiliki gravitasi

  • Tyas Rakhmadani

    Ass wr wb,, mau ikutan dong forum astronomi.. Aku di semarang niiiihh.. Ehhehe

  • Tyas Rakhmadani

    Mau tanya,, brdsarkan hasil research n artikel sputar dunia antriksa thn 2010 di koran rpublika dsbutkan bhwa dtmukan plnet ‘ex’yg mmnuhi krteria utk mkhluk hdp krena ad h2o dsana.. Prtnyaannya.. Ap cuma dgn h2o aja lalu bsa trcpta biosfer dsana?? Mksihh

    • sebenarnya itu adalah syarat minimalnya saja. selama ada air, kemungkinan adanya kehidupan jadi lebih besar. sampai sekarang, sangat sulit menemukan keberadaan air di luar bumi, makanya penemuan ini sangat menggembirakan

  • Tyas Rakhmadani

    Waaaw.. lngsung dibales. hhehe, klo klub ini kira2 ada kegiatan lapangannya gak nih, min?

    • untuk sementara ini yang di semarang belum ada klubnya, jadi belum ada kegiatan juga :D yang ada baru grup astronomi/falak dari iain walisongo di ngaliyan

  • WXYZ

    Apa bedanya bintang biner dengan bintang ganda?

    • tidak ada istilah bintang biner dalam bahasa indonesia. tetapi istilah bintang ganda dalam bahasa inggris adalah binary stars. mungkin ini yang dimaksud dengan bintang biner.

  • keke putri

    astronomi itu sebenarnya pelajaran yang bagaimana?
    apakah astronomi itu menyenangkan?

  • Ass. Mau nanya mas, apakah mungkin bulan sabit Muda/hilal/crescent di lihat pada pagi atau siang hari ? mohon pencerahan & terima kasih atas jawabannya

    • wa ‘alaykmusalam. tidak, hilal hanya bisa dilihat sesaat setelah matahari terbenam. waktunya tidak lebih dari 1 jam. bulan yang dapat dilihat di pagi/siang hari adalah bulan tua, yang umurnya melebihi 15 hari (setelah purnama).

  • keke putri

    kak apakah astronomi itu sulit?
    khususnya olimpiadenya dan materi yang diajarkan di astronomi itu apa-apa saja?

    • mungkin bisa dibilang olimpiade astronomi tantangannya besar karena ilmunya tidak dipelajari secara mendetil sejak sd hingga sma. berbeda dengan olimpiade kimia, matematika, fisika, atau lainnya yang ada pelajarannya di sekolah. astronomi hanya dipelajari di bangku kuliah, dan di indonesia hanya ada di itb.

      materinya banyak, misalnya tata surya, fisika bintang, evolusi bintang, galaksi, sistem koordinat benda langit, dll.

  • niwa

    Q pngen bnget liat komet ,,kira” kpan ea komet muncul ??
    Mhon jwb’an nya …..??

    • komet baru akan terlihat kalau dia berada relatif dekat dari matahari. karena saat itu ia terkena pengaruh angin matahari dan menguap, dan tampaklah ekornya. seminggu belakangan ini ada beberapa komet yang mendekati matahari. namun sayangnya terlalu redup untuk dapat diamati dengan mata telanjang

  • leli

    aku mau nanya nih,namun sebelumnya aku minta maaf,mungkin pertanyaanku tidak berkenan.
    pertanyaanku,apa sih gunanya memperdalam ilmu astronom?
    kenapa tidak dicukupkan dengan mengetahui waktu saja,toh peredaran planet tidak mempengaruhi manusia.
    apa biaya yang dikeluarin itu tidak termasuk buang buang uang saja?
    mungkin untuk sementara ini cukup,walaupun sebenarnya masih banyak yg mngnjal dihatiku tntng ilmu astronom,mohon jawabannya dan terima kasih

    • meirina

      Mas Pinah, aku ijin menjawab.

      banyak keuntungannya. pada dasarnya semua ilmu diciptakan karena memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. dengan mempelajari perbintangan kita bisa mengetahui arah mata angin, kita bisa memprediksikan cuaca, kita juga mempelajari umur sebuah bintang ( contohnya matahari )dan banyak hal lain.

    • dalam mempelajari suatu ilmu, ada 2 manfaat terhadap kehidupan yang bisa kita peroleh. yaitu manfaat langsung (aplikatif) dan tidak langsung. astronomi mungkin hanya sedikit memberikan manfaat ang dapat dirasakan/digunakan langsung dalam kehidupan sehari-hari. tapi mempelajari ilmu seperti itu memang diperlukan untuk memenuhi keingintahuan manusia yang luar biasa besar. sudah tabiat manusialah membuat pertanyaan dan mencari jawabannya sendiri

  • yuyud

    mau tny tentang dimana dan bagaimana modul astronomi untuk SMA dapat saya peroleh?

  • Panji

    Kalo Teori Big Bang memang benar, kenapa bentuk pecahannya bisa bulat dan tertata rapi mengitari pusat galaksi masing2..? Kenapa semua benda angkasa tidak mengitari satu titik dari pusat ledakan..?

  • Panji

    Saya mempercayai masih ada sebuah planet Besar di luar Pluto dalam tata surya kita. Jaraknya lebih jauh dari Pluto ke Matahari. Apakah hal ini bisa diterima..?

    • dalam sains, suatu hal dapat diterima apabila ada buktinya. sampai saat ini, belum ditemukan planet di jarak yang lebih jauh dari pluto.

      “Kalo Teori Big Bang memang benar, kenapa bentuk pecahannya bisa bulat dan tertata rapi mengitari pusat galaksi masing2..? Kenapa semua benda angkasa tidak mengitari satu titik dari pusat ledakan..?”

      ‘pecahannya’ bisa tertata rapi karena ada gravitasi. hal yang sama bisa dilihat di tata surya kita. dulunya, tata surya berupa awan gas dan debu yang tidak teratur. tetapi berkat gravitasi, setiap materi berinteraksi lalu berkumpul membentuk benda yang lebih besar. begitu seterusnya sampai terbentuk planet-planet

  • Ary

    Mengapa komet orbitnya sangat lonjong

    • komet awalnya hanya batuan es yang mengelilingi matahari dari kejauhan. tetapi karena pengaruh benda lain yang bermassa besar, arah geraknya berubah menjadi menuju ke matahari. perubahan arah gerak inilah yang menyebabkan orbit komet begitu lonjong, malah terkadang menjadi komet yang sekali lewat (bukan periodik)

  • uzanbadai

    apakah magnetic flip (terbaliknya kutub magnet) itu ada? kalau ada, apa bumi pernah mengalaminya?

  • Triyanto

    Dear Admin, mau tanya, apakah padanan istilah untuk ‘True North’ dalam bahasa Indonesia?
    http://en.m.wikipedia.org/wiki/True_north
    Terima kasih.

  • orang Indonesia

    meteor itu bisa belok gak saat melintasi bumi???

  • vegi

    berapa besar kemungkinnan manusia bisa hidup di planet mars

  • aznie

    mau tanya bisa dijelaskan tentang pengertian elongasi maksimum dan elongasi minimum.

    • elongasi adalah sudut pisah antara dua benda langit, biasanya diberikan antara matahari dan benda lain di tata surya. nilainya antara 0 hingga 180 derajat. elongasi maksimum berarti adalah saat sebuah benda langit berada berseberangan dengan matahari. misalnya bulan purnama, itu elongasinya sekitar 180 derajat, sedangkan bulan baru elongasinya 0 derajat

    • aznie

      kalo di bumi ada elongasinya gak kak klo ada elongasinya berapa???

    • tentu saja kita tidak bisa melihat elongasi bumi karena kita di bumi. ingat, menghitung elongasi berarti menghitung jarak sudut dua benda yang keduanya kita lihat. sementara kita berada di bumi, berarti kita tidak bisa melihat bumi dan menghitung elongasinya. sama seperti di sebuah segitiga ABC, dari titik A kita hanya bisa menghitung sudut antara B dan C, dari titik B kita hanya bisa menghitung sudut antara A dan C, dan dari C kita hanya bisa menghitung sudut antara A dan B

    • aznie

      oh begitu ya…
      terima kasih atas jawabannya

  • Tania

    mau tanyak nih,
    kenapa sebagian besar nama-nama galaksi, planet, dll kok pake nama dewa dewi mitologi yunani ya?

    • penyebabnya ada 2 hal. pertama karena penamaannya dilakukan oleh orang-orang yunani dan yang kedua karena pencatatan mereka yang rapi sehingga digunakan oleh orang lain dan dijadikan dasar belajar mereka (dan kita sekarang).

  • Irmaida Zahra Nariswari

    Bintang terbuat dari apa…?

  • anakorang

    Permisi pak/bu..
    Orbit Pluto kan Memotong orbit Neptunus, bisa gak sih kalo Pluto tabrakan dengan Neptunus? Kalo emang bisa kira2 efeknya apa ya?

    • anakorang

      Terima Kasih Sebelumnya

    • tidak. kedua orbitnya dikatakan memotong jika kita lihat dari atas, tetapi sebenarnya keduanya tidak berada di bidang yang sama alias bersilangan. jadi titik potong orbit jika dilihat dari atas akan berbeda dengan titik potong jika dilihat dari samping. mirip seperti dua buah mata rantai yang tidak bersinggungan

  • saya mau tanya,, sebenarnya pengertian dari galaksi magellan itu apa?
    susah kali nyarinya,, di blog2 lain gak ada pengertiannya, cuma di kasih tau bintangnya saja.. mohon di jawab.. :)
    terimakasih..

    • magellan itu nama orang yang dipakai dalam nama galaksi. ada 2 galaksi yang memakai nama magellan yaitu galaksi awan magellan besar (large magellanic cloud, lmc) dan galaksi awan magellan kecil (small magellanic cloud, smc).

