Kategori

Galaksi Bimasakti

Terdapat banyak bintang, nebula, dan gugus bintang yang bisa diamati di langit setiap malamnya. Semua objek tersebut berada di dalam galaksi kita. Di beberapa bagian bintang nampak padat sehingga ketika langit cerah, bersih dari awan, dan kondisi sekitar yang gelap, kita bisa melihat pita berwarna putih yang memanjang dan melintasi beberapa rasi seperti Sagittarius (arah pusat Galaksi), Scorpius, Ophiucus, Aquila, Cassiopeia, Auriga, Crux, dan Centaurus. Sementara di bagian yang lain tampak celah-celah gelap yang menunjukkan adanya materi antar bintang yang tebal. Itulah (bidang) galaksi yang kita tinggali. Bentuknya yang seperti itu kemudian menginspirasi orang untuk menamakannya dengan sebutan Milky Way. Kata galaksi dan milky way itu sendiri diadaptasi dari bahasa Yunani “galaxias” dan Latin “via lactea” dengan kata dasar lactea yang berarti susu. Sedangkan menurut orang Indonesia, galaksi kita diberi nama Bimasakti. Menurut salah satu sumber dari Observatorium Bosscha, sejarah penamaan ini berasal ketika Presiden RI pertama, Soekarno, ditunjukkan citra galaksi oleh salah seorang astronom Indonesia. Ternyata, Soekarno melihat salah satu bagian gelap di foto tersebut menyerupai tokoh Bima Sakti. Namun tidak diketahui bagian gelap mana yang dimaksud.

Galaksi Bimasakti dilihat dari Bumi (Sumber: eso.org)

Galaksi Bimasakti dilihat dari Bumi (Sumber: eso.org)

Galaksi adalah tempat berkumpulnya bintang-bintang di alam semesta. Hampir tidak ditemukan adanya bintang yang berkelana sendiri di ruang antar galaksi. Dan Matahari termasuk di antara 200 milyar bintang di Galaksi Bimasakti (disingkat dengan Galaksi). Dengan asumsi bahwa rata-rata massa bintang di Galaksi adalah sebesar massa Matahari, maka massa Galaksi dapat mencapai 2 x 10^11 massa Matahari (massa Matahari adalah 2 x 10^30 kg).

Bentuk galaksi Bimasakti seperti dua buah piring cekung yang ditangkupkan, bagian tengahnya tebal dan semakin pipih ke arah tepi, dan terdapat lengan-lengan spiral di dalamnya. Oleh karena itu Galaksi kita digolongkan ke dalam galaksi spiral. Berdasarkan klasifikasi galaksi Hubble, galaksi Bimasakti termasuk dalam kelas SBbc. Artinya, Galaksi kita adalah galaksi spiral yang memiliki “bar” atau palang di bagian pusatnya, dengan kecerlangan bagian pusat yang relatif sama dengan bagian piringan, dan memiliki struktur lengan spiral yang agak renggang di bagian piringannya.

Gambaran Galaksi Bimasakti Terbaru

Gambaran Galaksi Bimasakti terbaru (Sumber: NASA/JPL-Caltech)

Jika melihat gambar di atas, mungkin kita akan berpikir bagaimana bisa kita tahu bentuk galaksi kita sendiri sementara kita berada di dalamnya. Caranya adalah dengan perhitungan jarak yang akurat terhadap semua komponen penyusun Galaksi yang dapat kita amati, yaitu bintang-bintang dan bermacam gas dan debu. Dengan mengetahui jaraknya, kita dapat membuat semacam denah Galaksi kita sendiri. Kalau dianalogikan, anggaplah kita berada di sebuah lapangan luas dengan banyak manusia yang tersebar secara acak. Apabila kita punya pengetahuan tentang jarak kita ke setiap orang itu, kita akan dapat membuat plot jarak secara radial. Hasilnya adalah peta sebaran orang-orang tersebut. Karena itulah, kita tidak perlu pergi keluar Galaksi kita untuk melihat bentuknya.

