Gerhana Matahari Total 22 Juli 2009

Bersiaplah untuk kembali mengalami sebuah fenomena astronomi yang spektakuler. Fenomena yang dimaksud adalah Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi pada hari Rabu tanggal 22 Juli 2009. Jika Anda tidak sempat menyaksikan terjadinya Gerhana Matahari Cincin pada tanggal 26 Januari 2009 yang lalu, mungkin Anda bisa meluangkan waktu untuk melakukan ekspedisi dan petualangan agar dapat menyaksikan GMT nanti.

GMT 22 Juli 2009 (eclipse.org.uk)
GMT 22 Juli 2009 (eclipse.org.uk)

Jalur totalitas pada gerhana kali ini akan melewati India, Nepal, Bangladesh, dan Cina. Walaupun tidak melalui wilayah Indonesia, tetapi masih ada sebagian wilayah di Indonesia yang dapat menyaksikan fase gerhana Matahari sebagian, yaitu sebagian daerah di pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan seluruh bagian Papua (Lihat gambar di bawah ini).

Menurut data yang disebutkan oleh situs NASA Eclipse, gerhana nanti akan dimulai saat bayangan penumbra Bulan untuk pertama kalinya sampai ke permukaan Bumi (kontak pertama penumbra) pada pukul 23.58 GMT atau 06.58 WIB, dan berakhir saat terakhir kali penumbra Bulan “menyentuh” bagian terluar piringan Bumi (kontak keempat penumbra) pada pukul 05.12 GMT atau 12.12 WIB. Sementara fase total gerhana akan dimulai pada pukul 00.51 GMT atau 07.51 WIB dan berakhir pukul 04.19 GMT atau 11.19 WIB. Fase total terlama pada gerhana kali ini (selama 6 menit 38,8 detik) akan terjadi di posisi 24Β° 12,6′ LU dan 144Β° 6,4′ BT, yang sayangnya berada di tengah-tengah laut. Fase gerhana matahari sebagian di Indonesia akan berlangsung pada waktu yang berbeda-beda. Berikut ini adalah simulasi pengamatan gerhana matahari yang diamati dari pulau Sumatra (Aceh), Sulawesi (Manado), dan Papua (Jayapura), yang dibuat dengan program Cartes du Ciel.

gerhana-matahari-20090722-di-aceh-700-922wib
GMS 20090722 7.00-9.22 WIB

Di Aceh, fase gerhana matahari sebagian akan dimulai sekitar pukul 07.13 WIB dan berakhir pukul 8.47 WIB.

gms20090722 8.00-10.20
GMS 20090722 8.00-10.20 WITA

Di Manado dimulai pukul 8.30 WITA dan selesai pukul 9.50 WITA.

Gerhana Matahari 20090722 Jayapura 6.45-11.21 WIT
GMS 20090722 8.45-11.21 WIT

Di Jayapura, gerhana akan dimulai sekitar pukul 9.12 WIT dan berakhir pada pukul 11.05 WIT.

Apabila Anda berencana untuk melakukan pengamatan GMT ini, silakan lihat beberapa gambar yang ada di halaman ini. Pilih daerah yang akan Anda kunjungi dengan melihat gambaran yang lebih mendetil tentang daerah yang dilewati jalur totalitas. Selamat melakukan pengamatan!

54 thoughts on “Gerhana Matahari Total 22 Juli 2009

  • 11.10.2010 at 15:35
    Permalink

    kapan akan terjadi gerhana matahari total di Jawa tengah,,,???

    setelah saya lihat di halaman http://eclipse.gsfc.nasa.gov/eclipse.html , tidak ada gerhana matahari total di jawa tengah sampai 2100 nanti. yang terbaik adalah gerhana matahari sebagian saja

    Reply
  • 01.10.2010 at 05:37
    Permalink

    aslmkm

    saat gerhana matahari, posisi nya bagaimana???
    bumi bulan mtahari bukan?
    trmss

    waalaykumsalam. benar, saat gerhana matahari terjadi, posisi bulan ada di antara bumi dan matahari. saat itu ketiganya berada pada satu bidang dan satu garis lurus

    Reply
  • 20.12.2009 at 22:35
    Permalink

    Assalamualaikum

    1-saya nak tanya adakah pada tahun 2012 nanti ada terjadinya 2 gerhana iaitu matahari dan bulan