  • L

    mau tanya, komet sama meteor kalau di langit kan sama-sama kelihatan spt punya ekor, cara membedakan mana yg komet dan mana yg meteor gmn?

  • L

    tanya lagi..
    yang menyebabkan punahnya dinosaurus itu komet yang jatuh ke bumi atau meteorit?

    • menurut definisinya, benda yang masuk ke atmosfer bumi disebut meteor, dan jika benda itu terus melaju dan akhirnya menumbuk bumi kita sebut sebagai meteorit. sedangkan komet adalah batuan es yang mengelilingi matahari dan akibat pengaruh angin matahari jadi menguap dan menghasilkan ekor. nah kami kurang paham juga gimana kalau ada sebuah komet masuk ke atmosfer bumi lalu jatuh ke permukaan. apakah tetap disebut komet atau jadi meteorit :D

      sebagai benda yang mengelilingi matahari, komet memiliki pergerakan yang sangat lambat di langit, hampir sama seperti planet-planet. dalam waktu seminggu pun masih akan terlihat di posisi yang berdekatan.

      sedangkan meteor adalah benda yang ada di atmosfer bumi. pergerakannya sangat cepat. sekedipan mata juga sudah hilang.

  • keke

    kak mau nanya…
    di astronomi itu bagian mana sih yang membuat astronomi itu menjadi sulit buat dipelajarin???
    dan di astronomi kan ada tu yang namanya astrofisika itu sulit ga sih???

    • astronomi adalah mempelajari fisika untuk objek luar angkasa. akan jadi sulit kalau kita tidak bisa fisika dan matematika. makanya perlu usaha keras di fisika dan matematika supaya belajar astronominya lebih mudah :)

  • nurfa

    assalammualaikum, maaf mau tanya. kenapa sih, bisa terbentuk cincin saturnus ?

    • wa ‘alaykumsalam. cincin itu berasal dari satelit saturnus yang hancur di jaman dulu. satelit itu hancur karena terkena efek gravitasi yang sangat kuat dari saturnus.

  • viena

    planet yg terdekat dengan bumi itu apa?? trus urutannya dari awal planet gmn…

  • ok

    Allah adalah pencipta alam semesta dengan begitu Dia bukanlah bagian dari alam semesta. maka peristiwa isra mi’raj nabi Muhammad SAW adalah perjalanan keluar dari alam semesta. mohon penjelasannya….

    • maaf, topik tersebut bukan termasuk dalam bahasan kami. silakan tanyakan/diskusikan kepada yang lebih kompeten dalam topik tersebut. kami hanya membahas topik seputar astronomi saja :)

  • yandhi riyanto

    kenapa kok meteor masih ada aja yang bisa tembus ke bumi????gak hancur terbakar oleh gravitasi????
    thank’s jawabannya.

    • meteor bisa sampai ke permukaan bumi (disebut meteorit) karena ukurannya yang cukup besar sehingga tidak terkikis habis di atmosfer. hanya meteor berukuran kecil saja yang bisa habis terbakar, tapi bukan oleh gravitasi melainkan oleh tekanan dan gesekan dengan partikel di atmosfer bumi

  • L

    terima kasih telah menjawab pertanyaan saya sebelumnya. saya mau tanya lagi, maaf kalau merepotkan.

    1. di video ini –> http://www.youtube.com/watch?v=L1SycRpYH3k terlihat semakin komet mendekati matahari, semakin cepat gerakan komet, apa hal ini benar?
    2. di video ini –> http://www.youtube.com/watch?v=VEyyOIyaeME terdapat tumbuhan di atas meteorit, kenapa bisa begitu?
    3. dampaknya jika komet menabrak matahari
    4. apa yang terjadi jika bumi tidak memiliki satelit (bulan)?

    terima kasih sebelumnya

    • 1. maaf, saya belum lihat videonya. tapi begini. komet dan benda lainnya di tata surya mengelilingi matahari dengan orbit berbentuk elips. akibatnya, geraknya tidak konstan. ada saat ia lambat yaitu ketika berada di jarak yang paling jauh, dan ada juga saat ia cepat ketika jarak yang paling dekat dari matahari.
      2. meteorit itu sudah ada di bumi selama sekitar 2 tahun kan? jadi wajar saja kalau batu tersebut bisa ditumbuhi tumbuhan.
      3. komet biasanya berukuran kecil, bahkan jauh lebih kecil dari planet. jadi kalau komet menabrak matahari maka nasibnya akan berakhir.
      4. tidak tahu, tapi yang pasti akan berbeda dengan sekarang.

  • ririnAF

    ka aku mau tanya dong , tentang pristiwa terjadinya blackhole :D dan aku minat banget kuliah di ITB jurusan Astronomi tapi aku masih bingung setelah lulus aku bisa kerja dimana aja , makasi ka .

  • Rizky

    Ada yang kurang tepat ngga dari ke-11 akibat rotasi bumi ini???

    1. Terjadinya peubahan waktu
    2. Terjadinya perubahan arah angin
    3. Terjadinya perbedaan ketebalan atmosfer
    4. Terjadinya perbedaan percepatan gravitasi
    5. Terjadinya pergantian siang dan malam
    6. Bentuk bumi menjadi bulat spheroid
    7. Terjadinya pembelokan arah angin
    8. Terjadinya gerak semu harian matahari dan benda – benda langit lainnya
    9. Terjadinya gaya coriolis
    10. Pekerjaan satelit terbantu
    11. Munculnya daya magnit (Daya tarik) bumi ke matahari

    Mohon Jawabannya Thanks!

  • Rizky

    Assalamualaikum wr.wb.

    Mana yang lebih dekat dengan bumi, Venus atau Mars?

    Wassalamualaikum wr.wb.

    • wa ‘alaykumsalam wr. wb.
      venus, dengan jarak terdekat bisa mencapai 38.156.000 km

      yang kurang tepat dari akibat rotasi bumi adalah yang no 11

  • ririnAF

    terima kasih ka atas jawabannya yang lalu , oh iyah bisa ga kita ngebedain macam macam (nama) bintang yang kita liat dengan mata telanjang ? kalau bisa bagaimana caranya , terima kasih

    • caranya dengan mengetahui “alamat”nya. sama seperti rumah-rumah yang memerlukan alamat supaya tidak ada penghuninya yang tertukar, bintang-bintang juga punya “alamat” yang ditandai dengan angka-angka koordinat. dalam astronomi dikenal beberapa sistem koordinat, salah satunya yang umum dipakai adalah ekuatorial. silakan baca di http://duniaastronomi.com/label/koordinat/

  • no name

    maaf, mau tanya2 diikit
    sbenernya apa ada kehidupan selain di bumi.?

  • ara

    assalamu’alaikum,maaf saya mau tanya.apa yang dimaksud dengan protobintang dengan bintang deret utama?

  • ara

    assalamu’alaikum,maaf saya mau tanya.apa yang dimaksud dengan protobintang dan bintang deret utama?

    • protobintang adalah ‘janin’ bintang, yaitu bintang yang belum jadi.
      deret utama adalah tahapan awal dalam kehidupan bintang, yang pasti dilalui semua bintang sebelum bertambah tua

  • agis

    aslmkum..
    mau tanya, karena alasan apa pluto di keluarkan dari bangsa planet?
    trmksih..

  • agis

    aslmlkum..
    mau tanya,, karena alasan apa pluto di eliminasi dari bangsa planet?
    trmksh..

    • pluto tidak digolongkan planet lagi karena sudah ada definisi/syarat baru tentang planet dan kondisi pluto tidak memenuhi syarat tersebut. ada 3 syarat sebuah benda dinyatakan sebagai planet.

      pertama, mengorbit matahari. kedua, massanya cukup besar sehingga bentuknya bundar. ini adalah tanda bahwa benda tersebut dapat menghasilkan kesetimbangan gravitasi di permukaannya. ketiga, area di sekitar orbitnya cukup ‘bersih’, dalam artian tidak ada benda lain yang massanya cukup besar dibandingkan dengan planet itu.

      pluto tidak termasuk dalam planet karena tidak memenuhi syarat ketiga. di sekitar pluto ada sejumlah massa yang cukup besar, yaitu satelit-satelitnya (Charon, Nix, dan Hydra.

  • rissa

    gedung penyelidikan bintang tertua di inggris…
    tepat ny di kota mana??? tolong di blz yya kak???

  • fldzhx

    Astronomi ITB itu menerbitkan buku2 tentang Astronomi ngga sih? kalo iya, belinya dimana?

  • sigit

    apa faktor2 yang membuat bmi itu berputar begitu lama tanpa berhenti

    • putarannya tidak terhenti karena tidak ada penghambatnya. kalau di bumi, bola yang berputar bisa berhenti akibat gesekan dengan udara atau lantai. di ruang angkasa, tidak ada materi yang menghambatnya

  • amalina

    paralaks itu apa sih?

    • paralaks adalah perbedaan kenampakan latar belakang suatu benda apabila dilihat dari dua tempat yang berbeda. contohnya: pegang sebuah pensil di jarak 30 cm di depan mata. perhatikan pensil itu dengan mata kanan saja (mata kiri terpejam). lalu ganti melihatnya dengan mata kiri saja (mata kanan terpejam). berbedanya ‘suasana’ di latar belakang pensil itu jika dilihat dengan mata kanan atau kiri saja itulah yang disebut paralaks.

      http://duniaastronomi.com/2009/05/mengukur-jarak-bintang-dengan-paralaks/

  • diaz

    saya mau tanya, cara para astronom melihat kandungan senyawa atau molekul yang ada di bintang atau benda langit lainnya itu gimana sih, kan pengamat hanya bisa melihat dari jauh

    • dengan meneliti spektrumnya. setiap bintang akan menghasilkan spektrum yang memiliki banyak garis-garis gelap yang disebut garis absorpsi/serapan. garis absorpsi tersebutlah yang menunjukkan kandungan unsur dalam sebuah bintang.