Galaksi spiral tersusun atas 3 bagian utama, yaitu bagian bulge, halo, dan piringan. Ketiganya memiliki bentuk, ukuran, dan objek penyusun yang berbeda-beda. Bahkan, bagian bulge dan piringan menjadi penentu dalam klasifikasi galaksi yang dibuat oleh Hubble (diagram garpu tala).

Bagian bulge adalah daerah di galaksi yang kepadatan bintangnya paling tinggi. Bintang-bintang tua lebih banyak ditemukan daripada bintang muda, karena sangat sedikit materi pembentuk bintang yang terdapat di sini. Bulge ini berbentuk elipsoid seperti bola rugby. Bintang-bintang di dalamnya bergerak dengan kecepatan tinggi dan orbit yang acak, tidak sebidang dengan bidang galaksi. Dari perhitungan kecepatan orbit bintang-bintang di dalamnya, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat sebuah benda bermassa sangat besar yang berada di pusat Galaksi yang jauh lebih besar daripada perkiraan sebelumnya. Benda tersebut diyakini adalah sebuah lubang hitam supermasif, yang diperkirakan terdapat di bagian pusat semua galaksi spiral. Termasuk juga di galaksi Andromeda, galaksi spiral terdekat dari Galaksi kita.

Komponen kedua adalah halo. Berbentuk bola, ukuran komponen ini sangat besar hingga jauh membentang melingkupi bulge dan piringan, bahkan mungkin lebih jauh daripada batas terluar piringan galaksi yang bisa kita amati. Objek yang menjadi penyusun halo dibagi menjadi dua kelompok, yaitu stellar halo dan dark halo. Yang dimaksud dengan stellar halo adalah bintang-bintang yang berada di bagian halo. Namun hanya sedikit ditemukan bintang individu di bagian ini. Yang lebih dominan adalah kelompok bintang-bintang tua yang jumlah bintang anggotanya mencapai jutaan buah, yang disebut dengan gugus bola (globular cluster).

Di bagian piringan terdapat bintang-bintang muda serta gas dan debu antar bintang yang terletak di lengan spiral. Banyak ditemukannya bintang muda dan gas antar bintang sangat berkaitan erat, karena gas adalah materi utama pembentuk bintang. Di beberapa lokasi bahkan ditemukan bintang-bintang muda yang masih diselimuti gas, yang menandakan bahwa bintang-bintang tersebut baru terbentuk. Sedangkan banyaknya debu di piringan membuat pengamat di Bumi kesulitan untuk melakukan pengamatan visual di sekitar bidang Galaksi, terutama ke arah pusat Galaksi (lihat gambar di atas). Karenanya, pengamatan di sekitar bidang Galaksi akan memberikan hasil yang lebih baik jika dilakukan di daerah panjang gelombang radio dan infra merah yang tidak terpengaruh oleh debu antar bintang (lihat gambar di bawah).

Bimasakti dalam infra merah dekat

Galaksi Bimasakti dalam panjang gelombang infra merah dekat (Sumber: NASA-LAMBDA)

Seberapa besar Galaksi kita? Di bagian pusat Galaksi, bulge hanya memiliki diameter 6 kpc dan tebal 4 kpc (kpc = kiloparsek, 1 parsek = 3,26 tahun cahaya = 206265 SA = 3,086 x 10^13 km). Jarak dari pusat hingga ke bagian tepi Galaksi (jari-jari) adalah 15 kpc dengan ketebalan rata-rata sebesar 300 pc. Sedangkan Matahari berada pada jarak 8 kpc dari pusat. Di posisi itu, Matahari sedang bergerak mengelilingi pusat Galaksi dengan bentuk orbit yang hampir melingkar. Laju orbitnya adalah sekitar 250 km/detik sehingga matahari memerlukan waktu 220 juta tahun untuk berkeliling satu kali. Jika umur matahari adalah 4,6 milyar tahun, berarti tata surya kita sudah mengorbit pusat Galaksi sebanyak 20 kali.

