Kategori

Arsip

Kontak Kami


SMS/Telp/WA:
0857 0237 1094


LINE


BBM

Tanya Jawab

Silakan tuliskan pertanyaan tentang astronomi melalui komentar di bawah. Kami akan menjawabnya melalui komentar ataupun dengan menuliskan artikel baru.

Terima kasih.

1,144 comments to Tanya Jawab

  • berkat

    boleh nanya, komet halley melewati bumi kita brapa tahun lagi ?

    • terakhir kali komet halley mencapai titik perihelion adalah pada tahun 1986, sedangkan periodenya adalah 75,3 tahun. jadi komet halley akan mencapai titik perihelion lagi pada tahun 2061

  • Kadarusman

    bagaimana cara astronot mengendalikan roket sehingga dapat mendarat dengan tepat di stasiun luar angkasa?? dan juga bagaimana saat mereka kembali??

    sekian dan terimakasih, ditunggu jawabannya!!

    • pengendalian penerbangan ke luar angkasa biasanya sudah dipersiapkan/diperhitungkan sejak sebelum peluncuran. semua sudah dihitung oleh para teknisi di pusat pengendali, bukan oleh astronot. astronot hanya mengeksekusi saja kapan waktu yang tepat, misalnya untuk menambah daya dorong dengan menyalakan roket dan berapa lama roket dinyalakan. begitu juga dengan kepulangannya. semuanya sudah diatur oleh para teknisi. tugas astronot itu sendiri biasanya hanya saat di orbit/tempat tujuan (misalnya di satelit untuk memperbaiki alat atau di bulan untuk mengambil sampel batuan).

  • Nico Manurung

    saya pernah membaca blog katanya terdapat sistem tata surya yang mengeliling 2 bintang, saya mau bertanya bagaimana bentuk orbit planet atau benda langit yang mengeliling 2 bintang tersebut?

    • tetap seperti orbit di tata surya kita, bentuknya elips. karena pada dasarnya, yang dikelilingi adalah pusat massa sistem. dalam sistem keplanetan dengan 2 bintang seperti itu, planet-planetnya mengorbit suatu titik di langit, di antara kedua bintang tersebut.

  • elton

    kak mau nanya,
    1. pada saat tengah hari akan dilakukan observasi merridian passage matahari, tetapi azimuthnya sulit ditentukan karena zawal matahari sama dan senama dengan lintang duga kapal.
    - mengapa pada merpass itu azimuth sulit ditentukan??
    - bagaimana cara mengukur tinggi matahari yang terbaik pada saat itu?

    makasih

    • maaf, saya tidak memahami bagian “zawal matahari sama dan senama dengan lintang duga kapal

      kemudian sepertinya ada kekeliruan di pertanyaan kedua. kenapa ditanyakan tentang cara mengukur tinggi matahari? bukankah permasalahannya adalah azimuthnya?

  • Kak alam semesta ini kan terus mengembang, kalau dianalogikan itu seperti balon yang ditiup terus menerus yang suatu saat bisa meledak yang kita sebut kiamat
    yang saya tanyakan, jika alam semesta ini dianalogikan seperti itu, bagian luar dari alam semesta ini berupa apa? lalu bagaimana kondisi yang ada di luar dari bagian alam semesta?
    Terima kasih, mohon jawabannya kak

    • pertama, pengetahuan kita adalah alam semesta saja. di luar itu kita tidak tahu apa-apa. kedua, kiamat tidak digambarkan seperti balon (alam semesta yang meledak). ketiga, pada analogi balon ditiup itu, alam semesta kita adalah di bagian dalamnya. pada awalnya alam semesta tidak ada. jadi belum ada ruang apalagi materi. begitu ditiup, barulah alam semesta menciptakan ruang dan materi.

  • Zai

    tolong jelaskan tentang bulan sabit, bulan separuh, bulan purnama..
    bagaimana proses ny ?????
    makasih !!!

  • Rizky Perdana

    Nanya, akhir-akhir ini saya kalo malem suka liha bintang, tapi terang banget, beda sama yang lain, bahkan kadang itu cuma satu2nya bintang waktu malem, dan nyalanya paling terang
    pengen tau aja, itu bintang bukan sih ? kalo iya, bintang apa ? ko terangnya beda sama yang lain ?

    • maaf, deskripsinya kurang jelas karena tidak dituliskan waktu dan arah langit lokasi objek tersebut. namun kalau misalnya objek tersebut terletak di sebelah barat di kisaran senja hari, maka objek tersebut adalah venus.

  • neisya

    sudah beberapa hari ini saya memperhatikan , adaa satu bintang yg sangat terang dan jelas, dan tidak ada muncul bintang lainnya,,apakah itu bintang or planet y?? bintang apa or planet apa ya??

    • maaf, deskripsinya kurang jelas karena tidak dituliskan waktu dan arah langit lokasi objek tersebut. namun kalau misalnya objek tersebut terletak di sebelah barat di kisaran senja hari, maka objek tersebut adalah venus.