  • yunita

    saya mau b’tanya, apa dampak dampak badai matahari bagi kehidupan di bumi? trimakasih..

    • badai matahari tidak akan menembus atmosfer bumi dan mengenai permukaan secara langsung. ia hanya mempengaruhi medan magnet yang menyelubungi bumi. karena di sekitar bumi ada banyak satelit yang digunakan sehari-hari untuk berbagai keperluan, misalnya internet, pemetaan, pemantau cuaca, dll, maka satelit-satelit itulah yang akan terkena dampak secara langsung. akibatnya kita bisa kehilangan fungsi mereka sementara atau selamanya, tergantung tingkat kerusakan pada satelit-satelit itu

  • ririnAF

    kak mau tanya dong , bener ga sih akan dibentuk semacam lembaga penelitian gabungan dari beberapa negara di asia tenggara ?

    • belum pernah dengar tuh. ririn tahu dari mana?

    • ririnAF

      waktu itu aku pernah cari cari informasi tentang lapangan pekerjaan buat para lulusan Astronomi , nah aku dapet informasi dari satu link katanya kaya gitu ka , kemungkinan besar dibutuhkan SDM lulusan ITB astronomi yang banyak karna di Asia Tenggara kalo ngga salah cuman ITB yang ada Astronominya , nah makannya aku info yang lebih banyak soal lapangan perkerjaannya itu buat ngeyakinin orang tua aku , soalnya aku minat banget ngambil Astronomi :D

    • iya, saat ini emang hanya di itb aja tempat kuliah astronomi di asia tenggara :)

  • apif

    kak atsmosfir kita inikan panas..
    knpa NASA bisa mengirm satelit n benda lain ke luar angkasa..
    apakah tdk trbakar bnda t saat menembus atsmosfir bumi..
    terimakasih.

    • atmosfer bumi tidaklah panas. justru sebaliknya, dingin. manusia bisa mengirimkan satelit dan benda lain keluar angkasa karena diberi tenaga dorong yang sangat besar agar bisa terlepas dari gaya gravitasi bumi. sebuah benda baru akan terbakar kalau masuk ke atmosfer bumi dari luar angkasa. namun kapsul/pesawat ulangalik tidak terbakar karena dilengkapi dengan bahan tahan panas & tahan gesekan sehingga aman ketika masuk bumi kembali

  • hani

    ka mau nanya, kalo galaksi yang paling banyak di temukan di tata surya itu galaksi spiral apa elips ?

    • Soraya

      Bukannya tata surya itu sendiri bagian dari galaxy?

    • benar kata soraya. tata surya itu ada di dalam galaksi. nama galaksi kita adalah galaksi bimasakti dan berbentuk galaksi spiral.

      lalu di alam semesta, jumlah galaksi spiral dan elips sepertinya setara

  • hani

    asaalamualaikum, Ka saya mau nanya. kenapa ya para ilmuwan tau lapisan-lapisan matahari? saya bingung bagaimana itu cara menelitinya.:)

  • Soraya

    Ada yang bisa jelasin tentang parallel universes? Ini membingungkan-_-

  • agis

    saya pernah baca garis tengah sudut bintang tidak bisa di tentukan dengan mengukur sudut bentangnya, krna terlalu kecil.
    jd,cara ngukur radius bintang gimana?

  • betul, dengan teleskop yang paling kuat pun kita tidak dapat melihat bentangan diameternya. kita bisa mengetahui ukuran bintang setelah diketahui luminositas (jumlah energi yang dipancarkan ke segala arah) dan temperaturnya, karena ketiganya berkaitan secara matematis.

  • kak saya mau tanya
    terdapat 250 juta bintang galaxi M32. Magnitudo visual galaxi adalah 9. Bila luminositasnnya semua bintang dalam galaxi tersebut sama, berapakah magnitudo visul sebuah bintang tersebut?

    • yang kita terima adalah energi dari 250 juta bintang atau Eg. dan itu memberi magnitudo 9 atau mg.
      sedangkan magnitudo sebuah bintang berasal dari energi yang diterima dari satu bintang atau m1.
      untuk cari magnitudonya kita harus tau energi yang diterima dari satu bintang, yaitu 1/250 juta atau E1.
      silakan gunakan formula pogson

  • ratna kusuma dewi

    apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan noda hitam matahari??

    • ririnAF

      kalo ga salah yah , noda hitam matahari itu ada dipermukaan matahari karena adanya aktivitas magnetis yang sangat hebat sehingga suhunya lebih dingin dibanding daerah yang lain :D

    • maksudnya bintik matahari/sun spot ya? itu adalah area dengan temperatur permukaan lebih kecil dibandingkan sekitarnya (lebih dingin), karena efek magnetik.

  • hani

    ka, kenapa lama rotasi matahari di bagian kutub dan ekuator berbeda?

    • karena yang berotasi di permukaan matahari itu berupa fluida yang bebas bergerak, berbeda dengan di bumi yang permukaannya padat dan semuanya bergerak bersamaan.

  • hani

    ka, gaya elektro magnetik itu apa ?

  • Della

    apa sih hubungan astronomi dengan filsafat, khususnya filsafat ilmu? terima kasih :)

    • sepertinya keduanya tidak berhubungan, setidaknya secara langsung. karena filsafat itu mempelajari manfaat ilmu astronomi bagi keberadaan manusia di alam semesta

  • ririnAF

    ka , misalnya ada saudara kembar umur 25 tahun , yang A pergi ke luar angkasa yang B tetep di bumi , kenapa pas A pu;ang ke bumi , A-nya masih muda sedangkan B-nya udah tua ? bisa dijelasin ga ka kenapa ? makasi yah :D

    • kurang lengkap nih. harusnya dijelaskan si A pergi ke luar angkasa dengan kecepatan cahaya. karena dengan begitu, waktu yang dirasakan oleh A menjadi melambat akibat dia bergerak secepat cahaya

  • suhada

    ka kalau cara orang mengukur luas matahari dan planet2 lainnya itu dengan cara seperti apa?

    • maksudnya luas permukaannya? mudah kalau sudah ditemukan radiusnya. asumsikan saja semuanya memiliki bentuk geometri bola. radiusnya sendiri mudah ditemukan karena teleskop yang kita miliki sudah dapat digunakan untuk mengukurnya secara teliti

  • ANIK

    BAGAIMANA TERJADINYA GERHANA MATAHARI CINCIN?

    • gerhana matahari cincin terjadi apabila bulan berada di jarak terjauhnya dari bumi dan bumi berada di jarak terdekatnya dari matahari. hal ini menyebabkan ukuran matahari di langit jadi lebih besar dari ukuran bulan. makanya ketika terjadi gerhana, tidak seluruh piringan matahari tertutupi oleh piringan bulan

  • annisa

    ka, kalo seorang astronom itu kerjanya apa sih??

    • intinya adalah penelitian. termasuk di dalamnya bisa saja melakukan pengamatan dengan teleskop lalu mengolah datanya, atau bisa juga mengolah data pengamatan orang lain. pekerjaan lainnya adalah memberi edukasi kepada publik seperti di obervatorium dan planetarium

  • albert newton

    ini penelitina ku ya :
    saat meteor jatuh ke bumi benarkah meteor saat jatuh ke bumi itu mengendalikan gravitasi bumi ?

  • ini penelitian ku ya :
    benarkan kalo saat meteor jatuh ke bumi ,meteor akan mengendalikan gravitasi bumi ?

  • agis

    mengenai berita munculnya 2 planet baru yang mirip bumi(hampir seukuran bumi) apa benar adanya?

    • benar. planet itu ditemukan mengorbit di sebuah bintang yang jaraknya cukup jauh. penemuan ini membuktikan bahwa menemukan planet kecil yang seukuran bumi itu mungkin. soalnya selama ini yang sering ditemukan adalah yang berukuran raksasa/lebih besar dari jupiter

  • agis

    tentang planet tersebut, apakah juga memiliki sifat yang sama dengan bumi?

    • sepertinya untuk sekarang masih sedikit yang kita ketahui karena sulitnya melakukan penelitian tentang planet yang sangat jauh seperti ini

  • Kelaparan

    Apa hubungan astroNOMI dengan ekoNOMI ???

    • nomi di situ berasal dari kata nomos (bahasa yunani) yang berarti hukum atau budaya. astro itu adalah bintang, eko itu berarti rumah

  • kekenyangan

    berapa umur
    a. matahari
    b. bumi
    c. tata surya kita
    d. galaksi bima sakti
    e. alam semesta

  • Wants to know

    Apa saja nama galaksi-galaksi lain selain Milky way?

    • terlalu banyak jika disebut satu persatu. beberapa di antaranya: andromeda, small magelanic cloud, large magellanic cloud, dan sombrero

  • rifdahfara mauriza putri s

    bagaimana astronot melakukan kegiatan sehari hari di luar angkasa tanpa adanya gaya gravitasi bumi?

    • semuanya disesuaikan. misalnya, mereka diwajibkan untuk olahraga rutin dengan berlari di sebuah treadmill. di situ mereka harus diikatkan supaya dapat lari secara normal seperti di bumi

  • kekenyangan

    berapakah intensitas cahaya yang dipancarkan oleh bintang cirius ?

  • kekenyangan

    bagaimana cara astronot makan di luar angkasa ?

    • “berapakah intensitas cahaya yang dipancarkan oleh bintang cirius ?”

      sirius ya maksudnya? magnitudonya -1,46 dan pancaran energinya 25,4 kali dari matahari.