Galaksi kita sebenarnya berada pada sebuah kelompok galaksi yang disebut dengan Grup Lokal, yang ukurannya mencapai 1 MPc dan beranggotakan lebih dari 30 galaksi. Galaksi spiral yang ada di kelompok ini hanya tiga, yaitu Bimasakti, Andromeda, dan Triangulum. Sisanya adalah galaksi yang lebih kecil dengan bentuk elips atau tak beraturan. Grup Lokal ini termasuk kelompok galaksi yang dinamis. Maksudnya adalah bahwa galaksi-galaksi di kelompok ini mengalami interaksi gravitasi, termasuk Galaksi kita dengan galaksi Andromeda. Interaksi tersebut diperkirakan akan mengakibatkan terjadinya tabrakan antara Galaksi kita dengan Andromeda dan kemudian membentuk galaksi elips. Namun tidaklah perlu untuk terlalu khawatir karena peristiwa tersebut baru akan terjadi 2 milyar tahun lagi.

187 comments to Galaksi Bimasakti

  • Ogy

    Hmm..setau aku bintang t’bsar yg pnah d tmukan yaitu cy canis majoris yg gdenya 1800-2100 kali lipat jari2 matahari, yg mau aku tanyain apa ada bintang yg lbih gde?

    Oia 1 lgi, ktnya objek trjauh yg bs di liat itu sbuah galaxi yg bru di tmuin yg nmany A1689-zD1, emg jrak ny brp?

    Mkasih info.y pk bos..

  • yandhi riyanto

    Assalamu’alaikum.mas,saya mau tanya dong!!?apakah para ahli astronomi sudah menemukan adanya makhluk hidup diluar angkasa sana???
    masalahnya saya pernah baca terjemahan dari ayat Al-Qur’an bahwa terdapat binatang2 melata di langit.tlg kasih info dari manapun segera,!!?
    makasih.
    Wassalam.

  • kholik

    apakah bintang2 yang kita lihat semuanya adalah anggota bima sakti (galaksi lain tidak kelihatan?) terimakasih.

    • benar. semua bintang yang terlihat di langit adalah anggota galaksi kita sendiri, galaksi bimasakti. termasuk juga gugus bintang dan nebula. yang bukan anggota galaksi kita adalah galaksi seperti andromeda, lmc, smc, dll

  • Aries

    Apakah benar telah terjadi tabrakan galaksi berdasarkan photo Hubble di situs ini? http://www.spacetelescope.org/news/heic0810/
    terimakasih mas hanief..

  • AneuKNanggroe

    Assalam’alaikum…
    Mau nanyak nih, gmana sih cara ilmuan itu ngukur jarak antar planet, antar bintang, bahkan antar galaksi?
    Bagaimana mereka brani menetapkan standar jarak trsebut?
    Contoh, ngukur kdalaman laut saja pke gelombang suara msih ada yg meleset akibat perubahan arus atau noise lainnya. So gmana dngan jarak galaksi?

    Analogi singkat’a bagaimana seekor kuman diMonas mengetahui jarak saudara’a sesama kuman dimenara Eifell?

    Thanx info’a…

  • yandhi riyanto

    maksudnya jaraknya 300 juta tahun cahaya.apa maksudnya yah???
    makasih atas jawabannya!