  • Yyy

    Dimanakah letak gedung pengamatan bintang tertua di inggris

  • wen

    Saya lagi mencari materi mengenai pelebaran spektrum akibat turbulensi atmosfer bintang, punya sumbernya ga? atau tidak bisa menjelaskan tentang hal itu? tks

  • rachmadrid

    Apa benar warna langit ketika kita lihat dari atas atmosfir warnanya gelap ?

  • Nico Manurung

    tetap seperti orbit di tata surya kita, bentuknya elips. karena pada dasarnya, yang dikelilingi adalah pusat massa sistem. dalam sistem keplanetan dengan 2 bintang seperti itu, planet-planetnya mengorbit suatu titik di langit, di antara kedua bintang tersebut.

    jadi kalau begitu orbit planet yang mengelilingi 2 bintang bisa dibilang berbentuk angka delapan?

    • tidak. seperti yang sudah saya tulis, bentuknya elips. yang dikelilingi adalah pusat massa sistem, bukan salah satu atau kedua bintang. jadi di pusat elips tersebut tidak ada apa-apa (kosong)

  • hendri

    saya mau nanya.. apakah melihat bulan sabit pada awal bulan baru pada siang hari bisa di lakukan juga dari dalam sumur? kalau ada coba saya mintak referensinya? kemaren saya pernah dengar , kegiatan pengamatan bulan sabit pada siang hari setelah pasca ijtimak sudah di lakukan oleh banngsa mesir kuno.. jika ada yang punya referensinya.. saya mohon bantuannya.. ini untuk penelitian.. terima kasih sebelumnya…..

  • Purwoko Haryadi Santoso

    6. Apa yang dimaksud benda angkasa mengalami keruntuhan saat mendekati benda yang lebih besar? Contohnya?
    10. Apa perbedaan antara bintang kelas MOIa dan MOV?

    • 6. setahu saya, keruntuhan sebuah benda hanya terjadi pada lubanghitam. penyebabnya adalah kerapatan yang sangat tinggi akibat tingginya massa namun kecilnya ukuran/diameter.
      10. perbedaannya terletak pada kelas luminositas Ia dan V

  • Apa zat yang terkandung di dalam bulan

  • gin

    berapakah tinggi eksosfer?
    apakah eksosfer termasuk luar angkasa?
    kalau bukan berarti bila ada ada manusia di bulan itu bohong dong?

    • eksosfer adalah tempat partikel masih terikat oleh gravitasi bumi namun tidak bisa berinteraksi satu sama lain. batasnya diperkirakan sampai setengah jarak bumi-bulan (190.000 km). batas dimulainya luar angkasa sendiri mengacu pada batas/garis karman, yaitu di ketinggian 100 km.

      sementara itu, pendaratan manusia di bulan adalah benar.

  • apa yang di maksud dengan refraksi ?

  • bagaimana keadaan bintang dalam sebuah rasi bintang ?

  • fadlil

    bintang yang disebut populasi II atau I itu apa acuannya? apakah, bintang populasi II itu hanya bintang yang terbentuk di awal-awal pembentukan alam semesta, atau bintang yang masih muda (ex: matahari) pun bisa disebut bintang populasi II ketika dia ada di tahap evolusi akhir

  • rika

    bagaimana cara manusia mengambil gambar galaksi bimaksakti sedangkan planet kita kan kecil di dalam galaksi bimasakti
    mengambil foto dari luar angkasa kan masih ada didekat bulan
    bgaimana kok bisa tau bentuk galaksi kita ???

  • fadlil

    apa acuan bintang populasi I dan II, apakah bintang populasi I ex: sun bisa disebut bintang populasi II apabila berada di tahap evolusi akhir. atau bintang populasi II hanya untuk bntang2 yang terbentuk di awal pembentukan alam semesta disaat belum banyak metal2 berat

  • irul

    sebutkan nama ilmu yg mepelajari bintang dan macam-macam rasi bintang

  • irul

    sebutkan nama ilmu yg mepelajari bintang dan macam-macam rasi bintang

  • kornelius satria

    Sebuah bintang akan menjadi Black Hole apabila kecepatan lepas bintang lebih besar atau sam dengan kecepatan cahaya. Radius bintang pada kondisi ini disebut dengan Radius Schwarzschild. Tentukan massa dari sebuah Black Hole apabila radius Schwarzschilnya 30 km!

  • orel

    apa perbedaan bumi dengan planet lain ???

  • dodi

    bagaimana cara membaca diagrar H-R

  • Haekal AlFayd

    jarak jupiter-matahari adl 5,2 AU sedangkan jarak Pluto-Matahari 38,8 AU. hitung separasi sudut terbesar antara matahari dan pluto. gimana caranya?

  • kak apakah planet pluto masih ikut tata surya?

  • kak kasih informasi mengenai pelebaran garis spektrum yang disebabkan oleh pengaruh luar,yaitu:rotasi bintang , pngembangan selubung bintang , dan turbulensi atsmosfer bintang ???!!!!
    diitunggu jawabannya ya kak…

Leave a Reply

  

  

  

one × 5 =

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>