      “bagaimana cara astronot makan di luar angkasa ?”
      makanannya biasanya disediakan dalam bentuk yang tidak dapat tercecer/menghasilkan remah kecil. karena remah tersebut dapat menimbulkan masalah dalam penerbangan ruang angkasa.
      coba baca juga http://en.wikipedia.org/wiki/Space_food

  • JJBC_Christian

    Apakah badai matahari akan berbahaya bagi bumi kita ini?? Dan apa itu badai matahari?

    • badai matahari adalah lontaran partikel bermuatan oleh matahari dalam jumlah besar. apabila lontarannya lebih kecil, sebutannya angin matahari. keduanya tidaklah berbahaya bagi bumi karena bumi memiliki medan magnet yang dapat menangkal partikel bermuatan tersebut. efeknya di bumi hanyalah munculnya aurora di dekat kutub utara dan selatan. bagi manusia, badai matahari dapat merusak satelit yang ada di sekitar bumi, kecuali yang sudah dilindungi dengan benar

  • Neil Amstrong

    Apa yang mempengaruhi radiasi latar belakang kosmik?

    • radiasi latar belakang kosmik atau cosmic microwave background (cmb) adalah pancaran energi yang terdeteksi di seluruh bagian langit. radiasi ini berasal dari alam semesta dini, yaitu pada umur sekitar 380.000 tahun

  • Galileo Galilei

    Tolong jelaskan tentang lubang hitam (black hole)

  • Galileo Galilei

    Apakah di planet mars dulunya ada air? Jika ada, Mengapa ada air?

    • lubanghitam adalah tahapan terakhir dari evolusi bintang bermassa besar setelah mengalami supernova. massa bagian yang tersisa dari bintang tersebut sangat besar sementara radiusnya sangat kecil. akibatnya, ‘bintang’ tersebut tidak dapat menahan bentuknya dan akhirnya runtuh akibat gaya gravitasinya sendiri. maka terciptalah lubanghitam.

      kalau tidak salah ingat, di mars memang pernah ada air. penyebabnya adalah kondisi di mars saat itu (suhu & kondisi atmosfer) mendukung adanya air

  • andy

    mengapa dan bagaimana sebuah bintang yang setelah meledak membuat dirinya termampatkan atau menjadi lebih kecil lalu memiliki massa jenis yang dan gravitasi yang sangat besar?

  • andy

    apakah lubang hitam bisa musnah? kalo iya, menjadi apa?

    • pengetahuan kita tentang lubanghitam belum begitu banyak, termasuk evolusinya. setahu saya belum ada yang tahu pasti akan berubah jadi apa sebuah lubanghitam setelah mati

  • ferry maulana

    kenapa kalo di luar bugi gravitasinya berbeda pada saat di bumi tolong helaskan

  • maeyrizky

    berapa besar grafitasi yg ada di bumi dan matahari?

  • Galileo Galilei

    Apakah Supernova itu?

  • Rachmadrid

    Mengapa bintang yang kita lihat pada malam hari posisinya tidak pernah berubah dalam satu malam itu, tidak seperti matahari atau bulan yang dalam satu hari atau malam berubah posisinya ?

    • karena jaraknya sangat jauh. perubahan posisinya baru akan terlihat apabila diperhatikan dalam rentang waktu yang sangat lama, mencapai puluhan ribu tahun

  • feriyaldi

    minta tolong bantuannya untuk memberi info tentang waktu / jam berapa terbit dan tenggelamnya bulan selama bulan januari…

    • bulan baru terbit-terbenam pk 06-18. lalu setiap hari bertambah sekitar 48 menit. silakan cek fase-fase bulan di halaman kalender astronomi.

      cara lain, unduh dan install program stellarium

  • wahidun

    jelaskan mengenaiteori ledakan besar ?

    • setelah diamati, galaksi-galaksi yang jauh ternyata bergerak menjauhi kita. dan kecepatan menjauhnya semakin besar untuk jarak yang semakin jauh. dari sini kemudian disimpulkan bahwa alam semesta kita awalnya berasal dari sebuah titik singularitas yang kemudian mengembang. teori tentang proses mengembangnya alam semesta dini inilah yang disebut teori bigbang atau ledakan besar

  • lakshita

    Permisi!
    kak aku mau Tanya emangnya bintang berbentuk apa

  • riki

    Kak aku mau bertanya ni???
    Apa kah matahari itu sebuah bintang!!!

  • virda

    Kak aku mau bertanya???
    Knp kalau siang bintang tdk kelihatan tapi kalau malam bintang bisa Akita lihat,knp bisa seperti itu kak tlong dong jelaskan!!!

    • karena di siang hari ada cahaya matahari yang disebarkan oleh atmosfer sehingga cahaya bintang kalah terang. seandainya bumi tidak punya atmosfer, maka kita akan bisa lihat bintang di siang hari karena di siang haripun langit akan tampak gelap

  • rio

    Kak aku ingin menjadi astronauts.
    Apa kah alat alat seorang menjadi astronauts…
    tlong di jelaskan,,

    • maksudnya syarat ya? seorang astronot haruslah ahli di bidangnya, tetapi biasanya bukan di astronomi melainkan mesin, kimia, biologi, dsb.

  • Neil Amstrong

    Apa nama objek di langit yang terjauh yang dapat dilihat mata telanjang? berapa waktu yang diperlukan seandainya kita bisa berjalan menuju bulan dan juga kita bisa berjalan menuju matahari ?

  • Neil Amstrong

    Apakah kita pernah mengirim pesan ke luar angkasa ?

    • pernah.

      “Apa nama objek di langit yang terjauh yang dapat dilihat mata telanjang? berapa waktu yang diperlukan seandainya kita bisa berjalan menuju bulan dan juga kita bisa berjalan menuju matahari ?”

      galaksi andromeda. anggaplah berjalan kaki memiliki kecepatan 5 km/jam. silakan hitung waktu yang dibutuhkan ke bulan jika jaraknya 384.000 km dan matahari 150 juta km.

  • Qmw tnya….
    kemarin malam tanggal 19 Januari 2012 sekitar pukul 21.43 ada 2 garis merah di langit malam….
    tu pa ya???!!!!!!!!!!!!!
    dua garis itu diam g bergerak, kalau komet kan bergerak….

    • lokasinya di mana? jangan salah, komet juga tidak bergerak kalau dilihat dalam semalam saja. pergerakannya baru terlihat dalam beberapa hari.

  • pondra

    kak mau tanya,,kalo pengen belajar tentang ilmu bintang dimana ya?

    • di indonesia, institusi resmi yang memberikan pendidikan astronomi hanya di itb untuk jenjang sarjana hingga doktor. sedangkan pendidikan falak ada di beberapa institus islam negeri

  • Galileo Galilei

    tolong sebutkan beberapa planet yang mirip dengan bumi/berkemungkinan adanya kehidupan!

    • di tata surya kita, planet yang dianggap paling mirip dengan bumi adalah mars. sedangkan di luar tata surya kita, ada sejumlah planet yang memiliki kemungkinan adanya kehidupan. tetapi kemungkinan itu didasari oleh jaraknya dari bintang pusat yang sedemikian rupa sehingga planet tersebut masuk dalam zona layak kehidupan (habitable zone)

  • kak, satelit buatan kan mengorbit di luar bumi nih. kenapa sewaktu mengorbit mereka tidak tersedot/tertarik ke bumi, padahal gaya gravitasi di bumi cukup besar?

    • karena satelit tersebut bergerak. dengan laju yang tepat, sebuah benda tidak akan jatuh tertarik gravitasi sebuah planet. bulan juga sama, bergerak dengan laju tertentu yang membuatnya tidak bergerak tertarik mendekati bumi

  • kak, satelit buatan kan mengorbit diluar bumi nih. kenapa sewaktu mengorbit bumi, mereka tidak tersedot/tertarik ke bumi padahal gaya gravitasi di bumi cukup besar?

  • rian

    jrusan yg pling tpat untuk jadi astronot ap ?

  • galileo

    Kak aku mau bertanya…..
    Kpn lgi akan terjadinya gerhana bulan!!!!

  • alvinn

    Kak q mw nanya???
    Di mna tempat perkuliahan di Indonesia tentang astronomi!!!

  • alvinn

    Kak ITB itu di mna!!!

  • Jason

    Kak aku mau bertanya…
    Emang nya bintang terbuat dari apa???
    Tlong kak di jelaskan!!!

  • kenapa astronot biasanya adalah bukan seorang astronom kak? bukankah itu bidangnya?

  • Galileo Galilei

    tolong sebutkan beberapa bintang terdekat selain matahari

  • Hiro Moura

    kak, materi dalam ilmu astronomi apa aja ya? pengen belajar banyak ni tentang astronomi..

    • banyak sekali, beberapa di antaranya adalah evolusi bintang, kosmologi, galaksi, tata surya, gerak bintang, dan posisi benda langit.

  • eddyson

    Mas, mau nanya, bagaimana caranya galaksi kita bisa dipotret ? Apakah ada satelit yg letaknya di luar galaksi kita ? Atau teknik lain ? bgm penjelasan sederhananya ?

    trims.

    • galaksi kita belum pernah bisa dipotret. gambar yang ada merupakan hasil pemetaan yang sangat akurat dari pengamatan di berbagai panjang gelombang.

      contoh gampangnya begini: bayangkan kita berada di sebuah lapangan luas yang berisi banyak orang yang tersebar sedemikian rupa. karena kita punya banyak metode untuk menentukan jarak orang-orang tersebut, kita dapat memetakan posisi orang-orang tersebut dan akhirnya kita dapat melihat bagaimana bentuk sebaran orang-orang tersebut. begitulah cara ilmuwan menentukan bentuk galaksi kita sendiri tanpa harus keluar dari galaksi bimasakti

  • Van den Bosch

    ka aku mau nanya :)
    sebutkan sistem kebintangan selain tata surya ? *tolong jawab yah ;)

    • ada banyak sekali. biasanya penamaannya disesuaikan dengan nama bintang pusatnya. coba lihat halaman buku tamu dan tautan lalu lihat link exoplanet

  • Nicolaus Copernicus

    aku mau nanya ka
    kapan lagi ada gerhana matahari yg dapat dilihat dari indonesia ?