    • 300 juta tahun cahaya berarti jarak yang ditempuh cahaya dalam waktu 300 juta tahun. kita tahu bahwa laju cahaya adalah 300.000 km/s. maka bisa kita hitung jaraknya dengan : jumlah detik dalam 300 juta tahun x 300.000 km/s

  • Tubagus Boy Danakusumah

    Kapankah umat manusia [para ahli] akan menyatakan atau ‘adopted’ susunan tata surya yang ada sekarang ini dijadikan atau menjadi SUSUNAN TATA SURYA TUHAN
    untuk kemudian dijadikan ‘tantangan’ oleh para ahli ilmuwan dan agamawan dalam
    mendeklarasikan SCIENCE & THEO demi kepentingan ‘keykinan’ umat manusia bahwa sanya KITA SEMUA INI D I C I P T A K A N baik itu melalui ‘big bang’ ataupun
    cuma dengan ucapan MAKA JADILAH [!]-, Tentu kita tidak mungkin membuka apalagi
    ‘mengungkap’ RAHASIA TUHAN-, tapi setidaknya umat manusia yg MURNI SUCI PILIHAN
    akan diberikan hak dan kewenangan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk mengetahui dan
    memahami APA MAKSUD & TUJUAN TUHAN MENCIPTAKAN KITA DAN ‘RUANG LINGKUPNYA’ [?!]
    Kita sebagai insan termulia CIPTAANNYA dan SESUAI DENGAN PETA’NYA’ Wass Boy Dana

  • Riennatha Angel

    Uhwaw, akhirx artikel nie kutemukan jg yg pas bwt tugas school. Xie… ^^

  • yandhi riyanto

    Assalamu’alaikum.
    saya pengen nanya dong!
    pesawat yang paling jauh menjelajah luar angkasa itu kira2 bisa mencapai berapa KM yah????

    • wa ‘alaykumsalam. saat ini, voyager 1 adalah wahana ruang angkasa terjauh yang pernah diluncurkan. jaraknya mencapai 1.768953×10^10 km

  • ndenk

    permisi, saya ada pertanyaan yg sedikit mengganjal mohon dijawab ya :)

    galaksi bima sakti begitu besar dan matahari serta bumi hanya merupakan titik kecil yang mengisi di salah satu bagiannya, tetapi kenapa pengamatan galaksi bima sakti dari bumi dengan mata telanjang di malam hari cenderung sulit ya? maksud saya bahkan inti dari galaksi bima sakti sendiri begitu terang dan kepadatan bintangnya sangat rapat, harusnya tampak begitu bersinar di langit… tetapi kenapa dari artikel2 yg memuat panorama galaksi bima sakti di malam hari, tersusun dari beberapa capture gambar yg di merge jadi satu hanya untuk bisa memunculkan gambaran bima sakti yg jelas? sebegitu sulitkah melihat galaksi kita sendiri, sebagai info saya tinggal di daerah yg dapat dikatakan perkotaan sehingga cahaya kota jg agak mempengaruhi tingkat keterangan langit, atau mgkn ini yg membuat saya tdk bisa melihat galaksi bima sakti dengan jelas?… trima kasih sebelumnya :)

    • mengamati galaksi bimasakti harus dilakukan di malam yang cerah dan lingkungan sekitar yang sangat gelap. dengan begitu, kita akan dapat dengan mudah melihatnya. karenanya sangat sulit melihat bimasakti di kota-kota besar. cobalah pergi ke suatu daerah yang jauh dari kota dan sangat sedikit lampu/pemukiman. misalnya di kep seribu atau karimun jawa. maka melihat bimasakti tidak akan perlu usaha yang keras ;)

  • Saya mau bertanya, jika tata surya kita mengorbit pada pusat galaxi, lalu apakah galaxi kita dan galaxi2 yg lainnya juga memiliki orbit?
    trus setiap benda di angkasa memiliki massa sediri apakah galaxi juga memiliki massa?

    Terimakasih :)

    • galaksi bimasakti berada dalam sebuah gugus galaksi yang disebut grup lokal. jumlahnya anggotanya sekitar 30 galaksi. semua galaksi dalam sistem ini mengorbit pusat sistem grup lokal. galaksi itu sendiri adalah kumpulan dari bintang-bintang, jadi tentunya memiliki massa

  • bernad

    kt bagai skian permilnya debu trbng yg ada di alam semesta ciptaat TuhanGt aja manusia srng smbong,dg jabatan,kekayaan,kecerdasan.mrs plng ngerti dan pling benar. smua tiada arti kcuali perbuatan baik,slng hrmt,sng hrgai…dan Bersujud pada Tuhan Maha Pencipta.

