Kontak DADC

Telp/SMS/WA 0817 226 986
BBM DADC

BBM DADC

Gerhana Matahari Total 20160309

Kategori

dadc di Twitter

Bantu kami bagikan kacamata Matahari gratis

Gerhana Bulan Sebagian 17 Agustus 2008

Masih ingat tulisan saya tentang gerhana di bulan Agustus tahun lalu? Saat itu gerhana yang terjadi adalah gerhana bulan total yang kebetulan dapat diamati di Indonesia. Apakah ada yang terlewat dan tidak sempat mengamatinya? Jangan khawatir, karena dalam waktu dekat kita akan dapat mengamati gerhana kembali yang dapat diamati di semua bagian Indonesia. Bedanya kali ini yang terjadi adalah gerhana bulan sebagian. Dan gerhana ini akan menjadi kado spesial untuk Indonesia karena terjadi bersamaan dengan perayaan hari kemerdekaan kita, yaitu pada tanggal 17 Agustus 2008 dini hari.

Proses gerhana ini diawali dengan masuknya bulan ke penumbra bumi pada pukul 18.23 UT atau 01.23 WIB, dengan ketinggian bulan saat itu adalah sekitar 60 derajat dari titik barat. Kemudian puncak rangkaian gerhana ini adalah masuknya sebagian bulan ke dalam umbra bumi yang dimulai pada pukul 02.35 WIB dan berakhir 05.44 WIB. Kemungkinan kita tidak dapat menyaksikan bagian akhir dari gerhana kali ini karena langit sudah mulai terang pada saat kontak umbra terakhir pada pukul 05.44 WIB, dan bahkan matahari sudah terbit saat kontak penumbra terakhir pada pukul 06.57 WIB.

Jika tahun lalu saya menyarankan lokasi yang terletak lebih ke timur untuk mengamati gerhana lebih lama, kali ini lokasi yang terletak lebih ke barat akan memberikan kesempatan yang lebih lama bagi kita untuk mengamati gerhana ini. Karena gerhana kali ini terjadi saat bulan berada di barat. Jadi para pengamat di pulau Sumatera akan dapat mengamati gerhana lebih lama dari pada pengamat di daerah Papua.

Informasi lebih lengkap mengenai gerhana bulan sebagian 17 Agustus 2008 ini dan peta kenampakan gerhana di dunia dapat dilihat di halaman ini dan ini dari NASA Eclipse Web Site.

Tinggalkan komentar

Etalase DADC

Buku Menjelajahi Tata Surya Soal & Jawaban 1 OSN Astronomi Soal & Jawaban 2 OSN Astronomi Buku Bahan Ajar Olimpiade Astronomi Buku Pengantar Astrofisika Bintang2 Alam Semesta Buku Teori Relavitas Einstein, Sebuah Pengantar Buku Menjelajahi Bintang, Galaksi, dan Alam Semesta Filter Matahari ND5 BAADER Green Laser Pointer 1 Mata kaos-peta-bintang-desain kaos-peta-langit-abu-01 kaos-peta-langit-merah-03 Kaos Saturnus DADC Kaos Teleskop DADC Peta Bintang DADC