  • Galileo Galilei

    Tolong sebutkan beberapa rasi bintang

    • jumlah rasi bintang adalah 88 buah. beberapa di antaranya sagittarius, crux, scorpius, cygnus, hercules, orion, taurus, dan ursa minor

  • Galileo Galilei

    Pasang perbani itu apa ya..?

  • artha

    Soal astronomi nih:
    1. Sebuah asteroid berbentuk bola dengan jejari 2,5 km berada dalam keadaan setimbang hidrodinamik dengan alam sekitarnya. Asteroid itu ternyata menyerap daya sebesar 10^9 Watt. Asteroid mempunyai albedo (a) = 0,2. Berapakah temperatur asteroid tersebut?

    2. Gas oksigen bermassa 32 gr/mol. Akibat global warming, bumi menjadi panas tapi massa dan volumenya tetap. Kalau kita percaya gas oksigen akan hilang apabila kecepatan termal partikel lebih besar daripada kecepatan lepas. Tentukanlah temperatur ketika oksigen lepas dari bumi!

  • Galileo Galilei

    Bintang alpha centauri berjarak berapa tahun cahaya dari bumi

  • Galileo Galilei

    Apa pusat galaksi bima sakti?

    • pusat galaksi bimasakti ada di arah rasi sagittarius. di pusatnya terdapat sebuah lubanghitam supermasif

      “Bintang alpha centauri berjarak berapa tahun cahaya dari bumi?”

      sekitar 4,3 tahun cahaya

  • Apa yang dimaksud dengan transit venus?

    • peristiwa melintasnya venus di depan piringan matahari yang terjadi ketika matahari, venus, dan bumi berada di satu bidang dan membentuk garis lurus

  • Galaksi Bimasakti

    Apakah ada transit lain selain transit venus

  • JJBC

    Kalau terciptanya bintang bagaimana??
    terima kasih

  • pimpinella

    saat sebuah komet mendekati matahari,bagian ekornya selalu menjauhi matahari hal itu disebabkan oleh apa?

    • ekor komet ada 2, yaitu ekor gas dan ekor debu. ekor gas muncul akibat pengaruh angin matahari, makanya arahnya selalu membelakangi posisi matahari. sedangkan ekor debu muncul akibat pengaruh pergerakan komet, makanya arahnya selalu membelakangi arah gerak komet.

  • Galileo Galilei

    Apakah ISS itu?

  • lunaa

    Kakak aku mau bertanya!!!!
    Apa ka bhs Latin nya bulan….

  • yadi

    besar suatu benda yg dpt kita lihat dr bumi dengan mata telanjang di bulan berapa diameternya paling kecil?

    • dari bumi, benda langit yang dapat dilihat cukup besar dengan mata telanjang adalah matahari dan bulan. ukuran keduanya bervariasi sehingga yang jadi benda paling kecil dan paling besar berganti-ganti. sedangkan dari bulan, benda langit yang dapat dilihat cukup besar dengan mata telanjang adalah matahari dan bumi. dan yang paling kecil adalah matahari.

      begitukah yang dimaksud?

  • Sudah sejauh manakah penyelidikan manusia terhadap benda-benda langit yang dapat diketahui secara mendetail

  • Diameter Matahari adalah 1,4 jt km sedangkan Bumi hanya 12.ooo km, maka jika kita gambarkan dengan skala perbandingan 1 cm = 1.000.000 km akan kita dapatkan gbr matahari dngan diameter(Ø) 1,4 cm, sedangkan Ø bumi hanya 0,12 mm (tidak tampak dalam pandangan mata telanjang karena kecilnya) tapi jarak dari matahari ke bumi adalah 149,6 jt km atau dibulatkan menjadi 15 jt km. Maka dalam gambar dgn skala terasebut akan membutuhkan jarak matahari ke bumi sejauah 1.500 cm atau 1,5 m sangat menyulitkan utk digambar dgn skala tsb karena membutuhkan kertas ukuran A0 hanya untuk menggambarkan dua buah lingkaran dengan ukuran Ø 1,4 cm,dan satu titik Ø 0,12 mm

  • AFDHILULHAQ SHOLIHUL HADI

    bintang crux tu nunjukin arah mana ya kak…..???

  • Mitha

    Kak, ak mau tanya astronomi itu, lbih banyak ngitungnya pa teorinya??
    trus astronomi (klu di SMA) itu, trmasuk geografi pa Fisika?

  • saya mau tanya. bagaimana sejarah astronomi memasuki Indonesia dan perkembangan selanjutnya.? terimakasih

  • mohon dikasih tahu, buku sebagai referensi masalah sejarah astronomi memasuki Indonesia. terimakasih

    • pertanyaan menarik. tetapi sepertinya astronomi tidak pernah masuk dari luar ke indonesia karena sudah digunakan sejak jaman penjelajahan laut sebagai salah satu alat navigasi.

  • Mohon jawabannya ya admin.
    Kalau kuliah masuk jurusan astronomi, apa harus pandai astronomi dari SMA ?
    Kalau engga tau materi astronomi tapi suka banget fisika dan mtk aja, kira-kira bisa masuk sana ga ya?

    • tidak perlu. astronomi akan diajarkan mulai dari dasar di perkuliahan. fisika dan matematika (tambah bahasa inggris) yang perlu dikuasai

  • Cahaya apakah yang tampak dari bintang-bintang yang berada di belakangnebula gelap (dark nebula)?

  • Ketika protobintang menjadi bintang deret utama, dari manakah energinyaberasal?

  • Dhevi Vhiendye

    .klo misalnya pas kuliah itu ngambil jurusan MIPA keahlian astronomi,,,kira2 stelah lulus bsa daftar jdi astronot gag?klo bsa,prosesnya agar ketrima jdi astronot tuh gmna???soalnya itu cita2ku dri SD…thanks ^^

    • untuk menjadi astronot biasanya tidak mencari ahli astronomi, tetapi ahli mesin/teknik. astronom justru diperlukan sebagai tenaga ahli di balik proses peluncuran roketnya

  • putri

    sebuah planet X mempunyai radius R1, bintang induknya mempunyai radius R2. jika jarak planet X dari bintang induknya 2 SA dan R1 = 0,2 R2 maka panjang bayangan umbra planet tersebut adalah ?

  • putri

    jawab pertanyaan in y ….
    kalau temperatur sebuah bintik matahari (sunspot)adalah 4500 K, maka energi paling besar akan dipancarkan pada panjang gelombang ….?

    • panjang gelombang pancaran energi maksimum dicari dengan rumus lambdamaks x T = 0,2898. lambdamaks dalam cm, T dalam kelvin. silakan gabung ke grup fb duniaastronomidotcom kalau punya akun fb supaya bisa berbagi/diskusi lebih leluasa

  • apa yang menyebabkan guntur yg terdengar ada yg sangat nyaring , bahkan ada yang sangat kecil terdengar ?

  • nebula gelap itu apa???
    tolong kasi tau dong kak,, please

    • nebula/awan materi antar bintang yang terlihat hitam padahal di sekelilingnya terang. artinya awan tersebut mengandung banyak debu yang menghalangi cahaya di belakangnya

  • temperatur permukaan sebuah bintang adalah 12000derajat Kelvin, dan misalkan temperatur permukaan Matahari adalah 6000derajat Kelvin. Jika puncak spektrum matahari berada pada panjang gelombang 5000 Angstrom, pada panjang gelombang berapakah puncak spektrum bintang yang mempunyai temperatur 12000derajat Kelvin?

    sekalian tolong kasi tau rumus-rumus yang mencakup tentang astronomi beserta satuannya ya kak,,,??

  • Angel Andromeda

    Para astronom mengatakan bahwa semua proses terjadinya jagad raya berasal dari singularitas dan singularitas tersebut mengakibatkan peristiwa big bang(dentuman besar).Bukankah sebelum adanya singularitas belum ditemukan adanya dimensi?.Bukankah sebuah ledakan (big bang) memerlukan dimensi?
    Artinya,apakah dapat dikatakan bahwa singularitas adalah pembawa dimensi?

    • sepertinya ada yang salah. sebenarnya bigbang itulah yang berasal dari singularitas. dan bigbanglah yang menciptakan ruang dan waktu, bukan sekedar mengisi ruang dan waktu

  • ,,saya tanya ?
    apakah lubang hitam mendekati bmi ?

  • Arief

    permisi… mas/mbak mau tanya dong, saya siswa kelas 1 SMA dan saya tertarik nih sama astronomi dan ingin mendalami lagi astronomi tp saya tidak tahu kepada siapa saya harus sharing tentang astronomi. yang saya tahu cuma di dunia maya saja seperti DADC, KA, LS, dsb. pertanyaannya, di bandung ada gak sih mas/mbak komunitas/club2 astronomi untuk umum supaya bisa lebih jelas dan ngerti tentang astronomi? kalo ada, gimana cara gabungnya?
    makasih mas/mbak :)
    -Arief

    • ls itu basisnya di bandung. tetapi memang belum memiliki markas untuk pertemuan rutin. komunitas astronomi yang punya pertemuan rutin baru jakarta & jogja aja kayaknya

  • Shanty

    saya kurang mengerti apa yg dimaksud dengan zenit, meridian, dan cakrawala ?

  • taurus maniacastro

    kak pinah, apa benar whitehole itu ada ?

