Kontak DADC

0817 226 986
Twitter: duniaastronomi
Facebook: Dunia Astronomi
Plurk: dadc
Instagram: dunia.astronomi
Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan dadc. Kami selalu menghubungi melalui nomor di atas.

Tanya Jawab

Silakan tuliskan pertanyaan tentang astronomi melalui komentar di bawah. Kami akan menjawabnya melalui komentar ataupun dengan menuliskan artikel baru.



Terima kasih.

1,622 comments to Tanya Jawab

  • andy

    mengapa dan bagaimana sebuah bintang yang setelah meledak membuat dirinya termampatkan atau menjadi lebih kecil lalu memiliki massa jenis yang dan gravitasi yang sangat besar?

  • andy

    apakah lubang hitam bisa musnah? kalo iya, menjadi apa?

    • pengetahuan kita tentang lubanghitam belum begitu banyak, termasuk evolusinya. setahu saya belum ada yang tahu pasti akan berubah jadi apa sebuah lubanghitam setelah mati

  • ferry maulana

    kenapa kalo di luar bugi gravitasinya berbeda pada saat di bumi tolong helaskan

  • maeyrizky

    berapa besar grafitasi yg ada di bumi dan matahari?

  • Galileo Galilei

    Apakah Supernova itu?

  • Rachmadrid

    Mengapa bintang yang kita lihat pada malam hari posisinya tidak pernah berubah dalam satu malam itu, tidak seperti matahari atau bulan yang dalam satu hari atau malam berubah posisinya ?

    • karena jaraknya sangat jauh. perubahan posisinya baru akan terlihat apabila diperhatikan dalam rentang waktu yang sangat lama, mencapai puluhan ribu tahun

  • feriyaldi

    minta tolong bantuannya untuk memberi info tentang waktu / jam berapa terbit dan tenggelamnya bulan selama bulan januari…

    • bulan baru terbit-terbenam pk 06-18. lalu setiap hari bertambah sekitar 48 menit. silakan cek fase-fase bulan di halaman kalender astronomi.

      cara lain, unduh dan install program stellarium

  • wahidun

    jelaskan mengenaiteori ledakan besar ?

    • setelah diamati, galaksi-galaksi yang jauh ternyata bergerak menjauhi kita. dan kecepatan menjauhnya semakin besar untuk jarak yang semakin jauh. dari sini kemudian disimpulkan bahwa alam semesta kita awalnya berasal dari sebuah titik singularitas yang kemudian mengembang. teori tentang proses mengembangnya alam semesta dini inilah yang disebut teori bigbang atau ledakan besar

  • lakshita

    Permisi!
    kak aku mau Tanya emangnya bintang berbentuk apa

  • riki

    Kak aku mau bertanya ni???
    Apa kah matahari itu sebuah bintang!!!

  • virda

    Kak aku mau bertanya???
    Knp kalau siang bintang tdk kelihatan tapi kalau malam bintang bisa Akita lihat,knp bisa seperti itu kak tlong dong jelaskan!!!

    • karena di siang hari ada cahaya matahari yang disebarkan oleh atmosfer sehingga cahaya bintang kalah terang. seandainya bumi tidak punya atmosfer, maka kita akan bisa lihat bintang di siang hari karena di siang haripun langit akan tampak gelap

  • rio

    Kak aku ingin menjadi astronauts.
    Apa kah alat alat seorang menjadi astronauts…
    tlong di jelaskan,,

    • maksudnya syarat ya? seorang astronot haruslah ahli di bidangnya, tetapi biasanya bukan di astronomi melainkan mesin, kimia, biologi, dsb.

  • Neil Amstrong

    Apa nama objek di langit yang terjauh yang dapat dilihat mata telanjang? berapa waktu yang diperlukan seandainya kita bisa berjalan menuju bulan dan juga kita bisa berjalan menuju matahari ?

  • Neil Amstrong

    Apakah kita pernah mengirim pesan ke luar angkasa ?

    • pernah.

      “Apa nama objek di langit yang terjauh yang dapat dilihat mata telanjang? berapa waktu yang diperlukan seandainya kita bisa berjalan menuju bulan dan juga kita bisa berjalan menuju matahari ?”

      galaksi andromeda. anggaplah berjalan kaki memiliki kecepatan 5 km/jam. silakan hitung waktu yang dibutuhkan ke bulan jika jaraknya 384.000 km dan matahari 150 juta km.

  • Qmw tnya….
    kemarin malam tanggal 19 Januari 2012 sekitar pukul 21.43 ada 2 garis merah di langit malam….
    tu pa ya???!!!!!!!!!!!!!
    dua garis itu diam g bergerak, kalau komet kan bergerak….