    2- Adakah pada 2012 nanti terjadinya hentaman meteor ke atas bumi

    jika tidak keberatan hantar jawapan tuan ke email ini

    [email protected]

    waalaykumsalam

    1 jadwal gerhana yang akan terjadi pada tahun 2012 nanti dapat dilihat di halaman http://eclipse.gsfc.nasa.gov/lunar.html

    2 tidak ada yang tahu apakah metor akan menghantam bumi kapan. tapi kalaupun akan terjadi dalam 2 tahun ke depan, para astronom dunia pasti sudah mengetahuinya. dan setahu saya, belum ada pengumuman tentang hal itu.

    semoga membantu, terima kasih sudah mampir ke duniaastronomi.com πŸ™‚

    Reply
  • 23.09.2009 at 18:22
    Permalink

    yach informasinya dach dulu
    skarang tampilin vidionya yach, buat yang gak bisa liat gini..

    Reply
  • 24.07.2009 at 00:27
    Permalink

    sip dah,aku pas lagi dikorea jadinya bisa nikmati gerhana ampe puas,,,,,buat pengalaman seumur hidup….
    liatnya pertama pake kepingan cd,
    terus ada teman dari korea yang bawa foto x ray kakinya yang patah,,,wah mantap jadi keliatan nyata..
    pokoknya cakep banget dehhhh

    Reply
  • 23.07.2009 at 15:48
    Permalink

    saiia dari daerah pdg..
    sayank bnget gag dpt melihat GMT .

    soalnya lagi belajar di sekolah..
    heuuh,,heuhh_

    teman2 astro,,
    sapa ajja yg ngeliet GMT disini ?

    Reply
  • Pingback: FENOMENA GERHANA MATAHARI TOTAL 22 JULI 2009 « ALL_FREE JOEFREE

  • 22.07.2009 at 21:37
    Permalink

    yach…..
    koK ga mampir jogja bentaR……

    Reply
  • 22.07.2009 at 20:52
    Permalink

    gerhana tidak ada pengaruhnya terhadap cuaca kok, jadi apa yang dialami pixie sisil di batam bisa dipastikan bukan pengaruh gerhana πŸ™‚

    Reply
  • 22.07.2009 at 17:37
    Permalink

    Subhanallah…
    Sisil dagh nunggu-nunggu dari tadi pagi..
    Pantesan aja suasana dilangit pas habis solat Subuh tu aneh banged..
    Gelaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaap banged..
    Sampay2 udah jam 06.45 lewat tapi gelap banged kaga keliatan apa-apa..
    KIrain mau kiamat..Mana udah was-was sambil berdoa dalam hati..
    Eeeh taunya malah hujan lebat..
    Syang deh ga bisa liat gerhananya..
    Tpi g p p deh..
    Mungkin itu ada pengaruhnya ma cuaca di Batam
    Yang penting Ada pengalaman..
    Allahuakbar…

    Reply
  • 22.07.2009 at 12:07
    Permalink

    bkn d jawa ya? kirain d jawa……… pdhl gw pgn liat………….

    Reply
  • 22.07.2009 at 10:30
    Permalink

    Q d sulwsi slatan..!! Kliatan dr sNi g y..?? d sNi sktr jm brp..?

    Reply
  • 22.07.2009 at 10:00
    Permalink

    Allahu Akbar………..Subhanallah…….

    Reply
  • 22.07.2009 at 09:52
    Permalink

    Guys tenang az..gerhana matahari total yang full bisa di liat ko ntar di seluruh bagian Indonesia..tp mesti nunggu 7 tahun lagi..infonya, search az di mbah google..ok πŸ™‚

    Reply
  • 22.07.2009 at 09:47
    Permalink

    Walaupun gerhana matahari gak bisa di lihat di pulau jawa siaran langsung dari nasa pagi ini tentang gerhana matahari seru banget, hebat, hebring. tau deh kata2 apa lagi…. Subhanallah

    Reply
  • 22.07.2009 at 09:40
    Permalink

    sekali kali dong lewat pulau jawa kenapa……… kan asyik tuh

    Reply
  • 22.07.2009 at 09:36
    Permalink

    belum pernah liat GMT, seru kali ya……..? tapi yang penting sunnahnya yaitu shalat gerhana Matahari.

    Reply
  • 22.07.2009 at 09:24
    Permalink

    serruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu tuhh.!