  • taurus maniacastro

    kak pinah, ada nggak universitas yang punya jurusan astronomy di indonesia selain di ITB ? soalnya, aku fikir kayanya cukup susah buat bisa masuk ITB.

    • ga ada. sebenarnya masuk itb itu sama saja dengan masuk kuliah pada umumnya: memerlukan persiapan khusus. jadi siapkan sesegera mungkin supaya kemungkinan masuknya jadi lebih besar :)

    • taurus maniacastro

      kak, biasanya ITB nerima berapa mahasiswa baru ya perangkatannya untuk jurusan Astronomi ?

  • taurus maniacastro

    kak pinah, beberapa hari yang lalu temenku pernah liat ada benda langit bercahaya seperti bintang, tapi warnanya berubah ubah dari kuning_biru_merah, terus akhirnya hilang, kira-kira itu apa ya kak ?

  • Yance

    Katanya utk bs tahu bentuk galaksi bima sakti itu dipakai dgn metode pengukuran antar materi. sedangkan kita tahu jarak antar materi itu jauhnya gak ketulungan. memang memakai alat dan zat apa hingga kita bs mengukur dgn pasti jarak antar materi dalam sistem galaksi? hingga para astronom bs memperkirakan jumlah galaksi bs hingga milyaran, padahal utk 1 galaksi aja hitungan lebar atau ketebalannya bs sampe jutaan tahun cahaya? kok bs secepat itu perhitungannya?

    • pengukuran jarak dilakukan dengan pengamatan di hampir seluruh panjang gelombang, mulai radio, infra merah, visual, ultraungu, dst. jadi yang diamati pun berbeda-beda karena setiap materi memancarkan energi pada panjang gelombang yang berbeda pula. misalnya awan gas hidrogen diamati di panjang gelombang radio. sedangkan bintang diamati pada panjang gelombang visual

  • Apa benar kalo kecepatan suatu benda melebihi kecepatan cahaya, Benda itu akan kembali ke masa lalu??

  • Taurus Maniacastro

    mas, benar nggak kalau puncak hujan meteor eta aquarids tahun ini nanti tanggal 6 mei ? kalau iya, mulainya dari jam berapa sampai jam berapa mas ? makasih

    • benar. seperti biasanya, hujan meteor dapat diamati setelah tengah malam hingga langit terang. tapi sayangnya tanggal 6 mei nanti ada bulan purnama, jadi pengamatan hujan meteornya akan terganggu

  • fajar a nugraha

    apa penyebabnya sehingga bumi dan pelanet lain memiliki garis edarnya masing-masing?

    • garis edar bumi dan semua benda langit lainnya itu tidaklah terbentuk secara instan. prosesnya memakan waktu jutaan tahun sejak tata surya (dan bintang-bintang di galaksi, misalnya) terbentuk hingga sekarang kita lihat mereka bergerak teratur. sebenarnya semuanya terjadi karena proses yang brutal di masa lampau. tabrakan dan lontaran benda-benda angkasa terjadi secara acak. baru setelah jumlah benda di sebuah sistem berkurang, orbit benda-benda tersebut jadi lebih stabil

  • caprio

    apa ad pelanet baru ditemukN SEJAUH INI?

    • planet yang mengelilingi matahari? tidak ada. tetapi kalau yang dimaksud adalah planet yang mengelilingi bintang lain, ada banyak. sampai sekarang jumlahnya mencapai 400an buah planet, yang disebut extrasolar planet (exolanet)

  • alvinn

    Kak saya mau bertanya!!!
    Ada kah astronauts yg berasal dari Indonesia????
    Kalau ada kak siapa kah nama astronauts tersebut!!!

    • belum pernah ada. dulu pernah ada calonnya bernama pratiwi sudarmono, tetapi gagal berangkat karena kecelakaan pesawat ulang-alik challenger tahun 1985

  • Megalosari

    benda yang lebih besar dari matahari apa?
    kalau ada apa namanya..??

  • Nisa

    apakah kita bisa membuat mesin waktu?

  • yudho

    dear dadc,
    mau nanya dong..ini pertanyaan belum kejawab dari dulu..kan pembakaran bintang dimulai dari hidrogen, kmudian helium, karbon, …., sampe besi dan bintang jadi giant dan tamat… nah, lantas, darimana uranium dan unsur lebih berat lainnya?

    • beberapa unsur tercipta dari ledakan supernova, lainnya dari bintang raksasa dan maharaksasa merah. sebutan prosesnya adalah s-process dan r-process. silakan cari di internet untuk mempelajarinya lebih jauh

  • Yance

    Mau tanya lagi, menurut teori (dan mungkin pengamatan) alam semesta cenderung melebar. Yang mau ditanyakan, dari pengukuran terakhir berapa lebar alam semesta saat ini? dan ruang yang belum terisi oleh alam semesta kita berisi apa? apakah ruang itu jg dipengaruhi oleh waktu? dan apakah ilmu pengetahuan saat ini sudah menemukan cara untuk memindahkan suatu materi melalui cahaya (atau yg biasa kita lihat dlm film Star Trek seperti alat transporter)? kalo belum tercipta apakah itu mungkin untuk diwujudkan?

    • - objek terjauh yang dapat kita amati saat ini adalah sejauh 14 milyar tahun cahaya
      – tidak ada ruang yang belum terisi. alam semesta adalah seluruh ruang dan waktu itu sendiri
      – sampai saat ini belum ada teknologi teleportasi. kemungkinan untuk terwujudnya teknologi itu tentu saja ada

  • luna

    Kak q mau bertanya…
    Apa Kah yg dimaksud dengan transit Venus!!!

  • luna

    Permisi kak aku mau bertanya…
    Kapan akan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari total pada tahun ini….

  • 20 mei gerhana matahari cincin, 4 juni gerhana bulan sebagian, 13 november gerhana matahari total, 28 november gerhana bulan penumbra.

    baca juga http://eclipse.gsfc.nasa.gov/eclipse.html

  • luna

    permisi Kak q mau bertanya…
    Apa kah gerhana matahari Cincin pada tanggal 20 mei nanti.
    apakah Indonesia akan merasakan gerhana matahari cinicin itu!!!

    • hanya kawasan bagian timur indonesia saja yang dapat mengamatinya, misalnya papua bagian utara, maluku bagian utara, sulawesi bagian utara. itu pun hanya dalam waktu singkat.

  • romi

    mo tanya kapan puncak hujan meteor Eta Aquarids? jam berapa?
    thanks..

  • luna

    Kak q mau bertanya..
    apa kah hujan meteor pada tanggal 6 mei itu bisa terlihat di Indonesia bagian tengah????

  • Yance

    thanks atas jawaban sblmnya… makin tertarik nih… minimal kira2 komet/meteor yg seukuran gmn yg bisa membuat kiamat dibumi? dan adakah komet/meteor yg seukuran itu bakal melintas bumi? kalo ada prediksinya tahun brp ? thanks

    • ukuran minimal? kurang tahu juga. yang pasti, banyak orang melakukan pengamatan/survey ruang angkasa sekitar bumi untuk mencari benda-benda yang memiliki kemungkinan menabrak bumi.

  • luna

    Kak emangnya di tahun 2012 ini itu masih ada
    astronauts yg berpergian melakukan missi
    Ke luar angkasa???

  • adakah anggota tata surya yang orbitnya tidak elips?

    • kalau yang dimaksud tidak elips adalah lingkaran, tidak ada. tetapi kalau maksudnya parabola atau hiperbola, ada. contohnya komet non-periodik. komet seperti itu hanya terlihat mendekati matahari sekali saja. setelah itu menjauhi matahari dan keluar dari tata surya

  • Megalosari

    kak..
    sebenarnya badai matahari itu apa??
    terjadinya di matahari apa d bumi??
    terus dampaknya buat bumi apa..?

    • badai matahari itu terjadinya angin matahari dan coronal mass ejection dengan intensitas yang tinggi. terjadinya di matahari dan dampaknya di bumi adalah banyaknya partikel bermuatan yang berasal dari matahari terperangkap di medan magnet bumi dan menimbulkan aurora di kawasan sekitar kutub bumi

  • Megalosari

    trus..
    aurora itu apa bisa mencairkan es d kutub kak?

  • Rasid maulana sidiq

    Matahari,Planet,Setelit,dan benda langit lainya beredar menurut garis edarnya masing-masing ( Orbitnya) demikian pula dengan Galaksi beredar mengelilingi pusat jagat raya berdasarkanya garis edarnya masing-masing.Ada beberapa ertikel yang mengungkapkan bahwa Galaksi Andrmeda telah bergerak / bergeser menelan galaksi – galaksi kecil,lalu diprediksikan dalam kurun waktu 3 triliun tahun akan menabrak bumi dan bergabung membentuk galaksi yang elips.Mengapa hal itu terjadi? bukan kah gaya tarik menarik Dua benda yang berdekatan besarnya hasil kali massa kedua benda itu dan berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya? kalau hal itu benar ini berarti hukum Nowton dan Einstein tak berlaku? mohon penjalasanya trims.

    • sedikit koreksi. galaksi-galaksi tidak beredar mengelilingi pusat jagat raya tetapi mengelilingi pusat sistem galaksi. misalnya galaksi bimasakti mengelilingi pusat grup lokal (sistem galaksi tempat bimasakti berada). kemudian tentang galaksi andromeda yang akan menabrak bimasakti, memang benar hal itu akan terjadi. dan gaya tarik keduanya memang dipengaruhi oleh massa keduanya dan berbanding terbalik terhadap kuadrat jaraknya. kenapa hal tersebut terjadi? penjelasannya sederhana: karena massa keduanya sangat besar dibandingkan kuadrat jaraknya. tidak ada yang salah dengan hukum fisika yang kita kenal

  • Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Mohon penjelasan ttg 1 tahun cahaya pak, karena saya membaca ttg planet yg baru ditemukan membutuhkan jarak tempuh kl 600 tahun baru bisa mencapai planet tsb, jadi berapa km jaraknya dari bumi planet baru tsb yg berada di galaksi lain yg aku tidak tahu, wkwkwkwkwkw. . . . .