  • almaa

    aku mw tanya , apa galaksi bima sakti bisa mengalami tabrakan dg galaksi lainn ??

  • ajeng

    saya mau tanyaa , misal’a galaksi kita bertabrakan dengan galaksi lain , apakah manusia di bumi akan merasakan gunjangan atau yg lain ??? makasih ….

    • ada satu hal perlu diketahui bahwa tabrakan antar galaksi tidak sama dengan tabrakan antara dua benda padat seperti misalnya tabrakan mobil. ketika dua galaksi bertabrakan, yang terjadi adalah kekacauan gravitasi secara massal pada benda-benda yang ada di dalam kedua galaksi tersebut. bintang, nebula gas & debu, atau planet-planet akan menjadi bergerak tidak teratur karena mereka saling memberikan gangguan gravitasi. jadi tata surya kita akan kacau balau.

      karena jarak antar benda di sebuah galaksi sangat besar, maka sangat kecil kemungkinan terjadinya tabrakan antar bintang atau antar planet. jadi bumi tidak akan merasakan guncangan saat galaksi kita bertabrakan dengan galaksi lain. kalau akibat tabrakan galaksi itu lalu planet kita bertabrakan dengan benda lain, barulah kita bisa merasakan guncangannya, atau bahkan kehancuran

  • haryadi

    mau tanya ne apa penyebabnya bulan kecil menjadi bulan purnama kemudian kembali menjadi bulan kecil hingga tidak terlihat lagui?

  • haryadi

    apa penyebabnya bulan kecil menjadi bulan purnama, kemudian kembali menjadi bulan kecil hingga tidak terlihat lagi?

  • dion

    galaksi bimasakti itu terdiri dari pa saja?

  • AGs

    apakah nama lubang hitam tersebut ?

  • Nia Virginia

    bukankah terdapat penampakan BIMA pada milky way itu?
    saya sudah mencari kmana” tpi tdk diketemukan
    apakah anda dpt menolong saya?

  • benda-benda langit yang ada di bima sakti seharusnya dibuat jug:(

  • tambahkan beberapa gambar bintang” zodiak yang lebih jelaz lg….. T.T

  • mau nanya nih, emank ad yah kecepatan yg ngelebihin kecepatan chya so mhon dijawab pertanyaan sya. ty.

    • ada, yaitu neutrino hasil percobaan OPERA di CERN beberapa waktu yang lalu. hasil tersebut sangatlah menarik, dan masih terus ditunggu bagaimana perkembangan selanjutnya

  • kk dapetnya dari mana yah…..

  • eddyson

    mohon infonya, melihat kenyataan jauhnya yg luarbiasa, bgm galaksi bimasakti dipotret dari kejauhan ? apakah itu hanya rekaan atau hasil potret satelit ?

    bgm penjelasan hal ini ?

  • mimoey

    apa sama bima sakti dengan tata surya atau jagat raya…?karena kan bima sakti itu juga punya bintang yang beredar sangat cepat sama seperti tata surya yang punya planet2 yang beredar ya walau tidak secepat peredarannya bintang… bisa dijelasin lebih jelas lagi ga tenntang bimasakti ne…..apa perbedaannya trus apa betol bisa liat dengan mata telanjang kalau diliat dari dari bumi… makasi ^_^

    • bimasakti itu galaksi, tersusun atas sekitar 200 milyar bintang. tata surya adalah kumpulan benda yang mengelilingi matahari di bagian pusat sistemnya

  • badut

    Bagaimana kita bisa tahu gambar bima sakti jk, mengingat kita ada di dalamnya?
    Metode apa yg digunakan utk mereka-reka gambar bima sakti?