    • lokasinya di mana? jangan salah, komet juga tidak bergerak kalau dilihat dalam semalam saja. pergerakannya baru terlihat dalam beberapa hari.

  • pondra

    kak mau tanya,,kalo pengen belajar tentang ilmu bintang dimana ya?

    • di indonesia, institusi resmi yang memberikan pendidikan astronomi hanya di itb untuk jenjang sarjana hingga doktor. sedangkan pendidikan falak ada di beberapa institus islam negeri

  • Galileo Galilei

    tolong sebutkan beberapa planet yang mirip dengan bumi/berkemungkinan adanya kehidupan!

    • di tata surya kita, planet yang dianggap paling mirip dengan bumi adalah mars. sedangkan di luar tata surya kita, ada sejumlah planet yang memiliki kemungkinan adanya kehidupan. tetapi kemungkinan itu didasari oleh jaraknya dari bintang pusat yang sedemikian rupa sehingga planet tersebut masuk dalam zona layak kehidupan (habitable zone)

  • kak, satelit buatan kan mengorbit di luar bumi nih. kenapa sewaktu mengorbit mereka tidak tersedot/tertarik ke bumi, padahal gaya gravitasi di bumi cukup besar?

    • karena satelit tersebut bergerak. dengan laju yang tepat, sebuah benda tidak akan jatuh tertarik gravitasi sebuah planet. bulan juga sama, bergerak dengan laju tertentu yang membuatnya tidak bergerak tertarik mendekati bumi

  • kak, satelit buatan kan mengorbit diluar bumi nih. kenapa sewaktu mengorbit bumi, mereka tidak tersedot/tertarik ke bumi padahal gaya gravitasi di bumi cukup besar?

  • rian

    jrusan yg pling tpat untuk jadi astronot ap ?

  • galileo

    Kak aku mau bertanya…..
    Kpn lgi akan terjadinya gerhana bulan!!!!

  • alvinn

    Kak q mw nanya???
    Di mna tempat perkuliahan di Indonesia tentang astronomi!!!

  • alvinn

    Kak ITB itu di mna!!!

  • Jason

    Kak aku mau bertanya…
    Emang nya bintang terbuat dari apa???
    Tlong kak di jelaskan!!!

  • kenapa astronot biasanya adalah bukan seorang astronom kak? bukankah itu bidangnya?

  • Galileo Galilei

    tolong sebutkan beberapa bintang terdekat selain matahari

  • Hiro Moura

    kak, materi dalam ilmu astronomi apa aja ya? pengen belajar banyak ni tentang astronomi..

    • banyak sekali, beberapa di antaranya adalah evolusi bintang, kosmologi, galaksi, tata surya, gerak bintang, dan posisi benda langit.

  • eddyson

    Mas, mau nanya, bagaimana caranya galaksi kita bisa dipotret ? Apakah ada satelit yg letaknya di luar galaksi kita ? Atau teknik lain ? bgm penjelasan sederhananya ?

    trims.

    • galaksi kita belum pernah bisa dipotret. gambar yang ada merupakan hasil pemetaan yang sangat akurat dari pengamatan di berbagai panjang gelombang.

      contoh gampangnya begini: bayangkan kita berada di sebuah lapangan luas yang berisi banyak orang yang tersebar sedemikian rupa. karena kita punya banyak metode untuk menentukan jarak orang-orang tersebut, kita dapat memetakan posisi orang-orang tersebut dan akhirnya kita dapat melihat bagaimana bentuk sebaran orang-orang tersebut. begitulah cara ilmuwan menentukan bentuk galaksi kita sendiri tanpa harus keluar dari galaksi bimasakti

  • Van den Bosch

    ka aku mau nanya 🙂
    sebutkan sistem kebintangan selain tata surya ? *tolong jawab yah 😉

    • ada banyak sekali. biasanya penamaannya disesuaikan dengan nama bintang pusatnya. coba lihat halaman buku tamu dan tautan lalu lihat link exoplanet

  • Nicolaus Copernicus

    aku mau nanya ka
    kapan lagi ada gerhana matahari yg dapat dilihat dari indonesia ?

  • Galileo Galilei

    Tolong sebutkan beberapa rasi bintang

    • jumlah rasi bintang adalah 88 buah. beberapa di antaranya sagittarius, crux, scorpius, cygnus, hercules, orion, taurus, dan ursa minor

  • Galileo Galilei

    Pasang perbani itu apa ya..?

  • artha

    Soal astronomi nih:
    1. Sebuah asteroid berbentuk bola dengan jejari 2,5 km berada dalam keadaan setimbang hidrodinamik dengan alam sekitarnya. Asteroid itu ternyata menyerap daya sebesar 10^9 Watt. Asteroid mempunyai albedo (a) = 0,2. Berapakah temperatur asteroid tersebut?