  • muhammad alfian

    aku pingin punya peta bintang, kira kira belinya di mana ya ?
    kalo pake software malah ribet, harus tergantung sama komputer, kalo hp, hp ku jadul, ga bs install aaplikasi. tolong sarannya

  • Galaksi Bimasakti

    Apa yang dimaksud dengan angin matahari ?

  • Galileo Galilei

    Apa yang dimaksud Aurora ?

    • cahaya yang tampak di sekitar kutub utara dan kutub selatan bumi (dan planet lain) akibat penangkapan angin matahari oleh medan magnet bumi (dan planet lain)

  • Irvan Ary

    Apa penyebab terjadinya Supermoon ?

  • luna

    Kak aku mau bertanya tentang gerhana bulan sebagian…
    Apa kah gerhana bulan pada tgl 04 juni 2012 itu bisa di lihat
    Dari Indonesia tengah yaitu dari Sulawesi selatan dan pukul berapa ada nya gerhana bulan.
    Maaf ya kak kalau terlalu panjang.

  • Safira Shin

    kak… mau tanya nih, apakah pada tahun 2012 ini bakalan ada lagi hujan meteor kayak tahun lalu? kan sering banget tuh ada hujan meteor tahun lalu…
    lalu, apakah bisa dilihat dengan mata telanjang, atau harus pakai alat bantu kayak binocular atau teleskop begitu?
    maaf ya kak… kalau terlalu panjang… soalnya penasaran banget…

    • hujan meteor selalu ada/berulang setiap tahun di waktu yang sama. dan tentunya hujan meteor hanya dapat diamati dengan mata telanjang (tanpa alat bantu).

  • ipun

    apakah ada kehidupan di planet lain dan galaksi lain, selain galaxy bima sakti???

  • ipun

    apakah, komet dan asteroid jatuh ke bumi, pecahan dari planet lain atau dari galaxy lain selain bima sakti …..?????????

  • ipun

    berapa tahun sekali hujan asteroid ke bumi ???

    • ipun, pertama, sampai saat ini tidak ada kehidupan selain di bumi. kedua, komet, asteroid, dan benda lain yang jatuh ke bumi berasal dari tata surya kita sendiri. bukan dari galaksi lain. ketiga, hujan meteor terjadi setiap tahun di tanggal yang sama.

  • bobby

    Berdasarkan waktu astronomi, yg sy baca menggunakan waktu miliaran tahun, berarti satuan waktu manusia sangatlah pelan untuk ukuran waktu jagad raya, sungguh besar jagad alam kita, untuk mencapai suatu pelanet membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun cahaya untuk mencapainya, menurut om-om di sini bisakah kita melakukan time travel? akankah manusia berpinda ke galaksi lain, ada 1 teori enstain yg menyatakan bahwa apabila seseorang terban dgn kecepatan cahaya selama 1 bulan, maka manusia yg tinggal tetap di bumi sudah tua ketika si traveler itu kembali lagi ke bumi, apakah benar teori tersebut? mohon pencerahan dari om-om semuanya….

  • Yance

    Menurut teori (dan sepertinya juga pengamatan dan penelitian) bahwasanya jagad raya senantiasa bergerak saling menjauh atau dengan kata lain mengembang. pertanyaan saya apakah pernah ada penelitian bagaimana bentuk ruang yang masih kosong yang berada diluar jagat raya? dan berapa dari pengamatan terakhir berapa luas jagad raya kita?

  • Apakah Matahari mengelilingi Galaksi Bimasakti ? Kalau ya, berapa kala revolusinya ?

  • Apa benar Galaksi Bimasakti akan menyatu dengan Galaksi Andromeda ?

    • benar. saat ini, galaksi andromeda dan bimasakti bergerak saling mendekat. suatu saat nanti akan terjadi tabrakan antara keduanya dan pada akhirnya keduanya menyatu

  • fitri febriani

    mungkinkah bumi akan bertabrakan dengan matahari?
    padahal planet bumi memiliki orbit atau lintasan sendiri .
    , dan apakah matahari juga memiliki lintasan sendiri?
    apakah matahari itu bergerak?

    • kemungkinan itu ada, kalau bumi terganggu orbitnya oleh benda lain yang cukup besar. benar, matahari bergerak. bersama seluruh anggota tata surya, matahari bergerak mengelilingi pusat galaksi bimasakti.

  • prahadi

    saya mau nanya nih masalah astronomi sama yang udah faham. . .

    pada beberapa minggu yang lalu, tepatnya ketika pagi harinya terjadi venus melintas di antara bumi dan matahari, pada malam harinya saya melihat gumpalan cahaya berwarna biru sebesar genggaman tangan jika di samakan dari jauh, ,
    gumpalan itu melintas sekitar jam 20.00-an, namun durasinya tidak begitu lama hanya melintas jika di ukur dari bumi antara 2 atau 3 meter.

    yang saya tanyakan apakah itu bintang / komet / asteroid / apa ?

    mohon jawabannya . . .
    maaf jika ada salah kata

    • kalau kejadiannya di waktu tersebut (tidak lama setelah matahari terbenam), maka kemungkinan besar itu adalah satelit semisal iss atau iridium flare

    • prahadi

      hmm nah mulai tertari nih pembahasannya. ..
      tapi sayangnya saya kurang ngerti tentang pembahasan apa itu satelit iss dan iridium flare. . .

      makasih sebelumnya :)

      maaf jika ada salah kata

  • Meirina Suci

    Kak pinah, disekolah saya kebetulan ada ekstrakulikuler astronomi. Nah,rencananya nanti saat penerimaan anggota baru untuk ekskul, setiap ekskul harus menampilkan demo ekskulnya. Tapi, saya bingung, kira-kira untuk Astronomi club harus menampilkan apa yah,agar bisa menarik perhatian murid baru untuk tertarik masuk ke astronomi club ? Mohon sarannya kak, :-)

    • siswa

      Saya lihat belum ada jawaban dan kebetulan saya sedang membaca bagian tanya jawab di website ini. Kalau untuk tingkat SMA mungkin saya ada beberapa contoh misalnya:

      1. Percobaan roket air. Mungkin sudah banyak petunjuk yang ada di internet mengani roket air salah satunya ada di sini -> http://langitselatan.com/wp-content/uploads/2010/01/Panduan-Roket-Air.pdf
      2. Kalau cuaca cerah bisa melakukan percobaan dengan membuat “pinhole” kemudian menggunakannya untuk menghitung ukuran Matahari. Kalau yang percobaan menentukan garis tengah Bumi agak membutuhkan usaha lebih karena memerlukan rekan kerja di tempat/kota lain. Perlu diperhatikan juga faktor KEAMANAN! Dilarang melihat Matahari secara langsung!!!
      3. Mengamati Matahari (memerlukan teleskop, kemampuan menggunakan teleskop untuk mengamati Matahari dengan baik dan AMAN)

      Mungkin nanti banyak masukan dari saudara moderator atau pemilik website ini,

    • Meirina Suci

      Makasih buat masukannya,. :-)
      hm, saya tertarik banget sama saran yang pertama, kayanya keren juga kalau bikin roket air. Kalau sukses, pasti nanti bisa jadi ekskul terbaik.
      Makasih ya,

    • roket air rasanya akan menarik perhatian cukup banyak orang. demo untuk ekskul astronomi memang agak terbatas, kecuali mempunyai peralatan seperti teleskop dan filter matahari. dengan itu saja, melakukan pengamatan matahari sudah cukup menarik. selain demo, kalian bisa coba membuat sendiri peta bintang dan bola langit lalu dipajang/digunakan selama pamerannya. coba buka link http://www.atlasoftheuniverse.com/skyglobe.html dan http://www.midnightkite.com/starcharts.html

    • Meirina Suci

      Makasih mas,

      ia, bingung mas soalnya disekolah saya peminatnya sedikit, fasilitasnya juga nggak mendukung, kita belum punya teropong dsb. Tapi, saran dari kak pinah dan siswa saya rasa dapat membuat demo ekskul saya sukses.
      Makasih banyak, :-)

  • Meirina Suci

    Tanggal 6 juni kemarin, di sukabumi kan ada gempa dan kebetulan di waktu yang sama juga sedang ada gerhana bulan. Nah,apa kedua fenomena itu ada hubungannya ? Mohon jawabannya. :-)

  • Meirina Suci

    Ada yang punya software Astronomy ? mohon di share :-)

    • gerhana bulan terjadi ketika bulan purnama. saat itu posisi matahari, bumi, dan bulan tepat segaris. akibatnya gaya gravitasi yang ditimbulkan oleh matahari dan bulan jadi lebih besar dibandingkan di fase lainnya (kecuali saat bulan baru, yang sama besar dengan saat bulan purnama). dalam posisi segaris itu, memang sering terjadi gempa. tetapi sampai saat ini belum diketahui hubungan pasti antara gempa dengan fase bulan purnama/bulan baru atau gerhana bulan dan matahari

      software astronomi bisa didownload di http://www.stellarium.org (untuk di komputer) dan sourceforge.net/projects/mobilestarchart/

    • Meirina Suci

      Makasih mas, :-)

  • Jika Galaksi Bimasakti menyatu dengan Galaksi Andromeda, apakah berpengaruh terhadap Bumi dan Tata Surya ?

  • sardjito_wiwoho

    Pertanyaan : apa betul sudah ditemukan planet ke 10 dalam tatasurya kita? Apa namanya dan bagaimana spesifikasinya? Trims

  • Ari

    Apakah benar dahulu ada kehidupan di mars ?