    Mohon pencerahan dari rekan2 yg berilmu.. Trm ksih sblumnya.

    • sudah disebutkan di atas:
      “Jika melihat gambar di atas, mungkin kita akan berpikir bagaimana bisa kita tahu bentuk galaksi kita sendiri sementara kita berada di dalamnya. Caranya adalah dengan perhitungan jarak yang akurat terhadap semua komponen penyusun Galaksi yang dapat kita amati, yaitu bintang-bintang dan bermacam gas dan debu. Dengan mengetahui jaraknya, kita dapat membuat semacam denah Galaksi kita sendiri. Kalau dianalogikan, anggaplah kita berada di sebuah lapangan luas dengan banyak manusia yang tersebar secara acak. Apabila kita punya pengetahuan tentang jarak kita ke setiap orang itu, kita akan dapat membuat plot jarak secara radial. Hasilnya adalah peta sebaran orang-orang tersebut. Karena itulah, kita tidak perlu pergi keluar Galaksi kita untuk melihat bentuknya.”

  • Badut

    Dg banyaknya jumlah bintang di Bima Sakti:
    1) Bagaimana bisa diketahui jarak dari bumi ke setiap bintang (jutaan banyaknya)?
    2) Bagaimana bisa diketahui jarak dari satu bintang ke bintang lain (jutaan banyaknya)?
    3) Bagaimana bisa diketahui “hanya segitu” banyaknya bintang penyusun Bima Sakti?

    Mohon penjelasan…

    • 1. tidak semua bintang di galaksi bimasakti diketahui jaraknya karena ada banyak yang berada di lokasi yang sulit diamati akibat tebalnya gas dan debu yang menghalangi pandangan.
      2. kalau jarak 2 bintang dari bumi diketahui, maka kita bisa ketahui jarak keduanya dengan trigonometri secara mudah.
      3. dari pengamatan, tetapi jumlah itu pun hanya perkiraan karena masih ada kemungkinan banyak bintang redup lainnya yang sulit diamati

  • ROMY

    blum jelas posisi antara bulge, halo, dan piringan…mohon penjelasannya……..terbentuknya bintang baru, apa mempengaruhi galaksi itu sendiri???

    • bulge itu adalah tonjolan besar di sekitar pusat galaksi.
      halo adalah bagian yang menyelimuti seluruh galaksi.
      piringan adalah bagian yang tipis di tepi galaksi.

      pembentukan bintang baru tidak mempengaruhi galaksi, kematiannya yang lebih mungkin mempengaruhi jika bintang besar menghasilkan supernova akan mendorong bintang-bintang di dekatnya bergerak menjauh

  • Saya juga mau bertanya. Benarkah bahwa Galaksi Andromeda mendekati Galaksi Bimasakti dengan kecepatan 200km/detik? Dan apa inti dari Galaksi kita ini (Bimasakti)?

  • katanya galaksi kita akan (bertabrakan dg galaksi andromeda)
    katanya akan bertabrakan dg waktu yg sangat lama yaitu 3 miliar tahun

  • Badut

    Saya terpikir demikian:

    Bulan mengelilingi bumi –> bulan mengelilingi planet
    Bumi mengelilingi matahari –> planet mengelilingi bintang
    Matahari mengelilingi pusat bima sakti –> bintang mengelilingi pusat galaksi
    Bima sakti mengelilingi apa ya? –> pusat galaksi mengelilingi apa?

    Mohon penjelasan… Terima kasih.