    2. Gas oksigen bermassa 32 gr/mol. Akibat global warming, bumi menjadi panas tapi massa dan volumenya tetap. Kalau kita percaya gas oksigen akan hilang apabila kecepatan termal partikel lebih besar daripada kecepatan lepas. Tentukanlah temperatur ketika oksigen lepas dari bumi!

  • Galileo Galilei

    Bintang alpha centauri berjarak berapa tahun cahaya dari bumi

  • Galileo Galilei

    Apa pusat galaksi bima sakti?

    • pusat galaksi bimasakti ada di arah rasi sagittarius. di pusatnya terdapat sebuah lubanghitam supermasif

      “Bintang alpha centauri berjarak berapa tahun cahaya dari bumi?”

      sekitar 4,3 tahun cahaya

  • Apa yang dimaksud dengan transit venus?

    • peristiwa melintasnya venus di depan piringan matahari yang terjadi ketika matahari, venus, dan bumi berada di satu bidang dan membentuk garis lurus

  • Galaksi Bimasakti

    Apakah ada transit lain selain transit venus

  • JJBC

    Kalau terciptanya bintang bagaimana??
    terima kasih

  • pimpinella

    saat sebuah komet mendekati matahari,bagian ekornya selalu menjauhi matahari hal itu disebabkan oleh apa?

    • ekor komet ada 2, yaitu ekor gas dan ekor debu. ekor gas muncul akibat pengaruh angin matahari, makanya arahnya selalu membelakangi posisi matahari. sedangkan ekor debu muncul akibat pengaruh pergerakan komet, makanya arahnya selalu membelakangi arah gerak komet.

  • Galileo Galilei

    Apakah ISS itu?

  • lunaa

    Kakak aku mau bertanya!!!!
    Apa ka bhs Latin nya bulan….

  • yadi

    besar suatu benda yg dpt kita lihat dr bumi dengan mata telanjang di bulan berapa diameternya paling kecil?

    • dari bumi, benda langit yang dapat dilihat cukup besar dengan mata telanjang adalah matahari dan bulan. ukuran keduanya bervariasi sehingga yang jadi benda paling kecil dan paling besar berganti-ganti. sedangkan dari bulan, benda langit yang dapat dilihat cukup besar dengan mata telanjang adalah matahari dan bumi. dan yang paling kecil adalah matahari.

      begitukah yang dimaksud?

  • Sudah sejauh manakah penyelidikan manusia terhadap benda-benda langit yang dapat diketahui secara mendetail

  • Diameter Matahari adalah 1,4 jt km sedangkan Bumi hanya 12.ooo km, maka jika kita gambarkan dengan skala perbandingan 1 cm = 1.000.000 km akan kita dapatkan gbr matahari dngan diameter(Ø) 1,4 cm, sedangkan Ø bumi hanya 0,12 mm (tidak tampak dalam pandangan mata telanjang karena kecilnya) tapi jarak dari matahari ke bumi adalah 149,6 jt km atau dibulatkan menjadi 15 jt km. Maka dalam gambar dgn skala terasebut akan membutuhkan jarak matahari ke bumi sejauah 1.500 cm atau 1,5 m sangat menyulitkan utk digambar dgn skala tsb karena membutuhkan kertas ukuran A0 hanya untuk menggambarkan dua buah lingkaran dengan ukuran Ø 1,4 cm,dan satu titik Ø 0,12 mm

  • AFDHILULHAQ SHOLIHUL HADI

    bintang crux tu nunjukin arah mana ya kak…..???

  • Mitha

    Kak, ak mau tanya astronomi itu, lbih banyak ngitungnya pa teorinya??
    trus astronomi (klu di SMA) itu, trmasuk geografi pa Fisika?

  • saya mau tanya. bagaimana sejarah astronomi memasuki Indonesia dan perkembangan selanjutnya.? terimakasih

  • mohon dikasih tahu, buku sebagai referensi masalah sejarah astronomi memasuki Indonesia. terimakasih

    • pertanyaan menarik. tetapi sepertinya astronomi tidak pernah masuk dari luar ke indonesia karena sudah digunakan sejak jaman penjelajahan laut sebagai salah satu alat navigasi.

  • Mohon jawabannya ya admin.
    Kalau kuliah masuk jurusan astronomi, apa harus pandai astronomi dari SMA ?
    Kalau engga tau materi astronomi tapi suka banget fisika dan mtk aja, kira-kira bisa masuk sana ga ya?

    • tidak perlu. astronomi akan diajarkan mulai dari dasar di perkuliahan. fisika dan matematika (tambah bahasa inggris) yang perlu dikuasai

  • Cahaya apakah yang tampak dari bintang-bintang yang berada di belakangnebula gelap (dark nebula)?

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.