  • sardjito_wiwoho

    Untuk menentukan tanggal 1 Ramadhan lebih akurat mana antara melihat hilal dengan hasil hisab?

    • di jaman modern ini perhitungan tentang posisi benda langit sudah sedemikian akurat sehingga kita bahkan bisa tahu akan ada gerhana matahari di indonesia pada tahun 2016 nanti. jadi penentuan posisi bulan baru juga sudah bisa dilakukan sejak jauh hari dengan sangat akurat. perbedaan antara rukyat dengan hisab sendiri sebenarnya bukan terletak pada akurasinya, melainkan metodenya.

  • nanang

    maaf mw tanya, dari dulu saya bingung kok bisa ya ambil gambar galaksi bimasakti secara utuh, padahal kita ada di dalam galaksi tersebut,,,
    apa mungkin dari satelit yang keluar galaksi atau gimana???
    -terima kasih-

  • ipun

    yang saya tahu pengmbilan glaksi bima sakti dari satelit

  • Andhika Dwijayanto

    assalamu’alaykum
    maaf, saya mau tanya.akhir2 ini saya dibuat penasaran dengan banyaknya teori yang membantah rotasi dan revolusi bumi terhadap matahari, dan menyatakan sebaliknya, bahwa bumi diam dan matahari yang mengelilingi bumi. ada yang bisa memberikan penjelasan tentang hal tersebut? terimakasih..

  • sardjito_wiwoho

    Pada hari dan tanggal berapa 1 Ramadhan (Hijriyah) tahun ini menurut perhitungan astronomi ?

  • kafa kappa

    saya bertanya tentang nebula,kumpulan gas angkasa yang dapat memancarkan cahaya,.
    terutama nebula helix,.bagaimana bisa nebula tersebut memancarkan warna yang berbeda antara pencitraan dengan teleskop 1 dengan yang lainnya,.
    misal dengan teleskop spitzer spt pada http://apod.nasa.gov/apod/ap091231.html akan berbeda dengan pencitraan teleskop hubble spt pada http://spiff.rit.edu/classes/phys301/lectures/spectra/spectra.html ..
    terimakasih sekali.,,
    semoga Allah memberikan kemudahan pada setiap jalan yang kita tempuh,,Amin
    c$

    • teleskop spitzer adalah detektor yang sensitif khusus di daerah panjang gelombang inframerah. jadi citra yang didapat adalah pancaran inframerah objeknya. sedangkan foto dari teleskop hubble itu diambil pada daerah panjang gelombang visual. makanya warna keduanya berbeda.

      dalam astronomi, semua daerah panjang gelombang harus dimanfaatkan/diamati supaya kita memperoleh informasi yang utuh. mulai dari sinar gamma, sinar x, ultraungu, visual, inframerah, gelombang mikro, sampai gelombang radio. jadi dari satu objek bisa ada banyak versi citra yang kenampakannya berbeda-beda.

    • kafa kappa

      alhamdulillah,,terimakasih.

      saya bertanya lagi,
      unsur apa yang terkandung dalam nebula helix tersebut??,
      apakah cahaya yang dipancarkan itu berasal dari nebula tersebut??,

      • benar, cahayanya berasal dari nebula tersebut. walaupun ada juga yang cahayanya berasal dari bintang di dekatnya. unsurnya sendiri bisa bermacam-macam

  • gagak seto

    Menutut perhitungan astronomi kapan tgl 1 Ramadhan 1433 H itu?

  • android astronomi

    Mengapa bulan kalau di luar negeri terlihat lebih besar, *aku liat di film2 & foto2 luar negeri kaya inggris kok bulannya terlihat sangat besar ?

  • duniaastronimi fans

    Waktu itu aku lihat benda aneh di langit malam bercahaya warna kuning. Hayoo Tebak apa itu sebenarnya?

  • Rintoko

    waktu dalam 1 hari adalah 24 jam (23 lebih), jadi apakah waktu dapat berubah seiring perubahan hari..?
    Trims..

    • jumlah waktu dalam 1 hari 24 jam pas kok, tidak lebih dan tidak kurang sepanjang masa. tetapi kalau yang ditanyakan adalah apakah periode rotasi bumi bisa berubah, maka jawabannya bisa. periode rotasi bumi saat ini lebih lambat dibandingkan jutaan tahun yang lalu, dan akan semakin melambat dalam waktu jutaan tahun lagi. penyebabnya adalah kuncian gravitasi antara bulan dan bumi. silakan baca di tulisan kami berikut
      http://duniaastronomi.com/2009/08/mengenal-bulan-lebih-dekat/

  • halo

    Apa yg dimaksud dengan ekliptik?

  • maulana putraz

    mengapa obyek di dalam sabuk kuiper sulit untuk dideteksi oleh para astronomi?

  • Sarmanto

    kapan satu ramadhan di mulai

  • Kadarusman

    bagaimana cara melihat planet luar angkasa dengan peralatan sederhana??

    • ada 5 planet yang bisa dilihat dengan mata telanjang: merkurius, venus, mars, jupiter, dan saturnus. 2 planet lain, uranus dan neptunus, hanya bisa diamati dengan teleskop besar

  • berapakah dan dimanakah posisi astronomis dan letak geografis negara, kamerun, angola, sudan, aljazair?

    • sebenarnya tidak ada yang namanya posisi astronomis. lintang dan bujur suatu tempat di bumi lebih tepat disebut posisi geografis. untuk mencarinya, ketikkan saja ‘latitude longitude nama_negara’ di mesin pencari seperti google

  • Assalamu’alaikum,,
    saya mau tanya bukankah dikatakan bahwa jagad raya ini mengembang scr trus mnrus. Jika diibaratkan saat kita meniup balon akan trus mengembang sampai pd ttk trtntu yg kmdian pecah. Yang mau sy tnykan adl krn jgt rya ini trus mengembang,adkah kemungkinan suatu saat akan meledak/meletus seperti halnya blon td.?lalu apa yg akn tjd jk jgat rya ini mltus.?
    Tadi sy jg bca2 sdkt,ktnya jgat raya ini bisa mengerut,.kalau msalkan bnar spt itu,bkankah akan tjd tmbkan/tbrakan satu sama lain?
    Mohon penjlsannya ats pertnyaan2 sy trsbt.trimksh

    • fahmi

      iya bener
      aku pernah baca di buku bahwa jagat raya terbentuk dari big bang/ledakan besar dan kemudian membesar namun suatu saat akan menyusut dan terjadi big crunch /rekahan besar

    • jangan samakan balon yang bisa meletus dengan alam semesta karena tentu saja berbeda. tetapi benar bahwa alam semesta bisa mengembang terus. alternatifnya, alam semesta bisa berhenti mengembang atau berbalik mengerut.

  • 05 08 2012,,
    assalamuallaikum semalam subuh saya melihat garis seperti cahaya di atas bumi tangerang, saya mau tanya apakah itu? mohon di cari tahu?

    • waalaykumsalam. garis cahaya? kurang tahu juga. tapi kalau misalnya itu adalah benda bercahaya yang bergerak, bisa jadi meteor (kalau muncul da geraknya sekedipan mata) atau satelit buatan

  • meirina suci

    Kak pinah, kalau jurusan astronomi di itb termasuk jalur PMDK nggak ? saya udah coba nyari tentang PMB ITB-Astronomi, tapi nggak ada kak. Kalu boleh mohon di share tentang pengalaman kakak masuk ITB-Astronomi,
    Terima kasih
    :-)

  • ricky

    Kakak, emang benar ya blue moon itu ada!

    • bluemoon itu istilah untuk bulan purnama kedua yang terjadi pada bulan kalender yang sama. contohnya agustus 2012 lalu. bulan purnama pertama ada di tanggal 2 dan purnama kedua di tanggal 31. purnama terakhir itulah yang disebut bluemoon. tentunya istilah bluemoon itu tidak mencerminkan warna bulan yang biru, karena warnanya tetap seperti biasanya

  • robi

    katanya matahari dan bumi tidak dapat jadi lubang hitam, mengapa,,?? lalu apa saja yang dapat menjadi lubang hitam,,?? jika seandainya cahaya atau yang lainnya masuk kedalam lubang hitam, kemana perginya cahaya tsb..?? terimakasih.

    • yang dapat menjadi lubanghitam adalah bintang bermassa besar. bintang seperti itu akan mengakhiri hidupnya dengan supernova (meledak) sebelum menjadi lubanghitam. dan semua benda yang masuk ke dalam lubanghitam tidak diketahui bagaimana nasibnya.

  • muhammad iqbal

    eh kak…..mau nanya…
    biasanya kalo OSN astronomi itu ky gmna? dan soal cenderung ke objek apa?

  • aldo

    Cahaya apakah yang tampak dari bintang-bintang yang berada di belakang nebula gelap?

    • sebuah nebula gelap akan menghalangi cahaya bintang di belakangnya, sehingga kita tidak dapat melihatnya. kalaupun bisa, maka yang kita lihat adalah bukan cahaya pada daerah panjang gelombang tampak, melainkan infra merah atau radio (yang lebih panjang)

  • aldo

    Sewaktu protobintang menjadi bintang deret utama, dari mana energinya berasal?

  • marhaendro

    sy bukan org astronomi tp mau nanya ne
    bs d jelaskan kaitan antara Black hole – Lubang waktu – Dunia Paralel – ma teori relativitas einstein ga??
    Thank b4 atas jawabannya

    • lubanghitam adalah benda yang terbentuk dari peristiwa ledakan bintang bermassa besar. benda ini sudah dipastikan keberadaannya. sedangkan lubang waktu dan dunia paralel adalah 2 hal yang belum diketahui keberadaannya (sekedar teori belaka).

  • penta

    bagaimana cara melihat planet dimalam hari tanpa bantuan teleskop ?