    Reply
  • 22.07.2009 at 08:18
    Permalink

    hueeeeee, padahal mau liaat, ternyata ga lewat pulo jawa -_- )

    Reply
    • 16.11.2011 at 15:50
      Permalink

      In the comlapicted world we live in, it’s good to find simple solutions.

      Reply
  • 21.07.2009 at 19:07
    Permalink

    mantaap ffuaaang..
    lewat medan khan??

    pristiwa bsar tuh..

    Reply
  • 20.07.2009 at 08:57
    Permalink

    di copy boleh ya? untuk blog saya..

    dan fenomena ini adalah hadiah ulang tahun paling indah dari Allah untuk saya ^_^

    Reply
  • 18.07.2009 at 12:27
    Permalink

    kirain lewat di jakarta. hehehehehehe

    Reply
  • 17.07.2009 at 23:57
    Permalink

    eh, baru liat postingan yg lain…
    benerkah tgl 7 juli lalu ada gerhana bulan??? qo sama sekali ga terlihat ya???

    Reply
  • 17.07.2009 at 23:55
    Permalink

    hm…yg berdomisili di jawa beneran ga bisa liat sama sekali gitu??? sayang skali………..

    Reply
  • 16.07.2009 at 17:31
    Permalink

    yahhh…org” bandung g bs liatt donkk???

    Reply
  • 16.07.2009 at 15:54
    Permalink

    ya sayang ga lewat pulau jawa ya….
    dulu pernah aku masih SD x ya…

    Reply
  • 13.07.2009 at 21:04
    Permalink

    yak, benar, sebenarnya ada dua gerhana di bulan juli ini, tetapi sayang gerhana bulan yang terjadi “hanya” gerhana penumbra, dan itupun hanya sebagian. jadi pengaruhnya tidak akan dapat dilihat secara mudah.

    silakan lihat daftar gerhana bulan yang akan terjadi selanjutnya di halaman http://eclipse.gsfc.nasa.gov/lunar.html

    Reply
  • 11.07.2009 at 09:53
    Permalink

    Itu berarti, dalam bulan Juli 2009, ada sebanyak dua gerhana. Gerhana pertama, yaitu gerhana bulan tanggal 7 Juli 2009 (sehari menjelang contrengan Pilpres 2009). Sedangkan yg kedua, yaitu gerhana matahari diperkirakan tgl 22 Juli 2009 (hari kedua/final penghitungan manual KPU). Mungkin kejadian atau peristiwa bisa jadi hanya kebetulan. Namun, peristiwa alam yg langka seperti dua gerhana dlm satu bulan yg sama bisa jadi pula sebagai pertanda/petunjuk.

    Reply
  • 09.07.2009 at 13:04
    Permalink

    horeeee……
    bapak GERANA telah datang.
    looh… ko’ g’ ama Ibu
    GERRRRRRR. . . . . . . . . . . !

    Reply
  • 09.07.2009 at 12:55
    Permalink

    gerhana matahari merupakan fenomena alam yang langkah. ini disebabkan posisi bulan berada sejajar dan di antara matahari dan bumi.
    wooow, saya berharap saya bisa menyaksikan langsung proses terjadinya fenomena alam tersebut.
    terus terang saya sangat tertarik sekali dengan kejadian2 alam apalagi tentang dunia luar angaksa / astronomi, jika ada akeajaiban dan ada orang yang mau mengajak aku menyaksikan langsung terjadinya gerhana matahari secarah penuh maka saya akan sujud sukur pada tuhan yang maha esa. tank’s God ( teriam kasih ya Alllah……!)wassalam….(saving earth)

    Reply
  • 08.07.2009 at 00:45
    Permalink

    Ada hubungannya dengan dunia spiritual.. cek aja blog saya. thxs

    Reply
  • 04.07.2009 at 20:40
    Permalink

    ya ampunnnn…
    sayang banget..
    kenapa gerhananya gak ngelewatin jakarta???

    Reply
  • 04.07.2009 at 15:35
    Permalink

    apakah penduduk pulau jawa bisa lihat……..?

    Reply
  • 02.07.2009 at 22:35
    Permalink

    Sudah lama gak lihat GMT, pertama kali lihat waktu aku SD πŸ™‚

    Reply
  • 02.07.2009 at 13:31
    Permalink

    Oo kirain bakalan di pulau jawa.. :p

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.