    • bimasakti mengelilingi pusat sistem yang beranggotakan banyak galaksi. nama sistemnya adalah grup lokal. grup ini pun bergerak bersama grup galaksi lain mengelilingi pusat massa sistem grup galaksi tersebut

    • romy

      Semua Galaksi mengelilingi pusatnya yang dinamakan Supernova, supernova adalah kumpulan dari miliaran galaksi yang berputar mengitari pusat supernova itu sendiri, Tuhan menciptakan persamaan sesuatu yang paling terkecil dengan sesuatu yg terbesar, berputarnya galaksi dan supernova mengelilingi pusatnya kira2 sama bentuknya degan elektron berputar2 mengelilingi inti atom

    • romy, supernova adalah peristiwa ledakan bintang. supernova sendiri berasal dari kata nova yang berarti baru. dinamakan begitu karena sebuah bintang yang redup akan menjadi sangat terang. sehingga apabila di titik tersebut tidak tampak ada bintang sebelumnya, setelah supernova jadi ada bintang. seolah-olah bintang itu adalah bintang yang baru. jadi tidak benar galaksi mengelilingi supernova.

  • irvan

    Apa fungsi galaksi, terutama galaksi bimasakti dimana bumi berada? Apa galaksi itu berfungsi sebagai pelindung isinya? Makasih.

    • haruskah setiap benda di alam semesta ini ada fungsinya? :)

      yang pasti, galaksi adalah kumpulan dari bintang. bintang itu sendiri bisa jadi merupakan pusat sebuah sistem keplanetan, seperti matahari dan 8 planetnya.

  • Rasid maulana sidiq

    Alhamdulillah artikel ini menambah keyakinan saya tentang asumsi lubang hitam di tengah galaksi.Saya berasumsi bahwa lubang hitam itu merupakan pusaran galaksi akibat energi poros alam semesta,garis gaya alam semesta yang membentang dari kedua kutub ( poros ) berdasarkan uraian di atas berarti memiliki jarak 8 kpc dari matahari.Dengan demikian putaran Matahari mengelilingi titik pusat galaksi akan nampak seperti lubang hitam dengan ukuran sangat besar.Selain itu saya berasumsi bahwa Galaksi beredar mengelilingi pusat alam semesta melalui garis gaya yang mereka tempatnya.Jadi kesimpulanya: Galaksi berevolusi mengitari pusat alam semesta dan berotasi mengitari pusat sistem galaksi,kemudian tata surya berevolusi mengitari satu bintang sebagai pusat tata suryanya,dan Bintang sebagi pusat tata surya berevolusi mengitari lubang hitam ( pusaran galaksi )

  • stephanus krisna

    oh ternyata kita hanya debu dibanding galaksi ya.kenapa kt sering membanggakan diri.ah gak tw malu ya kt nih.

  • apa sih yang harus kita amati dalam bintang”apa yang akan terjdi apa bila jagat raya ini mengalami sesuatu yang tidak wajar dalam strutur ilmu perbintangan………………………………………………….?????????????

  • Islam Mengajarkan untuk shalat malam (tahajud) dan berdoa Malam. agar kita dapat melihat langit dalam malam, maka akan terlihat kekuasaanNya atas yang mengatur disana. sehingga kekhusuan shalat dan doa akan tercapai. amiin…

  • Ivy

    Benar-benar bermanfaat :) Hmm, mau tanya juga. Sebenarnya apa yang dikelilingi galaksi?

    • galaksi bimasakti bersama beberapa galaksi di sekitarnya dalam grup lokal mengelilingi suatu pusat massa sistem itu. ibaratnya sama seperti planet-planet mengelilingi pusat massa tata surya, yang kebetulan terletak di dalam matahari.

  • shelly

    jadi fungsi dari galaksi itu sendiri ialah tempat dari semua planet dan benda2 angkasa lainnya.! begitu ya?
    aq ada tugas nih, di suruh mencari fungsi dari galaksi
    Mohon bantuannya.

    _trims_

  • ahmed

    saya heran dan pengen tau kenapa galaksi mengambang di ruang angkasa dan tidak bertabrakan satu dengan yang lainnya?padahal setiap bintang dan planet mempunyai gaya tarik…………
    dan energi yang dimiliki disetiap bintang itu akan habis pada suatu masa, apakah benar begitu.apakah tidak ada pemmbaharuan energi pada bintang

    • gaya tarik-menarik yang menyebabkan tabrakan muncul dari medan gravitasi yang dimiliki oleh setiap benda bermassa. selama massanya tidak berkurang, gaya gravitasinya juga tidak akan berkurang. selain bergantung pada massa, besarnya gaya tarik juga bergantung pada jarak. galaksi-galaksi biasanya terletak berjauhan. namun ada beberapa galaksi yang teramati sedang atau akan mengalami tabrakan. contohnya galaksi kita sendiri, galaksi bimasakti. kelak kita akan bertabrakan dengan galaksi andromeda.

  • depikazev

    jika bumi mengelilingi matahari kemudian matahari mengelilingi pusat galaksi terus galaksi mengelilingi apa yang disebut grup lokal berarti kita (bumi)setiap detiknya bergerak dan dan tidak kembali ke pososisi yang sama, demikian juga tata surya yang lain (dalam galaksi bima sakti) jika ada juga beitu, pertanyaannya mengapa gugus bintang (rasi bintang) tetap sama bentuknya tak pernah berubah seakan bintang-bintng itu diam?

    • karena waktu yang dibutuhkan supaya perubahannya tampak sangatlah lama. pergerakannya tidak begitu cepat dibandingkan jaraknya yang sangat jauh. contoh di atas, kita bergerak dengan laju 250 km per detik! kalau di bumi, laju segitu sangatlah cepat. tapi di ruang antar bintang dalam galaksi bimasakti yang jarak antar bintangnya sampai tahunan cahaya, laju segitu sangatlah lambat. makanya posisi bintang-bintang nampak tetap jika dilihat hanya dalam 100 tahunan saja

  • Ivan Ali Raiza

    Manusia terdiri dari organ-organ tubuh spt jantung, otak, paru-paru, ginjal dan lainnya. Diluar tubuh manusia, terbentang daratan dan lautan yg sangat luas, yang sangat tinggi dan sangat dalam, flora dan fauna, dan segala isinya dibumi. Namun, semakin bertambahnya pengetahuan manusia ternyata dunia tidaklah seluas bumi ini, ternyata ada yg lebih luas diluar sana yaitu galaksi bima sakti/ milky way yg didalamnya terdapat planet-planet, matahari, komet, asteroid dan termasuk bumi kita. #Dahulu, masyarakat di Jepang hanya menganggap dunia adalah kawasan mereka sendiri, makanya mereka sebut orang barat adalah gaijin(orang asing). begitu pula di daerah-daerah lainnya. Sekarang, teknologi sudah sangat maju, kita telah tahu beraneka dan bermacam-macam bentuk dan jenis-jenis galaksi. Disetiap galaksi memiliki pusatnya. Ya, kini kita telah melihat dan mengetahui diluar sana ternyata dunia ini sangatlah luas. Namun demikian, apa bentuk atau nama dari semua galaksi-galaksi tersebut termasuk galaksi kita? Seperti galaksi bima sakti yg didalamnya terdapat bumi, matahari, mars, bulan, asteroid-asteroid, komet-komet, dan planet-planet lainnya, seperti bumi yg didalamnya terdapat lautan dan daratan yg sangat luas, manusia, flora, dan fauna, gunung-gunung dan lainnya, seperti manusia yg di dalamnya terdapat jantung, paru-paru, ginjal, dan otak yg menyebabkan segala sesuatunya ada. bertayalah, dan jawablah. sesungguhnya kita tidak akan pernah berhenti untuk mencari tahu, maka perbanyaklah amal ibadah. karena sesuatu yg kita yakini sebagai sang maha penciptalah yg akan memberitahukan kita disuatu masa nanti.

  • I am truly happy to read this weblog posts which carries lots of
    useful data, thanks for providing these statistics.

  • Hello everyone, it’s my first pay a quick visit at this web page, and piece of writing is in fact fruitful in favor of me, keep up posting such articles or reviews.

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.